Lifestyle

January 16, 2024

Banyak Dikeluhkan, Apa Penyebab Screen Burn iPhone 14 Pro?

Era persaingan handphone saat ini menuntut produsen untuk tetap berinovasi guna memenuhi ekspektasi konsumen yang semakin tinggi. Dalam persaingan yang sengit, perusahaan-perusahaan telekomunikasi terus-menerus merilis produk-produk baru dengan teknologi terdepan, desain inovatif, dan fitur-fitur canggih. Pembaruan sistem operasi, peningkatan kinerja perangkat keras, serta integrasi teknologi terkini seperti kecerdasan buatan dan keamanan yang lebih baik menjadi fokus utama untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar.

Source: Giz China

Selain itu, perusahaan handphone juga aktif berpartisipasi dalam strategi pemasaran yang cerdas, menggandeng selebriti, kolaborasi dengan desainer terkenal, atau melakukan kampanye promosi yang menarik perhatian konsumen. Dengan menjaga siklus inovasi yang cepat, perusahaan handphone dapat mempertahankan daya tarik produknya di pasar yang berubah-ubah dan meningkatkan penjualan melalui diferensiasi yang kuat serta ketanggapan terhadap kebutuhan konsumen yang berkembang.

Apple Menjadi HP Unggulan

Apple telah berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin dalam persaingan inovasi handphone melalui pendekatan holistik terhadap desain, perangkat keras, dan perangkat lunak. Salah satu kekuatan utama Apple terletak pada ekosistemnya yang terintegrasi dengan baik, yang mencakup iPhone, iPad, Mac, Apple Watch, dan layanan seperti iCloud dan App Store. Ini memungkinkan kamu untuk merasakan konsistensi dan kesinambungan dalam pengalamanmu, menciptakan loyalitas konsumen yang kuat.

Selain itu, Apple dikenal karena desain yang elegan dan inovatif, dengan fokus pada kualitas material dan tampilan yang menawan. Pengenalan teknologi terkini seperti Face ID, penggunaan chip khusus seperti chip A-series untuk kinerja tinggi, serta investasi dalam pengembangan kamera yang canggih, memastikan bahwa produk Apple tetap berada di garis depan inovasi.

Source: Tech Ville Online

Baca juga: iPhone 14: Flagship Tertinggi Apple Tahun 2022

Ada Efek Negatif

Meskipun persaingan inovasi dalam industri handphone telah membawa dampak positif seperti peningkatan teknologi, desain yang lebih baik, dan fitur yang lebih canggih, ada beberapa dampak negatif yang dapat diidentifikasi. Pertama, siklus inovasi yang cepat dapat menyebabkan percepatan dalam perusakan lingkungan. Produksi, distribusi, dan pembuangan handphone yang usang berkontribusi pada limbah elektronik yang signifikan, dengan bahan-bahan berbahaya dan sulit terurai yang dapat merusak lingkungan.

Kedua, persaingan inovasi yang intensif juga dapat menyebabkan konsumen terjebak dalam tren konsumtif dan kebutuhan untuk selalu memiliki perangkat terbaru. Ini tidak hanya menciptakan tekanan finansial bagi konsumen yang mungkin merasa perlu mengganti handphone mereka secara rutin, tetapi juga berkontribusi pada masalah limbah elektronik.

Source: Techlicious

Selain itu, fokus pada pembaruan reguler dan peluncuran produk baru dapat mengakibatkan siklus hidup perangkat yang singkat, mengurangi nilai tukar perangkat lama dan mempercepat konsumsi sumber daya alam. Oleh karena itu, meskipun persaingan inovasi membawa kemajuan signifikan, penting untuk mempertimbangkan dampak negatifnya terhadap lingkungan dan perilaku konsumen.

Baca juga: iPhone 14 Pro: Keunggulan Tak Terbatas Dari Apple

Screen Burn Pada iPhone 14

Salah satunya yang dialami oleh iPhone 14 terjadi “Screen Burn”. Apa maksudnya? Screen burn termanifestasi sebagai bayangan yang masih terlihat di layar, bahkan setelah perangkat dimatikan. Semakin meluasnya keberadaan, beberapa pengguna dengan kekecewaan melaporkan masalah screen burn pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max mereka.

Flagship terbaru dari Apple ini, meski baru diluncurkan belum genap satu tahun, rupanya menghadapi tantangan serius yang merugikan penggunanya. Ironisnya, salah satu fitur andalan yang diiklankan oleh Apple, yakni Always on Display, justru menjadi pemicu potensial munculnya masalah screen burn pada layar ponsel ini.

Source: Ademploy19

Dilansir dari Gizchina pada Selasa (21/2/2023), berbagai laporan muncul di media sosial yang menyatakan adanya masalah screen burn pada beberapa unit iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Keluhan tersebut menyoroti adanya afterimage yang tetap terlihat di layar, bahkan setelah ponsel dimatikan atau berpindah aplikasi. Poin kritis terletak pada adanya layar iPhone 14 Pro panas di sekitar Dynamic Island, area tempat kamera depan dan beberapa sensor ditempatkan.

Masalah ini nampaknya menjadi lebih menonjol ketika Jagoans menjalankan satu atau dua aplikasi, menyebabkan perubahan visual yang dinamis. Yang lebih mencemaskan, beberapa pengguna bahkan mengungkapkan bahwa ponsel mereka mengalami masalah ini hanya dalam kurun waktu penggunaan kurang dari sebulan. Kondisi ini memberikan dampak serius terhadap reputasi iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, memicu protes dan kekhawatiran dari para konsumen yang berharap mendapatkan pengalaman yang tanpa cela.

Penyebab Screen Burn

Dengan dugaan sementara, terungkap bahwa masalah screen burn atau layar iPhone 14 Pro panas mungkin disebabkan oleh penerapan fitur Always On Display. Meskipun fitur ini dijelajahi sebagai inovasi yang menarik, tampaknya penggunaan yang intensif atau potensi ketidaksempurnaan dalam implementasinya dapat menjadi penyebab munculnya afterimage yang terus-menerus di layar.

Source: Macob Server

Fenomena ini membuka diskusi mengenai sejauh mana keberlanjutan dan efektivitas fitur tersebut, menimbulkan pertanyaan terkait kehandalan teknologi tersebut dalam jangka panjang dan bagaimana produsen seperti Apple dapat terus memperbaiki dan mengoptimalkan fungsionalitas fitur-fitur canggih mereka guna memberikan pengalaman tanpa hambatan.

Solusi Screen Burn

Menyelesaikan masalah layar iPhone 14 Pro panas bisa melibatkan beberapa solusi. Pertama, Apple dapat merilis pembaruan perangkat lunak yang dioptimalkan untuk mengurangi risiko screen burn. Peningkatan algoritma Always On Display dan manajemen piksel yang lebih cermat dapat membantu mengatasi masalah ini.

Selain itu, perusahaan dapat memberikan opsi pada Jagoans untuk mengatur waktu tampilan Always On Display atau bahkan mematikannya sepenuhnya untuk sementara waktu guna mengurangi risiko screen burn. Selanjutnya, Apple bisa memberikan pilihan perbaikan atau penggantian bagi kamu yang sudah mengalami masalah ini. Proses ini dapat mencakup penggantian layar atau perangkat secara keseluruhan untuk memastikan pengalaman yang optimal.

Di samping itu, pendekatan proaktif seperti memberikan panduan untukmu tentang cara menggunakan fitur Always On Display dengan bijak dan mungkin memberikan peringatan ketika risiko layar iPhone 14 Pro panas meningkat dapat membantu menghindari masalah ini. Penting untuk diingat bahwa solusi-solusi ini dapat bergantung pada penyebab pasti dari masalah screen burn dan mungkin memerlukan kerja sama antara produsen dan pengguna.

Source: Zd Net

Baca juga: iPhone 14 Pro Max: Kualitas Terbaik, Lihat Harga 2023 Disini

Kesimpulan

Meskipun Apple terus menonjol sebagai pemimpin dalam industri handphone dengan inovasi desain yang elegan, ekosistem terintegrasi yang kuat, dan performa tinggi, tidak dapat diabaikan bahwa bahkan perusahaan sekelas Apple tidak luput dari kekurangan. Beberapa produk terbaru, seperti iPhone 14 Pro, menghadapi tantangan serius terkait masalah screen burn yang telah menimbulkan protes dan kekecewaan.

Hal ini menggarisbawahi pentingnya pengembangan dan pengujian yang cermat sebelum peluncuran produk, serta keterlibatan aktif dengan umpan balik konsumen. Meskipun demikian, kesetiaan konsumen terhadap merek ini tetap kuat, dan dapat diharapkan bahwa Apple akan terus belajar dari pengalaman ini untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas produknya di masa mendatang.

Tetapi hal ini tidak membuat iPhone 14 Pro menjadi produk gagal, karena itu hanya satu bagian dari kelemahan sebuah perangkat. Untuk Jagoans yang sedang mencari handphone yang satu ini dengan harga yang lebih murah dari pasaran, kamu bisa membelinya langsung di Jagofon. Jagofon menjual gadget/HP seken impianmu, yang memiliki kualitas seperti barang baru.

Kamu gak perlu khawatir, karena perangkat yang kamu beli sudah melalui serangkaian tes kualitas. Selain itu, kamu juga mendapatkan garansi mesin hingga 6 bulan, loh. Jadi membeli di Jagofon, sudah pasti terjamin! Kamu juga tinggal memesannya di website, dan iPhone-mu akan segera meluncur ke rumahmu. Untuk Jagoans yang tinggal di wilayah Jakarta, tidak dikenakan biaya pengiriman. Ayo, beli iPhone incaran kamu sekarang juga di Jagofon!

Share on: