Menghilangkan Mode Aman di HP Samsung: Langkah-Langkah Praktis (Terbaru 2024)

Siapa sih yang tidak mengenal Samsung? Brand asal Korea Selatan ini menawarkan beragam jenis elektronik dengan kualitas mumpuni dan rentang harga yang juga terjangkau. Untuk masalah teknologi, Samsung selalu terdepan dan berinovasi, termasuk dengan produk smartphone-nya.

Salah satu fitur yang dihadirkan Samsung dalam smartphone-nya yaitu fitur Safe Mode atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan "Mode Aman". Mode Aman Samsung ini dihadirkan Samsung sebagai sistem perlindungan dini dalam smartphone dan tablet Samsung.

Fitur ini di satu sisi akan menguntungkan pengguna, namun juga dapat mengganggu aktivitas pengguna ketika fitur ini sedang diaktifkan. Untuk Jagoans yang penasaran dengan fitur Safe Mode ini serta tata cara terbaru 2024 menggunakan dan menonaktifkannya, yuk simak artikel berikut!

Source Samsung Members

Mengenal Mode Aman atau Safe Mode pada Samsung

Source : Droidpoin

Jagoans mungkin sering mendengar fitur safe mode pada Windows, namun apa itu fitur mode aman Samsung? Sebagai informasi, fitur mode aman ini dapat digunakan untuk mendeteksi permasalahan yang ada pada tablet maupun ponsel Samsung milik Jagoans.

Safe mode atau mode aman Samsung ini juga memungkinkan pengguna untuk mencari sumber masalah pada ponsel, menghapus aplikasi pihak ketiga yang berbahaya, serta mengatur ulang aplikasi yang eror. Hal ini sangat berguna daripada menggunakan fitur factory reset yang dapat menghapus data dan file pengguna.

Cara kerja dari mode aman Samsung atau safe mode yaitu sistem operasi akan melakukan booting dengan file dan driver pada kondisi minimum. Kemudian, safe mode ini akan mematikan semua aplikasi ketiga sementara, dan hanya mengizinkan aplikasi sistem untuk berjalan.

Dengan mode aman Samsung, pengguna dapat menguji permasalahan yang muncul pada smartphone dan tablet Samsung mereka, menavigasi perangkat untuk melihat di mana perangkat mengalami masalah, serta melihat penggunaan data seluler dan mengawasi masa pakai baterai.

Baca juga: Hati-hati! Ini Perbedaan HP Samsung Asli dan Palsu

Cara Menghilangkan Mode Aman Samsung

Tidak jarang, banyak pengguna bingung ataupun yang tidak mengetahui cara untuk keluar dari mode aman Samsung, sehingga banyak yang melakukan factory reset atau kembali ke setelan pabrik yang dapat menghapus data pada ponsel Samsung mereka.

Selain itu, mode aman Samsung ini juga dapat menganggu aktivitas ponsel, karena dapat memperlambat kinerja ponsel. Hal ini wajar karena pada saat safe mode aktif, ponsel akan bekerja pada mode minimum, sehingga mengganggu kinerja ponsel dan tidak maksimal.

Di sisi lain, mode aman Samsung ini juga sering aktif secara tidak sengaja, dan tentunya sangat mengganggu pengguna saat sedang asyik menggunakan ponsel, apalagi saat digunakan dalam bermain game, karena game merupakan aplikasi pihak ketiga yang tidak muncul dan tidak bisa dibuka saat safe mode aktif.

Namun, Jagoans tidak perlu khawatir, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan mode aman Samsung atau safe mode pada perangkat Samsung :

Me-restart Ponsel dan Tablet Samsung

Source : Anak Tekno

Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk menghilangkan mode aman Samsung. Kamu hanya perlu menekan tombol power beberapa detik hingga muncul kotak menu yang menunjukkan tampilan tombol restart.

Setelah kamu menekan tombol restart, ponsel akan mati dan hdiup kembali secara otomatis. Tujuan dari restart ini adalah untuk mengembalikan ponsel kembali ke setelan awal, sehingga mode aman Samsung dapat dihilangkan.

Menggunakan Panel Notifikasi

Source : VOI

Cara selanjutnya adalah menggunakan fitur panel notifications atau panel notifikasi pada ponsel Samsung. Berikut beberapa langkahnya :

  • Tarik ke bawah dari atas layar atau slide ke atas layar untuk memunculkan panel notifikasi.
  • Selanjutnya, pilih dan tekan tombol turn off atau matikan di bagian mode aman atau safe mode.
  • Tunggu beberapa detik sampai ponsel Samsung kamu melakukan restart secara otomatis.
  • Kamu akan mengetahui cara ini berhasil setelah ponsel Samsung kamu hidup dan dapat kembali menjalankan aplikasi yang semula tidak muncul. Selain itu, koneksi internet dan performa ponsel kamu juga telah kembali seperti semula.

Menghapus Aplikasi yang Kurang Penting

Source : Suara.com

Jika kedua cara tersebut belum berhasil, Jagoans dapat menghapus beberapa aplikasi yang dianggap kurang maupun tidak penting. Selain itu, penting bagi Jagoans untuk memeriksa apakah ada aplikasi yang bukan bawaan HP atau tidak.

Meskipun meng-install aplikasi di smartphone bisa dikatakan sepele, men-download dan meng-install apliaksi yang sumbernya tidak jelas dapat menyebabkan permasalahan pada ponsel.

Pasalnya, jika terdapat aplikasi yang di-install dari pihak ketiga yang diangggap Samsung dapat mengganggu sistem operasi, sistem dari Samsung akan otomatis memaksa smartphone masuk ke mode aman secara paksa.

Baca juga: Cek HP Samsung 3 Jutaan Terbaru Disini!

Mengembalikan ke Pengaturan Factory Reset

Cara terakhir yang dapat Jagoans lakukan untuk menghilangkan mode aman Samsung adalah dengan mengembalikan ponsel ke pengaturan factory reset atau setelan pabrik. Yang perlu Jagoans perhatikan sebelum menggunakan fitur ini adalah jangan lupa untuk mem-backup semua data dan file yang penting.

Hal tersebut perlu dilakukan karena factory reset akan menghapus semua data dan file penggguna dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Untuk beberapa tipe HP Samsung, saat hendak melakukan factory reset, Jagoans biasanya akan diminta untuk memasukkan PIN yang biasa digunakan untuk membuka kunci layar smartphone.

Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti :

Source : Samsung

Dapatkan Beragam Tipe Samsung di Jagofon dengan Harga Terjangkau

Dengan pengamanan dan deteksi dini yang canggih seperti Safe Mode dari Samsung, tak jarang banyak pengguna yang setia atau bahkan meng-upgrade ponsel mereka ke beragam tipe Samsung.

Untuk Jagoans yang juga ingin memiliki smartphone dari Samsung, kamu bisa langsung check out di Jagofon! Jagofon merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas.

Kenapa sih harus HP bekas? karena dengan menggunakan HP bekas, kamu dapat mengurangi limbah elektronik yang sangat berbahaya bagi lingkungan, cocok untuk Jagoans yang ingin memulai go-green dan ikut berkontribusi untuk mengurangi e-waste di Indonesia.

Kamu juga tidak perlu khawatir Jagoans, karena semua produk Jagofon sudah lolos tes 90+ titik fungsi dan terjamin berkualitas sebelum sampai ke tanganmu. Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Jika kamu berada di wilayah Jakarta, kamu dapat checkout HP impianmu dengan metode COD atau Self-pickup ke kantor Jagofon. Selain itu, kamu juga bsia berkonsultasi langsung dengan tim Jagofon! Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original.

Jadi tunggu apalagi? Yuk segera dapatkan smartphone Samsung dan beragam gadget impian kamu lainnya hanya di Jagofon!