Risih dengan Iklan di HP? Ini Cara Menghilangkannya dengan Parktis!

Siapa yang tidak risih dengan iklan yang ada di HP. Bagaimana tidak, saat kamu membuka aplikasi atau browser kemudian ada iklan pop-up dan tidak sengaja mengetuknya, kamu akan terganggu dengan iklan yang tiba-tiba muncul.

Kemudian iklan banner yang beredar pada aplikasi atau browser HP terkadang memuat iklan yang tidak pantas seperti judi online hingga yang berbau vulgar. Tentu hal ini tidak elok untuk dipandang dan bisa membuat risih.

Terlebih iklan tersebut ternyata memuat virus malware atau ransomware yang pasti akan membahayakan data pribadi kamu.

Nah, apakah ada cara menghilangkan iklan-iklan yang mengganggu tersebut? Jangan khawatir berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus iklan di HP dengan praktis!

Baca juga: Kamu Ingin Membuat HP Android Kamu Makin Enteng dengan Mematikan Fitur ini? Simak!

Blokir Iklan di Pengaturan

Risih dengan Iklan di HP? Ini Cara Menghilangkannya dengan Parktis! | Jagofon
Image Source: Eraspace

Salah satu cara menghapus iklan di HP adalah dengan mengaturnya di pengaturan keamanan.

Hampir semua pengguna HP Android pasti mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak jelas. Hal ini dilakukan ketika kamu menginstall aplikasi tak resmi yang sudah diedit moderatornya alias menginstall aplikasi mod.

Hal ini berbahaya ya Jagoans, selain biasanya mengandung banyak iklan, HP kamu berpotensi besar terjangkit virus malware yang berbahaya.

Oleh karena itu sebelum hal yang merugikan terjadi, kamu bisa blok aplikasi selain bersumber dari Google Play dengan cara pergi ke Settings > Security and privacy > matikan izin menginstall aplikasi dari sumber yang tidak diketahui alias unknown source.

Jika kamu sudah menonaktifkan fitur ini, secara langsung kamu akan mencegah pemasangan aplikasi tidak resmi dan bisa mengurangi kemungkinan pencurian data dari iklan yang terkandung dalam aplikasi tersebut.

Blokir Iklan di Browser

Risih dengan Iklan di HP? Ini Cara Menghilangkannya dengan Parktis! | Jagofon
Image Source: Beebom

Cara menghapus iklan di HP lainnya adalah dengan blokir iklan di browser. Kamu pasti jika mencari sesuatu hal menggunakan laman pencarian di browser baik itu dari Chrome, Fire Fox, Brave, atau Safari, terkadang situs yang kamu tuju mengandung beberapa iklan yang mengganggu.

Adapun cara blokir iklan di browser secara umum adalah dengan cara ketuk tombol titik tiga (⋮) > Settings > Site settings > Pop-ups and redirects, kemudian geser toggle atau saklar hingga ada tulisan allowed.

Nah, cara ini dijamin ampuh membasmi iklan pop-ups yang kadang bikin kaget, serta saat asyik scrolling kamu tidak akan pergi ke situs lain ketika tidak sengaja mengetuk suatu iklan atau link lainnya.

Blokir Iklan di Homepage

Risih dengan Iklan di HP? Ini Cara Menghilangkannya dengan Parktis! | Jagofon
Image Source: UMSU

Hal yang paling mengganggu adalah munculnya iklan pada homepage atau halaman utama di HP kamu. Fenomena hadirnya iklan ini biasanya disinyalir berasal dari aplikasi tak resmi yang menyematkan iklan untuk tampil pada homepage HP kamu.

Nah, untuk mencegah munculnya iklan secara tiba-tiba di halaman utama HP kamu adalah dengan cara pergi ke Settings > Privacy protection > Special permissions > Display over other apps, kemudian pilih aplikasi penyumbang iklan dan matikan pilihan Allow dispay over other apps.

Sejatinya iklan ini muncul karena kamu mengizinkan konten dari sebuah aplikasi bertumpang-tindih dengan aplikasi lain walau menutup aplikasi tersebut. Alhasil walau kamu tidak membuka aplikasi tersebut, iklan akan tetap tampil pada layar tanpa harus membuka aplikasinya terlebih dahulu.

Blokir Iklan di HP Samsung

Risih dengan Iklan di HP? Ini Cara Menghilangkannya dengan Parktis! | Jagofon
Image Source: Android Authority

Salah satu jenis iklan yang muncul dari sebuah aplikasi adalah melalui jalur notifikasi. Tak jarang aplikasi e-commerce menayangkan iklan berupa promo dan lainnya lewat panel notifikasi HP Samsung yang kadang mengganggu aktivitas kamu.

Untuk mencegah masuknya iklan di HP Samsung, kamu bisa gunakan cara dengan pergi ke Settings > Ntotifications > App notifications kemudian cari aplikasi yang sering menyumbang iklan, lalu matikan izin notifikasinya.

Hal ini ampuh untuk memblokir iklan yang masuk ke dalam HP Samsung Jagoans.

Namun jika kamu masih ingin menerima iklan atau pemberitahuan dari sebuah aplikasi tapi tidak ingin terganggu oleh suara pemberitahuannya, kamu bisa mengatur aplikasi yang masuk dalam mode senyap.

Jadi ketika ada notifikasi iklan yang masuk ke dalam HP, kamu tidak akan mendengar suara pemberitahuan sehingga tidak akan terganggu oleh suaranya.

Blokir Iklan di HP Xiaomi

Risih dengan Iklan di HP? Ini Cara Menghilangkannya dengan Parktis! | Jagofon
Image Source: TechPP

Salah satu hal yang bikin para Mi Fans risih adalah adanya iklan pada aplikasi bawaan di MIUI. Hal ini juga yang mengakibatkan mereka prefer menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menunjang produktivitasnya.

Namun ada cara menghapus iklan di HP Xiaomi, caranya adalah kamu bisa buka menu Settings > Password & security > Privacy > Ad service > matikan pilihan Personalized ad recommendations.

Kemudian kamu buka salah satu aplikasi bawaan Xiaomi lalu kamu tinggal buka menu Settings kemudian matikan pilihan Receive recommendations. Hal ini ampuh untuk blokir iklan rekomendasi produk yang ditawarkan yang kadang bisa kamu bikin risih.

Hal ini juga bisa memperlancar kinerja sekaligus kuota data internet kamu. Sudah jelas semua informasi yang masuk akan menambah beban kerja HP kamu dan menghabiskan kuota internet kamu jika munculnya secara berlebihan.

Instal Aplikasi Ad-Blocker

Risih dengan Iklan di HP? Ini Cara Menghilangkannya dengan Parktis! | Jagofon
Image Source: XDA Developer

Menggunakan aplikasi Ad-Blocker adalah cara mudah menghapus iklan di HP kamu. Namun perlu diperhatikan, jangan sesekali menginstall aplikasi yang tidak diketahui asal-usulnya, tidak resmi, atau yang sudah dimodifikasi untuk menghindari tindak pencurian data.

Oleh karena itu, disarankan install aplikasi Ad-Blocker hanya lewat Play Store atau Samsung Store yang sudah jelas terpercaya sumbernya. Kamu juga harus memperhatikan kualitas aplikasinya dengan acuan rating dan review yang didapat. Jika ratingnya dibawah 4,5 dan memiliki ulasan buruk, kamu harus mencari aplikasi lain yang lebih baik.

Kamu bisa memilih salah satu dari berbagai macam aplikasi Ad-Blocker sesuai dengan apa yang kamu percaya, kemudian kamu bisa menggunakannya untuk menghalau iklan yang masuk ke dalam HP kamu.

Sementara itu, cara lain untuk mencegah masuknya iklan ke dalam HP Android atau iPhone kamu adalah dengan berlangganan atau membeli aplikasi premium. Dengan cara ini, biasanya developer menawarkan aplikasi bebas iklan dan bisa membuka fitur khusus untuk pengguna yang berlangganan.

Baca juga: Tips Jitu Merawat iPhone Second, Jaminan Awet Bertahun-Tahun!

HP Second Berkualitas? Jagofon Tempatnya!

Buat kamu yang sedang mencari HP second berkualitas dan bebas iklan, Jagofon tempatnya! Kualitas HP second di Jagofon dijamin memiliki kondisi terbaik dan 100% masih layak pakai like-new karena sudah lolos pengujian di 90+ titik fungsi. Kamu juga akan mendapatkan detail hasil pengujiannya loh!

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 Bulan! Selain itu semua produk yang ada di Jagofon dijamin original. Semua part-nya tidak ada yang diganti alias rekondisi atau di-refurbished.

Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original.