Mau Beli iPhone Second? Ini Cara Cek Kesehatan Baterai iPhone!

Cara Cek dan Merawat Battery Health iPhone & Android
Source : Tokopedia

Di tengah harga iPhone yang masih tinggi, membeli iPhone second bisa menjadi alternatif pilihan. Namun, membeli iPhone second juga bisa ngeri-ngeri sedap, apalagi jika tidak melihat langsung keadaan iPhone-nya atau membelinya secara online.

Nah, sebelum Jagoans membeli iPhone second, tentunya Jagoans harus mempertimbangkan beragam faktor, mulai dari kondisi fisiknya, layar, hingga baterai. Cek baterai merupakan salah satu hal wajib yang dilakukan sebelum membeli iPhone bekas, karena biasanya iPhone bekas memiliki baterai yang tidak optimal.

Baca juga : Tips Ampuh Agar Baterai iPhone Tak Cepat Bocor

Untuk melihat baterai iPhone masih optimal atau tidak, Jagoans dapat melihatnya menggunakan fitur battery health atau kesehatan baterai yang ditampilkan dengan persentase angka 0-100%. Battery health juga bisa memberitahu pengguna kapan harus memperbaiki komponen baterai atau pun mengganti baterai.

Penasaran gimana cara cek baterai sebelum membeli iPhone bekas? Yuk simak artikel berikut ya Jagoans!

Cara Cek Kesehatan Baterai iPhone

Sebelum cek kesehatan baterai iPhone second, ada baiknya Jagoans memahami persentase battery health terlebih dahulu.Biasanya jika persentase baterai iPhone berada di bawah 80%, iPhone akan memberi notifikasi untuk mengganti baterai tersebut.

Singkatnya, semakin tinggi persentase kesehatan pada baterai iPhone, maka iPhone bisa dipakai dengan lama waktu yang lebih lama dan juga baterainya akan memiliki performa yang optimal. Nah, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk cek baterai iPhone bekas :

Melalui Pengaturan iPhone

Ilustrasi cara cek battery health iPhone.
Source : Kompas.com
  • Pada layar utama iPhone, pilih menu Settings atau Pengaturan.
  • Kemudian gulir atau scroll ke bawah sampai kamu menemukan opsi battery.
  • Selanjutnya klik pada opsi Battery Health & Charging.
  • Persentase kesehatan baterai akan ditampilkan pada maximum capacity.
  • Jia baterai iPhone perlu diganti, akan ada tulisan change battery pada menu tersebut.

Menggunakan Aplikasi Battery Life Doctor

Source : Blibli.com

Selain melalui pengaturan, kamu juga dapat memeriksa kesehatan baterai melalui aplikasi lainnya yang dapat kamu unduh, seperti Battery Life Doctor. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan :

  • Pertama, pastikan kamu telah mengunduh aplikasi Battery Life Doctor melalui AppStore.
  • Selanjutnya, buka aplikasi tersebut, kemudian pilih opsi details.
  • Informasi mengenai kesehatan baterai akan muncul dengan tulisan Perfecr, Good, atau Bad.

Melalui Aplikasi Coconut Battery

Memanfaatkan Aplikasi CoconutBattery
Source : Blibli.com

Selain aplikasi Battery Life Doctor, Jagoans dapat memeriksa kesehatan baterai iPhone bekas melalui aplikasi Coconut Battery. Sebenarnya aplikasi ini hanya tersedia di Mac, namun sekarang dapat digunakan juga untuk iPad dan juga iPhone. Cara menggunakannya juga cukup mudah, berikut langkah-langkahnya :

  • Hubungkan iPhone ke Mac.
  • Buka aplikasi Coconut Battery, kemudian pada bagian menu, pilih iOS Device.
  • Selanjutnya Jagoans dapat melihat keadaan baterai pada iPhone tersebut.
  • Untuk mengetahui kesehatan baterai iPhone secara keseluruhan, kamu dapat melihatnya melalui opsi Design Capacity.

Menggunakan Battery HD+

Source : Blibli.com

Aplikasi baterai terpercaya selanjutnya yang dapat kamu gunakan untuk cek iPhone bekas adalah Battery HD+. Cara menggunakan aplikasi ini juga terbilang mudah, berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan :

  • Unduh atau download terlebih dahulu aplikasi Battery HD+ melalui AppStore.
  • Kemudian buka dan jalankan aplikasi Battery HD+.
  • Selanjutnya pada aplikasi tersebut, pilih opsi start.
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi tersebut menampilkan kesehatan baterai iPhone.

Cara Cek Baterai iPhone Pernah Diganti

Pengaturan Umum Mengenai Komponen Baterai Komponen Asli iOS 15 <dfn title=iPhone 13 Pro" loading="lazy">
Source : support.apple.com

Cara cek iPhone bekas selanjutnya adalah memastikan tidak ada komponen yang diganti, termasuk komponen baterai. Pasalnya, jika spare part iPhone pernah diganti dengan part yang tidak original, termasuk baterai, biasanya performanya tidak akan maksimal dan harganya jauh di bawah pasaran.

Untuk cek iPhone bekas terkait dengan baterai yang pernah diganti atau tidak, Jagoans dapat melihatnya pada menu riwayat komponen dan servis. Berikut langkah-langkah yang dapat Jagoans ikuti :

  • Buka menu pengaturan, kemudian pergi ke menu About atau Mengenai.
  • Gulir ke bawah sampai Jagoans menemukan riwayat komponen dan servis iPhone.
  • Kamu dapat mengetahui apakah baterai pernah diganti pada menu tersebut.
  • Jika penggantian baterai tersebut telah dilakukan pada iPhone menggunakan komponen asli dan proses dari Apple, tulisan yang akan muncul pada menu tersebut adalah “Komponen Apple Asli”
  • Namun, jika iPhone belumm pernah sama sekali diperbaiki atau diservis, menu tulisan tersebut tidak akan muncul sama sekali.

Tanda Baterai iPhone Pernah Diganti

Layar Pengaturan > Mengenai dengan riwayat komponen dan servis
Source : support.apple.com

Masih dalam rangka cek iPhone bekas, selain mengecek kesehatan baterai, Jagoans juga harus memeriksa apakah komponen iPhone tersebut pernah diganti, karena jika pernah diganti menggunakan part yang tidak original, tentunya akan mengurangi performa dari iPhone tersebut.

Untuk cek apakah baterai iPhone pernah diganti, Jagoans dapat melakukan langkah-langkah berikut :

  • Pada layar utama iPhone, cari dan buka menu pengaturan atau settings.
  • Kemudian pilih menu umum atau general.
  • Selanjutnya pilih opsi about atau menu mengenai.
  • Jika terdapat komponen unknown part atau perangkat tidak dikenal pada menu baterai, artinya komponen baterai tersebut pernah diganti dan tidak menggunakan komponen yang original atau asli dari Apple.

iPhone Kesehatan Baterai yang Baik? Ada di Jagofon!

Sebelum membeli, pastikan Jagoans melakukan pengecekan dengan tips dan cara cek iPhone bekas yang sudah Jagofon sebutkan di atas ya, khususnya pada komponen baterai. Nah, dari pada pusing harus cek iPhone bekas satu per satu, atau beli online yang belum tentu terpercaya, mending kamu langsung ke Jagofon aja!

Di Jagofon, semua produk dan gadget telah teruji di 90+ titik fungsi dan semua produknya juga 100% original, tidak ada part yang diganti atau refurbished. Di samping itu, jika kamu berbelanja di Jagofon, kamu akan dapat full aksesoris sesuai box baru dan bantu lingkungan mengurangi limbah elektronik dengan memakai HP bekas.

Jagofon sendiri bukan toko, melainkan marketplace HP dan gadget bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Kamu juga nggak perlu khawatir karena semua gadget dan HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dan gadget dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kamu beli HP dan gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Cukup checkout HP dan gadget impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa! Beli HP dan gadget bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP dan gadget impianmu sampai depan rumah.

Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon!