Comparison

February 12, 2024

Inilah Perbandingan iPhone X dan iPhone 15 Beserta Harga Secondnya

iPhone adalah lini produk smartphone yang dikembangkan dan dipasarkan oleh perusahaan teknologi terkemuka, Apple Inc. Dimulai dari iPhone X yang dirilis pada tahun 2017, Apple menghadirkan serangkaian inovasi revolusioner dalam desain, performa, dan fitur. Seri iPhone terbaru, yang saat ini mencapai iPhone 13, menampilkan layar Super Retina XDR dengan refresh rate adaptif, prosesor Bionic terbaru yang menghadirkan kinerja yang cepat dan efisien energi.

iPhone 15 Pro Vs iPhone X! (Comparison) (Review) - YouTube
Source: Simple Alpaca

Kemudian kamera juga ditingkatkan dengan kemampuan pengambilan gambar yang luar biasa, termasuk mode malam yang diperbarui dan kemampuan video 4K HDR. Dengan integrasi yang mulus dengan ekosistem Apple, termasuk fitur-fitur seperti Face ID, Apple Pay, dan akses ke App Store yang luas, iPhone terus mempertahankan posisinya sebagai salah satu smartphone paling diminati di pasar global. Saat ini, Jagofon akan membahas perbandingan antara iPhone X dan iPhone 15. Yuk simak bersama, Jagoans!

Baca juga: Inilah HP Yang Mirip Dengan iPhone X, Harga Terjangkau

Desain

iPhone X menampilkan desain yang revolusioner dengan layar Super Retina OLED 5,8 inci yang menutupi hampir seluruh bagian depan perangkat, memberikan pengalaman visual yang mendalam dan imersif. Desainnya yang tanpa tombol fisik membuatnya terlihat bersih dan modern, dengan panel belakang dari kaca yang memungkinkan pengisian nirkabel. Bagian depannya memiliki notch yang khas, yang berfungsi sebagai tempat untuk sistem pengenalan wajah Face ID yang canggih.

Source: Reddit

Dengan bingkai aluminium yang solid dan ketebalan yang tipis, iPhone X menawarkan kesan premium dan ergonomis yang nyaman digenggam. Desainnya yang elegan dan inovatif membuat iPhone X tetap menjadi salah satu ikon dalam sejarah perkembangan smartphone. Apple tetap konsisten dengan desain yang familiar pada iPhone 13 dan iPhone 14, dengan penampilan yang mirip dan kamera boba yang terletak di bagian belakang dalam modul persegi yang khas.

Namun, perubahan yang mencolok dapat dilihat pada bagian depan iPhone 15, yang tidak lagi memiliki notch poni yang mengganggu, melainkan menggunakan Dynamic Island yang menarik. Meskipun tidak ada peningkatan dalam ketahanan, iPhone 15 tetap menonjol dengan build quality yang sangat baik, dengan bagian depan yang menggunakan kaca diperkuat oleh Corning.

Layar

Dengan resolusi 1125 x 2436 pixel, layarnya memberikan pengalaman yang imersif untuk menonton konten multimedia, bermain game, dan menjelajahi internet. Desain bezel-lessnya memberikan kesan futuristic, memaksimalkan area layar tanpa meninggalkan ruang yang berlebihan di sekitarnya. Dengan rasio aspek 19.5:9, layar iPhone X memberikan ruang yang optimal untuk tampilan konten dalam format yang lebih luas dan lebih imersif.

Source: Techxreview

Dengan layar Super Retina XDR OLED berukuran 6,1 inci, iPhone 15 menawarkan pengalaman yang imersif untuk berbagai kebutuhan penggunaan. Dibandingkan dengan iPhone 14, iPhone 15 memiliki resolusi layar yang sedikit lebih tinggi, mencapai 1179 x 2556 pixel dengan kerapatan 461 ppi, yang mempengaruhi ketajaman gambar yang ditampilkan.

Prosesor

iPhone X dilengkapi dengan prosesor Bionic A11, yang merupakan chip terbaru dari Apple pada saat peluncuran. Prosesor ini memiliki enam inti, dengan empat inti kinerja yang menghadirkan kinerja hingga 25% lebih cepat dibandingkan dengan chip sebelumnya, sementara dua inti hemat daya memberikan efisiensi baterai yang lebih baik. Chip ini juga dilengkapi dengan unit pemrosesan grafis (GPU) yang dirancang khusus untuk menangani tugas-tugas grafis dengan lancar dan efisien, sehingga mendukung pengalaman multimedia yang superior dan permainan yang lebih seru.

Dengan prosesor Bionic A11, iPhone X menawarkan kinerja yang sangat cepat dan responsif dalam menjalankan berbagai aplikasi dan tugas sehari-hari. iPhone 15 membawa peningkatan performa yang signifikan dengan kehadiran chip Apple A16 Bionic, yang sebelumnya digunakan pada model Pro dari iPhone 14 Series. Sementara iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max menggunakan chip terbaru, Apple A17 Bionic Pro, dengan proses manufaktur 3 nm.

IPhone 15: Launch Date, Features, And Rumors, 54% OFF
Source: Ocean Property

Penggunaan A16 Bionic tidak terlalu menjadi masalah karena beberapa isu overheating yang terjadi pada A17 Bionic Pro. A16 Bionic menawarkan peningkatan yang solid dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dengan manufaktur 4 nm dan peningkatan jumlah transistornya menjadi 16 miliar. Sumber tenaga A16 Bionic didukung oleh enam prosesor inti, dengan dua core berperforma tinggi bernama Everest (3,46 GHz) dan empat core dengan efisiensi tinggi bernama Sawtooth (2,02 GHz), memberikan kinerja yang tangguh dalam berbagai tugas.

Kamera

iPhone X dilengkapi dengan sistem kamera ganda di bagian belakang, yang terdiri dari lensa utama 12 megapiksel dengan aperture f/1.8 dan lensa telefoto 12 megapiksel dengan aperture f/2.4. Sistem kamera ini dilengkapi dengan fitur seperti optical image stabilization (OIS) untuk kedua lensa, yang membantu dalam mengurangi goyangan dan memastikan hasil foto yang stabil, terutama dalam kondisi cahaya rendah.

Selain itu, iPhone X juga mendukung fitur potret mode yang memungkinkan kamu untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh yang indah, memisahkan subjek dari latar belakang dengan detail yang tajam. Kemampuan merekam video 4K dengan kecepatan 60 frame per detik serta fitur slow-motion 1080p dengan kecepatan 240 frame per detik juga merupakan bagian dari fitur kamera iPhone X, menjadikannya pilihan yang kuat untuk fotografi dan videografi mobile.

iPhone 15 vs iPhone 14 - Specs, price, features
Source: Apple Insider

iPhone 15 mempertahankan tradisi kamera ganda di bagian belakang, dengan desain yang familiar seperti generasi sebelumnya. Namun, terdapat perbedaan signifikan dalam hal spesifikasi, dimana iPhone 15 dibekali dengan kamera utama 48 MP, meninggalkan resolusi 12 MP yang biasanya digunakan pada seri iPhone sebelumnya seperti iPhone 14 atau iPhone 13. Meski sensor yang digunakan pada iPhone 15 berbeda dengan iPhone 15 Pro Series, menggunakan sensor Sony yang khusus.

Kamera utamanya memiliki bukaan f/1.6 dan piksel 1.0┬Ám dengan susunan Quad-Bayer, yang memberikan mode 24 MP secara default untuk menekankan detail. Sebagai tambahan, iPhone 15 juga menawarkan pembesaran atau zoom hingga 2x, memberikan fleksibilitas ekstra dalam pengambilan gambar.

Baterai

iPhone X dibekali dengan baterai lithium-ion non-removable berkapasitas 2716 mAh, yang mampu memberikan daya tahan yang cukup untuk penggunaan sehari-hari. Meskipun kapasitasnya tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan beberapa pesaingnya, namun iPhone X menawarkan efisiensi energi yang baik berkat integrasi yang mulus antara perangkat keras dan perangkat lunaknya. Fitur-fitur seperti prosesor Bionic A11 yang efisien energi, manajemen daya yang cerdas, dan optimasi iOS untuk kinerja yang lebih hemat daya membantu memperpanjang masa pakai baterai.

Source: Caps Point

iPhone X juga mendukung pengisian nirkabel Qi, memberikan kemudahan dalam pengisian daya tanpa kabel. Meskipun penggunaan intensif seperti bermain game atau menonton video secara terus-menerus dapat mempengaruhi daya tahan baterai, namun secara keseluruhan, iPhone X menawarkan pengalaman yang memuaskan dengan daya tahan baterai yang cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Baca juga: Inilah Spesifikasi iPhone 15 Yang Baru Masuk Indonesia

Kesimpulan

Perbandingan antara iPhone X dan iPhone 15 menunjukkan evolusi yang signifikan dalam berbagai aspek. iPhone 15 menawarkan peningkatan yang nyata dalam hal desain, performa, kamera, dan daya tahan baterai dibandingkan dengan pendahulunya, iPhone X. Dari segi desain, iPhone 15 menghadirkan inovasi dengan notch yang lebih kecil atau bahkan tidak ada, sementara layar dan bodi yang lebih modern memberikan kesan yang lebih segar.

Dalam hal performa, iPhone 15 menghadirkan chip terbaru yang lebih cepat dan efisien, memberikan pengalaman yang lebih responsif dan lancar. Kemajuan yang paling mencolok mungkin terletak pada sektor kamera, di mana iPhone 15 menawarkan konfigurasi kamera yang lebih canggih dengan resolusi yang lebih tinggi dan fitur-fitur tambahan yang lebih canggih.

Dengan daya tahan baterai yang ditingkatkan pada iPhone 15 juga menjadi nilai tambah yang signifikan, memungkinkan penggunaan yang lebih lama tanpa harus sering mengisi ulang. Dengan demikian, iPhone 15 mewakili langkah maju yang jelas dalam evolusi smartphone Apple, menghadirkan fitur-fitur yang lebih canggih dan pengalaman yang lebih memuaskan. Untuk berkonsultasi lebih lanjut seputar iPhone yang ingin kamu beli, Jagoans bisa menghubungi kontak kami disini, ya!

Share on: