Product

Oppo A37: Harga Terbaru 2023 dan Spesifikasi

Oppo yang didirikan di Tiongkok pada tahun 2004 telah menjadi sorotan dalam dunia teknologi saat ini karena kualitas produknya yang dinilai cukup baik oleh para pengguna.

Kali ini, Jagofon akan membahas spesifikasi dan harga dari salah satu seri Oppo yang unik dan menarik serta merupakan salah satu perangkat yang memperkuat reputasi Oppo, yaitu Oppo A37.

Oppo A37 dirilis pada tahun 2016. Walaupun sudah bertahun-tahun lalu, Oppo masih terus memberikan dukungan pembaruan perangkat lunak terhadap sistem Oppo A37 untuk memastikan agar pengguna tetap mendapatkan pengalaman yang optimal.

Karena warnanya yang cukup feminin, Oppo A37 ternyata sangat populer di kalangan perempuan. Selain menambah nilai elegan, warna Gold dan Rose Gold pada handphone ini  dapat memberikan kesan yang kalem dan adem.

Tabel Spesifikasi Oppo A37 Versi Indonesia secara Lengkap
(Source: Kompas)

Selain itu, Oppo A37 juga berani tampil berbeda dari yang lain dengan cara tidak merilis warna yang umum pada saat itu seperti hitam atau putih.

Diluar bentuk fisiknya, Oppo A37 juga mendukung pengalaman dan kepuasan pengguna melalui fitur-fitur yang ada pada perangkat. Banyaknya kelebihan ini muncul karena adanya inovasi dan pengembangan produk yang terus berjalan.

Desain bodi

Oppo A37 memiliki ukuran tinggi 143,1 mm, lebar 71 mm, tebal 7,7 mm, dan berat 136 gram. Meskipun ukurannya tidak kecil, handphone ini termasuk mungil dan sangat ringan jika dibandingkan dengan handphone lain.

Meskipun ringan, handphone ini sudah terlindungi secara penuh, mulai dari bodi handphone hingga layarnya. Bahan yang digunakan untuk melindungi Oppo A37 adalah Gorilla Glass 4 untuk bagian depan (dan layar), serta aluminium untuk bagian belakang dan bingkai bodi handphone.

Biasanya, handphone yang diproteksi dengan bahan aluminium cenderung akan lebih berat. Namun, Oppo A37 memikirkan hal ini pada saat perancangan agar penggunaan handphone dapat lebih nyaman lagi.

Oppo A37 16GB Handphone Oppo Cek Harga Terkini Harga Termurah Harga  Terakhir Bandingkan Harga | Priceza.co.id
(Source: Priceza)

Baca juga: Sebelum Beli, Ketahui Perbedaan Oppo A91 vs Oppo A92 Disini!

Layar

Meskipun ukurannya cukup kecil dan ringan, tampilan gambar yang dihasilkan pada layar Oppo A37 tetap terlihat luas dan penuh dengan warna.

Dengan menggunakan tipe layar IPS LCD berukuran 5 inci, Oppo A37 dapat menghasilkan tampilan yang lebih jernih dan tajam. Perbandingan rasio 16:9 juga memberikan rasa nyaman bagi pelanggan untuk menggunakan handphone ini.

Selain itu, layar Oppo A37 juga mendukung resolusi HD (720 x 1280 piksel) yang dapat memberikan kejernihan gambar yang lebih besar, sehingga penggunanya bisa menikmati penggunaan handphone dengan puas.

Kamera

Kamera Oppo A37 merupakan salah satu keunggulan perangkat ini. Kamera utamanya pada bagian belakang memiliki resolusi 8MP yang mampu menghasilkan gambar yang tajam dan jelas. Dengan dukungan bukaan lensa f/2.0 dan shutter speed 1/3.2”, kamera Oppo A37 dapat menghasilkan foto yang lebih berkualitas lagi.

OPPO A37, Smartphone Selfie Dengan Harga Terjangkau - Tekno Liputan6.com
(Source: Liputan6)

Sementara itu, kamera depan dengan resolusi 5MP juga ideal untuk selfie berkualitas dan juga untuk panggilan video. Tidak hanya digunakan untuk foto, penggunaan kamera Oppo A37 untuk video juga tidak kalah bagus, dengan menghasilkan resolusi 1080p pada 30fps.

Fitur-fitur fotografi lainnya seperti deteksi wajah, panorama, dan mode HDR juga tersedia di handphone ini, sehingga dapat memberikan pengalaman fotografi yang lebih kreatif.

Performa

Oppo A37 ditenagai oleh prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 306 yang mampu menjalankan aplikasi untuk kegunaan sehari-hari dengan lancar, seperti menjelajahi media sosial, melakukan pencarian, atau bahkan bermain game ringan.

Oppo A37 memang bukan dirancang untuk bermain game yang berat atau game dengan pengaturan grafik yang tinggi. Hal ini dikarenakan kapasitas memori internal yang digunakan untuk handphone ini adalah sebesar 16GB dan RAM 2GB. Namun, pengguna tetap bisa mencoba untuk bermain game dengan pengaturan grafik terendah.

Meskipun begitu, handphone ini bukan berarti tidak bagus atau lebih jelek dari yang lain. Setiap handphone pasti memiliki kompetitornya dan akan ada yang lebih baik maupun tidak. Spesifikasi Oppo A37 juga sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Oppo A37 menjalankan sistem operasi dasar Android 5 dengan antarmuka ColorOS 3. ColorOS adalah upaya Oppo untuk memberikan penggunanya kebebasan untuk berekspresi dengan mengizinkan personalisasi seperti mengubah tema, mode malam, dan lainnya.

OPPO A37 Review » YugaTech | Philippines Tech News & Reviews
(Source: YugaTech)

Baca juga: Inilah Harga Oppo A53 Second Tahun 2023. Wajib Baca Sebelum Membeli!

Baterai

Oppo A37 memiliki kapasitas baterai sebesar 2630 mAh yang cukup dapat bertahan dalam penggunaan normal sehari-hari. Meskipun memiliki ukuran yang kompak, baterai pada handphone ini cukup kuat untuk menjalankan perangkat sepanjang hari tanpa harus sering mengisi daya.

Oppo A37 juga dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat, sehingga kamu tidak perlu menunggu handphone untuk dicas sampai seharian. Teknologi seperti ini sangat membantu ketika kamu sedang dalam situasi sibuk atau terburu-buru.

Untuk lebih menghemat baterai, kamu dapat mematikan Wi-Fi, GPS, atau Bluetooth ketika tidak digunakan dan mematikan aplikasi yang tidak aktif agar tidak ada program yang berjalan di latar belakang secara otomatis selain sistem operasi.

Selain itu, terdapat juga mode ‘Hemat Baterai’ yang dapat membuat baterai handphone menjadi lebih awet dengan pengaturan pada beberapa fitur seperti kecerahan layar.

Bicara soal hal ini, saat ini baterai telah menjadi salah satu komponen kunci yang sangat penting untuk menentukan seberapa daya tahan sebuah handphone.

Selain besarnya kapasitas baterai, beberapa poin lain yang perlu diperhatikan adalah apakah handphone tersebut bisa mengisi baterai dengan cepat dan juga berapa besar daya konsumsi baterai jika menjalankan aplikasi.

Harga Oppo A37 Resmi Beserta Spesifikasinya (Terbaru 2023)
(Source: NesabaMedia)

Namun, kamu perlu mengingat bahwa kekuatan baterai juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti intensitas pemakaian untuk bermain game pada grafik tinggi, streaming atau menonton video dengan durasi panjang, atau membuka aplikasi selama berjam-jam.

Satu hal lagi yang penting untuk diterapkan pada semua handphone adalah menggunakan kabel charger yang asli disediakan oleh Oppo pada saat membeli handphone yang berada di kotak produk. Kabel cas yang palsu dapat mempengaruhi kesehatan baterai dan bahkan dapat menyebabkan masalah dalam jangka panjang kedepannya.

Informasi diatas dapat kamu terapkan pada Oppo A37 agar baterai lebih awet dan tahan lama, sehingga kamu dapat menggunakannya selama bertahun-tahun.

Kesimpulan

Salah satu keunggulan utama Oppo A37 adalah harganya yang sudah sangat terjangkau tapi memiliki performa dan fitur-fitur yang cukup mengesankan untuk handphone entry level.

Hal ini menjadikan Oppo A37 sebagai pilihan yang cukup menarik bagi pengguna yang ingin memiliki handphone yang bagus untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari tanpa harus membayar mahal.

Saat ini, harga Oppo A37 sudah jauh menurun dibandingkan sejak awal perilisannya, perkiraan harganya di tahun 2023 ini adalah di bawah Rp 1 juta. Oppo A15 saja yang dirilis pada tahun 2020 harganya hanya Rp 1 jutaan saja.Kalau kamu ingin mengetahui handphone lain yang mungkin spesifikasinya lebih bagus, kamu bisa lihat-lihat di Jagofon yang menyediakan banyak tipe atau merek handphone dengan berbagai kisaran harga yang terjangkau.