Product

December 17, 2023

Samsung Galaxy Z Series: Series Paling Mewah?

Samsung Electronics adalah sebuah perusahaan elektronik raksasa berbasis di Korea Selatan yang tidak habisnya mengeluarkan inovasi. Pasalnya pada tahun 2019 Samsung mengeluarkan sebuah gebrakan baru yaitu membuat sebuah smartphone yang bisa dilipat.

Samsung Galaxy Z series kemudian menjadi nama resmi yang mengkategorikan jajaran ponsel cerdas lipat  (foldable smartphones) mereka. Nama seri "Z" sendiri memiliki makna yang menawarkan sebuah pengalaman baru dan menggambarkan sebuah ideasi lipatan yang bernuansa dinamis, berjiwa muda, dan kekinian.

Sejarah Samsung Galaxy Z Series

Image Source: Samsung Newsroom

Berbicara sejarah pengembangan sebuah smartphone, memang perlu dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Diperlukan bertahun-tahun untuk menyempurnakan sebuah produk dimulai dari penelitian dan pengembangan, pengujian, serta penyempurnaan konsep design.

Tahun 2011 adalah sebuah awal perjalanan smartphone lipat Samsung. Pada tahun itu Samsung mengenalkan sebuah purwarupa sebuah ponsel yang bisa dilipat dengan menampilkan dua layar yang dihubungkan oleh sebuah engsel dan mempraktekannya dengan melipat layar tersebut. Pada tahun berikutnya, Samsung mulai mengajukan hak paten untuk design lipatnya yang satu diantaranya mencakup mekanisme tekukan dan proses lipatannya.

Setelah beberapa tahun dalam proses pengembangan, pada tahun 2017 Samsung mengenalkan purwarupa ponsel lipat lanjutan yang menyuguhkan satu layar penuh namun di bagian tengah memiliki sebuah engsel yang memungkinkan bisa dilipatnya layar tersebut. Kemudian pada tahun 2019 Samsung memperkenalkan secara resmi ponsel lipat pertamanya, yaki Samsung Galaxy Fold.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Series

Kelebihan Samsung Galaxy Z Series

  • Memiliki design yang compact, stylish, namun tetap kokoh.
  • Fitur kamera yang mendukung konten kekinian yang selaras dengan kebutuhan Gen-Z.
  • Mendapat dukungan performa dan spesifikasi yang powerful.

Kekurangan Samsung Galaxy Z Series

  • Berpotensi kerusakan layar yang tergolong rapuh terhadap goresan.
  • Kendala durability engsel. Dalam jangka waktu yang lama, engsel tidak akan sekuat dari pertama kali beli. Ada beberapa kasus layar membekas pada bagian tengah setelah beberapa kali dibuka-tutup.
  • Harga yang relatif mahal.

Jajaran HP Samsung Galaxy Z

Berikut Jagofon jabarkan semua produk dari Samsung Series Z.

Samsung Galaxy Fold

Image Source: Samsung Newsroom

Angkatan pertama ponsel lipat yang rilis pada tahun 2019 ini memiliki bentang layar 7.3 inchi berpanel Foldable Dynamic AMOLED dengan rasio layar ke bodi sebesar 85.7%. Sementara cover displaynya mempunyai layar berpanel Super AMOLED dengan bentang layar 4.6 inchi.

Samsung Galaxy Fold memiliki 3 kamera belakang, diantaranya 12 MP, f/1.5-2.4, 27mm (wide), 12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 16 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide). Untuk mendukung performa, Samsung Galaxy Fold dibekali dapur pacu Qualcomm SM8150 Snapdragon 855 dan memiliki baterai dengan tipe Li-Po berdaya 4380 mAh.

Samsung Galaxy Z Flip

Image Source: Samsung Newsroom

Samsung Galaxy Z Flip dipamerkan Samsung di pasaran pada tahun 2020. Design Samsung Galaxy Z Series ini terlihat menawan yang dipadukan dengan kaca lipat dengan bentang layar 6,7 inchi dan menampilkan rasio layar 21:9:9.

Samsung Galaxy Z Flip memiliki dual camera dengan konfigurasi 12 MP, f/1.8, 27mm (wide), dan 12 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide). Kemudian memiliki kamera depan dengan konfigurasi 10 MP, f/2.4, 26mm (wide). Samsung Galaxy Z Series ini dibekali chipset Qualcomm SM8150 Snapdragon 855+ dan memiliki baterai Li-Po 3300 mAh.

Samsung Galaxy Z Fold 2

Image Source: Samsung Newsroom

Galaxy Z Fold 2 mendapat beberapa peningkatan dari seri sebelumnya. Samsung dirasa mendengar feedback dari para pengguna. Alhasil salah satu Samsung Galaxy Z Series ini memiliki peningkatan pada layar yang diperlebar menjadi 7,6 inchi dan layar depan menjadi 6,2 inchi. Hal ini dapat menambah pengalaman melihat layar dengan sangat immersive.

Dari segi kamera juga ada peningkatan dengan menambah fitur Autoframing yang secara otomatis dapat menyesuaikan rentang frame. Adapun konfigurasinya 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 12 MP, f/2.2, 123˚, 12mm (ultrawide). Untuk masalah performa, Galaxy Z Fold 2 dibekali chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 5G+ dan memiliki baterai Li-Po 4500 mAh.

Samsung Galaxy Z Fold 3

Image Source: Samsung Newsroom

Samsung Galaxy Z Fold 3 yang dirilis pada tahun 2021 ini memiliki beberapa peningktan di bagian sektor ketahanan. Pasalnya Samsung Galaxy Z Series ini sudah disertifikasi IPX8 yang tahan debu dan air. Kemudian dengan menggunakan Armor Aluminium, layar utama diclaim 80% lebih kuat. Kemudian di Galaxy Z Series ini, Samsung menghadirkan S Pen Fold Edition.

Samsung Galaxy Z Fold 3 memiliki 3 kamera belakang dengan konfigurasi 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 12 MP, f/2.2, 123˚, 12mm (ultrawide). Kemudian Samsung Galaxy Z Series ini dibekali SoC Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm). Kemudian dengan daya baterainya yang sebesar 4400 mAh bisa membuat HP ini awet dipakai seharian.

Samsung Galaxy Z Flip 3

Image Source: Samsung Newsroom

Samsung Galaxy Z Flip 3 memiliki beberapa peningkatan kualitas. Salah satu diantaranya adala memiliki Cover Screen yang 4 kali lebih besar dari pendahulunya sehingga memungkinkan Jagoans untuk customize layar tersebut seperti yang Jagons inginkan.

Dari segi kamera Galaxy Z Series yang satu ini memilki penambahan fitur Flex Mode yang berfungsi mengabadikan momen secara hands-free. Adapun konfigurasi Samsung Galaxy Z Flip 3 adalah 12 MP, f/1.8, 27mm (wide) dan 12 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide). Kemudian Samsung Galaxy Z Flip 3 ditanam SoC Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm) yang pastinya powerful.

Samsung Galaxy Fold 4

Image Source: Samsung Newsroom

Samsung Galaxy Fold 4 memiliki upgrade yang cukup besar. Dengan ditingkatkannya kualitas layar yang memakai panel Dynamic AMOLED 2X dengan bentang 7,6 inci dan ditambahnya lebar layar cover, menjadikan Galaxy Z Series ini lebih nyaman digunakan untuk produktivitas kamu.

Samsung Galaxy Fold 4 memiliki 3 kamera dengan konfigurasi 50 MP, f/1.8, 23mm (wide), 10 MP, f/2.4, 66mm (telephoto), dan 12 MP, f/2.2, 123˚, 12mm (ultrawide). Qualcomm SM8475 Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm) menjadi dapur pacu Galaxy Z Series ini. Kemudian ponsel lipat ini dibekali baterai dengan daya 4400 mAh.

Samsung Galaxy Flip 4

Image Source: Samsung Newsroom

Samsung Galaxy Flip 4 memiliki beberapa upgrade di fitur kamera. Salah satu diantaranya adalah Flex mode2 yang berfungsi seperti mouse pada PC. Kemudian Samsung menambahkan fungsi control pada tombol samping yang jika ditekan dua kali bisa digunakan untuk mengakses fitur Quick Shot pada Samsung Galaxy ini.

Samsung Galaxy Flip 4 dibekali chipset Qualcomm SM8475 Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm) yang tidak diragukan lagi performanya. Lalu dengan daya baterai 3700 mAh dan mendukung fitur fast charging 25W yang bisa menemani Jagoans seharian.

Samsung Galaxy Fold 5

Image Source: Samsung Newsroom

Samsung Galaxy Fold 5 memiliki pengembangan dengan design yang ringan dengan berat hanya 253 gram. Dengan panel Foldable Dynamic AMOLED 2X dan refresh rate di 120Hz, serta mendukung HDR10+ membuat pengalaman menonton atau bermain game kamu jadi lebih memuaskan.

Dengan dukungan SoC Qualcomm SM8550-AC Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm), sudah dipastikan Samsung Z Series ini dapat melibas semua game berat yang ada saat ini. Chipset ini juga didukung oleh teknologi AI yang bisa membuat pengalaman bermain game kamu berada di level kepuasan tertinggi. Kemudian Samsung Galaxy Fold 5 dibekali baterai Li-Po dengan daya 4400 mAh.

Samsung Galaxy Flip 5

Image Source: Samsung Newsroom

Inovasi terbaru Samsung Galaxy Flip 5 membuat ponsel lipat ini terlihat sangan menawan, unik, dan elegan. Dengan disematkannya Flex Window, yakni layar cover yang 3,78 kali lebih besar dari seri Samsung Galaxy Z Series sebelumnya. Fitur ini juga dapat menambahkan beberapa widget yang bisa membantu produktifitas kamu dan bisa membalas chat langsung karena bisa menampilkan keyboard.

Samsung Galaxy Flip 5 ditenagai dapur pacu Qualcomm SM8550-AC Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm). Chipset yang termasuk ke generasi teranyar ini tidak diragukan lagi kekuatannya. Dari segi pengolahan grafis hingga multitasking akan terasa sangat lancar. Samsung Z Series ini dibekali baterai Li-Po dengan daya 3700 mAh dan support super fast charging 25W.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip3 5G: HP Lipat Ter-Viral

Kesimpulan

Samsung nampaknya akan terus menemukan inovasi-inovasi yang tak terbayangkan sebelumnya oleh Jagoans. Kemungkinan di masa depan ponsel lipat akan menjadi trend baru karena sifatnya yang sangat adaptif dengan kebutuhan genrasi saat ini.

Nah buat Jagoans yang mempunyai HP Samsung Galaxy Z Series atau seri yang lainnya, saatnya kamu kepoin katalog Jagofon nih. Karena Jagofon sebagai spesialis gadget/HP bekas menyediakan berbagai jenis gadget/HP impianmu. Tapi jangan khaawatir, semua gadget/HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP/gadget dengan kualitas terbaik.

Kamu juga jangan kaget ya, beli HP/gadget bekas di Jagofon seperti beli HP/gadget baru, karena HP/gadget punya jaminan garansi mesin 1-6 bulan. Yuk jangan kelamaan mikir, cukup checkout HP/gadget impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!

Share on: