Product

Oppo Reno 7: Spesifikasi dan Harga Tahun 2023

Setelah meluncurkan Reno 7 5G dan Reno 7 Z 5G, Oppo kembali meluncurkan Oppo Reno 4G di Indonesia pada awal 2022. Meskipun belum di dukung jaringan 5G, Oppo Reno 4G menghadirkan fitur-fitur yang tidak kalah menarik dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dua versi pendahulunya, yaitu Reno 7 5G dan Reno 7 Z 5G.

Smartphone yang termasuk kelas midrange ini menawarkan fitur unggulan, terutama pada kameranya. Pastinya sangat cocok untuk Jagoans yang mementingkan fitur fotografi tapi ingin smatphone yang budget friendly. Tertarik dengan spesifikasi lengkapnya? Yuk mari kita breakdown di artikel kali ini!

Desain & Layar

Source: Oppo

Oppo Reno 7 memiliki dimensi 160.6 x 73.2 x 7.8 mm dengan berat 173 gram, membuat ponsel ini sangat handy. Selain itu, mengusung desain Ultra- Slim Retro Design, Reno 7 terlihat sangat ramping dengan desain melengkung di ujung sisi-sisinya membuatnya sangat nyaman untuk digenggam.

Reno 7 juga dilengkapi teknologi fiberglass leather di bagian belakang membuatnya tahan gesekan dan menampilkan kesan premium. Pada kedua sisi Reno 7 terdapat tombol power di sebelah kanan, SIM tray micro SD dan tombol volume di sebelah kiri, serta speaker, audio jack, mic, dan USB port di bagian bawah.

Untuk kameranya, Reno 7 didesain dengan dua kamera sejajar berbentuk bulat yang berukuran cukup besar, yang berbeda dari versi smartphone Oppo sebelumnya. Kamera dari ponsel ini juga didukung dengan kamera depth yang berukuran kecil di atas flash kamera. Oppo Reno 7 4G ini terdiri dari dua warna, yaitu Sunset Orange dan Cosmic Black, sedangkan untuk versi 5G nya tersedia warna Stary Black dan Startrails Blue.

Berbicara soal layar, Oppo Reno 7 menggunakan  Layar AMOLED dan dilengkapi kaca GG 5. Berukuran 6.4 inch, dan refresh rate yang mencapai 90 Hz, membuat smartphone ini sangat nyaman dan terbebas dari lagging, apalagi jika digunakan untuk bermain game maupun menonton video. Fitur resolusi full HD+ yang ada pada layar Reno 7 ini juga menampillkan warna dan kontras yang lebih tajam sehingga sangat memanjakan mata pengguna.

Baca juga: Inilah Top 5 HP Oppo di Terjangkau Tahun 2022

Kamera

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu keunggulan dari seri Reno 7 ini adalah kameranya. Dengan dua lensa berukuran besar yang disusun secara vertikal serta tambahan lensa depth di atas flash, Oppo Reno 7 menawarkan pengalaman fotografi yang lebih menarik yang tidak ditemukan pada versi sebelumnya. Kamera belakang atau kamera utamanya beresolusi 64 MP, dan resolusi 2 MP untuk kamera mikrolens dan depth kamera.

Di samping itu, juga terdapat teknologi Ultra-Clear 108MP Image yang bisa menangkap tekstur dengan resolusi yang lebih jernih. Kamera mikronya juga bisa melakukan zoom hingga 30x yang memungkinkan pengguna untuk menangkap setiap detail dari suatu objek. Untuk perekaman video, Reno 7 dapat merekam kualitas hingga 4K di kecepatan 30fps untuk kamera belakang, yang dilengkapi teknologi EIS sebagai stabilizer. Sedangkan untuk kamera depan, Pihak Oppo sendiri menjelaskan bahwa Oppo Reno 7 telah bersensor Sony IMX709 dengan resolusi 32 MP yang membuat kualitas selfie dari ponsel ini tidak diragukan lagi. Tidak hanya itu, kamera depan dari Reno 7 juga dilengkapi fitur bokeh flare portrait yang dapat menghasilkan foto setara dengan DSLR.

Fitur Orbit Light yang ada pada kamera sebagai penanda notifikasi juga merupakan salah satu fitur cukup menarik dari Reno 7 ini. Untuk hasil jepretan gambar kamera dari Oppo Reno 7 dapat dilihat pada gambar berikut :

Source : youtube.com/putureza

Performa dan Baterai

Oppo Reno 7 sudah menggunakan Snapdragon 680 sebagai chipsetnya. Dilengkapi kecepatan inti CPU 8 core hingga 2.4 GHz membuat Oppo Reno 7 tidak hanya unggul untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari, tetapi juga membuat ponsel ini nyaman digunakan untuk gaming dan juga lebih hemat daya.

Terdapat dukungan penambahan RAM dengan  kapasitas RAM hingga 5 GB dan kemampuan ekspansi storage hingga 1 TB menggunakan bantuan kartu microSD.
Menggunakan Operating System OS 12, menjadikan Oppo Reno 7 menjadi lebih menarik karena terdapat sensor Air Gesture yang memungkinkan pengguna dapat menerima panggilan dan menjalankan aplikasi hanya dengan gerakan tangan di udara.

Oppo Reno 7 juga telah didukung baterai dengan kapasitas 4500 mAh dan dapat melakukan pengisian daya cepat atau fast charging 33 Watt yang diklaim dapat mengisi daya penuh dengan waktu kurang dari 2 jam. Sangat cocok untuk para Jagoans yang punya mobilitas tinggi, tapi nggak punya waktu banyak untuk melakukan pengisian daya baterai ponsel. Spesifikasi lengkap dari Oppo Reno 7 dapat dilihat pada tabel berikut :


Dimensi


Tinggi 159.9mm

Lebar 73.2mm

Ketebalan7,49 mm & 7,54 mm (kulit)

Berat 175g



Tampilan Layar


Ukuran 6,43 inci

Rasio Layar 90.80%

Resolusi 2400 × 1080

Refresh Rate Hingga 90Hz

Kerapatan piksel 409PPI


Kecerahan

Mode normal: 430 nits (Typical)
Mode kecerahan tinggi: 600 nits (Typical)

Panel AMOLED (Layar kaku)

Kaca Pelindung GG5



Memori


Kapasitas RAM dan ROM

8GB + 256GB


Jenis RAM

LPDDR4x @ 2133MHz 2×16bit


Spesifikasi ROM

UFS2.2 @ 2Lanes Gear3


Kartu Penyimpanan

Didukung


USB 

OTG Didukung (Reverse charging didukung)



Kamera


Belakang

Utama:64MP, f/1.7

Mikro:2MP, f/3.3

Mono:2MP, f/2

Fitur 

Mode Malam, Foto, Video, Expert, Panorama, Potret, Selang waktu, Gerakan lambat, Pemindai teks, Google Lens, Ekstra HD, Makro, Stiker


Depan
Kamera depan: 32MP, f/2.4; FOV 85 °; lensa 5P

Fitur 

Foto, Video, Panorama, Potret, Malam, Selang waktu, Stiker



Video


Kamera belakang mendukung 1080P@30 fps dan 720P@30 fps.

Video gerak lambat: 720P@120 fps
Stabilisasi video: EIS, 1080P@30 fps
Zoom video: 1080P @ 30 fps


Kamera depan mendukung 1080P@30 fps dan 720P@30 fps.
Stabilisasi video: 1080P@30 fps dan 720P@30 fps
Zoom video atau gerakan lambat tidak didukung oleh kamera depan.



Chipset


CPU

Snapdragon™ 680


Kecepatan Inti CPU

8 core, hingga 2,4 GHz


GPU

Adreno 610 @ 1100MHz



Baterai


Baterai

4385 mAh/16.96 Wh (Rated value)
4500 mAh/17,41 Wh (Typical value)


Pengisian Cepat

33W SUPERVOOC



Konektivitas


WLAN

Wi-Fi 5, WLAN 2.4G/WLAN 5.1G/WLAN 5.8G;
Mendukung Tampilan Wi-Fi dan tethering Wi-Fi;

Versi Bluetooth

Bluetooth v5.1, Bluetooth Low Energy

Kodek Audio Bluetooth 

AAC, SBC, APTX, APTX HD, LDAC

Antarmuka USB

USB Tipe-C

Jack Earphone

3,5 mm

NFC didukung



Fitur Lain


Sidik Jari

Pengenalan Wajah

Ketahanan Air IPX 4

Air Gesture


Baca juga: Sebelum Beli, Ketahui Perbedaan Oppo A91 vs Oppo A92 Disini!

Kesimpulan Oppo Reno 7

Walaupun berada di kelas yang midrange, Reno 7 hadir dengan beragam fitur-fitur menarik. Apalagi di tahun 2023, untuk harganya sendiri sudah cukup terjangkau. Berikut beberapa alasan kenapa kamu dapat mempertimbangkan untuk membeli Oppo Reno 7 sebagai pilihan smartphone kamu :

  • Menggunakan chipset Snapdragon serta memiliki refresh rate hingga 90 Hz yang membuat aktivitas ponsel lancar mulus tanpa kendala.
  • Fitur kameranya yang unggul dengan tiga lensa dan resolusi tinggi, sangat cocok untuk Jagoans yang mementingkan aspek fotografi.
  • Desainnya premium, sangat handy, nyaman digenggam dan tahan dari gesekan.
  • Mendukung fast charging, yang membuat waktu pengisian daya lebih singkat, cocok untuk pengguna dengan mobilitas yang tinggi.

Gimana nih Jagoans? Tertarik untuk membeli Oppo Reno 7? Eits, tapi tetap hati-hati ya! Cek originalitas dari produknya, jangan sampai tergoda dengan harga yang murah, tapi ternyata smartphonenya refurbished!

Daripada bingung dan khawatir, mending cek di Jagofon aja! Selain dijamin keasliannya, Jagofon juga sudah melakukan lebih dari 90+ tes untuk menjamin kualitas dari produk yang dijual lho! Selain itu, dengan membeli di Jagofon, kamu juga akan mendapat garansi 30 hari dan ikut berkontribusi dalam mengurangi limbah elektronik. Tunggu apa lagi? Yuk dapetin gadget incaran kamu di Jagofon!