Product

November 25, 2023

Review Jujur Samsung Galaxy Z Fold3

Hai, Jagoans! Ada satu HP yang patut masuk wish list kalian nih, yaitu Samsung Z Fold3. Dengan layar lebar berukuran 7.6 inch dan tingkat kepadatan piksel mencapai 372ppi, ponsel ini menawarkan pengalaman visual yang memukau. Tak hanya itu, triple kamera belakang 12MP serta kamera depan 16MP siap mengabadikan setiap momen spesial.

Tidak hanya soal tampilan, Samsung Z Fold3 juga membawa performa yang handal. Ditenagai oleh kapasitas baterai sebesar 4400mAh, ponsel ini dapat mendukung kegiatan sehari-hari dengan baik. Sudah rilis sejak tahun 2021, ponsel pintar 5G ini menawarkan kombinasi yang menarik antara desain yang elegan dan teknologi canggih. Tertarik untuk lebih mengenalnya? Yuk, kita ulik lebih dalam!

Image Source: Samsung

Tampilan Mewah Luar Biasa

Galaxy Z Fold3 mempersembahkan desain yang memikat dengan kemampuan lipatnya. Layar yang bisa dibuka dan dilipat seperti buku menciptakan pengalaman yang unik bagi penggunanya. Dengan frame aluminum, kombinasi material plastik dan kaca memberikan kesan mewah saat digunakan, sementara dimensinya berubah dari 158.2 x 128.1 x 6.4 mm saat terbuka menjadi 158.2 x 67.1 x 14.4-16 mm saat dilipat. Meski sedikit tebal ketika dilipat, ponsel ini tetap nyaman dipegang, meskipun bobotnya yang cukup berat, mencapai 271 gram.

Di sisi fungsionalitas, tombol Power terletak di sisi kanan, tombol Volume di sisi kiri, dan port USB Type-C 3.2 di bagian bawah untuk mendukung pengisian daya. Selain itu, Samsung Z Fold3 menunjukkan kualitas build yang memuaskan dengan perlindungan Gorilla Glass Victus di bagian depan dan belakangnya, memberikan ketahanan ekstra terhadap goresan dan kerusakan.

Samsung Z Fold3 hadir dalam beragam varian warna yang menarik di Indonesia, termasuk Phantom Black, Phantom Silver, dan Phantom Green. Samsung Galaxy Z Fold3 ternyata memiliki sertifikasi IPX8, yang menjamin ketahanannya terhadap air. Dengan sertifikasi ini, ponsel ini dapat bertahan dalam perendaman hingga kedalaman 1.5 meter selama 30 menit di dalam air tawar. Namun, penting untuk diingat bahwa sertifikasi IPX8 hanya berlaku untuk air tawar, sehingga pengguna disarankan untuk menghindari penggunaan di air laut atau kolam renang yang mungkin tercampur dengan bahan kimia.

Sertifikasi IPX8 ini juga tidak memberikan jaminan terhadap ketahanan terhadap debu. Meskipun tahan air, pengguna tetap perlu berhati-hati dan memastikan agar ponsel tidak terpapar debu secara berlebihan. Dengan demikian, meski Z Fold3 dapat memberikan keamanan terhadap air dalam kondisi tertentu, tetap diperlukan kehati-hatian dan pemahaman terhadap batas-batas ketahanannya.

Samsung Z Fold3 menawarkan layar utama luas 7.6 inci dengan teknologi Dynamic AMOLED 2X Display, memperbarui refresh rate menjadi 120Hz untuk pengalaman visual yang mulus. Resolusi tinggi 2208 x 1768 piksel pada layar utama dan 2268 x 832 piksel pada screen cover, didukung HDR 10+, memberikan gambar yang tajam dan detil dengan tingkat kecerahan hingga 1200 nits untuk kenyamanan pengguna di bawah sinar matahari. Tak hanya itu, perlindungan Gorilla Glass Victus pada layar 7.6 inci ini menjamin ketahanan terhadap goresan, menambah kehandalan pada kombinasi teknologi canggih dan desain yang menawan.

Image Source: Telset.id

Performa Tak Perlu Diragukan

MEMORI
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Memori Eksternal Tidak Ada
KAMERA BELAKANG
Jumlah Kamera 3
Konfigurasi 12 MP (wide), f/1.8
12 MP (telephoto), f/2.4
12 MP (ultrawide), f/2.2
Fitur ["OIS","PDAF","dual pixel PDAF",
"panorama","HDR","LED flash",
"HDR10+ Recording","Video: Hingga
4K@30/60fps"]
KAMERA DEPAN
Jumlah Kamera 2
Konfigurasi 4 MP (wide), f/1.8
10 MP (wide), f/2.2
Fitur ["HDR","gyro-EIS","Video: Hingga
4K@30fps","Under-Display Camera"]
BODY
Dimensi 158,2 x 67,1 x 14,4-16 mm
Berat 271 gram
Ketahanan IPX8
Fitur Lainnya - Gorilla Glass Victus (depan dan
belakang)
- Rangka aluminium
- Sertifikasi tahan air IPX8 (hingga
1,5 m selama 30 menit)
KONEKTIVITAS
WLan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, dual-
band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.2, A2DP, LE, aptX HD
Infrared Tidak Ada
NFC Ada
GPS GPS, A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
USB Tipe-C 3.2
FITUR
OS (Saat Rilis) Android 11, One UI 3.5 (Saat Rilis)
Sensor ["Fingerprint (side)","Accelerometer",
"Gyro","Proximity","Compass",
"Barometer","Samsung DeX",
"Ultra Wideband (UWB)","Samsung Pay
(Visa, MasterCard bersertifikat)",
"Bixby"]
Jack 3.5mm Tidak Ada
Warna Phantom Black, Phantom Silver,
Phantom Green
Fitur Lainnya Audio:
- Speaker stereo
- Audio resolusi tinggi 32-bit/384kHz
- Disetel oleh AKG

Samsung Z Fold3 punya RAM 12GB, loh. Kekuatan RAM segede itu bikin performanya ngebut, jadi gak perlu khawatir lemot meski lagi main beberapa app sekaligus. Buat kamu yang suka multitasking, ini jadi banget!

Nah, buat kapasitas penyimpanannya, Samsung Z Fold3 punya dua pilihan nih, ada yang 256GB dan yang 512GB. Jagoans bisa pilih sesuai kebutuhan penyimpanan kamu. Cuma satu catatan, Z Fold3 ini sayangnya gak punya slot memori eksternal, jadi perlu dipertimbangkan nih buat kamu yang suka koleksi banyak file. Tapi overall, Z Fold3 5G tetap jadi pilihan yang oke buat performa dan penyimpanan yang maksimal!

Image Source: ArenaLTE.com

Baca juga: Jajaran Samsung Galaxy S23: Kamera Epik, Performa Ciamik!

Quad Kamera yang Mumpuni

Samsung Z Fold3 punya total 5 kamera yang bikin pengalaman fotografi kamu makin seru. Ada kamera wide 10 MP, f/2.2 di layar cover, kamera wide 4 MP F1.8 FF di layar utama, dan triple camera ciamik di belakang dengan resolusi masing-masing 12 MP.

Image Source: Gadgets 360

Meski resolusinya sama, tapi jenis kameranya beda-beda, lho. Ada kamera wide bukaan f/1.8, kamera telephoto bukaan f/2.4, dan kamera ultrawide bukaan f/2.2. Keunikan kameranya didukung oleh desain lipatnya. Dengan Flex Mode, kamu bisa gunain kamera pas HP terlipat. Keren, kan?

Image Source: IGN India

Nah, pas HP terlipat, kamu bisa bikin HP berdiri tanpa tripod. Caranya? Tinggal lipat dan letakkan di posisi yang pas, trus kamu bisa leluasa motret atau rekam aktivitasmu. Yang lebih asik, kamu bisa edit foto dan video seperti lagi pake laptop. Plus, dengan fitur Rear Cam Selfie, kamu bisa manfaatin triple camera belakang untuk selfie. Buka HP, bidik, dan hasilnya bakal tampil di cover screen. Nggak cuma itu, kamu bisa atur fitur kamera belakang dari cover screen, lho. Samsung Z Fold3 ini emang punya segudang fitur kamera keren yang bikin hasil foto dan video makin maksimal!

Image Source: Tek.id

Kapasitas Baterai dari Samsung Z Fold3

Samsung Z Fold3 hadir dengan baterai berkapasitas 4400 mAh, sedikit lebih kecil dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy Z Fold2, yang memiliki baterai 4500 mAh. Dengan kapasitas baterai yang sedikit lebih kecil, daya tahan ponsel ini menjadi kurang memukau. Berdasarkan uji coba oleh Tom's Guide, HP Samsung ini mampu bertahan hampir 8 jam saat digunakan untuk browsing internet dalam koneksi 5G dengan tingkat kecerahan layar 150 nits.

Dalam hal pengisian daya, Samsung Z Fold3 menggunakan teknologi fast charging 25W dan fast wireless charging 11W. Menurut GSMArena, proses pengisian daya dari 0 hingga 100 persen membutuhkan sekitar 1,46 jam menggunakan charger Samsung 25W. Namun, perlu diingat bahwa Samsung tidak menyertakan charger dalam paket penjualannya, sehingga pengguna perlu membeli charger secara terpisah.

Kesimpulan

Nah, Jagoans sudah tau kan kehebatan dari Samsung Z Fold3? Tertarik beli atau masih ragu? Disini Jagofon bakal kasih tau alasan untuk membeli Samsung Z Fold 3 dan alasan untuk tidak membeli Samsung Z Fold 3, nih! Yuk, disimak biar kamu ga ragu lagi

Alasan Beli Galaxy Samsung Z Fold3

  1. Desain yang stylish dan mewah
  2. Memiliki sertifikasi IPX8 untuk ketahanan terhadap air
  3. Layar yang luas dengan kualitas visual yang istimewa
  4. Ponsel pintar dengan beragam mode fungsionalitas
  5. Kompatibel dengan penggunaan Stylus Pen
  6. Tersedia dalam varian memori internal 256GB dan RAM 12GB, ideal untuk berbagai kegiatan harian

Alasan Tidak Beli Galaxy Samsung Z Fold3

  1. Body ponsel memiliki bobot yang signifikan
  2. Kapasitas baterai hanya sebesar 4400 mAh
  3. S-Pen dan charger harus dibeli secara terpisah
  4. Tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal
  5. Tidak ada peningkatan pada kamera belakang dibandingkan dengan seri sebelumnya

Jadi, bagaimana Jagoans? Kamu mau pilih Samsung Galaxy Z Fold3 yang mana nih? Jangan ragu beli di Jagofon karena kami selalu melakukan tes sebanyak 90+ untuk menjamin unit yang kami tawarkan 100% berfungsi dengan baik ditambah lagi kami menawarkan garansi ya Jagoans.

Yuk cek katalog Samsung dan checkout sekarang juga!

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip3 5G: HP Lipat Ter-Viral

Share on: