Product

Smartphone Yang Gesit, Cek Harga Oppo A31 Second Tahun 2023 Disini

Oppo A31 adalah salah satu comeback Oppo ke dunia handphone dan gadget. Apa sih, kekurangan dan kelebihan Oppo A31? Kalau kamu mau tau, yuk baca artikel di bawah ini!

Kelebihan Oppo A31

Sebagai handphone yang jatuh ke kategori mid-range, Oppo A31 punya beberapa daya tarik seperti yang di bawah ini:

1. Baterai tahan lama

Hal pertama yang cukup menonjol dari Oppo A31 adalah baterainya. Meskipun Oppo A31 tidak memiliki kapasitas 5,000 mAh, HP-nya terbukti bisa bertahan dalam waktu yang lama. Hal ini cukup mengesankan mengingat bagaimana Oppo A31 cuma punya kapasitas 4,230 mAh.

Baterai Oppo A31 bisa bertahan sangat lama, kamu bisa nonton dan main game berjam-jam. Menurut Oppo, kamu bisa nonton video non-stop selama 14 jam dan bermain game dalam waktu 7 jam. Dan kalau kamu cuma mendengarkan lagu, HP-nya bisa bertahan selama 111 jam.

Tentu saja, baterai yang kuat ini berkat performa prosesor MediaTek Helio P35 yang bisa melakukan berbagai hal dengan efisien dan tanpa menyita baterai. Saking efisiennya, kamu tidak perlu mengisi baterai Oppo A31 dalam waktu 1 hari kalau kamu cuma menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari.

2. Kamera berkualitas

Selain baterai yang tahan lama, Oppo A31 juga terkenal dengan kameranya yang cukup berkualitas untuk kelas HP mid-range.

Kamera belakang Oppo punya 31 MP, sedangkan dua kamera pembantunya, yaitu kamera macro dan kamera depth, memiliki 2 MP. dengan tiga kamera ini, Oppo A31 bisa menghasilkan foto yang cerah dan penuh detail. Hal ini cukup mengejutkan pasar, mengingat bagaimana kamera Oppo A31 tidak punya fitur khusus seperti ultrawide.

Jawaban dari hal ini adalah AI yang ada di kamera Oppo A31. Teknologi AI di kamera akan membantumu untuk menghaluskan hasil foto sehingga fotonya terlihat lebih cantik.

3. Desain trendi dan mewah

Kelebihan ketiga dari Oppo A31 adalah Bodinya yang kokoh. Kerangka bodinya terbuat dari tempered glass, dan bagian belakangnya dibuat menggunakan plastik yang dilapisi dengan bahan polikarbonat. Dua bahan ini membuat handphonenya terlihat kokoh dan kuat karena polikarbonat lebih tahan banting daripada kaca tapi juga lebih ringan.

Desain luar dari Oppo A31 juga cukup keren. Di belakang, kamu bisa melihat kameranya dijejer secara horizontal dengan flash di bagian bawahnya. Di bagian tengah, ada bulatan kecil yang digunakan untuk fingerprint. Sementara itu, bagian depan dari Oppo A31 punya bezel yang tipis dan notch dengan bentuk tetesan air di tengah untuk kamera depannya.

Oppo A31 datang dalam berbagai warna, tapi ada beberapa warna yang memberikan sentuhan gradasi seperti warna hijau milik Oppo A31.

Baca juga: Inilah Top 5 HP Oppo di Terjangkau Tahun 2022

Kekurangan Oppo A31

Sayangnya, Oppo A31 juga memiliki kekurangan yang bisa mempengaruhi kenyamanan ketika menggunakannya seperti di bawah ini:

1. Layar HD+

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Oppo A31 memiliki layar yang besar dan bezel yang tipis sehingga kamu bisa mendapatkan view yang cukup luas. Sayangnya, layar dengan resolusi 1600 x 720 ini masih menggunakan fitur HD+.

Meskipun HD+ bukanlah fitur yang jelek, tidak ada yang menonjol dari HD+. Hal ini cukup disayangkan mengingat bahwa ada banyak HP mid-range seperti Oppo A31 yang sudah menggunakan layar AMOLED sekarang.

2. Tidak ada fitur fast-charging

Kekurangan lain dari Oppo A31 adalah sistem charging-nya. Ya, baterainya tahan lama. Tapi ketika baterainya habis total dan kamu harus mengisinya, kamu harus menyisakan waktu yang lama untuk melakukannya.

Kalau baterinya habis total, kamu harus menunggunya penuh dalam waktu 3 - 5 jam, dan itu pun kalau daya listriknya kuat untuk mengisi dalam waktu segitu. Kekurangan ini cukup mengecewakan karena sudah banyak HP dengan harga sama dengan Oppo A31 yang mendukung fast-charging.

Untungnya, kamu bisa melakukan charging saat kamu istirahat atau tidur malam. Jadi, waktu charging-nya tidak akan terasa lama. Tapi untuk melakukan trik ini, kamu harus bisa mengatur penggunaan handphone agar baterainya tidak habis di siang hari.

Spesifikasi Oppo A31

Bagi kamu yang sudah mantap mau beli Oppo A31, berikut adalah spesifikasinya:

Informasi Umum

Tahun

2020

Jaringan

2G, 3G, 4G

SIM Card

Ya (Dual SIM)

eSIM

Tidak

Bodi

Berat

180 gram

Dimensi

163.9 x 75.5 x 8.3 mm

Layar

Jenis layar

IPS LCD

Ukuran

6.4 inci

Resolusi

720 x 1600 piksel

Refresh Rate

60 Hz

Hardware

Chipset

MediaTek Helio P35

CPU

Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)

GPU

PowerVR GE8320

Memori

RAM

4 GB

Memori Internal

64 GB, 128 GB

Memori Eksternal

Ya

Kamera

Kamera Belakang

13 MP, f/1.8

2 MP (depth), f/2.4

2 MP (macro), f/2.4

Kamera Depan

8 MP, f/2.0

Fitur

HDR, panorama, 1080dp video

Koneksi

WLan

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth

5.0, A2DP, LE

NFC

Tidak

Infrared

Tidak

Baterai

Jenis

Li-Po

Kapasitas

4230 mAh

Fitur lain

OS Rilis

Android 9.0, ColosOS 6.1

Sensor

Kompas, akselerometer, fingerprint

Jack

3.5mm

Warna

Mystery Black, Fantasy White

Harga Oppo A31 Juni 2023

Harga Oppo A31 bervariasi tergantung memori dan tokonya

64 GB

  • Shopee : Rp. 860,000
  • Tokopedia : Rp. 1,549,000
  • Blibli : Rp. 1,330,000
  • Lazada : Rp. 719,000

128 GB

  • Shopee : Rp. 930,000
  • Tokopedia : Rp. 2,499,000
  • Blibli : Rp. 2,999,000
  • Lazada : Rp. 827,000

Karena tiap marketplace punya berbagai toko, harga Oppo A31 pun berbeda tiap tempat. Sebelum kamu membelinya, kamu harus memastikan bahwa HP yang dijual adalah HP asli karena ada banyak HP palsu yang dijual di marketplace. Sayangnya, kamu butuh waktu yang cukup lama untuk melakukan riset dan memastikan keaslian produknya.

Baca juga: Sebelum Beli, Ketahui Perbedaan Oppo A91 vs Oppo A92 Disini!

Oppo A31 Terjangkau & Terbaik

Bagi kamu yang nggak mau repot, kamu bisa beli Oppo A31 di Jagofon. Jagofon menyediakan HP second dan baru, jadi kamu bisa beli yang manapun kamu mau sesuai kebutuhanmu. Kalau HP-nya nggak ada di etalase Jagofon, kamu bisa menghubungi CS dan meminta mereka untuk mencarikan HP-nya untuk kamu.

Meskipun Jagofon jual HP second, kualitas HP second mereka tidak kalah dengan HP baru. Hal ini karena Jagofon selalu melakukan testing di semua produknya untuk memastikan bahwa produknya layak untuk dijual. Di testing mereka, Jagofon cek lebih dari 90 titik di semua produk mereka. Jadi kamu nggak usah takut soal produk second mereka, karena produknya pasti bisa berfungsi dengan baik. Kalau kamu nggak percaya, buka aja website Jagofon dan pilih HP favoritmu disana!