Comparison

Perbandingan Samsung Galaxy S21 dan Galaxy S22: Tergantung Selera

Samsung adalah salah satu perusahaan handphone yang paling populer di seluruh dunia.

Saat ini, Samsung sedang merancang Samsung Galaxy S24 dan Samsung Galaxy S23 menjadi seri handphone Samsung yang terbaru.

Namun, rilisnya Samsung Galaxy S23 tidak membuat pengguna Samsung pindah hati. Nyatanya, masih banyak orang yang menginginkan dan menggunakan Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S22 hingga saat ini.

Dengan spesifikasi dan teknologi yang dimiliki kedua handphone ini, harga yang ditawarkan juga termasuk terjangkau berdasarkan pengguna setia Samsung.

Pertama kali Samsung merilis seri Galaxy S21, Samsung fokus pada teknologi dan inovasi yang dirancang untuk membuat hari-hari menjadi lebih indah. Tentu saja, Samsung Galaxy S22 dirancang lebih baik lagi.

Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S22 sering dibilang mirip, kadang membuat pengguna enggan untuk beralih ke seri yang lebih baru. Namun apakah benar begitu?

Semirip-miripnya dua seri handphone, pasti ada perbedaan signifikan yang dirancang. Intinya, seri-seri yang diproduksi tidak mungkin sama, entah itu dari segi fitur, warna, harga, target pasar, dan lainnya.

Berikut adalah perbandingan Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S22 yang sedang populer saat ini.

Desain bodi

Desain perangkat Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S22 terlihat sangat mirip. Kedua seri handphone ini memiliki fitur kamera contour-cut yang menyatu dengan bodi handphone.

Khusus untuk perbedaan pada tipe Ultra, bodi Samsung Galaxy S22 Ultra lebih kotak dan tidak melengkung.

Meskipun perbedaan bahan yang digunakan tidak terlihat secara kasat mata, Samsung Galaxy S22 menggunakan bahan yang lebih kuat sekitar 10% pada bagian depan dan belakang handphone.

Bahan yang digunakan Samsung Galaxy S22 adalah kaca Gorilla Glass Victus+, sedangkan Samsung Galaxy S21 menggunakan kaca Gorilla Glass Victus, diikuti oleh merek handphone lain seperti Xiaomi sudah memakai kaca ini juga.

Untuk mengetahui perbedaan dimensi bodinya, ini adalah spesifikasi masing-masing seri Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S22:

  • Berat: 171g (S21) dan 167g (S22)
  • Tebal: 7.9mm dan 7.6mm (S22)
  • Lebar: 71.2mm (S21) dan 70.6mm (S22)
  • Tinggi: 151.7mm (S21) dan 146mm (S22)

Untuk warna handphone, Samsung Galaxy S21 memiliki warna yang lebih beragam pada setiap tipe handphone. Berikut adalah warna yang ditawarkan pada seri Samsung Galaxy S21 pada setiap tipenya:

Source: sammobile
  • Galaxy S21 5G: 4 warna utama (Phantom Violet, Phantom Gray, Phantom White, dan Phantom Pink).
  • Galaxy S21+ 5G: 3 warna utama (Phantom Violet, Phantom Black, dan Phantom Silver) dan 2 warna ekslusif Samsung (Phantom Gold dan Phantom Red).
  • Galaxy S21 Ultra 5G: 2 warna utama (Phantom Black dan Phantom Silver) dan 3 warna ekslusif Samsung (Phantom Titanium, Phantom Navy, dan Phantom Brown).
  • Galaxy S21 FE 5G: 4 warna utama (Olive, Graphite, Lavender, dan White.

Dan ini adalah warna Samsung S22:

Source: Phone Arena
  • Galaxy S22 dan S22+: 5 warna (Bora Purple, Phantom White, Green, Pink Gold, dan Phantom Black).
  • Galaxy S22 Ultra: 4 warna (Burgundy, Green, Phantom White, dan Phantom Black).

Baca juga: Samsung S23: Kamera Epik, Performa Ciamik!

Layar

Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S22 keduanya masih menggunakan layar AMOLED dengan kecerahan hingga 1.300 nit.

Source: Samsung

Samsung Galaxy S21 memiliki ukuran layar 6.2 inci seperti Oppo A7, lebih besar dibandingkan Samsung Galaxy S22 dengan 6.1 inci. Karena itu, resolusi yang dimiliki Samsung Galaxy S21 lebih besar dibanding Samsung Galaxy S22, yaitu 1080x2400 piksel dengan rasio 20:9 banding 1080x2340 piksel dengan rasio 19,5:9.

Melihat kualitas layarnya, kecerahan dan resolusi yang dimiliki kedua seri Samsung ini baik dan canggih.

Refresh Rate yang dihasilkan layar ini juga tidak perlu diragukan lagi, minimal layar ini bisa memberi kemampuan 60 Hz.

Perbedaannya hanya pada ukuran layar, tentu saja resolusinya akan berbeda. Namun, perbedaannya tidak terlalu jauh berbeda. Sehingga, kamu bisa fokus pada perbedaan lainnya.

Kamera

Handphone Samsung sudah tidak kalah dengan Apple. Seseorang mengatakan bahwa dia menyukai kamera Samsung karena dapat foto dari kejauhan seperti bangunan tinggi.

Jika kamu lebih suka fotografi, mungkin kamu akan memilih Samsung Galaxy S21. Namun kalau kamu lebih suka videografi, kamu akan mempertimbangkan untuk memilih Samsung Galaxy S21 atau Samsung Galaxy S22.

Itu jika kamu hanya melihat spesifikasinya saja. Namun ternyata, Samsung Galaxy S22 memiliki sensor ISOCELL GN5 untuk menghasilkan foto yang terang dalam kondisi yang lebih gelap.

Source: GSM Arena

Untuk kamera depan, keduanya memiliki 10MP. Untuk kamera belakang, Samsung Galaxy S21 memiliki 64MP, 12MP, dan 12MP dengan optik 1.1x plus 3x hybrid zoom.

Sedangkan Samsung Galaxy S21 memiliki 50MP, 10MP, dan 12MP dengan telephoto yang didukung optik 3x. Kualitas kameranya seperti iPhone 14 Pro Max.

Baca juga: Perbandingan Samsung Galaxy S10 dan S10+, Yang Mana Untukmu?

Performa

Selain menawarkan penyimpanan internal 128GB dan 256GB, Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S22 memiliki RAM 8GB dengan kecepatan RAM 3200MHz berteknologi Samsung Exynos 2100 untuk Samsung Galaxy S21 dan 2200 untuk Samsung Galaxy S22.

Source: akamaized.net

Namun, Samsung Galaxy S22 dipasarkan ke Indonesia dengan menggunakan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, komponen yang sama seperti Xiaomi seri 12.

Ulasan pada Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 dengan Samsung Exynos 2200 yang digunakan Samsung Galaxy S22 adalah Exynos 2200 memiliki kinerja yang lebih baik, dari segi gaming, performa, dan lainnya.

Kecepatan GPU dan CPU yang dimiliki Exynos lebih cepat dibandingkan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.

Baterai

Baterai Samsung Galaxy S21 mempunyai kapasitas yang lebih banyak dari Samsung Galaxy S22, dengan perbandingan 4000mAh dan 3700mAh.

Hal ini merupakan salah satu alasan banyak orang yang masih menyukai untuk menggunakan Samsung Galaxy S21 dibandingkan Samsung Galaxy S22.

Kapasitas baterai 3700mAh sama seperti kapasitas baterai Vivo V15 Pro yang dirilis pada tahun 2019, dimana Samsung Galaxy S22 dirilis pada tahun 2022.

Selain kapasitas baterainya banyak, kedua seri handphone ini dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat.

Jadi, Pilih Seri Yang Mana?

Setiap seri baru yang dikeluarkan pasti memiliki kelebihan yang mungkin tidak kasat mata dan belum dapat dirasakan saat ini.

Namun, mungkin saja kita bisa merasakannya beberapa tahun kedepan seiring dengan adanya software update yang selalu dilakukan secara berkala.

Begitu pula yang terjadi pada seri yang serupa tapi tak sama, yaitu Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S22.

Source: Phone Arena

Pentingnya mengetahui perbedaan yang ada diantara dua seri terdekat adalah peningkatan fitur dan biayanya.

Jika kamu masih merasa Samsung Galaxy S21 atau Samsung Galaxy S22 yang masih baru menawarkan harga yang cukup tinggi, kamu bisa coba untuk mencari handphone second yang berkualitas.Untuk memulainya, kamu bisa kunjungi situs Jagofon untuk mencari handphone impianmu dengan kualitas second terbaik dan harga yang terjangkau.