JagoHacks

Menghasilkan Uang dari HP, Mudah dan Modal Sedikit

Di era digital yang berkembang sangat pesat saat ini, mencari tambahan penghasilan hanya bermodalkan HP sangatlah mudah. Banyak platform media sosial maupun platform pencari pekerja online yang bisa kamu tekuni untuk berkesempatan mendapatkan penghasilan tambahan.

Namun seiring besarnya kesempatan yang ada, besar pula kesempatan oknum yang tidak bertanggungjawab untuk memanfaatkan keadaan demi keuntungan mereka. Tapi jangan khawatir Jagoans, kami memiliki beberapa rekomendasi bagaimana cara menghasilkan uang dari HP dengan modal yang sedikit. Yuk simak bagaimana caranya.

Menjadi Dropshipper

Cara Menghasilkan Uang lewat HP
Source: Money Kompas

Menadi seorang dropshipper adalah salah satu cara menghasilkan uang dari HP tanpa modal yang besar. Dropship sendiri adalah suatu kegiatan usaha yang dilakukan dengan cara menjual produk dari orang lain atau dari supplier langsung tanpa harus membeli atau melakukan stok barang dan tanpa perlu mengirim barang kepada konsumen, namun supplier lah yang melakukan proses tersebut. Keuntungan yang didapat tergantung kesepakatan pembagian yang dilakukan oleh pengusaha dan penyedia produk, jadi akan berbeda-beda "share income" atau komisi yang akan didapat per brand yang kamu pasarkan.

Untuk menjadi seorang dropshipper, Jagoans hanya perlu HP dan mencari supplier yang sudah terpercaya, kemudian lakukan perjanjian komisi, meminta foto-foto dan video pruduk terbaru, dan memahami beberapa ketentuan yang harus dilakukan dan tidak dilakukan. Kemudian Jagoans bisa langsung jualan dan pasarkan produk tersebut di toko online Jagoans.

Meskipun biasanya jumlah komisi yang didapatkan tidak sebesar yang memiliki stok barang sendiri, namun hasilnya lumayan untuk menambah penghasilan Jagoans. Untuk menghasilkan pendapatan yan lumayan besar, Jagoans memang harus rajin upload produk menggunakan HP yang bagus seperti Samsung Galaxy A52 agar produktifitas tetap prima.

HP Terjangkau untuk Dropshipper!

Membangun Channel YouTube

Cara Menghasilkan Uang lewat HP
Source: blog.atisfyre.com

Salah satu cara dapat uang dari HP adalah dengan menjadi seorang content creator YouTube. Pasalnya membangun channel YouTube tidak diperlukan peralatan yang mahal. Kita tidak memerlukan Kamera DSLR mahal, lighting, atau peralatan yang banyak. Cukup menggunakan HP, jeli terhadap perkembangan algoritma, dan sedikit kemampuan editing sudahlah cukup untuk membangun sebuah Channel YouTube.

Ada beberapa cara yang bisa membantu kamu agar Channel yang dibangun cepat terkenal dan cepat memiliki subscriber yang banyak, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gunakan niche yang tepat. Agar channel berkembang dengan optimal, kamu harus membangunnya berdasarkan minat dan keahlian kamu dan harus fokus terhadap hal tersebut. Misalnya kamu ahli atau sangat berminat dalam hal teknologi atau perkembangan smartphone, maka fokuslah pada review smartphone, iPhone, dan perkembangan smartphone terkini.
  • Konten harus berkualitas. Hal ini dilakukan untuk membuat penonton kamu nyaman. Jika kualitas video dan audio bagus ditambah topik yang diangkat menarik dan berguna, hal tersebut akan membuat penonton betah dan menambah total view dan subscriber buat kamu.
  • Konsisten membangun engagement dengan viewers. Lakukan hal ini untuk membangun bonding bersama viewer dan subscribers kamu. Adapun caranya yaitu berinteraksi dengan menanggapi beberapa komentar di video kamu, atau membuat video QnA, membuat challenge atau mengadakan giveaway untuk tetap terhubung dengan viewers dan subscribers kamu.

Nah kira-kira 3 poin di atas sudah cukup untuk bekal kamu memulai channel YouTube kamu. Namun hal pertama yang harus dimiliki untuk menjadi seorang YouTuber adalah minimal mempunyai HP dengan kualitas kamera yang bagus, seperti iPhone dan Samsung seri S yang bisa kamu lihat di Jagofon.

HP untuk Ngonten!

Mengikuti Misi di TikTok

Cara Menghasilkan Uang lewat HP
Source: Search Engine Journal

TikTok memang terbukti bisa membantu kita untuk mendapatkan uang dari HP. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti misi di TikTok.

Jika kalian betah scrolling content TikTok seharian, kenapa tidak dibarengi dengan mengikuti misi untuk menambah penghasilan sampingan. Kapan lagi kan dengan modal rebahan bisa dapat uang dari HP.

Adapun beberapa misi yang ditawarkan itu bermacam-macam, mulai dari mengundang teman untuk sign-up TikTok, mengundan teman untuk hadir dalam event tertentu, atau hanya menonton video pada durasi tertentu, dan masih banyak program misi lainnya.

Bentuk komisi yang didapat dari menyelesaikan misi ini bermacam-macam juga, yakni berupa voucher, uang cash, atau berupa koin TikTok, tergantung perjanjian awal.

Kontributor Foto dan Video

Cara Menghasilkan Uang lewat HP
Source: Medium

Jagoans pasti memiliki stok foto atau video yang bagus. Pada saat liburan atau saat berjalan di sebuah taman kemudian menemukan hal yang unik, kamu pasti reflex langsung mengeluarkan HP dan memotret momen tersebut.

Nah, daripada foto atau video kamu hanya bisa kalian lihat atau hanya di post di media sosial, kamu bisa dapat uang dari HP hanya dengan upload foto atau video sebagai kontributor di aplikasi Shutterstock, Freepik, atau iStockPhoto.

Sekaramg bagaimana cara menghasilkan uang dari HP dengan menjadi kontributor foto dan video? Caranya hanya dengan sign-up atau daftar di aplikasi atau situs Shutterstock contributor, Freepik, atau iStockPhoto. Kemudian kalian tinggal upload foto yang menurut kalian menjual.

Kamu akan mendapatkan komisi jika foto kamu diunduh oleh orang lain. Semakin banyak yang mengunduh, semakin banyak pula pundi-pundi uang kamu terima.

Jika kamera HP kamu sebagus iPhone atau Samsung, jangan disia-siakan karena kamu bisa dapat uang dari HP kamu sendiri dengan bergabung menjadi kontributior.

HP Fotografer!

Menjadi Freelancer

Cara Menghasilkan Uang lewat HP
Source: Bee.id

Dengan bermunculannya situs penyedia jasa freelance seperti fiverrr, upwork, fastwork, dan sribu, Jagoans yang memiliki skill khusus bisa menjadi seorang freelancer. Kamu bisa mendapatkan uang tambahan dengan mengerjakan proyek-proyek yang ada dalam situs tersebut tergantung keahlian kamu, seperti copywriting, data entry, design, programming, dan lain sebgainya. Memang banyak cara menghasilkan uang dari HP dan tentunya menjadi seorang freelancer adalah pilihan yang lumayan menjanjikan.

Untuk menjadi seorang freelancer, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mendaftar ke situs seperti upwork atau fiverrr dan lengkapi profil kamu. Namun kamu harus memperhatikan skill apa yang ingin kamu tonjolkan di profilmu, kalau bisa disertai dengan portofolio yang bagus agar bisa menndapat kepercayaan lebih dari para calon client. Kemudian jika kamu sudah menyelesaikan suatu proyek, kamu akan mendapat komisi sesuai dengan value yang kalian miliki dan sesuai dengan client kalian tawarkan.

Menjadi freelance dibutuhkan HP yang sangat produktif seperti Samsung Note Series karena akan berhubungan dengan client di berbagai macam negara serta akan slalu berhubungan dengan balas-membalas proyek via email. Jika kamu mencari HP seperti itu, yuk kepoin di Jagofon sekarang juga.

HP yang bisa dibawa kerja!

Mengisi Survey

Cara Menghasilkan Uang lewat HP
Source: Jabarekspres

Cara berikutnya untuk menghasilkan uang dari HP yaitu dengan mengisi survey online. Survey online banyak dilakukan oleh perusahaan untuk mengenal pasar mereka lebih dalam sehingga bisa berdampak dalam pengembangan produk dan sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan perusahaan.

Ada banyak situs atau aplikasi yang menyediakan jasa survey online seperti nusaresearch, YouGov atau JakPat. Jika kamu tertarik dapat uang dari HP dengan melakukan survey online, langsung saja daftar dan lengkapi profilmu.

Komisi yang akan didapatkan per survey beragam, biasanya kamu akan mendapatkan poin, kemudian poin tersebut bisa ditukar dengan uang atau voucher potongan belanja, atau voucher lainnya.

Untuk mengerjakan survey online hanya dibutuhkan HP apa saja, seperti Redmi, Xiaomi, atau Vivo. Jika kamu butuh HP khusus untuk survey online dengan harga yang affordable dan terpercaya, kamu bisa cek di Jagofon sekarang.

Mengikuti Giveaway

Cara Menghasilkan Uang lewat HP
Source: Pixartprinting

Cara mendapatkan uang dari HP selanjutnya adalah dengan mengikuti giveaway. Acap kali untuk alasan tertentu, sebuah Brand akan mengadakan giveaway dengan iming-iming mendapatkan sejumlah uang atau produk mereka di media sosial mereka. Hal ini dapat kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan lewat HP kamu.

Untuk berpartisipasi, kamu hanya perlu sebuah smartphone seperti  Redmi, Xiaomi, atau Vivo untuk scrolling media sosial. Kemudian jika kamu menemukan sebuah giveaway, biasanya kamu hanya perlu mematuhi aturan yang sudah ditentukan oleh panitia giveaway yang biasanya hanya perlu menyukai postingan, membagikan, dan mengomentari postingan ditambah menandai 3 teman untuk kamu ajak ikutan. Lalu kamu hanya perlu menunggu pengumuman pemenang giveaway tersebut.

Tapi Jagoans harus hati-hati dengan modus penipuan giveaway. Kamu harus teliti dan jangan sampai membagikan data pribadi kamu jika kamu menang sebuah giveaway ya.  

Menjadi Buzzer Social Media

Cara Menghasilkan Uang lewat HP
Source: MBNconsulting

Menjadi seorang buzzer media sosial, khususnya buat kamu yang mempunyai follower yang banyak, adalah salah satu pilihan untuk menghasilkan uang dari HP. Buzzer bisa didefinisikan sebagai penyampai informasi tertentu kepada para followers nya baik itu melalui Instagram, TikTok, atau X (ex-Twitter) dengan tujuan menciptakan topik pembicaraan dan mempengaruhi followers melakukan sesuatu.

Namun untuk menjadi seorang buzzer media sosial yang profesional dan sukses ada beberapa poin yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Memiliki banyak followers. Karena fungsi buzzer adalah menyampaikan berbagai informasi dengan tujuan mengangkat sebuah topik pembicaraan atau thread baru, followers yang kalian mmiliki juga harus organik atau asli, bukan bot atau didapatkan menggunakan cara membeli followers.
  • Mempunyai skill untuk mempengaruhi orang. Skill ini sangat dibutuhkan untuk membangun trust antara kamu dengan followers sehingga segala informasi yang disalurkan akan diterima dengan baik.
  • Kreatif. Hal yang wajib dimiliki oleh kamu yang ingin menjadi buzzer karena kamu dituntut untuk konsisten membuat konten yang kreatif setiap harinya.

Nah, beberapa poin di atas adalah salah satu dari banyak yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang buzzer media sosial. Selain poin di atas, kamu wajib memiliki HP yang bisa mendukung produktifitasmu seperti Samsung Galaxy Series atau iPhone untuk memantau dan keep in touch dengan followers kamu.

Menjadi Virtual Assitant

Cara Menghasilkan Uang lewat HP
Source: pexels - @polina-zimmerman

Buat Jagoans yang ingin mencari cara menghasilkan uang dari HP dan mempunyai keahlian atau berpengalaman dalam planning, managerial, atau sistem administrasi akan sangat cocok menajdi seorang virtual assistant.

Menjadi seorang virtual assistant berarti Jagoans siap mengerjakan tugas seperti mengurus email, menyusun jadwal meeting, menghadiri meeting online, menginput data, membuat planing marketing, atau berperan sebagai administrator. Jadi, seorang virtual assistant harus siap menyesuaikan dengan kebutuhan client kamu.

Untuk mencari posisi pekerjaan sebagai virtual assistant, kamu bisa mencarinya di situs pecari freelancaer seperti upwork, fiverr, atau fastwork. Namun terkadang di situs pencari kerja seperti LinkedIn dan Indeed pun ada yang mencari virtual assistant.

Untuk mendukung pekerjaan sebagai virtual assistant, selain laptop atau Macbook, kamu juga membutuhkan smartphone yang mendukung pekerjaan kamu seperti Samsung Note Series, Samsung S Series, atau Ipad.

Menjadi Content Creator

Cara Menghasilkan Uang lewat HP
Source: pexels - @ron-lach

Salah satu cara menghasilkan uang dari HP lainnya adalah menjadi seorang content creator. Jika Jagoans memiliki passion dalam dunia content creator dan konsisten dalam prosesnya, dijamin kamu akan berhasil.

Untuk menjadi content creator yang sukses, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, diantaranya yaitu harus update dengan trend, sering mencatat ide, menjaga originalitas, kreatif, dan membangun relasi sesama content creator.

Untuk menunjang kinerja kamu sebagai content creator, harus didukung dengan smartphone yang mumpuni seperti iPhone, dan Samsung Seri S, dan juga kamu harus mempunya laptop atau Macbook untuk menunjang proses editing.

Kesimpulan

Menghasilkan uang dari HP dengan mudah dan modal sedikit memang terbuka lebar di era sekarang ini. Banyak sekali kesempatan yang terbuka untuk kalian coba, apalagi jika didukung dengan alat-alat yang mumpuni dan smartphone yang mumpuni juga. Jika kamu mencari produk second hand smartphone yang affordable dan berkualitas, yuk cek di katalog Jagofon, dijamin kamu ga bakal nyesal!