JagoNews

Merk Smartphone Apakah Yang Paling Peduli Atas Lingkungan? Ini Jawabanya!

Perkembangan teknologi memang menakjubkan, hidup jadi lebih mudah berkat smartphone dan gadget yang ada di masa kini. Namun dampak negatifnya untuk lingkungan dan masa depan juga nyata.

Pelaku industri elektronik dan IT mulai mencari cara untuk mengurangi dampak negatif yang dapat ditimbulkan, termasuk Jagofon dengan menyediakan gadget second terbaik untuk mengurangi polusi limbah elektronik.

Jika kamu salah satunya yang juga peduli, Jagofon mencoba membuka dan membantumu mencari gadget atau smartphone ramah lingkungan.

Bagaimana Cara Memilih Smartphone Ramah Lingkungan?

Source: earth.com

Senyawa kimia pada limbah elektronik yang tidak dikelola dengan baik dapat mencemari lingkungan dan masuk ke tubuhmu sendiri. Pabrik penghasil barang elektronik, terutama HP, rata-rata menghasilkan 16 kg emisi karbon dalam satu pembuatan HP - ini merupakan salah satu pemicu pemanasan global yang cukup cepat.

Memilih smartphone atau gadget yang ideal bagi tiap individu memang berbeda, namun satu hal yang wajib ada dalam daftarmu sekarang: pilih produk teknologi yang bertanggung jawab pada kelestarian lingkungan.

Menurut Greenpeace ada 3 kriteria smartphone ramah lingkungan yakni:

  • Produk yang memakai energi terbarukan agar bisa mengurangi efek rumah kaca
  • Produk yang memakai sumber daya dan material yang dapat didaur ulang
  • Produk dan pabrik yang tidak lagi mengandung atau menghasilkan bahan kimia yang berbahaya

Saat ini predikat smartphone ramah lingkungan dipegang oleh Apple. Ya, kita mulai ke arah yang lebih bertanggung jawab untuk Bumi kita.

Merk Smartphone yang Paling Bertanggung Jawab

Source: The Jakarta Post

Diantara berbagai merk yang masuk ke Indonesia, sejauh ini Apple yang masuk ke dalam daftar smartphone ramah lingkungan. Menurut Greenpeace sendiri, Apple termasuk dua teratas smartphone ramah lingkungan setelah Fairphone, sebuah merk HP dari Belanda.

Sejak 2014, CEO Apple, Tim Cook, memang berambisi untuk membuat semua proses dan materi pada tiap produk Apple aman bagi lingkungan. Dan mereka membuktikannya dengan hasil yang cukup signifikan dari tahun ke tahun.

Apple mengklaim telah mengurangi materi plastik sebanyak 75% pada produknya sejak tahun 2015. Selain itu, mereka senantiasa untuk memakai energi terbarukan dan materi daur ulang. Dari desainnya sendiri, Apple juga berkomitmen membuat tiap produk dapat kembali didaur ulang di kemudian hari.

Produk Apple yang ramah lingkungan, lebih murah disini:

Merk Smartphone yang Harus Segera Menyusul

Source: Samsung Global News Room

Sayangnya, merk terkenal semacam Samsung masih berusaha keras untuk mengemban misi ini. Bukan berarti tidak peduli, Samsung sudah berkomitmen untuk membuat tiap produknya awet sehingga dapat mengurangi produksi emisi karbon. Semoga saja kedepannya Samsung dapat menemukan cara yang lebih baik lagi.

Hindari pemicu pemanasan global, dengan memakai Samsung second:

Merk smartphone lain seperti Oppo, Vivo, dan Xiaomi juga masih punya reputasi yang rendah akan hal ini. Selain itu, merk-merk diatas juga belum pernah memberikan laporan perkembangan terhadap produksi gadget yang bertanggung jawab seperti Apple.

Belum menunjukan transparansi dalam produksi gadget yang bertanggung jawab kepada lingkungan, bukan berarti merk-merk di atas juga tidak memikirkan masalah ini. Kita bisa memulainya dari diri sendiri dulu, kok!

Hindari pemicu pemanasan global dengan memakai Oppo second:

Mulai dari Kita, Mulai di Jagofon

Para produsen teknologi memang sudah memikirkan bagaimana cara memproduksi teknologi yang bertanggungjawab. Namun alangkah baiknya jika hal ini juga didukung dari kita sang konsumen yang juga sadar diri.

Kabar baiknya, Jagofon memenuhi kebutuhan akan gadget berkualitas dengan harga terjangkau dan yang pasti dapat mengurangi efek negatif pada lingkungan. Membeli gadget second bukan berarti jelek, malah artinya kamu peduli terhadap lingkungan.

Mari bangun Bumi menjadi lebih baik dengan pakai smartphone second!