Product

August 22, 2023

Review Apple Watch 8: Spesifikasi dan Kelebihan

Apple Watch adalah jam tangan digital yang pertama kali dirilis pada tahun 2015.

Apple Watch hanya dapat dikoneksikan dengan iPhone, tidak bisa pada iPad atau Mac.

Jam tangan ini kompatibel mulai dari seri iPhone 5, minimal menjalankan iOS 8.2.

Selain untuk melepaskan adiksi manusia dengan handphone, tujuan Apple merancang produk Watch ini adalah untuk melengkapi dan menambah fungsi iPhone.

Source: MakeMac

Dengan Apple Watch yang terkoneksi dengan iPhone, pengguna dapat melihat informasi penting dan merespon pesan atau panggilan yang masuk tanpa harus melihat handphonenya.

Pada artikel ini akan membahas mengenai seri jam tangan terbaru dari Apple Watch yang dirilis bersamaan dengan iPhone 14, yaitu Apple Watch 8. Kalau begitu, simak artikel review Apple Watch 8 ini.

Spesifikasi Apple Watch 8

Apple Watch 8 dirancang untuk perkembangan yang lebih fokus pada fitur kesehatannya, didukung dengan pernyataan ‘masa depan kesehatan tak pernah semenawan ini’.

Jangan salah, saat ini jam tangan digital semakin canggih dan beragam. Layaknya membeli handphone, untuk membeli jam tangan juga perlu dibandingkan dari segi spesifikasi dan desainnya.

Berikut adalah spesifikasi lengkap untuk review Apple Watch 8:

Desain bodi

Dirancang dengan ujung yang tipis dan terintegrasi dengan lekukan secara elegan, Apple tetap memberikan desain dengan kesan yang simpel namun elegan.

Desain jam tangan Apple ini bisa dibilang sangat unik dan berbeda dibandingkan jam tangan pada umumnya. Apple Watch memiliki desain yang sedikit kotak, sedangkan jam tangan lain seperti Samsung berbentuk lingkaran.

Bodi jam tangan ini dibuat dengan keramik dan kristal yang tebal dan geometri yang kokoh, serta bagian bawah yang datar membuatnya tahan retak, tahan debu, dan tahan air.

Apple Watch dilengkapi dengan Kompas, sensor Kesehatan, SOS emergensi, speaker, microphone, Apple Pay, GymKit.

Warna yang tersedia untuk Apple Watch 8 Aluminium adalah Midnight, Starlight, Silver, dan Merah.

Source: Apple

Layar

Apple Watch Series 8 memiliki always on display atau layar yang selalu menyala dengan cerah bahkan jika pergelangan tangan sedang turun.

Retina pada fitur selalu menyala dapat memberikan kecerahan hingga 1000 nits.

Performa

Apple Watch memiliki sistem operasi sendiri. Untuk Series 8 ini menggunakan watchOS 9.0.

Prosesor yang digunakan adalah S8 SiP dengan 64-bit dual-core. Apple Watch Series 8 menggunakan Apple Wireless Chip W3 dan U1.

Baterai

Kapasitas baterai Watch 8 adalah 308mAh. Meskipun begitu, jam tangan ini memiliki mode daya rendah atau low power mode, dapat bertahan sepanjang hari selama 18-36 jam.

Baca juga: Ketahui Jenis MacBook Yang Paling Pas Buat Kamu

Fitur Apple Watch 8

Seperti produk Apple lainnya, Apple Watch mempunyai sistem operasi sendiri yang disebut sebagai watchOS. Beberapa fitur yang terdapat pada Apple Watch 8:

Adanya sensor suhu untuk informasi yang lebih dalam terutama tentang Kesehatan Wanita

Apple Watch akan menggunakan data pelacakan siklus suhu yang tercatat untuk memberikan perkiraan retrospektif tentang waktu ovulasi perempuan, yang dapat bermanfaat untuk perencanaan keluarga.

Selain itu, data sensor ini dapat digabungkan dengan data detak jantung untuk mendapatkan rincian tentang siklus menstruasi. Pengguna juga akan mendapat pemberitahuan bila siklus tidak teratur.

Agar aman, semua data ini terkunci dan dienkripsi oleh Apple dan kuncinya dapat dibuka dengan Biometric.

Source: Apple

Mendeteksi tabrakan untuk bantuan dalam keadaan darurat.

Tidak hanya kecelakaan tabrakan, Apple Watch 8 juga dapat mendeteksi jika penggunanya terjatuh cukup parah.

Saat mendeteksi kecelakaan, fitur ini dapat secara otomatis menghubungkan pengguna dengan layanan darurat, memberi lokasi, dan memberi tahu kontak darurat yang tersimpan.

Teknologi yang digunakan pada deteksi tabrakan adalah gabungan kekuatan giroskop 3-sumbu yang disempurnakan akselerometer g-force hingga 256G.

Selain itu, fitur ini juga menggunakan barometer, GPS, dan alforitme fusi sensor canggih.

Dapat lebih memahami siklus tidur

Selain memantau waktu tidur, Apple Watch juga dapat menunjukkan berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk tidur lelap, tidur inti, dan waktu untuk bangun.

Source: Apple

Aplikasi olahraga yang disempurnakan

Apple Watch 8 dapat menghasilkan pengukuran EKG dengan elektrokardiogram. Selain itu, jam ini dapat mendeteksi kadar oksigen darah dalam tubuh pengguna dan mencatat jadwal pengobatan dengan mudah. Pengguna dapat mendeteksi detak jantung dan menyesuaikan olahraga sesuai dengan keseharian, dilengkapi dengan aplikasi Fitness+.

Terhubung dengan fitur iPhone

Selain dapat membalas pesan atau mengangkat telepon, Apple Watch kamu juga dapat digunakan untuk membuka peta dan menunjukkan jalan, membuka dompet yang dilengkapi dengan reader. Semua fitur ini terhubung dengan iPhone pengguna.

Source: Apple

Baca juga: Beli Airpods Pro Nggak Perlu Mahal, Ini Spesifikasi dan Harganya!

Kelebihan Apple Watch 8

Mengetahui kelebihan dan kekurangan adalah salah satu metode perbandingan yang jitu. Kali ini akan membahas review Apple Watch 8 tentang kelebihannya.

Kesehatan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan. Apple hadir untuk membantu dengan teknologi yang ada di dalam Apple Watch.

Mengingat biaya rumah sakit yang sangat mahal, Apple Watch dapat membantu dengan teknologi yang dapat mengecek dan memantau kesehatanmu.

Karena dalam bentuk jam tangan, kamu bisa mendapatkan informasi Kesehatan kapanpun dan dimanapun.

Selain Airpods, Apple Watch juga membuat kegiatan olahraga menjadi lebih mudah. Daripada harus mengantongi handphone, lebih baik memiliki jam tangan digital yang terhubung dengan iPhone.

Kekurangan Apple Watch 8

Karena produk Apple sangat ekslusif, Apple Watch tidak bisa dihubungkan ke handphone merek lain selain iPhone.

Terkadang, ada kasus dimana seseorang memiliki iPad dan Apple Watch namun menggunakan handphone Android.

Karena tidak dapat dihubungkan juga ke iPad, orang ini tidak bisa menggunakan Apple Watchnya. Dia harus meminjam iPhone orang lain untuk dikoneksikan.

Meskipun ada beberapa aplikasi Android yang dirancang untuk membantu para pengguna Android agar dapat menghubungkan handphonenya Apple Watch, aplikasi ini tidak selalu berhasil.

Apple Watch dan aplikasi tersebut tidak bisa saling membaca Bluetooth satu sama lain. Jika mau aman, Apple Watch harus koneksikan dengan iPhone, bukan Android.

Source: Android Authority

Aksesoris Apple Watch 8

Tidak hanya iPhone, iPad, Airpods, atau Macbook saja yang mempunyai aksesoris tambahan, nyatanya Apple Watch juga. Aksesoris utama yang dijual adalah band/loop, yaitu karet gelang.

Jenis yang ditawarkan pun berbagai macam, ada yang seperti gelang tanpa bolong, ada yang bermotif kepang, ada yang memiliki bolong untuk dikaitkan, ada yang khusus untuk olahraga, hingga edisi spesial Hermes.

Aksesoris lainnya adalah pengisi daya Magsafe khusus untuk Apple Watch atau untuk tiga perangkat lain.

Selain itu, Apple juga menyediakan tas khusus Apple Watch yang dapat digunakan untuk meletakkan semua band/loop.

Perlu dicatat bahwa untuk melakukan review Apple Watch 8 khususnya pada bagian aksesoris tidak menjadi pertimbangan utama dalam memutuskan pembelian.

Source: Apple

Tertarik Dengan Apple Watch 8?

Setelah kamu membaca review Apple Watch 8 diatas, apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Jika kamu seseorang yang sangat suka berolahraga secara rutin, Apple Watch sangat cocok untuk kamu.

Kalau kamu akan membeli Apple Watch, pastikan isi kotak produk yang kamu terima berisikan jam tangan Apple Watch Series 8, Band/Loop, dan kabel USB-C Magnetic Fast Charger untuk mengisi daya baterai.

Kalau kamu merupakan pengguna setia produk Apple dan sudah merasakan ekosistemnya, kamu pasti akan membeli Apple Watch.

Namun, Apple Watch ini sifatnya pelengkap, jadi bukan wajib untuk dimiliki.Melihat pula harga produk Apple yang sangat tinggi, biasanya orang akan mencari toko yang terpercaya dengan harga yang paling sesuai.

Share on: