Penjelasan Daya Baterai iPhone XR, Apakah Cocok Buatmu?

iPhone XR ditengarai memiliki daya baterai yang mumpuni dibandingkan dengan model satu seri bahkan beberapa tingkat di atasnya. Pasti beberapa dari para Jagoans belum tahu apa sih penjelasan daya baterai iPhone XR? Apakah daya baterainya cocok buatmu?

Padahal baterai merupakan elemen yang penting untuk menunjang masa hidup iPhone kamu. Dengan kapasitas baterai yang besar, hampir dipastikan kamu bisa menggunakan iPhone kamu seharian tanpa harus bolak-balik mengisi ulang baterainya.

Yah, walau banyak faktor lain yang menunjang efisiensi daya yang dihasilkan baterainya seperti kecanggihan chipset, kemampuan layar menyerap daya, dan bagaimana cara kamu memakai iPhone XR kamu sehari-hari.

Untungnya iPhone XR dibekali chip Apple A12 Bionic dengan prosesor hexa-core yang terkenal dengan efisiensi dayanya yang bagus. Tak ayal iPhone XR merupakan salah satu ponsel dengan ketahanan baterai terbaik di kelasnya.

Kendati layarnya masih memakai panel Liquid Retina IPS LCD selebar 6,1 inchi, terbukti daya yang dibutuhkan untuk menampilkan visual sebuah aplikasi masih tergolong rendah. Jadi hal ini tidak terlalu membebankan daya baterainya.

Nah, buat Jagoans yang masih bingung mengenai penjelasan daya baterai iPhone XR, kamu bisa simak artikel di bawah ini biar paham dan bisa mengetahui daya baterai iPhone mana yang cocok dengan aktivitas kamu sehari-hari.

Baca juga: Tes Kelayakan iPhone XS Max di Mei 2024

Kapasitas Baterai iPhone XR

Penjelasan Daya Baterai iPhone XR, Apakah Cocok Buatmu? | Jagofon
Image Source: Bhinneka

Berbicara mengenai daya baterai, iPhone XR dibekali dengan kapasitas sebesar 2.942 mAh. Jika dilihat angkanya, tentu kapasitas baterainya sangat kecil dibandingkan dengan iPhone model sekarang yang bisa mencapai 4.441 mAh yang ada pada iPhone 15 Pro Max.

Namun walau memiliki daya yang tergolong kecil, secara praktik di lapangan daya baterainya mampu menemani kamu selama seharian. Hal ini sudah dibuktikan oleh pengujian yang dilakukan oleh GSMArena dengan raihan skor endurance rating 78 jam.

Dalam masa pengujiannya, ponsel ini mampu bertahan selama 15 jam 3 menit saat melakukan phone calling, kemudian ponsel ini bisa bertahan selama 15 jam 8 menit untuk menonton video, dan bertahan selama 13 jam 4 menit saat digunakan untuk berinternet.

Kemudian saat dites untuk bermain game, menurut kanal YouTube George Lock ponsel ini masih bisa diandalkan dan bisa bertahan selama kurang-lebih 7 jam pemakaian. Untuk mendapatkan ketahanan baterai seperti ini sudah dipastikan ponsel ini masih sangat layak untuk dipakai di tahun 2024.

Untuk ukuran ponsel lawas yang dirilis tahun 2018, iPhone XR masih memiliki kinerja baterai yang masih mumpuni. Tentu hal ini masih menjadi perdebatan mengenai battery health nya. Namun secara umum kita bisa menilai bahwa ponsel ini masih bisa diandalkan untuk kebutuhan dunia digital seharian tanpa harus mengecas lebih dari satu kali jika dipakai secara wajar.

Kapasitas Baterai iPhone X Series

Penjelasan Daya Baterai iPhone XR, Apakah Cocok Buatmu? | Jagofon
Image Source: CNET

Sebagai bahan perbandingan, berikut perbedaan kapasitas daya baterai pada jajaran iPhone X Series.

iPhone X

iPhone X dibekali daya baterai dengan kapasitas 2.716 mAh. Menurut pengujian yang dilakukan oleh tim GSMArena, ponsel ini memiliki skor endurance rating 74 jam.

Selama masa pengujian, ponsel ini berhasil bertahan selama 19 jam 3 menit untuk waktu bicara saat menelepon, 9 jam 26 menit saat digunakan untuk membuka browser, dan 12 jam 7 menit ketika kamu menggunakannya untuk menonton video offline.

Sementara itu, untuk bermain game MLBB dengan settingan grafis ultra, high frame rate, menurut kanal YouTube Halo KOPE iPhone X bisa menghabiskan daya baterai sebanyak 16% untuk satu kali game yang rata-rata menghabiskan waktu selama 15 menit.

Nah jika kamu ingin menghemat lagi daya baterainya, kamu bisa menurunkan settingan grafis dan frame rate nya untuk memaksimalkan pemakaian daya baterainya dan kinerjanya secara keseluruhan.

Jadi jika kamu sedang berada di luar, disarankan untuk tidak memakai ponsel ini untuk bermain game secara aktif ya Jagoans. Alhasil kamu akan kerepotan mencari colokan charger untuk mengisi ulang dayanya.

Selain itu, untuk pengisian dayanya sendiri iPhone X sudah didukung teknologi fast charging 15W yang bisa mengisi dayanya sebanyak 45% pada 30 menit pertama.

iPhone XS

iPhone XS memiliki daya baterai berkapasitas 2.658 mAh. Bentuk baterainya unik yang menyerupai huruf L yang merupakan sebuah improvement dari iPhone X yang memiliki 2 cell.

Ponsel ini meraih skor endurance rating 72 jam di GSMArena dengan detail pengetesan selama 14 jam 10 menit saat dilakukan panggilan telepon. Selain itu saat menonton video ponsel ini berhasil bertahan selama 11 jam 21 menit dan saat melakukan browsing internet, ponsel ini mampu bertahan selama 10 jam 20 menit.

Sementara itu, kanal YouTube Kang Ripiu mengetes iPhone XS miliknya untuk mengetahui berapa lama ponselnya bisa bertahan dipakai selama seharian. Hasilnya iPhone XS bertahan selama kurang lebih 5 jam setelah dipakai berturut-turut.

Namun menurutnya, jika kamu menggunakan iPhone XS tidak se-intense yang dilakukan oleh content creator tersebut, kamu dipastikan bisa menambah masa hidup iPhone XS kamu.

iPhone XS Max

Satu lagi model yang termasuk ke dalam jajaran iPhone X Series adalah iPhone XS Max. Ponsel ini memiliki daya baterai dengan kapasitas 3.174 mAh yang menghasilkan skor endurance rating 79 jam.

Skor tersebut mengindikasikan bahwa ponsel ini mampu bertahan selama 16 jam 8 menit untuk menerima dan melakukan panggilan telepon, selain itu ponsel ini mampu bertahan selama 11 jam 6 menit saat melakukan browsing internet, kemudian ponsel ini bisa tahan sampai 13 jam 43 menit ketika dipakai untuk menonton video offline.

Sementara itu, untuk pemakaian sehari-hari, kanal YouTube Kang Ripiu menguji ketahanan baterainya. Selama pemakaian sehari yang meliputi tathering data, bermain game, streaming dan pemakaian ringan lainnya, ponsel ini mampu menyuguhkan SoT selama 5 jam 43 menit.

Tentu kinerja baterainya cukup mumpuni dan bisa kamu pakai seharian tanpa harus mengisi ulang daya baterainya lebih dari satu kali.

iPhone XR, Masih Cocok Buatmu?

Secara keseluruhan, daya tahan baterai iPhone X series tak begitu banyak perbedaan. Semua modelnya termasuk iPhone XR bisa kamu gunakan seharian tanpa harus isi ulang jika dipakai dalam pemakaian wajar.

Apalagi mengingat harga ip XR yang sekarang hanya 4 jutaan di Jagofon, kamu bisa mendapatkan iPhone kualitas flagship dan bisa menikmati beberapa fitur andalan dari iPhone seperti kamera dan kinerja chipsetnya yang andal.

Jadi iPhone XR dirasa masih cocok untuk kamu beli di tahun 2024 ini karena masih durable dan masih bisa diajak kemana-mana tanpa harus rewel mengisi ulang daya baterainya.

Baca juga: Tips dan Trik Memaksimalkan iPhone 15 untuk Manfaat Hidupmu!

iPhone XR Berkualitas? Jagofon Tempatnya!

Menimbang kapasitas baterai sebelum membeli iPhone bekas memang sebuah keputusan yang bijak. Terlebih iPhone terkenal dengan fitur battery health nya yang bisa memberikan informasi terkait kondisi baterainya apakah masih layak kamu beli atau tidak.

Memiliki kapasitas daya baterai yang terbilang kecil, iPhone XR membuktikan tak memiliki masalah untuk menunjang durasi pemakaiannya selama seharian. Ponsel ini bisa kamu bawa kemana-mana tanpa harus ngecas ulang selama kamu memakainya dengan beban kerja yang wajar.

Jika sudah memutuskan untuk beli iPhone XR berkualitas, Jagofon tempatnya! Dapatkan iPhone XR bekas terbaik karena Jagofon sebagai spesialis HP bekas menyediakan berbagai jenis HP impian yang berkualitas. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 Bulan loh! Jadi pembeli yang pintar! Kamu bisa dapatkan HP bekas yang kualitasnya setara dengan HP baru, namun harganya lebih terjangkau!