JagoHacks

Pengaturan Kamera iPhone yang Bikin Hasil Jernih!

Mau Tahu Cara Menggunakan Kamera Ultra Wide iPhone? Infonya Ada di Sini! -  Blibli Friends
Source : Blibli.com

Kamera menjadi fitur dengan daya tarik tersendiri bagi pengguna smartphone. Pasalnya, beragam aktivitas ponsel mulai dari dokumentasi pribadi, selfies, fitur keamanan seperti Face ID juga membutuhkan kamera, apalagi dengan banyaknya kehadiran para content creator dan mobile vlogger, membuat banyak orang berlomba-lomba untuk mencari smartphone dengan fitur kamera terbaik.

iPhone menjadi salah satu alternatif pilihan dari deretan smartphone yang menyediakan fitur kamera dengan kualitas tinggi. Terkenal dengan hasil gambarnya yang jernih, banyak orang yang memilih untuk menggunakan iPhone sebagai smartphone utama mereka.

Baca juga : Tes Kelayakan iPhone 13 Pro Max di Maret 2024

Tapi, Jagoans sudah tahu belum, di samping fitur kamera iPhone yang mumpuni, ada pengaturan atau setelan yang dapat Jagoans terapkan agar hasil gambar maupun video yang diambil bisa lebih tajam dan maksimal. Penasaran? yuk baca artikel berikut sampai habis ya Jagoans!

Aktifkan Format ProRAW

Untuk Jagoans pengguna iPhone 13 Pro, iPhone 14 Pro, dan iPhone 15 Pro, metode ini bisa digunakan untuk membuat hasil gambar lebih tajam dan ciamik. Cara mengaktifkannya juga cukup mudah :

  • Buka Menu Settings atau Pengaturan.
  • Pilih menu kamera.
  • Kemudian pilih opsi format.
  • Setelah itu geser toogle pada pilihan Apple ProRAW, toogle akan berubah menjadi warna hijau jika fitur ProRAW telah aktif.
  • Jangan lupa untuk mengaktifkan opsi high efficiency pada menu camera capture.
Source : Youtube Brian Solid

Untuk kamu yang penasaran, berikut hasil foto yang didapatkan dengan menggunakan fitur Apple ProRAW :

Source : Youtube Brian Solid
Source : Youtube Eldar Gezalov

Gimana Jagoans hasil foto dari kamera iPhone menjadi lebih tajam bukan? namun perlu diingat fitur ini juga membutuhkan penyimpanan atau storage yang lebih besar dan hanya tersedia pada iPhone dengan seri Pro. Untuk kamu yang tertarik untuk membeli iPhone yang terjamin 100% original, tidak ada part yang diganti atau refurbished, kamu bisa langsung ke website Jagofon!

Gunakan Mode Portrait Lightning

Pengaturan kamera iPhone lainnya yang dapat kamu aplikasikan untuk mendapat foto yang lebih tajam adalah dengan menggunakan mode portrait. Mode ini juga dapat membuat latar belakang foto menjadi lebih bokeh dengan pengaturan depth of field yang sama dengan yang ada pada kamera DSLR.

Selain itu, mode portrait ini juga dilengkapi dengan opsi lightning atau pencahayaan yang dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan pengguna. Kamera iPhone menawarkan beberapa pilihan lightning, seperti Natural, Studio, Contour, Stage, Light, Stage Light Mono, dan High Key Light Mono untuk mode warna hitam dan putih.

Mode portrait ini tersedia dari seri iPhone 7, iPhone 8, iPhone X, iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13, iPhone 14, dan iPhone 15. Jika kamu memiliki iPhone 7 dan belum memiliki fitur ini, kamu bisa terlebih dahulu untuk melakukan update iOS. Berikut langkah-langkah untuk menggunakan fitur portrait mode :

  • Buka aplikasi kamera pada iPhone milikmu.
  • Geser opsi kamera hingga kamu menemukan mode portrait.
  • Kemudian pilih opsi lightning sesuai dengan kebutuhanmu.

Hasil dari mode portrait iPhone dapat kamu lihat pada gambar berikut :

Source : Youtube Eldar Gezalov
Source : Youtube Eldar Gezalov

Gunakan Setting Photograpic Styles

Cara selanjutnya untuk membuat kamera iPhone lebih tajam dan jernih saat mengambil gambar dan foto adalah dengan menggunakan pengaturan Photographic Styles. Fitur ini juga cukup praktis, karena pengguna tidak perlu lagi mengedit foto yang telah diambil.

Fitur Photographic Styles memungkinkan pengguna untuk menyetel pengaturan tone dan warmth sebelum mengambil gambar. Beberapa opsi dari Photographic Styles yang bisa kamu sesuaikan dengan preferensi foto kamu diantaranya yaitu standart style, rich contrast style, vibrant style, warm style, dan cool style.

Untuk mengaktifkan Photographic Styles ini pengguna hanya tinggal pergi ke menu pengaturan, pilih opsi kamera, dan gulir ke bawah sampai menemukan Photographic Styles, kemudian pilih use dan tunggu beberapa saat hingga fitur tersebut aktif.

Berikut hasil foto dari iPhone 13 yang menggunakan Photographic Styles :

Photographic Styles : Warm Source : Youtube MountMedia

Gimana Jagoans? tertarik untuk mencoba fitur Photographic Styles ini? untuk kamu yang tertarik langsung aja checkout iPhone di Jagofon! Dijamin harganya lebih terjangkau dan kamu akan mendapatkan 30 hari garansi mesin gratis.

Atur Resolusi Perekam Video

Tutorial Merekam Video 4K di iPhone 8 dan iPhone X - Selular.ID
Source : Seluler.ID

Kamera iPhone juga dapat kamu maksimalkan resolusinya dengan merubah settingan atau pengaturannya, berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk mengatur resolusi video pada kamera iPhone:

  • Buka menu settings atau pengaturan.
  • Kemudian pilih menu kamera.
  • Setelah itu pada record video pilih settingan 4K at 60 fps.
  • Untuk perekaman video slow motion, kamu dapat merubahnya ke pengaturan 1080p HD at 240 fps.

Perlu diingat kamu juga harus mempersiapkan penyimpanan yang besar karena video 4K atau video dengan kualitas tinggi juga menghasilkan video dengan ukuran yang besar.

Untuk Jagoans yang tertarik dengan fitur perekaman pada iPhone, Jagoans bisa banget langsung check out iPhone di Jagofon. Kamu juga nggak perlu khawatir karena semua produk yang ada di Jagofon telah teruji di 90+ titik fungsi. Jika kamu terhalang budget, iPhone 11 bisa menjadi alternatif pilihan sebagai iPhone entry level yang memiliki kamera dengan resolusi yang baik.

Gunakan Cinematic Mode

How to have the Cinema Mode of the <dfn title=iPhone 13 in older models - GEARRICE" loading="lazy">
Source : Gearrice

Pengaturan lain yang dapat mendukung kualitas video kamera iPhone adalah dengan menggunakan cinematic mode. Namun, tidak semua kamera iPhone dilengkapi dengan fitur cinematic mode ini. Mode ini dapat ditemukan pada semua seri iPhone 13, iPhone 14, dan iPhone 15. Kamu juga dapat membeli seri iPhone 13 dan iPhone 14 di Jagofon lho! 7 hari uang kembali jika HP terbukti tidak berfungsi.

Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan juga iPhone milikmu telah melakukan update iOS terbaru. Untuk mengaktifkan fitur cinematic mode ini, pengguna tinggal pergi ke menu kamera dan slide pada cinematic mode.

Mode ini akan sangat berguna untuk Jagoans yang ingin mengambil video dengan lebih stabil, bokeh, dan mengatur lensa aperture sesuai keinginan Jagoans menggunakan kamera iPhone. Cinematic mode memiliki rasio perekaman video 16:9, dan dengan resolusi 1080p 30fps (bukan 60fps) secara default.

Dapatkan iPhone Impianmu Hanya di Jagofon!

iPhone memang terkenal dengan kameranya yang mumpuni dan beragam fitur menarik lainnya yang dapat dieksplor untuk meningkatkan kualitas dari gambar atau pun video yang diambil. Nah, untuk Jagoans yang ingin memiliki iPhone mending langsung cek di Jagofon aja!

Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP dan gadget bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Jangan khawatir, setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Beli HP atau gadget bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP atau gadget impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon! Jadi tunggu apalagi? yuk segera check-out HP impian kamu hanya di Jagofon!