Mitos dan Fakta iPhone 14 Pro Max? Apakah Layak Dibeli?

Mitos dan fakta iPhone 14 Pro Max menjadi sebuah bahasan yang seru untuk dikaji. Pasalnya produk Apple yang satu ini memiliki beberapa fitur yang belum memenuhi ekspektasi para usernya. 

Namun apakah produk Apple keluaran tahun 2022 ini memang memiliki mitos yang benar pada kenyataannya? Atau apakah mitos iPhone 14 Pro Max hanya menjadi mitos belaka?

Oleh karena itu, yuk kita simak mitos dan fakta iPhone 14 Pro Max dan apakah masih layak kamu beli di tahun ini.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi iPhone 14 Yang Tidak Banyak Diketahui

Absen USB-C dan Pengisian Daya Kurang

Mitos dan Fakta iPhone 14 Pro Max? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: Creative Bloq

Untuk meminimalisir limbah elektronik dan memudahkan konsumennya, Pada Bulan Juni 2022 Uni Eropa mengeluarkan peraturan standar untuk mengisi daya elektronik seperti HP dan laptop menggunakan port USB Type-C.

Namun hal ini belum juga mengubah keputusan Apple untuk menyematkan port USB Type-C pada iPhone 14 Pro Max. Ponsel ini  masih saja menggunakan port konvensional nya, yakni port Lightning.

Hal ini juga disayangkan karena produk terbaru Apple seperti Macbook dan iPad Pro sudah menggunakan USB Type-C dan akan menambah banyak perangkat pengisian daya ulang kamu saat harus bepergian.

Namun, walaupun kesannya ribet dengan masih menggunakan port Lightning, pengisian daya nya lumayan bagus. Apple mengklaim bahwa dengan hanya menghabiskan waktu selama 30 menit, kamu sudah bisa mengisi kapasitas baterainya sebanyak 50%.

Dynamic Island Kurang Maksimal

Mitos dan Fakta iPhone 14 Pro Max? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: Dribbble/Süeda Turgut

Bye-bye poni iPhone, sejak kemunculan iPhone 14 Pro dan Pro Max, poni pada iPhone berevolusi menjadi sebuah fitur yang disebut Dynamic Island. Secara singkat, fitur ini mampu menampilkan informasi dan beberapa perintah saat kamu menggunakan sebuah aplikasi.

Sebagai contoh, saat kamu membuka aplikasi pemutar musik, Dynamic Island akan menampilkan beberapa informasi seperti judul lagu dan artis nya. Kemudian jika kamu mengetuknya, otomatis akan membuka aplikasi pemutar lagu tersebut. Lalu jika kamu menekannya sedikit lama akan ada pilihan perintah seperti play, pause, atau next.

Namun karena masih memiliki beberapa keterbatasan pengembangan, terkadang saat ingin melakukan perintah tertentu, beberapa perintahnya tidak ada dalam Dynamic Island. Alih-alih ingin praktis, kamu harus membuka aplikasi tersebut.

Kemudian karena letaknya berbarengan dengan modul kamera depan, tak jarang saat menyentuh Dynamic Island akan ada noda yang menempel pada layar kamera depan. Hal ini mengakibatkan menurunnya kemampuan sensor FaceID dan tentunya mengganggu kamu saat ingin selfie.

Walaupun masih ada beberapa kekurangan, tak menafikan bahwa Dynamic Island adalah sebuah fitur yang inovatif dan tak ada pada produk HP lainnya. Hal ini menambah kesan ke-ekslusifan iPhone 14 Pro Max untuk para penggunanya.

Body Berat dan Tebal

Mitos dan Fakta iPhone 14 Pro Max? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: Houston Chronicle

Sebagai model paling canggih dan memiliki material yang paling premium diantara jajaran iPhone 14 series, konsekuensinya iPhone 14 Pro Max memiliki bobot dan dimensi yang tergolong besar dan berat. 

Dimensi bodi iPhone 14 Pro Max mencakup 160,7 x 77,6 x 7,85 mm. Sementara itu, bobotnya mencapai 240 gram. Tak hanya itu, frame nya terbuat dari material stainless steel dan kaca depannya dilapisi oleh ceramic untuk menambah ketahanannya. Tak ayal bobotnya bisa lebih dari 200 gram dan tergolong jajaran HP dengan berat paling tinggi.

Namun, karena memiliki ruang yang luas, iPhone 14 Pro Max bisa menyematkan kapasitas baterai yang lumayan luas juga, yakni di 4.323 mAh. Tentu dengan kapasitas baterai yang ditingkatkan akan menambah masa pakai ponsel ini seharian.

Tidak Sesuai dengan Harga yang Tinggi

Mitos dan Fakta iPhone 14 Pro Max? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: Apple

Pada saat rilis di Indonesia, harga iPhone 14 Pro Max menyentuh angka Rp. 21,99 juta untuk varian 128 GB. Dengan harga yang fantastis tersebut tentu hanya segmen menengah keatas yang bisa membeli HP ini ya Jagoans.

Namun dibandingkan dengan spesifikasi yang andal dan fitur yang inovatif, sepertinya ponsel ini memang layak dibanderol dengan harga setinggi itu. Kemudian kuatnya nama merek Apple sendiri bisa jadi salah satu parameter tingginya harga iPhone 14 Pro Max.

Tak bisa dipungkiri, jeroan yang ditanamkan di dalam iPhone 14 Pro Max merupakan teknologi paling mutakhir saat itu. Chipsetnya dibekali A16 Bionic (4 nm) dengan komposisi setidaknya memiliki prosesor hexa-core yang dibagi menjadi 2 core Everest 3,46 GHz + 4 core Sawtooth 2,02 GHz, Apple GPU 5-core, serta modem 5G.

Kapasitas RAM iPhone 14 Pro Max sama dengan iPhone 13 Pro Max di 6 GB dan memiliki pilihan memori internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, dan 1 TB dengan teknologi NVMe.

Kameranya memiliki peningkatan yang cukup drastis, kini iPhone 14 Pro Max dibekali kamera utama 48 MP (f/1,8) OIS + kamera ultrawide 12 MP (f/2,2) + kamera telephoto 12 MP (f/2,8) dan dilengkapi TOF 3D LiDAR scanner (depth). Sementara itu di depannya terdapat kamera selfie 12 MP (f/1,9) OIS.

Nah, mungkin wajar untuk HP kelas iPhone memiliki harga Rp. 21,99 jutaan dengan menyematkan jeroan yang andal. Jika kamu mengharapkan memiliki iPhone 14 Pro Max dengan harga yang lebih masuk akal, kamu bisa cek website Jagofon loh! Harganya pasti lebih bersaing dan barangnya juga dijamin original.

Tidak Beda Jauh dengan iPhone 13 Pro Max

Mitos dan Fakta iPhone 14 Pro Max? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: PhoneArena

Banyak yang membicarakan bahwa Apple mengeluarkan produk iPhone yang sama setiap tahunnya. Dalam konteks ini iPhone 13 Pro Max dan iPhone 14 Pro Max memiliki kualitas dan performa yang sama namun memiliki harga yang tentu sudah berbeda.

Jika dilihat dari bentukan luarnya, memang iPhone 13 Pro Max dan iPhone 14 Pro Max memiliki bentuk dan ukuran yang mirip. Namun iPhone 13 Pro Max sebenarnya memiliki ukuran lebih besar beberapa helai rambut (160,8 x 78,1 x 7,7 mm) daripada iPhone 14 Pro Max. Sementara itu, bobotnya sama di 240 gram.

Untuk chipsetnya, iPhone 13 Pro Max dibekali A15 Bionic, sementara itu iPhone 14 Pro Max dibekali A16 Bionic. Tentu pengaruh ke performanya pun berbeda, dengan teknologi nya yang baru juga memiliki efisiensi daya yang lebih baik mengingat kedua ponsel dibekali daya baterai dengan kapasitas yang sama.

Hal yang signifikan adalah hadirnya kamera 48 MP di iP14 pm yang merupakan peningkatan drastis dari iP13 pm yang hanya dibekali kamera utama 12 MP.

Yah walau memang tak terlalu menyuguhkan perubahan yang sangat signifikan secara menyeluruh, iPhone 14 Pro Max memiliki kualitas dan performa yang lebih baik dari seri pendahulunya.

Baca juga: Tes Kelayakan iPhone 13 Pro Max di Maret 2024

Dapatkan iPhone 14 Pro Max Berkualitas di Jagofon

iPhone 14 Pro Max memang memiliki segudang fitur dan spesifikasi yang canggih. iPhone yang umurnya hanya berbeda 1 tahun dari seri terbarunya, iPhone 15 tentu masih sangat relevan untuk kamu gunakan di tahun ini.

Namun dengan adanya beberapa mitos yang ada di luar tak bisa menafikan bahwa iPhone 14 Pro Max adalah sebuah HP flagship keluaran Apple yang memiliki inovasi dan teknologi yang tergolong mumpuni.

Nah, buat kamu yang merasa sudah cukup tabungannya, Jagoans bisa langsung cek iPhone 14 Pro Max di Jagofon. Secara harga iPhone 14 Pro Max hanya sekitar Rp. 16 jutaan tergantung kondisi dan kapasitas penyimpanannya.

Tenang saja, sebagai marketplace pertama yang menjual HP bekas di Indonesia, Jagofon melaksanakan quality control terhadap semua produknya sehingga 100%. Selain itu, semua produk di Jagofon sudah include garansi uang kembali jika dalam 7 hari jika ada masalah teknis terkait HP nya.

Kamu juga akan mendapat garansi ganti mesin selama 30 hari dan memiliki pilihan perpanjangan garansi sampai dengan 6 Bulan denga harga yang terjangkau.

Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!