Product

November 9, 2023

Inilah Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A13 Tahun 2023

Sumber: samsung.com

Menggantikan peran perangkat entry-level Galaxy A12, Galaxy A13 telah naik kelas menjadi salah satu ponsel jagoan dari kelas menengah yang menarik. Dengan mengusung chipset Exynos 850, ponsel ini menawarkan performa yang lebih tangguh. Ditambah lagi, desainnya yang stylish, layar beresolusi tinggi, serta kamera utama 50 MP, semakin membuat ponsel ini diburu oleh banyak orang.

Samsung Galaxy A13 memang merupakan salah satu ponsel terjangkau dan banyak menarik perhatian. Namun, pertanyaannya adalah apakah ponsel ini mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari pengguna dan dapat bersaing dengan berbagai ponsel lainnya? Penasaran? Yuk cari tau jawabannya di artikel Samsung Galaxy A13 ini!

Desain yang Menyerupai Samsung Galaxy A13

Meskipun layarnya berukuran besar, Samsung Galaxy A13 tetap nyaman digenggam dengan dimensi 165,1 x 76,4 x 8,8 mm, dan berat 195 gram. Dengan sudut-sudut yang membulat, ponsel ini terasa kokoh di tangan. Tombol daya yang terintegrasi dengan sensor sidik jari terletak di sisi kanan ponsel. Sisi atas ponsel dilengkapi dengan mikrofon tambahan untuk fitur noise-canceling, sementara sisi bawah menampung port USB-C, grill speaker, jack audio 3,5 mm, serta mikrofon utama. Galaxy A13 hadir dalam tiga varian warna yang mencakup biru, peach dan hitam klasik.  Di bagian Belakang, terdapat empat kamera yang terintegrasi dengan halus tanpa housing yang mencolok.

Tak hanya itu, salah satu aspek unggulan yang membedakan Samsung Galaxy A13 dari pendahulunya, Galaxy A12, adalah ukuran dan resolusi layarnya. Galaxy A13 menawarkan tampilan Full HD+  beresolusi 1080 x 2408 piksel dengan layarnya yang berukuran 6,6 inci. Galaxy A13 juga memberikan tampilan menarik dengan panel PLS LCD.

Di samping itu, Samsung Galaxy A13 juga menyediakan sertifikasi DRM Widevine L1, yang penting bagi pengguna yang gemar menonton video dengan resolusi Full HD+. Layar Galaxy A13 juga telah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5, yang mampu melindungi layar dari kerusakan jika terjatuh dari ketinggian hingga 1,2 meter.

Performa Samsung A13 yang Cukup Stabil

Samsung Galaxy A13 ditenagai oleh chipset Samsung Exynos 850 (8nm). Chipset ini mempunyai prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2GHz. Diperkuat dengan RAM 4GB atau 6GB dan GPU Mali-G52 yang mumpuni. Selama lebih dari satu minggu pengujian Samsung Galaxy A13, performanya dapat dianggap stabil, walaupun tidak mencolok.

Ponsel ini masih mampu menjalankan game dengan baik. Beberapa game populer seperti Mobile Legends dapat dimainkan dengan lancar.  Galaxy A13 menjalankan sistem operasi One UI Core 4.1 berbasis Android 12 terbaru, yang telah dioptimalkan untuk menjalankan dengan lancar meskipun beberapa fitur telah dikurangi agar tetap ringan. Dengan Exynos 850 yang cukup efisien dan sistem operasi yang terkini, ponsel ini mampu memberikan pengalaman pengguna yang nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Spesifikasinya dapat dilihat pada tabel berikut :

Spesifikasi

Deskripsi

Tahun Rilis

2022

Jaringan

2G, 3G, 4G

SIM Card

Dual SIM (Slot Khusus)

BODY

Dimensi

165.1 x 76.4 x 8.8 mm

Berat

195 gram

LAYAR UTAMA

Jenis

PLS TFT

Ukuran

6.6 inci

Refresh Rate

60 Hz

Resolusi

1080 x 2408 piksel

Rasio

20:09

Kerapatan

400 ppi

Proteksi

Corning Gorilla Glass 5

HARDWARE

Chipset

Exynos 850

CPU

Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A55 & 4x2.0 GHz Cortex-A55)

GPU

Mali-G52

MEMORI

RAM

4 GB, 6 GB

Memori Internal

64 GB, 128 GB

Memori Eksternal

Ada (Slot Khusus)

KAMERA UTAMA

Jumlah Kamera

4

Konfigurasi

50 MP (wide), f/1.8

 

5 MP (ultrawide), f/2.2

 

2 MP (macro), f/2.4

 

2 MP (depth), f/2.4

Fitur

PDAF, LED flash, HDR, panorama, Video: 1080p@30fps

KAMERA DEPAN

Jumlah Kamera

1

Konfigurasi

8 MP (wide), f/2.2

Fitur

Video: 1080p@30fps

KONEKTIVITAS

WLan

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth

5.0, A2DP, LE

Infrared

Tidak Ada

NFC

Tidak Ada

GPS

GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS

USB

Tipe-C 2.0

BATERAI

Jenis

Li-Po

Kapasitas

5000 mAh

Fitur

Pengisian cepat 15W

FITUR

OS (Saat Rilis)

Android 12, One UI 4.1

Sensor

Fingerprint (samping), akselerometer, cahaya (virtual), giroskop, proksimitas (virtual), kompas

Jack 3.5mm

Ada

Warna

Biru, Hitam, Peach

Fitur Lainnya

Dolby Atmos

Baca juga: Cek Samsung Galaxy A52 Tahun 2023 Disini

Kamera Samsung A13 Ternyata Menarik!

Kamera Samsung Galaxy A13 ternyata menjadi salah satu jagoan dalam ponsel ini. Dengan setup quad camera yang canggih, ponsel ini menawarkan beragam kemampuan fotografi yang menarik.

Kamera utama Samsung Galaxy A13 memiliki resolusi 50 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL JN1. Kamera ini juga dilengkapi dengan phase-detection autofokus, yang membuat fokus lebih cepat dan akurat.  Selain itu, kamera utama ini menggunakan teknologi Tetrapixel, yang menggabungkan empat piksel menjadi satu piksel berukuran besar dan menghasilkan gambar yang sangat baik. Kamera kedua di Galaxy A13 adalah kamera ultrawide 5MP dengan lensa aperture f/2.2, yang memungkinkan Jagoans untuk mengambil foto dengan sudut pandang yang sangat luas, mencapai 123 derajat.

Selanjutnya, Kamera ketiga adalah kamera 2MP yang berfungsi sebagai makro, memungkinkan Jagoans untuk mendekati objek dan mengambil detail yang menakjubkan. Sedangkan kamera keempat, juga 2MP, berfungsi sebagai depth sensor untuk menciptakan efek bokeh dalam mode potret. Kamera ini juga mampu merekam video dengan resolusi Full HD. Dalam penggunaan sehari-hari, Galaxy A13 memiliki antarmuka kamera yang sederhana tetapi efisien. Jagoans dapat mengakses berbagai mode fotografi seperti Potret, Foto, Video, AR Zone, Pro, Panorama, dan lainnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa mode Pro hadir dengan opsi terbatas, seperti ISO, white balance, dan EV.

Sumber: hybrid.co.id
Sumber: hybrid.co.id

Fakta Unik Mengenai Samsung Galaxy A13

Samsung Galaxy A13 menyuguhkan beberapa fakta unik yang membuatnya menonjol di pasar ponsel tahun 2023. Berikut beberapa fakta unik Samsung Galaxy A13:

  • Salah satu yang paling mencolok adalah konektivitasnya. Pada Galaxy A13, Samsung telah menghadirkan WiFi 802.11 b/g/n/ac Dual Band. Dengan fitur ini, ponsel dapat terhubung dengan pita jaringan 5 GHz. Hal ini membawa manfaat signifikan, seperti kecepatan unduhan yang lebih tinggi, terutama jika Jagoans menggunakan router 5 GHz di rumah.
  • Kapasitas baterai pada Samsung Galaxy A13 adalah salah satu yang patut diperhatikan. Dengan 5.000 mAh, kapasitas baterai ini sudah cukup besar untuk ponsel di kelas harganya. Dalam pengujian aktivitas video playback, Galaxy A13 mampu bertahan selama 19 jam. Artinya, ponsel ini bisa digunakan sepanjang hari dengan satu kali pengecasan.
  • Terakhir, dalam hal memori, Galaxy A13 menawarkan fleksibilitas. Jagoans dapat memilih dari RAM 4 GB atau 6 GB dan memiliki opsi penyimpanan internal sebesar 64 GB atau 128 GB. Selain itu, tersedia slot eksternal yang memungkinkan Jagoans untuk memperluas penyimpanan sesuai kebutuhan Jagoans.

Baca juga: Samsung Galaxy A10 : Smartphone Berkualitas 1 Jutaan

Apakah Samsung Galaxy A13 Layak Beli?

Dengan kualitas yang ditawarkan Samsung Galaxy A13, ponsel ini memang bisa menjadi pilihan terbaik untuk para penggemar android. Berikut Jagofon rangkum keunggulan-keunggulan dari Samsung Galaxy A13 :

  1. Layar Full HD+: Galaxy A13 menawarkan layar Full HD+ (1080 x 2408 piksel) berukuran 6,6 inci, memberikan tampilan yang tajam dan berkualitas tinggi,
  2. Kemampuan Fotografi yang Mengesankan: Ponsel ini dilengkapi dengan Quad Camera 50 MP yang menghasilkan foto berkualitas tinggi.
  3. Baterai Daya Tahan Seharian: Dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, Galaxy A13 mampu bertahan hingga 19 jam saat melakukan aktivitas video playback.
  4. Konektivitas Lebih Baik: Galaxy A13 mendukung WiFi 802.11 b/g/n/ac Dual Band, yang memungkinkan penggunaan pita jaringan 5 GHz untuk kecepatan internet yang lebih cepat.
  5. Android 12 Terbaru: Ponsel ini dilengkapi dengan antarmuka One UI 4.1 berbasis Android 12, yang menawarkan penggunaan yang lebih lancar dan fitur-fitur eksklusif seperti Privacy Dashboard untuk pengawasan lebih terhadap akses aplikasi ke mikrofon dan kamera.

Dengan segala fitur dan keunggulannya, Samsung Galaxy A13 adalah pilihan yang menarik dan untuk model hp flagship di tahun 2023.  Jagoans tidak perlu bingung untuk mendapatkan Samsung Galaxy A13 dimana, karena Jagofon hadir menawarkan Samsung Galaxy A13 dengan harga terbaik! Tak perlu khawatir, Jagofon memberikan jaminan kualitas dan performa terbaik. Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan gadget impian kamu hanya di Jagofon!

Share on: