Product

Realme 5i: Cek Spesifikasi dan Harga Terbaik 2023 Disini!

Xiaomi Realme 5i bagus tidak sih? Spesifikasinya apa saja? Harganya berapa ya?

Banyak orang yang bertanya mengenai seri handphone ini, selain karena handphonenya belum lama dirilis, orang-orang ingin membandingkannya dengan handphone mereka.

Sesuai dengan target pasar Xiaomi, produk-produk mereka mustinya terjangkau terutama bagi kaum kelas menengah seperti yang difokuskan mereka. Jadi, bisa kamu pastikan bahwa produk Xiaomi harganya cukup terjangkau, dengan kualitas yang oke.

Kali ini, kami akan membahas khusus untuk tipe Realme 5i, karena tipe ini cukup populer di negara Asia seperti Indonesia, China, India, dan Filipina.

Xiaomi Realme 5i adalah handphone berbasis Android yang diproduksi oleh perusahaan Xiaomi yang populer untuk kalangan menengah. Realme 5i irilis pada tahun 2020 dengan varian warna Aqua Blue dan Forest Green.

Bagi kamu yang suka warna hijau atau biru, handphone ini merupakan salah satu tipe yang menyampaikan desain warna dengan baik.

Warna hijau atau biru pada bodi ini tidak terlalu gelap, namun juga tidak terlalu terang atau norak. Konsep mewah dan elegan tetap diterapkannya meskipun harganya cukup terjangkau untuk kelas menengah.

Realme 5i Philippines Price is PHP 6,990 : Realme's Quad Camera Battery  King, Officially Launched - TechPinas
(Source: TechPinas)

Bagian atas bodi handphone mulus, tidak ada fitur apapun sehingga desainnya terlihat lebih mewah. Sedangkan di bagian bawah handphone terdapat speaker, audio jack, dan socket pengisian daya. Untuk tombol penggantian volume berada di sisi kiri, dan di sisi kanan terdapat tombol power.

Penempatan slot atau socket ini standar seperti handphone lainnya, yang spesial adalah bagian atas bodi handphone polos.

Realme 5i
(Source: TechPinas)

Meskipun harganya terjangkau, ada banyak fitur yang tersedia di handphone ini.

Selain wi-fi yang wajib ada untuk semua perangkat elektronik, Realme 5i juga dilengkapi dengan GPS dan Bluetooth. Bahkan, handphone ringkas ini dapat menampung dua kartu SIM yang sudah mendukung 4G/LTE.

Teknologi biometriknya juga lengkap, terdapat pengaman berupa mengunci dengan wajah dan sidik jari. Sensor cahaya dan gyroscope sudah termasuk di handphone ini.

Desain Bodi

Desain bodi handphone Realme 5i mirip dengan Realme 5 dan Realme 5s, dari segi bentuknya dan tampilannya.

Perbedaan Realme 5i dibanding tipe lainnya adalah 5i tidak mempunyai bagian belakang yang terbuat dari kaca.

Handphone ini sudah terbuat dari Gorilla Glass untuk bagian depan, kaca untuk bagian belakang, dan bingkai dari plastic dengan diberikan finishing yang bersinar.

Realme 5i dirancang dengan tinggi 164.4 mm, lebar 75 mm, dan ketebalan 9.3 mm, dengan berat 195 g.

Realme 5i Review - Pros and cons, Verdict | 91Mobiles
(Source: 91 Mobiles)

Baca juga: Inilah 5 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10 2022

Layar

Realme 5i menggunakan layar IPS LCD, memiliki ukuran 6.52 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel (~269 ppi) dengan rasio 20:9.

Meskipun bukan full HD, layar ini dapat menghasilkan warna yang cerah dan layar yang terang namun tidak membuat mata sakit. Pastinya layar yang memiliki fitur HD lebih bagus, namun ini merupakan salah satu alasan mengapa harga Realme 5i cukup terjangkau.

Meskipun begitu, layar pada Realme 5i sudah cukup baik untuk melihat gambar, menonton video, dan bermain game dengan baik. Jika kamu ingin membeli handphone dengan layar HD, kamu bisa beli Realme 5s.

Realme 5i Review: The Budget Quad Camera and Battery Phone - TeknoGadyet
(Source: TeknoGadget)

Kamera

Meskipun harganya cukup terjangkau, kamera yang dimiliki Realme 5i sangat canggih loh, karena kameranya menggunakan sensor Sony IMX 386.

Sony adalah salah satu perusahaan teknologi yang sangat terkenal dari Jepang, salah satu produknya yaitu Kamera, yang saat ini digunakan oleh perusahaan yang memproduksi media di seluruh dunia.

Selain dilengkapi dengan flash LED dan panorama, kamera Realme 5i juga memiliki fitur nightscape, dimana pengambilan gambar menjadi lebih baik dan lebih tajam pada malam hari meskipun tetap akan ada kemungkinan munculnya noise pada foto.

Bertajuk Quad Camera Battery King, Ini Spesifikasi dan Harga realme 5i -  Info Komputer
(Source: Infokomputer)

Jika kamu penasaran dengan spesifikasi kameranya, berikut adalah rincian dari kamera Realme 5i:

Kamera Belakang

  • 12 MP, f/1.8, (lensa wide), 1/2.9", 1.25µm
  • 8 MP, f/2.3, 13mm (lensa ultrawide)
  • 2 MP, f/2.4, (lensa macro)
  • 2 MP, f/2.4, (lensa depth)
  • 4K@30fps, 1080p@30fps

Kamera Depan

  • 8 MP, f/2.0
  • 1080p@30fps

Meskipun kamera depan hanya satu, namun resolusi yang dimiliki cukup besar (8 MP). Begitu juga dengan resolusi video yang direkam, meskipun tidak dapat diatur namun dapat menghasilkan video dengan resolusi minimal 1080p.

Performa

Sistem operasi dasar yang digunakan Realme 5i adalah Android 9.0 dan bisa diperbarui ke Android 10. Untuk warna, handphone ini menggunakan laci aplikasi ColorOS6, tidak seperti handphone Oppo.

Mungkin banyak yang belum tahu tentang ColorOS. ColorOS adalah antarmuka yang diciptakan oleh Oppo, yang merupakan proyek Open Source untuk Android.

Handphone Realme juga menggunakan ColorOS sebelum digantikan oleh Realme UI. Dalam hal antarmuka ColorOS, Realme masih termasuk satu keluarga dengan Oppo, dimana Realme UI masih menggunakan beberapa aplikasi pada ColorOS.

Hal ini menjelaskan mengapa Realme 5i menggunakan ColorOS 6 yang antarmukanya diciptakan oleh Oppo. ColorOS6 tersedia sebagai tema dalam MIUI.

Realme 5i menawarkan memori internal 32GB dengan RAM 3GB, 64GB dengan RAM 4GB, dan 128GB dengan RAM 4GB. Namun jangan khawatir bila memori internalnya terlalu kecil, karena handphone ini juga mendukung penggunaan memori eksternal dengan microSDXC hingga 256GB.

Chip prosesor yang digunakan adalah Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 dengan CPU 4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver dan GPU Adreno 610.

Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 dirancang fokus untuk meningkatkan kemampuan dalam bermain game, kapabilitas kamera, kinerja handphone, dan sistem keamanan yang lebih baik.

Gambar yang dihasilkan pada saat bermain game, menonton video, ataupun pengambilan foto akan berkualitas lebih tinggi.

Realme 5i - Enough for Gaming?
(Source: Manila Shaker)

Baca juga: Inilah Perbedaan Xiaomi Redmi 8 dan Redmi 9!

Baterai

Baterai pada Realme 5i adalah salah satu nilai jual yang ditonjolkan. Banyak yang menyukai untuk menggunakan Realme 5i karena baterainya yang memiliki kapasitas 5000mAh dengan pengisian daya 10W, yang membutuhkan waktu dua sampai tiga jam untuk mengisi daya handphone dengan penuh.

Setelah dilakukan pengujian, Realme 5i dipercaya dapat bertahan hingga 19 jam dalam pemakaian normal. Kapasitas baterai sebesar inilah yang dicari oleh heavy user atau handphone yang digunakan secara terus menerus, seperti untuk bermain game.

Namun, kabel yang digunakan belum secanggih handphone lainnya, dimana pengisian daya dan transfer data akan menjadi lebih lambat. Jika kamu punya budget lebih, kamu bisa beli Realme 5S yang sudah menggunakan kabel Type-C.

Kesimpulan

Setelah membaca spesifikasi Xiaomi Realme 5i, bagaimana pendapatmu? Handphonenya cukup bagus kan.

Harga handphone ini memang sangat terjangkau, bahkan versi Realme 5S Jagofon yang lebih baik saja bisa kamu dapatkan di harga satu jutaan saja.

Kapan lagi kamu bisa dapatkan handphone dengan empat kamera dengan kapasitas baterai 5000mAh di harga satu jutaan saja.Karena harganya yang murah, jadi banyak peminatnya. Sekarang stoknya sudah tipis. Jadi beli sekarang di Jagofon sebelum kehabisan ya.