Mitos dan Fakta iPhone 11 Pro Max? Apakah Layak Dibeli?

Mitos dan fakta iPhone 11 Pro Max merupakan sebuah perbincangan yang mungkin akan seru untuk dibahas. Seperti yang kita tahu, iPhone 11 Pro Max adalah sebuah model HP flagship dengan kasta tertinggi besutan Apple pada tahun 2019.

Ponsel yang sudah tidak diproduksi sejak 2020 lalu ini tentu memiliki spesifikasi unggul walau sudah terpaut beberapa tahun sejak perilisannya. Namun ada saja mitos yang memojokkan bahkan bisa memengaruhi keputusan seseorang untuk membeli unit ini.

Oleh karena itu, yuk kita bahas beberapa mitos dan fakta terkait iPhone 11 Pro max di bawah dan bisa menjadi bahan pertimbangan kamu sebelum membelinya.

Baca juga: Penasaran? Ini Perbandingan iPhone 14 Pro Max dan iPhone 11 Pro Max dan Update Harga Tahun 2024

Tampilan Jadul dengan Notch

Mitos dan Fakta iPhone 11 Pro Max? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: iTweak

Dengan hadirnya fitur Dynamic Island yang diterapkan mulai dari seri iPhone 14, poni alias notch pada iPhone 11 Pro Max terlihat seperti fitur yang usang dan jadul. Dimensinya juga tergolong sedikit lebar dan pastinya akan mengganggu pengalaman kamu menonton film dan bermain game.

Namun inovasi yang diprakarsai oleh Apple sendiri ini tak melulu memiliki fungsi yang minimal. Fungsinya sendiri adalah sebagai wadah kamera selfie dan sensor biometrics yang berguna untuk menambah keamanan dan privasi penggunanya.

Selain itu notch juga seolah menjadi sebuah fitur eksklusif dari iPhone dan memiliki sebuah estetika sendiri bagi para Apple Fanboy di Indonesia, bahkan dunia.

Untuk masalah notch memang dikembalikan kepada preferensi masing-masing Jagoans ya. Ada yang ok dengan kehadirannya, ada juga yang skip jika memiliki iPhone dengan poni alias notch.

Resolusi Layar Kurang Memuaskan

Mitos dan Fakta iPhone 11 Pro Max? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: Tokopedia

Layar iPhone 11 Pro Max dibekali dengan panel Super Retina XDR OLED 6,5 inchi. Layarnya memiliki resolusi 1242 x 2688 pixel dengan aspek rasio 19,5:9 dan memiliki kepadatan pixel 458 ppi.

Selain itu, layarnya sudah didukung standar HDR10, Dolby Vision, dan memiliki kecerahan puncak di 1200 nit.

XDR sendiri memiliki kepanjangan dari eXtreme Dynamic Range yang mana merupakan sebuah teknologi lanjutan di atas HDR. Pada dasarnya layar iPhone 11 Pro Max memiliki kecerahan diatas rata-rata, setidaknya lebih baik dari iPhone XS atau XS Max.

Jika dibandingkan, layar Super Retina XDR OLED ini setara dengan Dynamic AMOLED nya Samsung.

Canggihnya layar iPhone 11 Pro Max adalah memiliki keakurasian warna yang luar biasa. Ponsel ini juga sudah didukung penuh oleh teknologi DCI-P3 yang mampu menghadirkan warna yang lebih vibrant dan kaya baik dipandang dari depan atau samping.

Selain itu, jika kamu dalam keadaan minim cahaya di sekitar dan menurunkan kecerahannya, akurasi warnanya masih tetap terjaga sehingga menambah keseruan saat menonton atau memainkan sebuah game.

Display layar iPhone memang selalu membuat mata Jagoans nyaman dan takjub. Terlebih layar iPhone 11 Pro Max memang dibangun berbeda dari saudaranya, iPhone 11 yang masih menggunakan IPS LCD.

Jika kamu memutuskan untuk membeli iPhone 11 Pro Max bekas di tahun 2024, kamu dijamin ga bakal kecewa dengan tampilan layarnya yang menakjubkan.

Absen Audio Jack 3.5mm

Mitos dan Fakta iPhone 11 Pro Max? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: Unsplash/Daniel Romero

Ditiadakannya audio jack 3,5 mm memang menyayat hati para pendengar musik dan mereka yang aktif bermain game multiplayer. Pasalnya banyak yang terbiasa menggunakan EarPods atau earphone custom yang hanya mendukung port audio jack 3,5 mm untuk menikmati kualitas musik yang bagus dan sebagai alat komunikasi antar tim pada game MOBA.

Orang-orang beranggapan bahwa ditiadakannya audio jack 3,5 mm ini sebuah kemunduran teknologi. Hal ini dikarenakan untuk memakai earphone standar, mereka harus menggunakan sebuah converter dan audio yang dihasilkan terkadang memiliki kualitas yang rendah.

Solusi lain untuk mendengarkan audio secara privat adalah dengan membeli AirPods. Dengan aksesoris ini, kamu tak perlu repot dengan lilitan kabel karena kamu hanya perlu mengkoneksikan jaringan Bluetooth dengan AirPods kamu.

Namun buat para kaum konvensional dan para audiophile, wired earphone atau headphone masih menjadi alat utama untuk mendengarkan musik dengan kualitas tinggi. Solusinya jika kamu masih memiliki wierd earphone yang masih menggunakan jack 3,5 mm, kamu harus membeli converter yang memiliki kualitas tinggi.

Chipset Jadul

Mitos dan Fakta iPhone 11 Pro Max? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: 9to5Mac

Chipset iPhone 11 Pro Max memang terkesan jadul. Mengingat sudah terpaut beberapa generasi dari chipset yang ditanamkan pada iPhone 15 Pro Max (Apple A17 Pro), ponsel ini terdengar sangat uzur ya Jagoans.

iPhone 11 Pro Max sendiri dibekali chipset unggul Apple A13 Bionic (7nm). Diantaranya terdapat prosesor hexa-core yang dibagi menjadi 2 kamar, yakni 2 core 2,65 GHz Lightning dan 4 core 1,8 GHz Thunder. GPU nya disokong oleh Apple GPU 4-core.

Sementara itu RAM nya memiliki kapasitas 4 GB dengan pilihan penyimpanan lokal 64 GB, 256 GB, dan 512 GB dengan teknologi NVMe.

Untuk mengetahui performanya dalam bentuk angka, iPhone 11 Pro Max meraih skor 916.151 saat dites menggunakan aplikasi AnTuTu v10. Tentu skor ini sangat bagus walau dibandingkan dengan HP medioker keluaran baru.

Untuk penggunaannya di tahun 2024, iPhone 11 Pro Max masih sangat layak untuk kamu jadikan HP utama untuk bermain game.

Menurut kanal YouTube Aldi Random yang mengetes iPhone 11 Pro Max untuk bermain game MLBB, ponsel ini mampu menyuguhkan performa yang mulus dengan settingan super dan ultra.

Jadi, walaupun chipsetnya sudah tertinggal lumayan jauh dengan keluaran terbaru, Apple 13 Bionic mampu melibas game mainstream dengan lancar ya Jagoans!

Tidak Mendukung 5G

Mitos dan Fakta iPhone 11 Pro Max? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: CNN Indonesia

Semua seri iPhone 11 termasuk 11 Pro max hanya mendukung jaringan sampai LTE atau 4G+. Absennya jaringan 5G memang disayangkan karena untuk pemakaian jangka panjang, dirasa ponsel ini kurang menjanjikan.

Namun absennya sinyal 5G terasa tidak terlalu berdampak signifikan ya Jagoans. Mengingat penyebaran peta daerah yang sudah mendukung jaringan 5G juga masih belum tersebar luas, dirasa untuk mengandalkan sinyal LTE tidak akan ada masalah yang besar.

Disamping itu, jika kamu membutuhkan koneksi yang cepat, kamu bisa mengandalkan kekuatan WiFi iPhone 11 Pro Max karena sudah didukung protokol Wi-Fi 6 yang dijamin ngebut.

Jadi untuk pemakaian sinyal LTE di tahun 2024 dirasa masih aman. Mungkin 2 atau 3 tahun kedepan sinyal 5G sudah merata di Indonesia, nah jika hal ini terjadi mungkin kamu akan tertinggal jauh dengan ponsel keluaran yang baru.

Baca juga: Cara Mengatasi Penyimpanan iPhone Penuh dengan Mudah dan Praktis

Dapatkan iPhone 11 Pro Max Berkualitas

Pada dasarnya, iPhone 11 Pro Max masih layak kamu beli di tahun 2024. Beberapa mitos dan fakta yang mengatakan chipsetya jadul dan resolusi layar yang kurang memuaskan terbukti masih bisa menyuguhkan tampilan dan kinerja yang apik.

Namun untuk jaringan yang belum support sinyal 5G memang sedikit disayangkan untuk jangka panjang pemakaian ya Jagoans. Tapi setidaknya untuk 2 sampai 3 tahun mendatang ponsel ini masih relevan dan bisa bertahan dengan mengandalkan sinya LTE.

Tunggu apa lagi, jika kamu sudah memutuskan untuk beli iPhone 11 Pro Max, langsung kunjungi saja website Jagofon! Mumpung harga iPhone 11 Pro Max sekarang hanya Rp. 7 jutaan, kapan lagi kamu bisa pakai HP kamera boba dan bisa bergaya di tongkrongan!

Buat yang masih bertanya-tanya, Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh!

Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru. Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original.