Persiapan Wajib iPhone Sebelum Mengunduh iOS 17

Source : Apple

Sistem operasi merupakan komponen penting dalam sebuah perangkat. Menjadi perantara antara pengguna dan perangkat keras, sistem operasi juga bertugas untuk mengelola kinerja perangkat lunak dan perangkat keras agar dapat berjalan secara efektif. Pada perangkat iPhone, sistem operasi tersebut dikenal dengan nama iOS.

Di tahun 2023 lalu, iPhone telah meluncurkan iOS terbaru mereka dengan nama iOS 17. Selain memberi tampilan baru yang lebih fresh, pembaharuan iOS 17 ini juga menyediakan perbaikan bug penting serta pembaruan keamanan dan dianjurkan untuk semua pengguna iPhone.

Baca juga : Pengen Update? Simak Fitur Terbaru iOS 17 Besutan Apple

Penasaran dengan kelebihan dan upgrade dari iOS 17 ini? temukan jawabannya di artikel berikut ya Jagoans!

Tanggal Rilis iOS 17

Исследование: iOS 17 «сжигает» батарею вашего iPhone - Hi-Tech Mail
Source : Hi-Tech Mail

Apple telah mengeluarkan beta version dari iOS 17 berbulan-bulan lalu sebelum pada akhirnya mengeluarkan iOS 17 secara resmi pada September 2023 lalu.

Jadwal rilis ini membawa angin segar sekaligus menyedihkan karena tidak semua seri dan model iPhone compatible dengan iOS ini.

iOS ini membawa beragam fitur menarik dan pembaharuan yang penting dan juga dibutuhkan untuk para pengguna iPhone, seperti di bidang keamanan, dan privasi pengguna.

Fitur Terbaru iOS 17

5 Fitur Baru iOS 17 yang Ternyata Sudah Lama Ada di Android - TrenAsia
Source : Tren Asia

Selain tampilannya yang lebih aesthetic, iOS 17 juga menghadirkan beragam fitur yang fungsional. Berikut beberapa fitur-fitur iOS 17 yang bisa kamu manfaatkan :

Stand By Mode

iOS 17 StandBy Mode looks amazing — but it's also a missed opportunity |  Tom's Guide
Source : Tom's Guide

Fitur pertama yang ada pada iOS 17 adalah fitur standy by atau fitur siaga.Fitur ini memungkinkan pengguna mengakses Live Activities, Widget, dan Smart Tracks dalam satu tampilan informasi saat iPhone sedang diisi daya. Saat pengisian daya berlangsung, antarmuka ponsel juga dapat otomatis berubah menjadi mode lanskap.

Secara default, fitur StandBy akan menampilkan jam analog dan widget kalender. Tampilan tersebut juga dapat diganti dengan men-slide salah satunya. Misalnya, pengguna bisa memilih untuk menampilkan informasi saham, ramalan cuaca, reminder, atau pun mengontrol perangkat HomeKit langsung dari mode Stand By.

Widget yang Interaktif

Hands-on] Menjajal Fitur Baru iOS 14, Dari Widget Sampai PiP - Hybrid.co.id
Source : Hybrid.co.id

Terbosan selanjutnya di iOS 17 ini adalah hadirnya widget interaktif yang bisa diakses pengguna melalui Home Screen, Lock Screen, mau pun saat mode Stand By. Pengguna juga bisa menmodifikasi widget ini dan menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pemakaian ponsel.

Widget interaktif ini juga dapat menampilkan kalender, cuaca, mengkontrol musik, menandai reminder ketika pekerjaan sudah selesai, menampilkan foto atau pun catatan, hingga lama pemakaian ponsel untuk beragam aplikasi.

Poster pada Kontak

How to Set Up Your Personal Contact Poster in iOS 17 – iDrop News
Source : idropnews.com

Fitur iOS 17 yang tidak kalah menarik adalah poster pada kontak. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengatur tampilan secara custom saat dihubungi orang lain lewat telepon. Pengguna bisa mengatur foto orang lain yang menelepon mereka dan ukurannya akan ditampilkan secara penuh pada layar iPhone.

Untuk meng-customisasi poster kontak pada iPhone, berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan :

  • Buka aplikasi kontak pada layar utama.
  • Cari dan pilih kontak yang ingin foto atau poster kontaknya dirubah.
  • Kemudian ketuk menu edit yang berada pada bagian kanan atas menu.
  • Selanjutnya ketuk edit di bagian foto.
  • Geser ke kanan untuk melakukan customize foto.
  • Kamu bisa memilih untuk menggunakan foto asli, mengeditnya menjadi memoji, atau pun membuatnya menjadi monogram.

Fitur Jurnal

Aplikasi Jurnal dari Apple sekarang tersedia untuk dicoba di iOS 17.2 beta  publik | by Irwan | Medium
Source : blogcious.medium.com

Fitur lain yang menarik pada iOS 17 ini adalah fitur Journaling, dengan aplikasi Journal. Aplikasi ini akan memberikan saran dengan ngelompokkan tamasya, foto, olahraga, dan kegiatan lainnya agar pengguna lebih mudah mengingat momen spesial atau aktivitas sehari-hari. Jagoans juga bisa menambahkan foto, video, atau audio ke entri jurnal dan menandai entri tersebut untuk dilihat lagi nanti.

Sticker Drawers

How to Turn Your iPhone Photos Into Stickers for Apple Messages | PCMag
Source : PC Mag

Kamu penggemar sticker dan suka mengirim sticker saat berkirim pesan? Kini, kamu tidak perlu lagi bingung memilih stiker karena fitur ini memungkinkan pengguna iPhone mengakses semua jenis stiker, mulai dari stiker iMessage, Live Stickers, emoji, mau pun stiker Memoji, di dalam satu tempat.

Perhatikan Ini Sebelum Mengunduh iOS 17

Mengapa Adopsi iOS 17 Lambat? Tiga Alasan Utama yang Membuat Pengguna  Menunggu - Kabar Palu
Source : Kabar Palu

Nah, ada baiknya sebelum mengunduh iOS 17 kamu melakukan hal-hal berikut agar iOS 17 bisa digunakan secara lancar :

  1. Periksa ruang penyimpanan yang tersedia di iPhone yang ingin kamu update, karena pembaharuan iOS membutuhkan ruang penyimpanan yang tidak sedikit.
  2. Lakukan back-up terhadap data-data yang penting.
  3. Pastikan iPhone kamu telah terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil agar proses download berjalan dengan lancar.

Dilansir dari laman Apple, untuk memperbaharui iOS 17, berikut langkah-langkahnya :

  • Buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Pembaruan Otomatis.
  • Nyalakan Pembaruan iOS di bawah Instal Secara Otomatis dan Unduh Secara Otomatis.

Ketika ada pembaruan sistem untuk iPhone, iPhone akan mengunduh dan menginstal pembaruan tersebut saat iPhone sedang diisi daya dan terhubung ke Wi-Fi.

Dapatkan iPhone Terbaik Harga Terjangkau dengan iOS 17 di Jagofon

Gimana Jagoans? apakah kamu tertarik untuk membeli iPhone dengan iOS 17 tersebut? Nah, dari pada bingung mau beli dimana, mending langsung ke Jagofon aja! Dijamin kamu akan mendapatkan iPhone yang 100% original, tidak ada part yang diganti atau refurbished.

Jagofon sendiri bukan toko, melainkan marketplace HP dan gadget bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Kapan lagi kamu beli HP dan gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Cukup checkout HP dan gadget impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa! Beli HP dan gadget bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP dan gadget impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon!