Tes Kelayakan iPhone 14 di Juni 2024

Apple Event yang diselenggarakan pada tahun 2022 memperkenalkan salah satu produk anyarnya, yakni iPhone 14 Series. Seri yang terdiri dari model iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max ini melanjutkan tonggak HP flagship yang sebelumnya dipegang oleh jajaran iPhone 13.

Salah satu hal yang menarik dari kemunculan dari iPhone 14 Series adalah tiadanya model iPhone Mini dan munculnya fitur Dynamic Island pada model iPhone 14 Pro dan Pro Max.

Karena absennya model iPhone 14 Mini, berarti iPhone 14 adalah model paling dasar alias paling bungsu dari model iPhone 14 Series lainnya.

Walau menjadi model yang paling dasar, tak bisa dipungkiri bahwa iPhone 14 memiliki kinerja yang mirip dengan model lainnya. Buktinya chipset yang ditanamkan sama dengan iPhone 14 Plus menggunakan Apple A15 Bionic, walau berbeda satu generasi dengan model iPhone 14 Pro dan Pro Max yang menggunakan Apple A16 Bionic.

Nah, setelah hampir 2 tahun lamanya, yuk simak tes kelayakan iPhone 14 di tahun 2024, apakah ponsel ini masih bisa kamu andalkan untuk kebutuhan kamu sehari-hari tahun ini? Langsung saja simak artikel berikut ini.

Baca juga: Inilah Perbandingan iPhone 12 Mini dan iPhone 13 Mini Beserta Harganya di Tahun 2024

Performa

Tes Kelayakan iPhone 14 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: AppleInsider

iPhone 14 mendapatkan SoC Apple A15 Bionic yang notabene sama dengan yang ada pada iPhone 13 Pro. Hal yang membedakan adalah setelan GPU nya yang dibekali dengan 5 core. Walau SoC nya masih menggunakan generasi yang lama dan berbeda dengan apa yang ada pada iPhone 14 Pro dan Pro Max, secara aktual, kinerjanya sangat mirip di dunia nyata saat memainkan game berat.

Prosesornya memiliki 6 inti alias hexa-core yang terdiri dari 2 inti performa Avalanche 3,23 GHz dan 4 inti daya efisien Blizzard 1,82 GHz. RAM nya memiliki kapasitas 6GB dengan pilihan penyimpanan 128Gb, 256GB, dan 512GB.

Jika dilihat, spek yang disuguhkan sangat solid dan bisa menghasilkan kinerja yang apik, disusul oleh respon yang cepat dan smooth.

Dalam uji coba kinerja gaming yang dilakukan oleh Mark Spoonauer dari tim Tom's Guide, ponsel ini menyuguhkan kualitas grafis yang bisa memenuhi bahkan melebihi ekspektasi kamu. Saat menjalankan game Oceanhorn 2, grafis yang disuguhkan sangat detail dan mulus sehingga memberikan kesan yang sangat positif.

Kemudian saat menjalankan game NBA 2K, visual karakter dan game play-nya terlihat sangat realistis. Selain itu, iPhone 14 sangat bagus dalam hal manajemen pengaturan suhu nya, Dalam 30 menit pertama menjalankan aplikasi game, suhunya tidak begitu naik secara signifikan, sehingga bisa mempertahankan frame rate nya agar tidak drop sehingga bisa mengganggu jalannya permainan.

Nah, jika kamu penasaran mengenai skor benchmark sintetisnya, iPhone 14 meraih skor 1.324.887 di AnTuTu v10. Kemudian pengujian prosesornya pada GeekBench 5, iPhone 14 meraih skor 1.727 (single-core) dan 4.553 (multi-core).

Penggunaan iPhone 14 di tahun 2024 masih sangat layak untuk kamu andalkan, Jagoans. Ponsel ini bahkan masih layak kamu gunakan pada beberapa tahun kedepan karena kinerjanya yang terbilang unggul.

Kamera

Tes Kelayakan iPhone 14 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: MobileSyrup

iPhone 14 dibekali dual camera yang mumpuni dengan konfigurasi kamera utama 12MP dengan aperture f/1.5 dan memiliki focal length 26mm. Sensornya sebesar 1/1,7 inchi yang bisa menghasilkan sebuah piksel seukuran 1,9µm. Kamera utamanya sudah dilengkapi fitur dual pixel PDAF serta sensor-shift OIS yang bisa memberikan fokus yang lebih baik.

Kamera keduanya merupakan sebuah lensa ultrawide dengan konfigurasi 12MP dengan aperture f/2.4 dengan focal length 13mm dan bisa mencakup bidang penglihatan selebar 120. Pemutakhiran yang diberikan kepada lensa ultrawide adalah dengan menambah kemampuan penyerapan low-light sampai 2x lebih baik.

Sementara itu di bagian depannya terdapat kamera selfie 12 MP dengan aperture f/1.9 serta memiliki focal length 23mm. Sensornya memiliki ukuran 1/3,6 inchi dan sudah dilengkapi fitur PDAF dan SL 3D yang berfungsi untuk sensor depth dan biometrics.

iPhone selalu memberikan kualitas video dengan sangat baik. Kamera iPhone 14 mampu memberikan video dengan kualitas papan atas. Resolusi yang dihasilkan bisa mencapai 4K@60fps dengan fitur HDR dan Dolby Vision HDR. Sementara itu jika kamu ingin mengaktifkan mode Cinematic, kamu hanya bisa mendapatkannya pada resolusi 4K@30fps. Kemudian suara yang dihasilkan sudah stereo.

Untuk melihat bocoran hasil kameranya, berikut beberapa contoh hasil jepretan kamera iPhone 14.

Tes Kelayakan iPhone 14 di Juni 2024 | Jagofon
Kamera utama | Image Source: GSMArena
Tes Kelayakan iPhone 14 di Juni 2024 | Jagofon
Kamera ultrawide | Image Source: GSMArena
Tes Kelayakan iPhone 14 di Juni 2024 | Jagofon
Kamera selfie | Image Source: GSMArena

Untuk urusan fotografi, kamera iPhone 14 tak bisa lagi dipungkiri kecanggihannya. Hasilnya bisa dilihat dengan mengedepankan warna natural yang khas iPhone dengan menawarkan detail yang cukup dengan tingkat noise yang minim.

Sebagai seorang yang aktif menggunakan kamera HP, iPhone 14 bisa kamu jadikan alat untuk memaksimalkan konten kamu. Terlebih umurnya yang belum tua, ponsel ini masih layak kamu gunakan di tahun 2024.

Baterai

Tes Kelayakan iPhone 14 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: The Verge

iPhone 14 dibekali baterai dengan kapasitas 3.279 mAh. Kapasitasnya lebih besar dari iPhone 13 yang bermodalkan 3.240 mAh. Kapasitas yang hampir identik serta chipset A15 Bionic dan layar yang sama-sama menggunakan panel Super Retina XDR OLED diprediksi memiliki ketahanan daya baterai yang sama.

Sesuai dengan prediksi, setelah dilakukan pengujian daya tahan baterai oleh GSMArena, iPhone 14 memiliki endurance rating 90 jam, berbeda hanya 1 jam dengan iPhone 13 yang meraih skor 89 jam.

Untuk jelasnya, iPhone 14 bisa bertahan selama 19 jam 41 menit saat melakukan panggilan telepon, 18 jam 1 menit untuk berinternet, dan 18 jam 28 menit untuk menonton video lokal.

Untuk pengisian daya ulangnya, Apple sebenarnya tidak membocorkan berapa besar tegangan yang bisa masuk ke dalam baterai iPhone 14. Namun ketika dimasukkan adaptor charger bertegangan 25W, ponsel ini bisa mengisi ulang dayanya sebanyak 60% di 30 menit pertama. Kemudian untuk mengisi ulang dayanya sampai penuh, dibutuhkan waktu 1 jam 31 menit.

Ketahanan baterai iPhone 14 memang terbilang standar, pun dengan pengisian ulang dayanya dinilai biasa saja. Namun hal ini masih dalam taraf wajar dan masih bisa bertahan seharian di tahun 2024 ini.

Konektivitas

Tes Kelayakan iPhone 14 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: MacRumors

Konektivitas iPhone 14 sama dengan iPhone 13 yang mana sama-sama memiliki chipset Apple A15 Bionic. Konektivitasnya mencakup jaringan 5G, Wi-Fi 6, GPS dengan sistem navigasi A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS dan QZSS.

Kemudian ponsel ini juga sudah didukung koneksi NFC, Bluetooth 5.3, dan Ultra Wideband (UWB) yang berguna untuk mendeteksi aksesoris yang terhubung dengan iPhone 14.

Hal yang menarik adalah ponsel ini bisa menggunakan jaringan satelit yang bisa kamu gunakan saat keadaan darurat berbasis SMS saat berada pada lokasi terpencil.

Nah, konektivitas iPhone 14 dijamin lengkap, secara ponsel ini termasuk baru rilis dan menggunakan teknologi terbaru. Jangan ragu jika kamu ingin membeli unit ini karena konektivitasnya bisa kamu pakai dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Mitos dan Fakta iPhone 14 Pro Max? Apakah Layak Dibeli?

Cek iPhone 14 di Jagofon!

iPhone 14, sebuah HP ringkas dengan ukuran layar 6,1 inchi ini memiliki kinerja selayaknya HP flagship yang tidak bisa kamu sangkal performanya. Menggunakan chipset A15 Bionic dan konfigurasi kamera berkualitas yang mampu merekam video dengan kualitas terbaik bisa memudahkan urusan ngonten kamu.

Tak perlu beli iPhone dengan harga mahal lain, dengan hanya Rp. 11 jutaan kamu bisa mendapatkan iPhone 14 di Jagofon. Sebagai spesialis HP bekas, Jagofon menyediakan berbagai jenis HP impianmu. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 Bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!