Comparison

February 13, 2024

Inilah Perbandingan iPhone 12 Pro Max dan iPhone 15 Pro Max Beserta Harga Secondnya

Serangkaian iPhone Pro Max adalah serangkaian ponsel pintar premium dari Apple yang menawarkanmu pengalaman terbaik dalam hal kinerja, kamera, dan desain. Dikenal karena layar besar dan teknologi terkini, seperti penggunaan panel OLED, chipset terbaru, serta kamera berkualitas tinggi dengan kemampuan fotografi dan videografi yang luar biasa, iPhone Pro Max merupakan pilihan utama bagi Kagoans yang menginginkan kombinasi unggul dari kekuatan, keindahan, dan fungsionalitas dalam sebuah perangkat mobile.

Apple iPhone 15 Pro Max will come with exclusive features, higher price -  GSMArena.com news
Source: GSM Arena

Dengan semakin banyak pilihan iPhone di pasaran, pastinya membuat Jagoans bingung ingin menggunakan iPhone yang mana nih? Jadi, ada baiknya untuk mengumpulkan informasi terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian iPhone. Jadi, mari simak perbandingan iPhone 12 Pro Max dan iPhone 15 Pro Max di bawah ini.

Baca juga: Inilah Spesifikasi iPhone 15 Pro Max Yang Baru Masuk Indonesia

Desain

iPhone 12 Pro Max menampilkan desain yang elegan dan tangguh dengan bodi yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, seperti stainless steel yang kokoh dan kaca serat keramik yang tahan goresan. Dengan sudut-sudut yang halus dan tepi yang rapi, perangkat ini memberikan kesan modern dan premium. Layarnya yang besar berukuran 6,7 inci dengan teknologi Super Retina XDR memberikan pengalaman visual yang luar biasa dengan warna yang hidup dan kontras yang tajam, sementara desain bezel yang lebih tipis menambah kesan futuristik dan memaksimalkan luas tampilan.

iPhone 15 Pro Max vs iPhone 15 Pro: Do you need a 5x zoom? - Amateur  Photographer
Source: Amateur Photographer

Dengan daya tahan terhadap air dan debu yang ditingkatkan, serta tersedianya berbagai pilihan warna elegan, iPhone 12 Pro Max tidak hanya menawarkan performa unggul, tetapi juga desain yang memikat untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup modern. Titanium, sebuah logam yang biasanya dikenal sebagai bahan untuk pen penyambung tulang yang patah karena kokohnya, kini mendapat peran baru dalam industri teknologi dengan digunakan pada bingkai iPhone 15 Pro Max.

Menggantikan stainless steel yang sebelumnya menjadi pilihan, titanium memberikan keunggulan dalam hal ringan, kokoh, dan tahan korosi. Berkat kelebihan tersebut, iPhone 15 Pro Max memiliki bobot total yang lebih ringan dari pendahulunya, dengan hanya 221 gram dibandingkan dengan 240 gram dari iPhone 14 Pro Max. Perubahan ini tidak hanya memberikan kesan genggaman yang lebih nyaman, tetapi juga menambah kesan premium dan inovatif pada desain perangkat.

Layar

Dengan resolusi 2778 x 1284 pixel dan kerapatan piksel 458 ppi, layar ini memberikan detail yang luar biasa dalam setiap tampilan. Meskipun memiliki layar yang besar, iPhone 12 Pro Max tetap mempertahankan ukuran yang ergonomis dengan dimensi 160.8 x 78.1 x 7.4 mm, menjadikannya nyaman digenggam dan digunakan sehari-hari. Dengan kombinasi layar luas dan desain yang kompak, iPhone 12 Pro Max menghadirkan pengalaman multimedia yang mengagumkan dalam paket yang elegan dan portabel.

iPhone 15 Pro Max vs iPhone 12 Pro Max: novedades, diferencias y si merece  la pena el cambio o no
Source: iPadizate

iPhone 15 Pro Max mempertahankan familiaritas layar yang telah dikenal, dengan panel LTPO Super Retina XDR OLED berukuran 6,7 inci yang menawarkan resolusi 1290 x 2796 piksel dan refresh rate adaptif 1-120 Hz (ProMotion). Fitur-fitur seperti Dynamic Island dan Always-on display juga tetap hadir, seiring dengan klaim dari Apple tentang kemampuan layar ponsel ini untuk mencapai kecerahan hingga 1000 nit dalam kondisi outdoor dan 2000 nit ketika memutar konten HDR, memberikan pengalaman visual yang kaya dan responsif.

Prosesor

iPhone 12 Pro Max dilengkapi dengan prosesor A14 Bionic, sebuah chipset yang dikenal akan kekuatan dan efisiensinya dalam menangani berbagai tugas, mulai dari pengolahan grafis yang intensif hingga kecerdasan buatan yang canggih. Dibangun dengan teknologi fabrikasi 5 nanometer, A14 Bionic menawarkan peningkatan kinerja CPU dan GPU yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya, sambil tetap mempertahankan konsumsi daya yang efisien.

Prosesor ini memungkinkan iPhone 12 Pro Max untuk menjalankan aplikasi dan game yang paling menuntut secara mulus. iPhone 15 Pro Max memperkenalkan SoC baru bernama Apple A17 Pro, yang mengalami berbagai perubahan signifikan dari pendahulunya, Apple A16 Bionic. Beberapa perubahan tersebut meliputi peningkatan clock speed CPU, di mana dua core performanya mencapai 3,78 GHz sementara enam core efisiensinya tetap pada 2,02 GHz, dan GPU yang kini memiliki enam core.

Source: SupMTI

Proses fabrikasinya juga turun menjadi 3 nm dari sebelumnya 4 nm. Apple A17 Pro juga mendukung akselerasi ray tracing dan codec AV1 secara hardware, yang meningkatkan realisme visual dalam gim. Di samping itu, kemampuan AI melalui neural engine diklaim dua kali lebih cepat dari SoC sebelumnya. Meskipun dianggap sebagai rival dari Snapdragon 8 Gen 2, perbandingan keduanya tidaklah langsung karena mereka beroperasi pada platform yang berbeda.

Namun, jika dibandingkan dengan A16 Bionic, A17 Pro menunjukkan peningkatan performa CPU sebesar 10 persen dan GPU sebesar 20 persen. Apple A17 Pro juga disandingkan dengan RAM 8 GB, lebih besar 2 GB dari RAM di iPhone 14 Pro Max, yang dikombinasikan dengan penyimpanan 256 GB, 512 GB, dan 1 TB, dengan beberapa uji benchmark sintetis dari GSM Arena menunjukkan dampak positif SoC ini terhadap peningkatan performa iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max.

Kamera

iPhone 12 Pro Max menonjol dalam departemen kamera dengan sistem kamera triple-lens yang mencakup kamera utama 12 MP, kamera ultrawide 12 MP, dan kamera telefoto 12 MP. Dengan dukungan dari fitur Night mode dan Deep Fusion, kamera ini memungkinkan untuk mengambil foto yang tajam dan detail bahkan dalam kondisi cahaya rendah. Selain itu, fitur Smart HDR 3 memberikan rentang dinamis yang lebih luas dan warna yang lebih akurat dalam setiap gambar.

Kemampuan perekaman video juga sangat mengesankan, dengan dukungan untuk video Dolby Vision HDR hingga 60 fps, memberikan hasil yang sinematik dan kaya detail. Dengan kombinasi fitur-fitur ini, iPhone 12 Pro Max adalah pilihan yang sempurna bagi para fotografer dan videografer yang menginginkan kualitas gambar dan video yang luar biasa dalam sebuah perangkat mobile.

iPhone 15 Pro Max with periscope lens could be Apple's best-selling model:  Report | Mint
Source: Mint

Pada kamera utama iPhone 15 Pro Max, meskipun resolusi tetap 48 MP dengan bukaan f/1.78, sensor yang digunakan diklaim lebih besar, dilengkapi dengan fitur sensor-shift stabilization baru, dan diduga menggunakan sensor Sony IMX903. Sensor ini secara default menangkap foto dengan resolusi 24 MP, namun juga mampu mengambil foto 48 MP dalam format HEIF atau JPG, serta 48 MP dalam format ProRAW yang lebih cocok untuk diedit.

Selain itu, kamera utama iPhone 15 Pro Max menjadi lebih fleksibel dengan Jagoans diberikan pilihan focal length dalam tiga opsi: 24 mm, 25 mm, dan 28 mm. Sementara itu, untuk kamera ultrawide, meskipun resolusi, bukaan, dan ukuran sensornya sama dengan iPhone 14 Pro Max (12 MP, f/2.2, 1/2,55 inci), Apple menambahkan lapisan anti reflektif baru untuk kamera autofokus ini, yang dijanjikan meningkatkan kemampuan HDR dan fotografi di malam hari.

Baterai

iPhone 12 Pro Max dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3.687 mAh yang dirancang untuk mendukung kinerja tinggi perangkat ini. Meskipun kapasitasnya mungkin terlihat relatif kecil dibandingkan dengan beberapa pesaingnya, namun berkat efisiensi perangkat keras dan optimasi perangkat lunak, iPhone 12 Pro Max dapat memberikan daya tahan baterai yang memadai. Sistem manajemen daya yang canggih dan integrasi dengan prosesor A14 Bionic membantu memaksimalkan efisiensi energi.

Source: Apple Gadgets

Selain itu, iPhone 12 Pro Max mendukung pengisian daya nirkabel dan pengisian daya cepat hingga 20W, memungkinkan kamu untuk mengisi daya perangkat dengan cepat dan mudah. Dibandingkan dengan pendahulunya, iPhone 14 Pro Max, yang memiliki kapasitas 4323 mAh, ini menunjukkan kenaikan sekitar 2-3%. Dengan tambahan sistem-on-chip (SoC) yang lebih efisien, ini menimbulkan teori bahwa iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max dapat memiliki daya tahan baterai yang lebih lama.

Baca juga: Ini Dia Semua iPhone 12 Dengan Harga Bekasnya Tahun 2023

Kesimpulan

iPhone 15 Pro Max menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan melalui penggunaan SoC baru Apple A17 Pro dengan CPU dan GPU yang lebih kuat, serta dukungan untuk teknologi akselerasi ray tracing dan codec AV1. Perangkat ini juga menampilkan peningkatan dalam hal kamera, dengan sensor yang lebih besar pada kamera utama dan penambahan fitur seperti pengambilan gambar dalam tiga pilihan focal length. Kapasitas baterai yang lebih besar juga menjanjikan daya tahan yang lebih lama, ditambah dengan kemungkinan pengisian daya yang lebih cepat.

Dalam hal desain dan fitur lainnya, kedua perangkat tetap memiliki kesamaan, tetapi bagi kamu yang menginginkan kinerja yang lebih tinggi dan fitur tambahan, iPhone 15 Pro Max menjadi pilihan yang lebih menarik. Di Jagofon kamu bisa menemukan beragam tipe HP impianmu, dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan membeli HP baru.  Buat kamu yang masih galau mau beli iPhone yang mana, kamu bisa bertanya dengan kami di kontak Jagofon.

Share on: