Comparison

Lebih Bagus Produk Oppo Atau Produk Samsung? Cek Disini! (Terbaru 2024)

Lebih Bagus Produk Oppo atau Produk Samsung?

Pertanyaan ini cukup sering didengar diantara orang Indonesia, tidak hanya dua merek handphone ini namun juga merek lainnya.

Membandingkan perbedaan seri dan tipe pada perangkat elektronik itu penting, namun membandingkan merek juga sama pentingnya dengan beda seri atau tipe.

Karena, perbedaan yang ada dapat cukup signifikan meskipun dua merek dirilis pada waktu atau tahun yang sama. Selain itu, wajar saja jika perbedaan besar terjadi antar merek karena perbedaan target, branding, dan lainnya.

Jika membahas soal produk Apple, mereka memiliki sistem operasi sendiri pada setiap perangkat yang diproduksinya. Sehingga, perbandingan produk Apple dengan produk lain akan sangat banyak dan drastis.

Kali ini, kita akan membahas perbandingan antara dua merek handphone yang paling populer dan banyak digunakan di Indonesia selain iPhone, yaitu Samsung dan Oppo.

Alasan dibahasnya perbedaan handphone adalah karena Samsung dan Oppo adalah merek handphone Android yang paling banyak digunakan di Indonesia. Untuk laptop, merek yang paling banyak digunakan adalah Asus atau Acer.

Popularitasnya begitu nyata karena kamu akan melihat sekelilingmu akan menggunakan handphone merek Samsung atau Oppo, jika Android.

Kalau begitu, mari simak lebih bagus produk Oppo atau produk Samsung di artikel ini.

Perang' Ponsel Terlaris di Indonesia, Samsung vs. Oppo
Source: uzone.id

Branding, Merek, dan Harga

Jika kamu mendengar merek Samsung atau Oppo, mana yang lebih kamu kenal?

Samsung adalah merek yang berasal dari Korea Selatan. Korea Selatan dikenal sebagai negara yang mencintai produk lokal, sehingga produk Samsung banyak digunakan oleh masyarakat di negara tersebut.

Sehingga, tak heran kalau kita sering melihat artis Korea Selatan sebagai bintang iklan Samsung. Bukan berarti lemah, artis Korea Selatan saat ini sudah mendunia.

Sedangkan, Oppo adalah produk asal Tiongkok. Meskipun begitu, Oppo juga menggunakan artis dari Korea Selatan untuk melakukan branding secara global.

Brand Ambassador yang digunakan juga menggunakan artis lokal negaranya, mulai dari Nicholas Saputra hingga Isyana Sarasvati dari Indonesia.

Intinya, kedua merek memiliki branding untuk go international, dan mereka berhasil, diikuti oleh merek lain seperti Xiaomi.

Branding sebuah merek ada hubungannya dengan penentuan harga. Semakin terkenal sebuah brand, produknya dapat semakin mahal dan inovatif.

Sesuai dengan branding dan target pasar, Samsung ditujukan untuk pasar atas, sedangkan Oppo ditujukan untuk pasar menengah keatas.

Kamu bisa coba membandingkan handphone Samsung dan Oppo mulai dari spesifikasi yang mirip atau perilisan waktu yang berdekatan. Secara umum, pasti Samsung harganya lebih tinggi. Namun, bukan berarti Oppo kualitasnya buruk.

Perlu diingat juga bahwa perbedaan branding, merek, ataupun harga ini menandakan lebih bagus produk Oppo atau produk Samsung, keduanya sama bagusnya.

Baca juga: Samsung Galaxy S10+ : Flagship Lama, Masih Sangat Baik (Harga Terbaru)

Desain Handphone

Untuk desain bodi, Samsung dan Oppo memiliki model yang mirip. Desain handphone pada merek apapun saat ini kurang lebih satu tipe.

Perbedaan yang tampak dengan jelas adalah perbedaan warna bodi. Warna yang ditawarkan Oppo lebih modern daripada Samsung yang klasik dan monoton.

Vivo juga salah satu handphone yang memiliki desain bodi modern dengan gradasi.

Bicara soal desain dan warna, tidak ada yang lebih baik maupun buruk. Semuanya kembali lagi kepada preferensi masing-masing orang.

Sistem Prosesor

Samsung secara umum lebih unggul dibandingkan Oppo dari segi prosesornya.

Meskipun keduanya menggunakan prosesor Snapdragon, jenis yang digunakan berbeda.

Prosesor juga merupakan salah satu komponen yang menentukan tingkat harga suatu handphone, sama seperti prosesor yang ada pada laptop atau komputer yang dirakit.

Harga Samsung relative lebih tinggi karena komponen yang digunakan lebih canggih. Harga handphone Oppo umumnya lebih rendah karena prosesor yang digunakan disesuaikan dengan target yang dituju.

Prosesor yang lebih baru dan canggih akan lebih mahal dibandingkan seri sebelumnya.

Saat ini, prosesor Snapdragon yang terbaik adalah Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2. Chip ini ada di handphone Samsung S23 Ultra dan Oppo Find X6 Pro.

Namun, Snapdragon 8 Gen 1 yang digunakan pada Samsung S22 dan Oppo Find X5 Pro juga cukup bagus.

Baca juga: Inilah Top 5 HP Oppo di Terjangkau Tahun 2022

Spesifikasi Kamera

Kamera merupakan salah satu komponen yang penting dalam handphone.

Kalau kita lihat di sekeliling kita, Oppo kebanyakan digunakan untuk selfie dan Samsung digunakan untuk kegiatan fotografi yang lebih kompleks. Ini bukan 100% benar, tapi berdasarkan observasi sekitar.

Bukan berarti kamera Samsung lebih baik dari Oppo. Keduanya sama-sama bagus, hal yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi dan fungsinya.

Untuk membandingkan Samsung dan Oppo dapat dimulai dari waktu rilis dan harga yang ditawarkan.

Bisa saja tahun rilisnya sama namun harganya berbeda jauh. Hal ini dikarenakan perbedaan target pasar.

Saat ini, handphone Samsung dengan kamera terbaik adalah seri Samsung S22. Untuk handphone Oppo, handphone dengan kamera terbaik adalah seri Oppo Reno 3 Pro dan Oppo Reno 6 Pro.

Garansi Produk

Untuk menjual perangkat elektronik perlu untuk memberikan garansi kepada pembeli minimal satu tahun.

Hal ini tidak hanya berlaku pada handphone, namun laptop, tablet, hingga smartwatch memberikan garansi kepada pembeli dengan durasi waktu yang berbeda-beda.

Perangkat elektronik pasti dapat mengalami kecacatan atau kerusakan yang disebabkan baik dari kesalahan produsen maupun kesalahan pengguna.

Kamu bisa klaim garansi jika kerusakan terjadi pada kesalahan produksi, namun kamu tidak dapat klaim garansi jika alasan kerusakannya adalah karena kelalaian pengguna.

Samsung dan Oppo keduanya memiliki garansi untuk setiap produknya, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk membelinya.

Jika durasi garansinya berbeda, yang lebih lama belum tentu lebih bagus, yang lebih sedikit juga belum tentu lebih bagus.

Begitu juga dengan garansi pada kedua handphone ini menunjukkan lebih bagus produk Oppo atau produk Samsung. Selama belinya di toko resmi atau terpercaya dan ada garansi, produknya semua bagus kok.

Namun, kamu perlu khawatir pada toko atau reseller yang tidak memberikan garansi dengan alasan apapun.

Biasanya penjual handphone second tidak memberikan garansi resmi dikarenakan jangka waktu garansi resmi habis.

Agar lebih aman, kamu dapat membeli handphone second yang memberikan garansi toko seperti Jagofon.

Sudah Tentukan Pilihanmu?

Samsung dan Oppo masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bukan hanya dari segi fitur dan kualitas, namun juga dari segi harga dan durabilitas.

Jadi, tidak bisa dikatakan lebih bagus Produk Oppo atau Produk Samsung secara pasti.

Kamu dapat menyesuaikan dengan preferensi pada fungsi perangkat yang akan dibeli.

Contohnya kamu suka foto selfie, kamu perlu lihat spesifikasi kamera depannya. Begitu juga fitur lainnya.

Namun, biasanya spesifikasi yang canggih akan mempunyai harga yang cukup tinggi.Sehingga, banyak orang membeli produk second terpercaya yang masih berkualitas dan terpercaya dengan harga yang lebih rendah.