Comparison

Perbedaan MacBook Air M1 dan M2, Layak Upgrade?

Source : Kompasiana

Buat para pemula yang penasaran dengan laptop besutan Apple yaitu MacBook, pasti bingung dengan perbedaan MacBook Air M1 dan MacBook Air M2. Sebenarnya apa sih perbedaan MacBook M1 dan M2 ini? Nah, sebutan M1 atau M2 merujuk pada prosesor yang digunakan dari kedua MacBook Air ini. Sebelum pertama kali membuat prosesor sendiri, Apple kerap menggunakan prosesor Intel pada deretan laptopnya. Barulah pada tahun 2019, Apple membuat chipnya sendiri yang sering disebut M1 dan digunakan pada versi MacBook Airnya pada 2020.

Chip ini merupakan langkah besar dari Apple yang tentunya membuat perangkat MacBook-nya bekerja lebih optimal dengan performa yang mengesankan. Setelah melakukan peluncuran Chip M1, Apple juga terus berinovasi dengan membuat Chip M2 yang merupakan penyempurnaan dari Chip M1. Untuk kamu yang penasaran dengan perbedaan MacBook Air M1 dan MacBook Air M2, simak artikel ini selengkapnya ya!

Perbedaan M1 vs M2

Jagoans pasti sudah bisa menebak-nebak apa yang menjadi perbedaan utama dari kedua MacBook dengan Chip besutan Apple ini, yaitu tidak lain dan tidak bukan adalah performanya. Dilansir dari MacPaw, Chip M2 memiliki CPU yang 18% lebih cepat, GPU yang 35% lebih cepat, serta natural engine yang 40% lebih cepat dibandingkan Chip M1. Untuk memudahkan kamu melihat  perbedaan MacBook Air M1 dan MacBook Air M2, selengkapnya dapat dilihat pada tabel berikut:

Spesifikasi

MacBook Air M1

MacBook Air M2

Chipset

CPU 8‑core dengan 4 core performa dan 4 core efisiensi

GPU 7‑core

Neural Engine 16‑core

CPU 8-core dengan 4 core performa dan 4 core efisiensi

GPU 8-core

Neural Engine 16-core

Bandwidth memori 100 GB/dtk

Dapat dikonfigurasi menjadi M2 dengan CPU 8-core dan GPU 10-core

Layar

Layar Liquid Retina


13,6 inci dengan lampu latar LED 


Teknologi Layar IPS & True Tone


Resolusi bawaan 2560 x 1664 pixel


Layar Liquid Retina


13,6 inci dengan lampu latar LED 


Teknologi Layar IPS & True Tone


Resolusi bawaan 2560 x 1664 pixel

Bodi

Tinggi: 0,41–1,61 cm

Lebar: 30,41 cm

Tebal: 21,24 cm

Berat: 1,29 kg


Warna

Emas, Perak, Abu-abu

Tebal: 1,13 cm

Panjang: 30,41 cm

Lebar: 21,5 cm

Berat: 1,24 kg


Warna

Perak, Starlight, Abu-abu, Midnight

Penyimpanan

256 GB

256 GB

Konektivitas

Bluetooth 5.0


Wi‑Fi 6 (802.11ax)

Kompatibel dengan IEEE 802.11a/b/g/n/ac

Bluetooth 5.3


Jaringan nirkabel Wi-Fi 6 802.11ax

Kompatibel dengan IEEE 802.11a/b/g/n/ac

Baterai

Web nirkabel hingga 15 jam


Pemutaran film aplikasi Apple TV hingga 18 jam


Baterai lithium-polymer bawaan 49,9 watt-jam


Adaptor Daya USB‑C 30W

Web nirkabel hingga 15 jam


Pemutaran film aplikasi Apple TV hingga 18 jam


Baterai lithium-polymer 52,6 watt-jam


Adaptor Daya USB-C 30 W 


Kabel USB-C ke MagSafe 3


Pengisian daya cepat dengan Adaptor Daya USB-C 67 W

Fitur Lainnya

Kamera FaceTime HD 720p


Display Port

Thunderbolt 3


Speaker stereo


Dukungan Dolby Atmos

Kamera FaceTime HD 1080p


Port pengisian daya MagSafe 3

Dua port Thunderbolt/USB 4


Sistem suara empat speaker


Dukungan Audio Spatial

Baca juga: Semua Yang Kita Ketahui Mengenai Chip M3 Untuk Macbook Tahun 2023

CPU M1 vs M2

Siapa yang sudah sering mendengar kata CPU? CPU atau Central Processing Unit bisa dikatakan sebagai otak dari sebuah chipset. CPU bertanggung jawab untuk me-manage atau mengatur semua komponen dari sebuah perangkat. CPU berfungsi untuk menerima, memproses, dan mengatur kerja perangkat. Di dalam CPU juga terdiri dari beberapa cores, yang umumnya terdiri dari 8 core.

Untuk MacBook Air M1 dan M2, keduanya sama-sama memiliki CPU 8-core dengan 4 core performa dan 4 core efisiensi. Namun, Apple mengklaim bahwa M2 memiliki CPU 18 persen lebih cepat. Untuk Jagoans yang ingin memiliki MacBook Air yang sedikit lebih cepat performanya, kamu bisa memilih dengan yang menggunakan prosesor M2. Namun, jika budget yang kamu miliki terbatas, MacBook Air M1 juga sudah cukup.

GPU M1 vs M2

Seperti VGA atau Integrated Graphics pada prosesor, GPU atau yang disebut dengan Graphic Processing Unit berfungsi untuk memproses tampilan visual dari aplikasi pada layar perangkat. Semakin tinggi performa dari sebuah GPU, maka semakin mulus kualitas grafis dan resolusi dari perangkat tersebut. GPU dengan kualitas yang baik juga akan membuat tampilan dari sebuah game stabil dan tidak patah atau lagging.

GPU M1

GPU pada MacBook yang menggunakan M1 dilengkapi oleh 7 core. Apple juga mengklaim bahwa MacBook M1-nya dapat menghadirkan grafis terintegrasi secepat kilat dan memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, serta memutar video sampai dengan kualitas 4K tanpa menurunkan satu frame pun. Cocok untuk Jagoans yang pekerjaannya berhubungan dengan grafis dan editing.

GPU M2

Sedangkan untuk versi MacBook yang menggunakan M2, GPU nya terdiri dari 10 core. Hal ini membuat kinerja GPUnya lebih cepat hingga 35 persen dibandingkan dengan GPU pada M1. Dilansir dari Apple, GPU ini juga menggunakan memori terpadu SoC M2 (hingga 24 GB LPDDR5-6400 dengan bandwidth 100 GB/dtk) dan harus menawarkan 160 unit eksekusi.

RAM M1 vs M2

RAM chip pada MacBook Air M1 menggunakan LPDDR4X dan maksimal 16GB memori terpadu. Sementara pada MacBook Air yang menggunakan Apple M2, terdapat peningkatan signifikan yang membuatnya lebih unggul dari M1, karena telah menggunakan platform LPDDR5 terbaru dan hadir dalam 8GB, 16GB, dan konfigurasi 24GB terbaru.

Selain itu, chip M2 besutan Apple ini juga memiliki bandwidth yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan chip MacBook Air M1 pendahulunya. Chip M2 yang baru ini juga dapat memberikan bandwidth memori terpadu hingga 100GB/detik, yang merupakan peningkatan utama dari bandwidth memori M1 yang hanya memiliki kemampuan sebesar 68,25GB/detik.

Baca juga: Ini Dia Harga Terbaru Macbook Air 13 Inch 2020

M1 vs M2: Mending Mana?

Secara umum, MacBook besutan Apple yang menggunakan Chipset M1 ataupun M2, sama-sama menawarkan performa yang mulus dan dapat digunakan untuk beragam pekerjaan yang menunjang kebutuhan dan aktivitas Jagoans sehari-hari. Namun, ada dua poin penting yang dapat menjadi pertimbangan sebelum Jagoans membeli MacBook Air M1 ataupun MacBook Air M2 yaitu :

  • Jika Jagoans hanya membutuhkan MacBook untuk aktivitas dan pekerjaan sehari-hari, yang tidak terlalu berat, kamu bisa memilih MacBook dengan Chip M1 yang harganya lebih terjangkau.
  • Jika Jagoans membutuhkan MacBook dengan performa yang tinggi untuk mendukung pekerjaan Jagoans, kamu bisa memilih MacBook dengan Chip M2 dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan M1.  

Gimana nih Jagoans? sudah memutuskan untuk membeli MacBook Air yang sesuai dengan kebutuhan dan bugdet Jagoans? Daripada bingung untuk membeli produk MacBook yang original dan terjamin kualitasnya, langsung aja yuk cek MacBook Air M1 dan MacBook Air M2 di Jagofon! Dengan berbelanja di Jagofon, kamu juga turut berkontribusi untuk mengurangi limbah elektronik yang dapat mencemari lingkungan lho Jagoans! Tunggu apalagi? yuk dapatkan gadget impian kamu hanya di Jagofon!