Product

December 19, 2023

Samsung Galaxy M Series: Series Menengah yang Mumpuni

Samsung Galaxy M Series adalah sebuah kategori ponsel pintar kelas mid range atau menengah yang diproduksi oleh Samsung. Inisial "M" sendiri memiliki arti Milenials. Samsung Seri M ini memiliki target pasar menengah ke bawah, namun tetap memperhatikan kualitas dan tetap menerapkan fitur wajib lainnya untuk mendukung sebuah ponsel pintar.

Selain cocok untuk kaum millenials, Samsung Galaxy M Series juga sangat cocok buat kamu yang menginginkan ponsel yang bagus namun memiliki harga yang terjangkau. Untuk membuktikannya, coba aja Jagoans cek di katalog Jagofon. Kamu juga jangan khawatir, karena semua produk di Jagofon 100% original, tidak ada part yang diganti atau refurbished.

Sejarah Samsung Galaxy M Series

Image Souce: Tekno Kompas

Setelah menghentikan produksi Samsung Galaxy J dan On pada tahun 2018, Samsung memutuskan untuk mengembangkan Samsung Galaxy Seri M dengan tujuan meramaian persaingan ponsel kelas menengah agar tetap bersaing dengan brand asal China seperti Xiaomi, Vivo, Oppo, dan Huawei.

Akhirnya pada tahun 2019 Samsung memperkenalkan Samsung Galaxy M10 dan Samsung Galaxy M20 ke pasar Indonesia. Dengan mengusung ketangguhan daya baterai, layar lebar, dan kamera yang mumpuni, Samsung berhasil mengangkat brandingan Seri M ini sebagai ponsel budget yang memiliki kualitas yang bagus dan baterai yang sangat awet.

Sampai sekarang, Samsung M Series masih melanjutkan pengembangannya dengan menambahkan beberapa fitur penting lain seperti support jaringan 5G, meningkatkan kualitas layar, dan menambah fitur kamera ke arah yang lebih advance. Kemudian fitur andalan seperti daya baterai masih tetap konsisten di kisaran 5000 mAh sampai dengan 7000 mAh tergantung seri nya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M Series

Kelebihan Samsung Galaxy M Series

  • Daya tahan baterai sangat besar.
  • Layar relatif lebar.
  • Kamera mumpuni.

Kekurangan Samsung Galaxy M Series

  • Performa kurang mumpuni, sedikit di bawah Samsung Galaxy A Series.
  • Bahan bodi terbuat dari plastik dan belum sertifikasi tahan air dan debu.
  • Belum support audio stereo.

Jajaran HP Samsung Galaxy M

Sejak tahun 2019, Samsung Seri M terus melakukan peningkatan dan mengeluarkan model baru di tiap tahunnya. Peningkatan tersebut tidak jauh-jauh dari peningkatan kualitas layar, kualitas jaringan, pembaruan tangkapan sinyal 5G, fitur kamera yang dapat meningkatkan kualitas foto, tak lupa peningkatan daya baterai dan teknologi pengisian daya cepat yang tergolong penting.

Tidak usah berlama-lama, yuk kita simak jajaran Samsung Seri M yang sudah beredar di Indonesia.

Samsung Galaxy M10 dan M10s

Image Source: Tek.id

Samsung Galaxy M10 yang rilis pada tahun 2019 ini memiliki panel layar 6,2 inchi PLS TFT dengan resolusi HD+ (720 x 1520 pixel). Sementara itu, Samsung Galaxy M10s memiliki panel layar 6,4 inchi Super AMOLED dan memiliki resolusi HD+ (720 x 1560 piksel).

Performa Samsung Galaxy M10 ditenagai oleh chipset Exynos 7870 dan Samsung Galaxy M10s ditegai oleh chipset Exynos 7884B. Kedua entry level SoC ini dirasa sudah cukup untuk melakukan pekerjaan yang ringan. Kemudian Samsung Galaxy M10 dibekali daya baterai 3.400 mAh dan Samsung Galaxy M10s dibekali dengan daya baterai 4.000 mAh.

Samsung Galaxy M20

Image Source: Samsung

Samsung Galaxy M20 memiliki design entry-level dengan bahan yang digunakan masih plastik. Samsung M Series ini memiliki layar PLS TFT dengan resolusi FullHD+ (1080 x 2340 pixel). Walaupun hanya dibekali layar PLS TFT, warna yang ditampilkan terlihat tajam saat melihat video atau streaming.

Dual kamera dengan konfigurasi 13 MP dan 5 MP dengan beberapa fitur fokus live, stiker, foto rangkaian, beauty mode, pro mode, dan juga panorama. Sementara itu untuk performa Samsung M Series ini ditenagai chipset Exynos 7904 dan GPU Mali-G71 MP2 yang sudah bisa menjalankan game dengan pengaturan yang disesuaikan. Ponsel pintar ini memiliki daya baterai yang jumbo di 5000 mAh.

Samsung Galaxy M21

Image Source: Tekno Kompas

Samsung Galaxy M21 sudah dibekali panel layar Super AMOLED dengan resolusi FullHD+ (1080 x 2340 pixel). Walaupun ada sedikit perbedaan kualitas dengan panel layar Super AMOLED dengan seri yang lain, tetapi tampilannya sudah sangat bagus terutama untuk menonton video.

Samsung M Series ini dilengkapi dengan 3 kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera efek kedalaman 5 MP. Hasilnya pun cukup OK di kelasnya. Kemudian untuk mendukung performanya, Samsung Galaxy M21 ditenagai chipset Exynos 9611. Untuk menemani Jagoans seharian di luar, smartphone ini dibekali baterai dengan daya sebesar 6.000 mAh.

Samsung Galaxy M30

Image Source: Mynali

Layar dengan panel Super AMOLED dengan resolusi FHD+ (1080 x 2340 pixel) mungkin sudah menjadi standar baru Samsung M Series terbaru. Pasalnya Samsung Galaxy M30 juga memiliki panel layar yang serupa. Oleh karena itu, tampilannya menjadi sangat ciamik. Sementara itu Samsung M Series ini dibekali daya baterai bongsor di 5000 mAh.

Samsung Galaxy M30 memiliki 3 kamera dengan konfigurasi kamera utama 13 MP f/1.9, kamera ultra-wide 5 MP f/2.2, dan kamera 5 MP untuk efek bokeh. Sementara itu, hasil jepretannya sangat bagus saat menggunakan kamera ultra-wide. Exynos 7904 menjadi dapur pacu smartphone ini dan didukung GPU Mali-G71 MP2 dan RAM 4 GB.

Samsung Galaxy M31

Image Source: Samsung

Samsung Galaxy M31 memiliki bentang layar 6,4 inchi berpanel Super AMOLED dengan resolusi 1080 x 2340 pixel. Daya baterai yang jumbo di 6000 mAh membuat kamu bisa menggunakan Samsung Seri M ini seharian bahkan bisa sampai 2 hari.

Samsung Galaxy M31 memiliki 4 kamera belakang dengan konfigurasi 64 MP sebagai kamera utama, 8 MP kamera ultra wide, 5 MP kamera makro, dan 5 MP kamera depth untuk bokeh. Samsung Seri M ini memiliki RAM yang tergolong besar di 6 GB dan memiliki memori internal sebesar 128 GB yang bisa mendukung multitasking kamu dan bisa menyimpan data lebih banyak.

Kesimpulan

Dengan hadirnya Samsung Seri M di pasar smartphone Indonesia dapat menambah referensi Jagoans untuk memilih HP apa yang cocok dengan budget kamu. Apalagi kalau kamu belinya di Jagofon. Buat kamu yang belum tahu, Jagofon adalah marketplace pertama Indonesia yang menyediakan gadget/HP bekas.

Namun jangan khawatir, semua gadget/HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP/gadget dengan kualitas terbaik dan semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh!. Yuk, buruan checkout dan jadi pembeli yang pintar! Kamu bisa dapatkan HP bekas yang kualitasnya setara dengan HP baru, namun harganya lebih terjangkau!

Share on: