Product

August 11, 2023

Review Samsung S8 Tahun 2023: Masih Layak?

Samsung Galaxy S8, atau Project Dream Cruiser, adalah smartphone Samsung generasi kedelapan yang dirilis pada tahun 2017.

Samsung S8 adalah salah satu handphone yang terbaik pada masanya. Perubahan S8 dengan seri sebelumnya yang cukup signifikan dan terlihat dengan jelas adalah desain perangkat handphone.

Selain itu, adanya asisten pribadi yang lahir Bernama Bixby. Seperti Siri pada Apple, Samsung juga punya Bixby.

Umur Samsung S8 sudah memasuki tahun ke-6, pasti sangat susah untuk menemukan produk yang benar-benar baru.

Di zaman orang-orang kepincut dengan hebatnya Samsung Galaxy S23, apakah Samsung Galaxy S8 masih layak pakai tahun ini?

Perbedaan Samsung S7 dan Samsung S8

Source: GSMArena

Harga Samsung S8 pasti lebih tinggi dibanding Samsung S7. Spesifikasi dan desainnya yang banyak berbeda membuat perbedaan harga yang jelas, terlepas dari Samsung S8 bekas atau baru.

Meskipun competitor langsungnya adalah iPhone X, masih banyak orang yang loyal terhadap merek yang sebelumnya meskipun tak menutup kemungkinan untuk pindah merek.
Selain perbedaan pada tampilan fisik, Samsung S8 juga berinovasi dalam warna perangkat dengan menawarkan 7 warna, yaitu Midnight Black, Orchid Gray, Arctic Silver, Coral Blue, Maple Gold, Rose Pink, dan Burgundy Red.

Sedangkan Samsung S7 menawarkan 5 warna, yaitu Black, White, Gold, Silver, dan Pink Gold.

Berikut adalah spesifikasi Samsung S8:

  • Layar: 5.8 inci quad HD+ AMOLED (570 ppi)
  • Dimensi: 148.9 x 68.1 x 8 mm
  • Berat: 155 g
  • Prosesor: octa-core Samsung Exynos 8895 atau octa-core Qualcomm Snapdragon 835
  • RAM: 4GB
  • Memori: 64 GB + microSD card
  • Sistem: Android 7.0 dengan TouchWiz
  • Kamera: Kamera belakang 12 MP dengan OIS + Kamera depan 8 MP
  • Koneksi: LTE, Wi-Fi, NFC, Bluetooth 5
  • Fitur Lain: Wireless charging, GPS, Iris sensor

Berikut adalah spesifikasi Samsung S7:

  • Layar: 5.1 inci Super AMOLED (577 ppi)
  • Dimensi: 142.4 x 69.6 x 7.9 mm
  • Berat: 152 g
  • Prosesor: Octa-core 4x2.3 GHz Mongoose & 4x1.6 GHz Cortex-A53
  • RAM: 4GB
  • Memori: 32GB, 64 GB + microSD card
  • Sistem: Android 6.0 (Marshmallow) dengan TouchWiz
  • Kamera: Kamera belakang 12 MP dengan OIS + Kamera depan 5 MP

Desain Samsung S8

Samsung S8 merupakan handphone dengan inovasi baru, dengan menganut desain Infinity Display. Infinity-O Display sendiri artinya adalah layar ponsel yang meminimalkan bezel dengan membuat potongan berbentuk O di sudut atas layar untuk kamera depan.

Mirip dengan handphone yang dirancang oleh iPhone, desain Samsung S8 menghilangkan tombol di tengah bawah perangkat dengan menggunakan konsep layar bezel yang minim.

Pada masa peluncurannya, desain handphone Samsung S8 bisa dibilang sangat modern dan menggiurkan bagi para pengguna setia atau fans Samsung.

Source: Samsung

Samsung memberikan informasi tentang latar belakang desain Samsung Galaxy S8, menyatakan “inovasi berarti melepaskan diri dari keakraban. Ini tentang mengubah cara kita melihat dan menggunakan sesuatu, yang memiliki kekuatan untuk mengubah cara kita hidup dan berpikir. Alih-alih tambahan lain pada jajaran smartphone generic, kami menghadirkan desain Galaxy S8 yang benar-benar diperbarui dan unik”.

Pernyataan tersebut sejalan dengan perbedaan yang ada pada desain Samsung S8 dan dengan seri sebelumnya.

Bahkan, bukan hanya desain fisik yang berubah, namun desain UX pun banyak yang berubah juga, seperti yang dinyatakan oleh Samsung “UX pada Samsung S8 dikembangkan dengan fokus pada ritme untuk meningkatkan alur interaksi pengguna dan lebih sesuai dengan cara orang menggunakan ponsel mereka saat ini. Seperti desain tampilan itu sendiri, UX mulus, menyatukan komponen visual dan audio untuk menciptakan satu pengalaman berkelanjutan”.

Fitur AI Bixby dan TouchWiz

Source: eraspace

Fitur AI Bixby diluncurkan pada tahun 2017, bersamaan dengan rilisnya Samsung S8. Jika kamu menggeser layar ke kanan, kamu akan bertemu Bixby!

Tidak hanya informasi umum seperti cuaca atau berita, kamu juga bisa “mengobrol” dengan Bixby. Kamu bisa nonaktifkan Bixby di menu pengaturan.

Kita bisa mengubah layout Samsung S8 dengan TouchWiz. Tidak kalah dengan Samsung Galaxy S10, Samsung S8 telah menggunakan teknologi ini.

Meskipun produksi fitur TouchWiz sudah tidak dilanjutkan oleh Samsung, namun TouchWiz sangat membantu perangkat Samsung yang mendukung fitur TouchWiz.

TouchWiz saat ini berganti nama menjadi Samsung Experience.

Untuk di harga Samsung S8 saat ini bisa dikatakan cukup menarik, karena kamu sudah bisa mendapatkan asisten personal dengan teknologi AI.

Samsung Galaxy S8 Sekarang

Sejak tahun 2021, Samsung sudah tidak mendukung update software pada Samsung S8. Salah satu faktornya adalah banyaknya pengembangan pada perangkat terbaru yang teknologinya tidak dimiliki oleh S8.

Namun, sebagian model Samsung S8 masih mendapat dukungan update software.

Berita Kontan yang mengutip dari TheVerge.com, Galaxy S8 sudah menginjak akhir hayat alias tidak lagi mendapat dukungan keamanan. Lewat situs resmi Samsung, deretan smartphone telah diumumkan mendapatkan update security terbaru di bulan Mei 2021.

Salah satu penyebab harga Samsung S8 turun adalah dukungan software ini.

Tapi kamu tidak perlu khawatir. Meskipun tidak mendukung software yang terbaru, Samsung S8 sudah termasuk keren dan memuaskan untuk digunakan.

Samsung S8 Bekas

Mayoritas handphone second kekurangannya terdapat pada hardware atau perangkat luar handphone. Beberpa ulasan terkait Samsung S8 Bekas menyatakan bahwa handphone masih baik digunakan, hanya saja layarnya pecah atau mengeluarkan bayangan pada layar yang mungkin cukup mengganggu.

Lain halnya di Jagofon, karena semua produk sudah melewati pengecekan dan uji coba, serta bergaransi. Samsung S8 bekas pun terlihat seperti handphone baru tanpa kecacatan.

Sebenarnya, yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membeli perangkat elektronik bekas adalah apakah kinerjanya masih baik atau tidak.

Kalau yang rusak hanyalah bagian luar perangkat, kamu bisa dengan mudah mencari dan membetulkannya di service center. Selain itu, rusaknya bagian luar handphone tidak berarti kinerja handphone berkurang. Selama komponen dalam tidak rusak, kinerja handphone masih dapat layak pakai.

Maka itu, kamu perlu cermat untuk mengetahui spesifikasi dan kondisi hanphone bekas seperti Samsung S8.

Samsung S8 Masih Layak

Pada akhirnya, Samsung S8 bisa dibilang masih layak untuk digunakan, kamu hanya perlu merawatnya dengan baik agar awet bertahun-tahun. Apalagi jika kamu belinya di Jagofon, handphone bekas terasa seperti handphone baru.

Harga Samsung S8 di Jagofon masih terjangkau kok. Tidak hanya Samsung S8 bekas, tapi Jagofon juga menyediakan produk Samsung lain dan merek lainnya seperti Apple, Oppo, Vivo, Xiaomi, dan Realme.

Hal terpenting yang perlu kamu cek adalah keasilan handphone. Lebih baik handphone second daripada handphone refurbish atau bersumber dari black market.

Miliki handphone impianmu sekarang juga dari Jagofon!

Share on: