Mitos dan Fakta iPhone XR? Apakah Layak Dibeli?

Tak bisa dipungkiri, beberapa mitos dan fakta terkait iPhone XR memang menjadi salah satu hambatan untuk kamu yang ingin membelinya di tahun 2024.

HP iPhone XR yang rilis bersamaan di tahun 2018 dengan iPhone XS dan XS Max ini memang sangat dinanti bagi para pecinta produk Apple. Pasalnya ponsel ini memang memiliki harga yang relatif lebih murah dari kedua saudaranya tersebut.

Walaupun berada di urutan paling murah, iPhone XR memiliki kinerja yang tak kalah dari model lainnya. Tak ayal ponsel ini merupakan salah satu yang menjadi paling laris di pasaran saat itu.

Nah, setelah sekian lama, apakah di tahun 2024 ini iPhone XR masih layak untuk kamu beli? Kemudian apakah benar terkait beberapa mitos yang beredar tentang produk ini? Oleh karena itu, yuk kita cek mitos dan fakta iPhone XR berikut.

Baca juga: Penasaran? Ini Perbandingan iPhone XS Max dan iPhone 15 Pro Max

Kamera Sudah Jadul

Mitos dan Fakta iPhone XR? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: Apple

iPhone XR memang hanya dibekali dengan single camera 12 MP ber-aperture f/1.8 dengan focal length 26mm (wide). Ukuran sensornya sebesar 1/2,55 inchi dan mampu menghasilkan pixel sebesar 1.4µm. Ponsel ini juga dilengkapi fitur PDAF dan OIS untuk menghasilkan gambar yang lebih detail dan stabil.

Di bagian depannya terdapat satu kamera selfie 7 MP dengan fitur HDR dan dibekali sensor depth dan biometrics untuk Face ID.

Untuk perekaman videonya, kamera utama mampu membuat sebuah video dengan kualitas maksimal 4K@60fps. Sementara itu kamera depannya memiliki kemampuan membuat video dengan kualitas maksimal 1080p@60 fps.

Jika kamu lihat spesifikasi kamera belakangnya, walaupun hanya memiliki satu kamera, iPhone XR dibekali fitur yang mewah. Sensor yang tergolong besar juga mampu menyerap cahaya yang lebih baik sehingga bisa menghasilkan gambar yang bagus walau dalam keadaan minim cahaya.

Buat kamu yang memiliki kegiatan sebagai content creator, dengan output video sampai dengan 4K di 60 fps dan sudah dibekali OIS bisa menjadi senjata utama untuk merekam di segala situasi.

Buat yang penasaran dengan hasil jepretan kamera iPhone XR di tahun 2024, berikut contoh hasil jepretannya.

Mitos dan Fakta iPhone XR? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: YouTube/Steff Tech
Mitos dan Fakta iPhone XR? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: YouTube/Steff Tech
Mitos dan Fakta iPhone XR? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: YouTube/Steff Tech

Secara umum, kamera iPhone XR mampu mengolah hasil jepretan menjadi gambar yang bagus. Tone warna yang natural dengan detail yang cukup dan kontras yang lumayan lembut cukup bisa kamu andalkan di tahun ini.

Selfie kameranya sendiri menyuguhkan warna yang natural juga tanpa menerapkan filter yang membuat gambar terkesan lebay.

Untuk mitos yang mengatakan bahwa kamera iPhone XR jadul memang benar adanya, secara ponsel ini merupakan kelahiran tahun 2018 yang kalah jauh beberapa generasi dibanding iPhone 15 series. Namun walaupun demikian, kualitas foto yang dihasilkan masih tergolong memiliki kualitas yang apik.

Kameranya juga masih relevan untuk kamu jadikan alat ngonten, secara bisa merekam video dengan kualitas 4K di 60 fps.

Layar Belum OLED

Mitos dan Fakta iPhone XR? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: The Guardian

Fitur layar yang disematkan ke dalam iPhone XR yaitu menggunakan panel Liquid Retina IPS LCD dengan tingkat kecerahan puncak di 625 nit. Ukurannya selebar 6,1 inchi dengan resolusi 828 x 1792 piksel.

Tampilan iPhone XR memang belum sejernih dan setajam layar OLED apalagi ketika menampilkan latar berwarna hitam, warnanya terasa kurang pekat.

Namun jika kamu sudah terbiasa, warna yang ditampilkan saat menonton film atau bermain game, warna yang ditampilkan terlihat tajam dan vibrant. Selain itu ponsel ini didukung oleh DCI-P3 wide color dan teknologi Apple's True Tone yang bisa secara otomatis mengatur warna sesuai dengan ruang yang ada.

Absennya hardware yang mendukung Dolby Vision dan HDR-10 memang disayangkan karena mengurangi kualitas warna yang ditampilkan. Namun iPhone XR masih didukung Dolby Vision dan HDR-10 dalam bentuk software.

Jadi secara umum, layar iPhone XR masih sangat bisa memanjakan mata kamu. Warna yang ditampilkan juga dijamin akan membuat mata kamu nyaman dengan menyuguhkan warna yang akurat, kaya, cerah dan tajam.

Absen Face ID

Mitos dan Fakta iPhone XR? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: PhoneArena

iPhone XR menggunakan Face ID untuk meningkatkan keamanan dan privasi kamu. Yang absen untuk model HP ini adalah Touch ID karena mulai dari iPhone X dan seterusnya, Apple memutuskan untuk menghilangkannya.

Face ID sendiri diambil lewat kamera depan dengan mengandalkan sensor depth/biometrics. Dengan mendaftarkan ribuan titik dari wajah kamu dengan bantuan kamera sinar infra merah, dijamin untuk membuka iPhone XR kamu hanya wajah kamu yang bisa membuka kuncinya.

Chipset Jadul

Mitos dan Fakta iPhone XR? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: Macworld

Chipset yang menjadi sumber tenaga iPhone XR memang tergolong jadul. Dibekali chip Apple A12 Bionic (7 nm) yang sudah berumur 6 tahunan memang terdengar sangat usang.

Walaupun begitu kenyataannya, untuk menunjang kinerjanya, chipset yang memiliki prosesor hexa-core yang dibagi menjadi 2 klaster 2 core 2,5 GHz Vortex dan 4 core 1,6 GHz Tempest dengan bantuan RAM 3 GB dan Apple GPU 4 core ini masih bisa menjalankan beberapa aplikasi berat dengan cukup lancar.

Terbukti ketika dicoba memainkan Honkai: Star Rail oleh kanal YouTube Steff Tech, ponsel ini masih bisa mengangkat jalannya permainan ketika menggunakan setting grafis medium di 60 fps.

Pada awal permainan memang terdapat stutter kemudian ponsel akan mampu menyesuaikan dan mempertahankan frame rate di 40fps-an. Namun setelah beberapa saat dan ponsel sudah mulai menunjukkan kenaikan suhu, stutter kembali muncul dengan intensitas yang lumayan tinggi.

Untuk menghindari cepat naiknya temperatur iPhone XR, disarankan mengatur settingan grafisnya ke level rata kiri atau low dengan frame rate di 30 fps guna mempertahankan frame rate sekaligus menghemat baterainya.

Jika menjalankan Honkai: Star Rail saja bisa di level medium, untuk kamu yang aktif memainkan MLBB atau FF, kamu tidak akan menemukan kendala dan akan mendapatkan kinerja yang lancar.

Absen Slot Memori Eksternal

Mitos dan Fakta iPhone XR? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon
Image Source: Versus

Mendapati iPhone XR yang tidak dilengkapi slot memori eksternal memang sangat disayangkan. Untuk menyimpan foto dan video konten akan terhambat karena adanya batasan kapasitas untuk menyimpan data.

Tapi jangan kecewa dahulu Jagoans. iPhone XR memiliki beberapa model dengan pilihan kapasitas memori internal, mulai dari 64 GB, 128 GB, atau paling tinggi di 512 GB.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan layanan iCloud untuk menambah kapasitas penyimpanan kamu Jagoans.

Dapatkan iPhone XR Berkualitas

iPhone XR memang sudah berumur cukup tua, namun dengan disematkannya chipset unggul Apple 12 Bionic yang digadang-gadang setara dengan Snapdragon 855 mampu menemani kebutuhan hiburan dan multitasking untuk meningkatkan produktivitas kamu.

Selain itu kualitas kamera dan layar yang bagus mampu memproduksi foto yang hidup dan mampu meningkatkan pengalaman menonton kamu jadi lebih baik.

Buat Jagoans yang ngebet beli iPhone XR, buruan cek di Jagofon! Harga iPhone XR di 2024 hanya sekitar Rp. 3 jutaan dan dijamin original bukan refurbished atau rekondisi.

Sebagai marketplace yang menjual HP bekas dengan kualitas papan atas, Jagofon menguji semua produk di 90+ titik fungsi sehingga produknya masih 100% layak pakai.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Cukup checkout HP impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!