Tes Kelayakan iPhone 13 Pro di Juli 2024

Daya jual iPhone memang salah satunya terletak pada kameranya. Salah satu rekomendasi HP iPhone kamera terbaik dan murah adalah iPhone 13 Pro. Selain dibekali konfigurasi kamera yang baik, ponsel yang rilis tahun 2021 ini memiliki komponen lain yang bisa menunjang kebutuhan kamu dengan lancar.

Nah, kamu yang berencana beli iPhone 13 Pro tahun ini untuk memanfaatkan fitur kameranya dan kinerja chipsetnya pasti bertanya-tanya apakah ponsel ini masih layak beli di tahun 2024?

Penasaran dengan kinerja iPhone 13 Pro di tahun ini? yuk kita tes kelayakan iPhone 13 Pro di Juli 2024 berikut ini.

Baca juga: Tes Kelayakan iPhone 13 Pro Max di Maret 2024

Performa

Tes Kelayakan <dfn title=iPhone 13 Pro di Juli 2024 | Jagofon" loading="lazy">
Image Source: AppleInsider

Tak perlu diragukan lagi, kinerja iPhone 13 Pro di tahun 2024 masih relevan menjalankan aplikasi dan game kekinian. Kinerja cepatnya diotaki oleh chip Apple A15 Bionic dengan fabrikasi 5nm.

Komponen dalam chipsetnya terdiri dari CPU 6-core yang terdiri dari 2 core performa Avalanche berkecepatan 3,23 GHz + 4 core efisiensi Blizzard berkecepatan 1,82 GHz. Untuk memperlancar urusan grafisnya, ponsel ini mengandalkan GPU 5-core dan bisa melibas aplikasi dan game berat dengan mulus.

Kemudian ada komponen Neural Engine 16-core yang selain memiliki proses kilat, juga bisa meng-handle urusan Cinematic Mode pada perekaman video, serta Smart HDR 4 untuk mempertegas keunggulan fotografinya. Tak lupa komponen ISP nya juga mengalami pemutakhiran sehingga bisa dengan cerdas mengurangi noise dan menyesuaikan warna dengan lingkungan sehingga terlihat lebih natural.

Sektor memori tak kalah saing dengan menyematkan RAM 6GB dan beberapa variasi penyimpanan dengan pilihan kapasitas 128GB, 256GB, 512GB, atau 1TB yang mengusung teknologi NVMe. Besarnya konfigurasi memori sangat berpengaruh pada kecepatan transfer data, multitasking, serta perpindahan antar aplikasi secara lancar dan mulus tanpa lag.

Ponsel yang meraih skor AnTuTu v9 sebesar 794.348 ini tentu bisa kamu andalkan untuk menunjang produktivitas dan hiburan kamu.

Tak hanya memiliki kinerja yang cepat, iPhone 13 Pro juga didukung layar immersive yang bisa membuat mata kamu takjub saat memandangnya. Layar iPhone 13 Pro dibekali panel Super Retina XDR OLED selebar 6,1 inci dengan tambahan teknologi ProMotion alias refresh rate 120Hz.

Kenapa iPhone 13 Pro menamakan refresh ratenya dengan teknologi ProMotion? Karena fiturnya bisa menyesuaikan penggunaan tergantung aplikasi apa yang sedang berjalan alias adaptif. Contohnya jika kamu menggunakan iPhone 13 Pro untuk membaca atau melihat gambar di galeri foto, refresh rate nya otomatis akan turun ke angka 10Hz saja.

Nah ketika dipakai untuk bermain media sosial, menonton film, atau bermain game, refresh ratenya akan menyesuaikan dengan aplikasinya sehingga bisa menghemat daya yang keluar.

Resolusi layarnya sebesar 1170 x 2532 piksel dengan kepadatan 460 ppi. Pengalaman menonton, bermain game dan melihat hasil jepretan kamera akan terasa semakin tajam dengan rentang warna yang sangat luas.

Selain itu dengan adanya fitur HDR10 dan Dolby Vision bisa memungkinkan kamu menikmati konten dengan pilihan visual paling nyaman ketika kamu melakukan streaming di Netflix, Prime Video, atau platform lainnya.

Nah, dengan dukungan chipset berkelas, prosesor berkecepatan tinggi, dan layar mumpuni, iPhone 13 Pro masih sangat layak untuk dibeli di tahun 2024. Keperluan editing, gaming, streaming, atau hanya sekedar scrolling media sosial akan terlaksana tanpa hambatan, apalagi buat kamu yang gemar dengan iPhone compact iPhone 13 Pro mungkin akan cocok di genggaman kamu, Jagoans!

Kamera

Sektor kamera merupakan daya jual iPhone 13 Pro yang menjadi salah satu alasan utama untuk membelinya. Apalagi konfigurasinya sama dengan versi Pro Max pasti kamu akan mengalkulasi ulang pilih iPhone 13 Pro atau iPhone 13 Pro Max.

Tes Kelayakan <dfn title=iPhone 13 Pro di Juli 2024 | Jagofon" loading="lazy">
Image Source: PhoneArena

iPhone 13 Pro dibekali dengan sistem kamera Pro yang mana terdiri dari kamera utama 12 MP + kamera ultrawide 12 MP + kamera telefoto 12 MP dan dilengkapi sensor ToF 3D LiDAR. Kemudian di bagian depannya terdapat kamera selfie 12 MP dan sensor SL 3D.

Kamera utamanya dibekali sensor 1/1.7 inchi 12MP yang menghasilkan piksel sebesar 1.9µm dengan focal length 26mm ber-aperture f/1.5. Kemudian ada fitur tambahan berupa dual pixel PDAF dan sensor-shift OIS untuk mempermudah kamu membidik gambar dengan fokus dengan lebih rapi.

Kamera ultrawidenya sendiri sudah dibekali auto fokus walau tidak memiliki OIS. lensanya bisa menangkap cahaya lebih baik berkat bukaan f/1.8 dengan jarak fokus 13mm dan bisa menangkap gambar sampai sudut 120˚.

Kamera telefotonya memiliki lensa selebar 77mm dengan bukaan f/2.8 yang mana bisa melakukan 3x optical zoom dan sudah dilengkapi OIS.

Untuk mendapatkan efek bokeh, sensor ToF 3D LiDar bisa menyuguhkan performa auto focus yang cepat walau dalam keadaan minim cahaya dengan detail yang bisa kamu perhitungkan.

Sayangnya, kamera depannya tidak ada perubahan dengan seri sebelumnya. Dibekali dengan sensor 12MP dengan focal length 23mm dan aperture f/2.2. Kemudian sensor SL 3D nya berfungsi sebagai sensor depth dan untuk penggunaan keamanan biometrics.

Sisi perekaman videonya tak bisa kamu pandang sebelah mata. Kualitas yang dihasilkan hampir setara dengan kamera profesional dengan menyuguhkan kualitas mentok di 4K@60fps pada kamera utama dengan beberapa pilihan fitur 10‑bit HDR, Dolby Vision HDR (sampai dengan 60fps), ProRes, Cinematic mode (1080p@30fps), dan perekaman suara stereo.

Kamera depannya bisa menghasilkan video dengan kualitas maksimal 4K@60fps, serta didukung gyro-EIS untuk memastikan video kamu tidak shaky.

Buat yang penasaran dengan hasil jepretan kamera iPhone 13 Pro, berikut contohnya.

Tes Kelayakan <dfn title=iPhone 13 Pro di Juli 2024 | Jagofon" loading="lazy" width="746" height="558">
Hasil Kamera Utama iPhone 13 Pro | Image Source: GSMArena
Tes Kelayakan <dfn title=iPhone 13 Pro di Juli 2024 | Jagofon" loading="lazy" width="746" height="555">
Hasil Kamera Ultrawide iPhone 13 Pro | Image Source: GSMArena
Tes Kelayakan <dfn title=iPhone 13 Pro di Juli 2024 | Jagofon" loading="lazy" width="745" height="557">
Hasil Kamera Utama (Low Light) iPhone 13 Pro | Image Source: GSMArena

Hasil jepretan kamera iPhone 13 Pro memang tidak akan mengecewakan. Suguhan gambar yang detail dengan rentang dinamis yang tinggi menyuguhkan hasil yang memuaskan. Meski dalam keadaan minim cahaya, iPhone 13 Pro masih bisa kamu andalkan untuk mendapatkan gambar yang sesuai dengan harapan kamu.

Baterai

Untuk ukuran ponsel compact yang memiliki dimensi 146,7 x 71,5 x 7,7 mm dengan layar selebar 6,1 inchi iPhone 13 Pro hanya dibekali baterai berkapasitas 3095 mAh.

Tak usah khawatir melihat besaran daya yang disematkan, berkat kemampuan efisiensi prosesornya dan kemampuan layar adaptifnya, iPhone 13 dijamin bisa bertahan seharian tanpa harus dicas berulang kali kok Jagoans! Selama kamu memakainya secara wajar ya.

Nah untuk pengisian ulang daya baterainya, Apple mengklaim bahwa kamu bisa mengisi dayanya sampai 50% di 30 menit pertama. Kemudian tersedia fitur pengisian ulang nirkabel MagSafe 15W dan pengisian ulang nirkabel Qi2 15W (harus update minimal sampai iOS 17.2).

Konektivitas

Tes Kelayakan <dfn title=iPhone 13 Pro di Juli 2024 | Jagofon" loading="lazy">
Image Source: Best Products

Untuk mendukung koneksi cepat dan stabil serta bisa relevan dengan keadaan yang mengharuskan serba cepat, iPhone 13 Pro sudah mendukung jaringan 5G buat kamu si paling update.

Selain itu protokol WiFi nya sudah mendukung WiFi6, namun Bluetooth nya masih versi 5.0. Ponsel ini juga dibekali sistem navigasi GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, dan QZSS untuk mendukung pencitraan map yang akurat. NFC tersedia untuk cek saldo dan isi eMoney, Flazz, eToll, atau pembayaran digital lainnya. Namun disayangkan iPhone 13 Pro masih menggunakan port Lightning.

Kemudian kelengkapan sensornya meliputi Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, dan barometer. Ponsel ini juga mendukung fitur Ultra Wideband (UWB) yang sangat berguna untuk terhubung dengan aksesoris Apple kamu yang lain.

Kelengkapan konektivitas dan sensor yang mutakhir masih bisa kamu gunakan dengan baik di tahun 2024 atau beberapa tahun setelahnya. Kamu yang mendambakan iPhone cepat dari komponen dan tangkapan sinyalnya bisa beli iPhone 13 Pro di tahun 2024 tanpa harus waswas ketinggalan teknologi terbaru.

Baca juga: Sama-Sama Laris, Pedoman iPhone 11 dan iPhone 13 Sebelum Kamu Beli!

Cek iPhone 13 Pro di Jagofon!

Buat Jagoans si paling ngonten, iPhone 13 Pro bisa kamu andalkan sebagai alat ngonten yang andal dan praktis. Kemampuan kamera dan dukungan chipset yang mumpuni bisa menghasilkan foto dan video yang decent untuk kamu jadikan konten.

Buat kamu yang hobi bermain game juga tak akan kecewa dengan performa iPhone 13 Pro. Secara chipset A15 dengan dukungan GPU 5-core nya, serta layar dengan refresh rate 120Hz bisa dengan mulus menjalankan game seberat apapun sampai saat ini.

Kamu yang sudah tidak sabar beli iPhone 13 Pro, bisa cek website Jagofon untuk mendapatkan penawaran harga yang menarik. Jangan khawatir, Jagofon sebagai spesialis HP bekas menyediakan berbagai jenis HP impianmu dengan melaksanakan quality control terhadap semua produknya sehingga 100% berfungsi sebelum sampai ke tanganmu.

Selain itu, Beli HP bekas di Jagofon seperti beli HP baru, karena punya jaminan garansi mesin 1-6 bulan. Cuma di Jagofon beli HP bekas nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan self-pickup ke kantor Jagofon!