JagoHacks

Inilah Kenapa Layar HP Samsung Hijau dan Cara Mengatasinya

Jagoans, siapa disini yang pernah mengalami layar ponsel yang berubah menjadi hijau? Gangguan ini kerap terjadi pada perangkat HP, khususnya HP milik Samsung. Tak jarang, hal ini tentunya sering kali membuat panik pengguna serta menghambat aktivitas sehari-hari.

Walaupun banyak terjadi di perangkat ponsel dengan sistem Android, layar yang hijau ini juga dapat dialami oleh perangkat iOS. Penyebab dari layar ponsel yang berubah menjadi hijau bisa terbagi menjadi dua, yaitu kerusakan pada perangkat lunak (software) dan kerusakan pada perangkat keras (hardware).

Untuk Jagoans yang penasaran penyebab layar HP Samsung menjadi hijau dan cara untuk mengatasinya, simak artikel berikut sampai habis!

Penyebab Layar Hijau

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyebab layar ponsel berubah warna menjadi hijau, khususnya pada perangkat Samsung, dapat diakibatkan oleh kerusakan pada software dan juga hardware pada perangkat.

Dilansir dari kompas.com, hardware atau perangkat keras adalah peralatan atau bentuk fisik dari sebuah komputer dan perangkat yang dapat dipindahkan, digunakan, maupun disentuh. Contoh komponen hardware pada ponsel adalah baterai, kamera, layar, memori, dan lain-lain.

Di sisi lain, software adalah perangkat lunak yang berisi instruksi atau pun perintah untuk menjalankan ponsel atau komputer yang terdiri dari sistem operasi (OS) dan aplikasi. Contoh software yang berupa sistem operasi diantaranya Android, iOS, Windows dan Linux. Sedangkan contoh dari software aplikasi yaitu Whatsapp, Zoom, Microsoft Word, Canva, dan lain-lain.

Baca juga : Cara Buka Whatsapp Web yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

Masalah Hardware

Layar yang tiba-tiba berubah warna menjadi hijau pada HP Samsung salah satunya dapat disebabkan oleh konektor layar yang tidak berfungsi karena tidak terpasang dengan baik di papan mesin utama (motherboard) pada perangkat.

Pasalnya, apabila konektor tersebut mengalami gangguan atau longgar, layar pada ponsel bisa saja terganggu dan berubah warna menjadi hijau. Kemungkinan lainnya yang menyebabkan layar HP Samsung milikmu menjadi hijau adalah kerusakan pada motherboard itu sendiri.

Motherboard adalah komponen penting dan sangat kompleks pada sebuah ponsel dan komputer. Untuk itu, jika mengalami kerusakan hendaknya Jagoans langsung membawa perangkat tersebut ke service center terdekat agar bisa diperbaiki.

Masalah Software

Masalah layar HP Andoroid, terutama HP Samsung yang berubah warna menjadi hijau juga sering dijumpai sehabis pengguna melakukan update sistem operasi (OS). Biasanya OS tersebut mengalami bug atau pun bisa jadi dikarenakan OS yang tidak kompatibel dengan perangkat.

Apabila kamu menemukan permasalahan tersebut pada HP Samsung milikmu, hendaknya jangan panik terlebih dahulu. Kamu bisa mencoba untuk melakukan force restart dengan menekan tombol power dan menahannya selama beberapa detik sampai perangkat te-restart secara otomatis.

Hal tersebut juga bisa terjadi pada perangkat iOS yang menggunakan layar panel OLED. Cara pertama yang dapat dilakukan pada perangkat iOS jika mengalami hal tersebut adalah dengan melakuka restart atau menonaktifkan fitur True Tone pada perangkat iOS.

Cara Mengatasi Layar Hijau

Ini Penyebab Layar HP Berwarna Hijau dan Cara Mengatasinya
Source : Doran Gadget

Layar HP Samsung yang tiba-tiba menjadi hijau memang sangat meresahkan dan cukup membuat panik, apalagi jika pengguna tidak menjalankan backup setiap hari. Untuk itu, pastikan Jagoans selalu melakukan backup untuk data-data penting yang ada di ponsel.

Masalah layar hijau memang dapat disebabkan oleh kesrusakan pada perangkat keras, seperti layar ponsel yang retak, ponsel mengalami kenaikan suhu, kerusakan karena terkena air, hingga masalah software seperti aplikasi serta sistem operasi yang ketinggalan zaman, ataupun tidak kompatibel pada perangkat.

Nah, ada beberapa langkah awal yang dapat kamu coba untuk mengatasi permasalan ponsel, khususnya HP Samsung yang layarnya berubah warna menjadi hijau :

Lakukan Hard Reset

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah melakukan hard reset. Cara ini juga dikenal dengan factory reset, dimana perangkat akan direset ke setelan pabrik. Perlu diingat, cara ini mungkin akan menghapus data-data yang ada di HP Samsung milikmu. Untuk itu ada baiknya kamu melakukan back up secara berkala.

Untuk melakukan hard reset caranya cukup mudah. Kamu hanya tinggal menekan dan menahan tombol Daya dan Volume turun secara bersamaan selama sekitar 30 detik. Setelah itu lepaskan tombol hingga muncul logo pada HP Samsung milikmu, dan tunggu hingga proses selesai.

Matikan Perangkat

Cara selanjutnya yang mungkin dapat berhasil adalah dengan mematikan perangkat secara paksa dengan menekan dan menahan tombol power selama beberapa menit. Setelah itu nyalakan kembali HP Samsung milikmu dan periksa apakah layarnya masih berwarna hijau atau sudah kembali normal.

Lakukan cara ini berturut-turut sebanyak tiga sampai empat kali. Jika tidak ada perubahan dan layar masih stuck di warna hijau, ada baiknya kamu langsung membawa HP Samsung milikmu ke service center terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki oleh ahlinya.

Boot Perangkat

Jika kedua cara tersebut belum berhasil, cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi layar HP Samsung yang tiba-tiba berubah menjadi hijau adalah dengan melakukan proses booting.

Kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut :

  • Cari dan ketuk tombol daya dengan menggeser menu ke bawah dari layar beranda dan geser ke bawah lagi untuk memperluas menu sakelar cepat.
  • Ketuk lama pada ikon power, matikan ponsel, dan reboot ponsel dalam mode aman.
  • Tunggu beberapa saat dan cek kembali apakah layar sudah kembali normal atau belum.

Jaga Suhu Perangkat

Jika layar HP Samsung kamu berubah menjadi hijau setelah kamu bermain game, merekam video, atau pun menjalankan aplikasi dalam waktu yang lama, kemungkinan ponsel Samsung kamu akan mengalami overheat sehingga mengalami permasalahan layar hijau tersebut.

Untuk itu, Jagoans harus menjaga suhu ponsel Samsung tersebut ke suhu awal dengan membiarkannya beberapa saat dan jangan menggunakannya terlebih dahulu. Biarkan perangkat cooling down selama beberapa waktu, kemudian cek layar HP Samsung milikmu kembali.

Ganti HP Samsung di Jagofon!

Layar HP Samsung yang berubah menjadi hijau terkadang tidak bisa diperbaiki lagi dan pengguna perlu mengganti HP tersebut. Nah, untuk kamu yang ingin mengganti perangkat Samsung kamu tapi terhalang oleh budget, kamu bisa beli HP bekas namun dengan rasa baru di website Jagofon!

Jangan khawatir, meskipun bekas, semua produk yang ditawarkan Jagofon 100% original, tidak ada part yang diganti atau pun refurbished. Selain itu, kamu akan mendapat full aksesoris sesuai box baru dan 7 hari uang kembali jika HP terbukti tidak berfungsi.

Jagofon sendiri merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!

Tunggu apalagi, yuk segera dapatkan HP impian kamu hanya di Jagofon!