Product

August 24, 2023

Samsung Galaxy S20 Ultra: Si Serba Bisa tanpa Kenal Usia

Walaupun dirilis di tahun 2020, rasanya HP besutan Samsung satu ini masih sangat relate untuk dipakai di tahun sekarang. Series Ultra yang digadangkan Samsung sebagai si paling sempurna ini nyatanya memang masih punya tempat spesial di hati para pecinta Android. Dari ukuran, kamera, chipset yang mumpuni, yuk kita geledah kenapa spesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra masih nyaman dipakai hingga kini!

Desain & Layar

Sebagai primadona pada zamannya, desain Samsung Galaxy S20 Ultra dinilai tidak revolusioner daripada Samsung pendahulunya. Pilihan warnanya tidak banyak, hanya ada Cosmic Black dan Cosmic Gray. Modul kameranya dibilang terlalu memakan tempat dan cukup jadul dari segi layout. Jika kamu menyukai desain yang kaku dan simple, sepertinya Samsung Galaxy S20 Ultra bakal terlihat bagus-bagus saja.

Di segi layar, Samsung Galaxy S20 Ultra berdimensi 6,9 inci, terkesan besar namun ternyata nyaman di genggaman karena ramping. Sudah dibekali layar AMOLED Infinity-O dan Full HD+. Untuk HP keluaran 2020 Samsung Galaxy S20 Ultra punya pilihan refresh rate dari 60 - 120 Hz yang memungkinkan grafik yang mulus dan tajam terutama saat gaming seperti HP kebanyakan zaman sekarang.

Baca juga: Jajaran HP 5G dengan Harga Terjangkau

Spesifikasi & Kinerja

Secara garis besar spesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra sangatlah meyakinkan dan masih sangat berguna di tahun sekarang. Berikut detail spesifikasi untuk Samsung Galaxy S20 Ultra:

Spesifikasi

Samsung Galaxy S20 Ultra

Ukuran & berat

166.9 x 76 x 8.8 mm

220 g

Prosesor

CPU 2.73GHz, 2.5GHz, 2GHz

Octa-Core

RAM

12 GB

Storage

128 GB 

External Memory Support

Kamera

Main Camera 108 MP + 12 MP + 48 MP + VGA

Auto Focus

Digital Zoom up to 1000x

Flash


Front Camera 40 MP

Auto Focus

Daya baterai

5000 mAh

Kecepatan pengisian baterai

Fast-charging 25W

Samsung Galaxy S20 Ultra hadir dengan dua chipset yang berbeda. Snapdragon 865 untuk rilisan Amerika Serikat dan Exynos 990 untuk negara lain. Kedua chipset ini memang bukan yang terbaru, namun masih sangat tangguh dan minim lag jika dipakai nge-game. Selain itu, kehadiran jaringan 5G juga menjadi faktor pendukung bahwa Samsung Galaxy S20 Ultra masih sangat layak pakai hingga ke depannya.

Kamera & Baterai

Ini salah satu spesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra yang membuatnya semakin menarik. Modul kamera yang besar bukanlah tanpa alasan, disana tersemat kamera wide angle 108MP, telephoto 48MP dan 12MP ultra-wide. Dilengkapi juga dengan OIS (Optical Image Stabilizer) yang membuat hasil gambar serta video yang stabil. Selain itu, 4x Optical Zoom dan 10x Hybrid Zoom yang menjamin hasil yang tajam dan akurat.

Dari segi baterai Samsung Galaxy S20 Ultra sudah cukup baik, ia bisa bertahan 8 jam tanpa charge dan sudah dilengkapi oleh fast-charging 25W yang memungkinkan baterai penuh dalam kurun waktu satu jam.

Hasil kamera sensor ultra-wide (amateurphotographer.co.uk)
Hasil kamera sensor wide (amateurphotographer.co.uk)
Hasil Hybird Zoom 10x (amateruphotographer.co.uk)

Baca juga: 4 Tips Foto Aestetik di Pantai dengan HP

Kesimpulan

Harga Samsung Galaxy S20 Ultra di pasaran masih sangat beragam, kamu dapat menemukannya di range harga 8 juta sampai belasan juta. Jika kamu membutuhkan HP keseharian yang tangguh dengan selingan bermain game atau fotografi, spesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra masih sangat mumpuni untuk di tahun 2022.

Kamu ingin memiliki HP yang serba bisa dengan harga terbaik? Samsung Galaxy S20 Ultra atau S20 series lainnya bisa jadi pilihan terbaik. Walau rasanya untuk merogoh kocek 8 jutaan untuk HP keluaran 2020 ini terasa berat, kamu bisa memilih versi second-nya di Jagofon yang dimulai dari harga 5 jutaan saja, lho!

Share on: