Mitos dan Fakta iPhone 13? Apakah Layak Dibeli?

Sebagai produsen smartphone raksasa, tentu Apple akan mengeluarkan model iPhone terbaru tiap tahunnya untuk menjaga rivalitas dengan produsen lain. Namun Apple tak selalu mengeluarkan inovasi atau pengembangan besar-besaran alias major upgrade di setiap model barunya.

Hal ini terjadi pada iPhone 13 series yang mirip dengan iPhone 12 dan 11 dari segi tampilan dan performanya. Tentu ada peningkatan pada chipset dan kamera, namun tidak signifikan, apalagi mengenai designnya.

Walau memiliki berbagai peningkatan, ponsel yang rilis pada tahun 2021 ini tak lepas dari beberapa mitos yang terkadang memengaruhi keputusan Jagoans untuk membeli iPhone 13 ini.

Oleh karena itu, mari kita cek mitos dan fakta iPhone 13 berikut dan apakah masih layak kamu beli di tahun 2024 ini?

Baca juga: Tips Dan Trik IPhone 13 Teratas Yang Harus Kamu Ketahui

Refresh Rate Belum 120Hz

Mitos dan Fakta <dfn title=iPhone 13? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon" loading="lazy">
Image Source: Apple

Layar iPhone 13 dibekali panel Super Retina XDR OLED 6,1 inchi dengan dukungan fitur HDR10 dan Dolby Vision serta memiliki kecerahan puncak maksimal di 1200 nit. Layarnya memiliki resolusi 1170 x 2532 pixel dengan aspek rasio 19.5:9 dan memiliki kerapatan pixel 460 ppi.

Namun sayangnya, layar iPhone 13 memang belum didukung refresh rate 120 Hz seperti kebanyakan HP Android yang rilis di tahun 2021. Layarnya hanya mendukung refresh rate 60 Hz seperti iPhone 12 dan 11.

Walaupun layarnya hanya mendukung refresh rate 60 Hz, ponsel ini juga didukung dengan teknologi True Tone dan Wide Color yang menyuguhkan warna cerah, tajam, dan hidup. Sehingga bisa meningkatkan pengalaman mata kamu dalam hal menonton konten dengan visual yang ciamik.

Selai itu, menurut penelitian mata manusia hanya bisa menangkap frame rate antara 30 - 60 fps. Jadi jika layar HP kamu masih mentok di 60 fps, dunia akan baik-baik saja kok Jagoans.

Pegisian Daya Kurang Memuaskan

Mitos dan Fakta <dfn title=iPhone 13? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon" loading="lazy" width="590" height="274">
Image Source: Apple

iPhone 13 dibekali kapasitas baterai 3.240 mAh yang memiliki peningkatan sebanyak 15% dari seri sebelumnya, iPhone 12. Menurut pengetesan yang dilakukan GSMArena, ponsel ini memiliki skor endurance rating 89 jam.

Dalam masa pengujiannya, iPhone 13 memiliki ketahanan selama 19 jam 21 menit saat melakukan panggilan telepon, 16 jam 8 menit untuk berselancar di internet, dan 16 jam 50 menit saat digunakan untuk menonton video.

Untuk pengisian ulang dayanya iPhone 13 tidak ada beda dengan iPhone 12. Ponsel ini masih didukung pengisian daya cepat 20W yang dirasa kurang memuaskan jika dibandingkan dengan HP flagship lain.

Bagaimana tidak, untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 41 menit. Sementara jika dibandingkan dengan iPhone 12 yang merupakan seri sebelumnya saja masih kalah dengan waktu 1 jam 30 menit.

Walaupun demikian, jika kamu cukup bijak dalam menggunakan iPhone 13 kamu, ponsel ini akan bertahan seharian kok tanpa harus mengisi ulang lebih dari 1 kali.

Performa Kamera Mengecewakan

Mitos dan Fakta <dfn title=iPhone 13? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon" loading="lazy">
Image Source: Apple

Sektor kamera iPhone 13 memang tidak diragukan lagi kemampuannya. Mengandalkan sensor Sony sebesar 1/1.9" dengan resolusi 12 MP mampu menghasilkan pixel seukuran 1,7µm. Focal length nya selebar 26mm dengan aperture f/1,6 memungkinkan penyesuaian exposure cahaya yang masuk dengan baik.

Selain itu kamera utamanya juga sudah dilengkapi fitur dual pixel PDAF dan sensor-shift OIS untuk menghasilkan gambar yang lebih jernih dan lebih fokus sehingga bisa menyuguhkan detail yang baik.

Selain itu, ada kamera ultrawide dengan resolusi 12 MP dengan focal length 14mm dan aperture f/2,4 dengan kemampuan menjangkau ruang sampai 120˚.

Di sisi lain, kamera selfienya juga memiliki resolusi 12MP dengan lensa yang memiliki jarak fokus 23mm dan aperture f/2.2. Kamera depannya mampu menyuguhkan hasil selfie yang luar biasa dengan efek depth yang dibantu oleh 3D scanner.

Sementara itu, untuk perekaman videonya, semua kameranya mampu menghasilkan video dengan kualitas maksimum 4K@60fps dengan tambahan fitur Cinematic Stabilization, Expanded Dynamic Range, dan didukung Dolby Vision HDR.

Namun, perekaman video menggunakan fitur Cinematic Mode terbatas hanya sampai kualitas Full HD alias 1080p. Hal ini tentu akan menjadi sebuah ganjalan buat kamu yang ingin menikmati mode portrait pada video dengan kualitas paling tinggi, yakni 4K.

Secara umum, kemampuan kamera iPhone 13 sangat memuaskan. Foto yang dihasilkan juga menyuguhkan detail dan dynamic range yang tinggi. Hanya sedikit catatan yang membuat kamera ponsel ini terasa kurang greget, namun tak menafikan bahwa kamera iPhone memang salah satu yang terbaik.

Isu Green Screen

Mitos dan Fakta <dfn title=iPhone 13? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon" loading="lazy">
Image Source: VOCKET

Masalah Green Screen atau White Screen yang terjadi pada seri iPhone 13 terkuak beberapa waktu yang lalu. Permasalahan ini terjadi ditengarai karena adanya masalah pada kabel flexibel yang memiliki kualitas yang dibawah standar.

Mendapati kabel flexibel yang memiliki kualitas yang buruk berdampak pada tak sempurnanya proses transmisi yang dihasilkan oleh perangkat ke layar, sehingga menyebabkan masalah mengenai visualnya dan hanya menampilkan warna hijau atau putih saja.

Problem yang cukup besar ini tentu didengar oleh pihak Apple. Perusahaan inipun gerak cepat dan berjanji akan mengganti kerusakan bagi yang terdampak oleh kasus ini.

Namun, menurut kanal YouTube Ichsan Zulfikar, hal ini terjadi dikarenakan adanya permasalahan pada manufaktur panel OLED BOE, yang mana sama dengan manufaktur untuk HP LG, dan sekarang sudah dihentikan kerja samanya.

Jadi jika kamu memutuskan untuk beli iPhone 13 series, pastikan proses pembuatannya di tahun paling baru seperti dari tahun 2022 atau 2023 untuk menghindari masalah ini.

Minim Perubahan Tampilan

Mitos dan Fakta <dfn title=iPhone 13? Apakah Layak Dibeli? - Jagofon" loading="lazy">
Image Source: Apple

Tampilan HP iPhone memang terasa tidak terlalu signifikan sejak perombakan yang dimulai dari iPhone 8 ke iPhone X. Ciri khas poni masih dipertahankan sampai iPhone 13 walau ukurannya semakin kecil.

Kemudian untuk perubahan tampilan lain terasa minim, seperti bentuk rangka iPhone 13 yang sekarang menganut desain flat kembali seperti seri iPhone 5 ketimbang melengkung seperti pada iPhone 11 dan iPhone 12. Namun untuk masalah ketahanan, Apple selalu mengeluarkan inovasi barunya demi menjaga ponsel ini tahan banting dan goresan.

Seperti pada iPhone 13, sekarang menggunakan material kaca Corning di bagian depan dan belakangnya, serta framenya menggunakan material aluminium yang tahan goresan. Untuk layar depannya dilapisi Ceramic Shield glass demi memperkokoh daya tahannya.

Selain itu untuk melindungi komponen dalamnya, ponsel ini sudah tersertifikasi IP68 yang tahan debu dan air bersih sampai kedalaman 6 meter selama 30 menit.

Jadi jika kamu ingin membeli HP tahan banting ketimbang memiliki HP dengan tampilan yang heboh, iPhone 13 mungkin adalah jodoh kamu Jagoans.

Baca juga: Cara Agar iPhone Stop Mata-Matai Anda Lewat Notifikasi, Simak!

Dapatkan iPhone 13 Berkualitas

Mendapati beberapa mitos yang menyudutkan kemampuan iPhone 13 tak semata-mata mengesampingkan fakta bahwa ponsel ini adalah termasuk ke dalam jajaran ponsel flagship besutan Apple.

Menilai performa yang kencang, kamera yang canggih, dan build quality yang kokoh, iPhone 13 masih sangat layak kamu jadikan daily driver untuk menunjang kebutuhan produktivitas dan hiburan kamu.

Untuk mendapatkan iPhone 13 yang berkualitas, kamu wajib kunjungi website Jagofon. Selaih harga iPhone 13 yang sudah turun di kisaran Rp. 8 jutaan, Jagofon merupakan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas.

Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik. Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh! - Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!