Product

Tes Kelayakan iPhone 8 Plus di April 2024

harga ip 8 plus

Siapa diantara Jagoans yang merindukan Touch ID pada iPhone? Pasti kamu jadi bernostalgia dengan fitur berguna yang dihilangkan Apple setelah kehadiran iPhone 8 Plus di tahun 2017 silam.

Ya, iPhone 8 Plus dengan status ponsel flagship ala Apple pada masanya menyuguhkan berbagai fitur seperti kualitas layar yang terus ditingkatkan dengan menggunakan tambahan material Ion, kamera yang pastinya mumpuni, dan tentu saja masih dilengkapi Touch ID.

Namun setelah berselang 7 tahun lamanya, apakah iPhone 8 Plus masih layak untuk kamu beli di tahun 2024? Oleh karena itu, yuk kita simak hasil tes kelayakan iPhone 8 Plus di April 2024 sebagai bahan pertimbangan kamu sebelum membelinya.

Baca juga: iPhone X: Line Up iPhone Revolusioner

Performa

Tes Kelayakan iPhone 8 Plus di April 2024 - Jagofon
Image Source: Apple

iPhone 8 Plus berjalan dalam sistem operasi iOS 11 pada saat rilis dan terus mendapatkan pembaruan sistem sampai iOS 16.7.5. Sistem on Chip nya ditunggangi Apple A11 Bionic (10 nm) dengan 6 inti prosesor (hexa-core) yang dibagi menjadi 2 inti performa Monsoon dan 4 inti efisiensi Mistral. GPU nya ditenagai 3 core Apple GPU.

Ponsel ini juga sudah dibekali memori yang cukup besar dengan menyematkan RAM 3 GB dan pilihan memori internal 64 GB, 128 GB, atau 256 GB dengan menggunakan teknologi NVMe.

Dengan modal SoC A11 Bionic dan RAM 3 GB, kanal Youtube Tangan Reviewer mencoba menggunakan iPhone 8 Plus untuk bermain game MLBB di settingan rata kanan di tahun 2024.

Hasilnya cukup mengejutkan, ponsel ini mampu menggendong performa dengan cukup lancar. Hanya saja pada saat dimainkan dalam beberapa saat, ponsel akan terasa hangat dan saat itu ponsel mulai mengalami frame drop. Namun sampai akhir game, ponsel ini bisa dimainkan tanpa mendapatkan peringatan overheating.

Secara teori, jika kamu ingin mempertahankan frame rate-nya, kamu memang harus menurunkan kualitas settingan grafis dan frame rate-nya. Hal ini dijamin akan mengurangi panas yang berlebih, secara daya yang dikeluarkan akan lebih ringan dan performa game akan terjaga dengan lancar.

Nah, jika kamu beli iPhone 8 Plus di 2024, memang sah-sah saja jika kamu memainkan game ringan. Namun untuk pemakaian game berat, sangat tidak disarankan ya Jagoans.

Kamera

Tes Kelayakan iPhone 8 Plus di April 2024 - Jagofon
Image Source: Business Insider

Sektor yang paling diandalkan dari produk iPhone adalah kameranya. Tak sedikit pengguna Android membelot menjadi pengguna iPhone karena kemampuan kamera nya yang di atas rata-rata.

iPhone 8 Plus sendiri dibekali dengan konfigurasi kamera yang bisa di adu. Kamera belakangnya dibekali dengan dual camera yang kamera utamanya memiliki resolusi 12 MP (f/1.8) dengan focal length 28mm dan dilengkapi fitur PDAF dan memiliki OIS.

Kamera keduanya memiliki lensa telefoto 12 MP (f/2.8) dengan jarak fokus 57mm dengan tambahan fitur PDAF dan memiliki kemampuan 2x optical zoom. Sementara itu, di sisi depannya terdapat kamera selfie 7 MP (f/2.2) dengan fitur HDR dan sensor face detection.

Yuk langsung kita bahas hasil jepretan iPhone 8 Plus di tahun 2024 yang bersumber dari kanal Youtube 91Tech.

Hasil kamera utama iPhone 8 Plus | Image Source: Youtube/91Tech
Hasil kamera utama iPhone 8 Plus | Image Source: Youtube/91Tech
Hasil kamera telefoto 1x iPhone 8 Plus | Image Source: Youtube/91Tech
Hasil kamera telefoto 1x iPhone 8 Plus | Image Source: Youtube/91Tech
Hasil kamera telefoto 2x iPhone 8 Plus | Image Source: Youtube/91Tech
Hasil kamera telefoto 2x iPhone 8 Plus | Image Source: Youtube/91Tech

Nah, dari segi kualitas, jepretan kamera iPhone 8 Plus masih bisa menyuguhkan gambar dengan kualitas yang apik. Gambar yang dihasilkan menyuguhkan detail yang bagus dan memiliki dynamic range yang cukup tinggi.

Jika kamu mengandalkan kamera ip 8+ di 2024, kamu ga bakal kecewa karena kameranya masih bisa menghasilkan kualitas yang tergolong bagus dengan harga iPhone 8 Plus yang sudah sangat turun.

Baterai

Tes Kelayakan iPhone 8 Plus di April 2024 - Jagofon
Image Source: Apple

Baterai Li-Ion dengan kapasitas 2.691 mAh menjadi sumber daya penunjang iPhone 8 Plus untuk menyala. Namun apakah dengan daya sekecil itu mampu menunjang daya ponsel ini untuk hidup seharian?

Pada dasarnya, jika battery helath nya masih 100%, ponsel ini mampu meraih skor endurance rating di 81 jam di GSMArena, yang mana jika kamu menggunakannya untuk menelpon bisa bertahan selama 17 jam 10 menit, kemudian jika kamu menggunakannya untuk menonton video, ponsel ini mampu bertahan selama 14 jam 55 menit dan 12 jam 32 menit untuk browsing internet.

Masalahnya ponsel ini sudah berumur hampir 7 tahun dan pasti battery health nya berada pada level 70%-an yang mana jika kamu membawanya seharian pasti akan di charge minimal 2 kali dalam sehari.

Untuk pengisian dayanya, ponsel ini didukung teknologi fast charging 15W yang diklaim mampu mengisi daya sebanyak 50% di 30 menit pertama. Kemudian ponsel ini juga didukung Qi wireless charging.

Konektivitas

Tes Kelayakan iPhone 8 Plus di April 2024 - Jagofon
Image Source: ExtremeTech

iPhone 8 Plus dibekali modem Qualcomm yang mendukung jaringan LTE Cat. 16 atau modem berbasis Intel dengan sinyal LTE Cat. 12. Keduanya menyediakan sinyal sampai dengan 4G yang tergolong cepat (600 Mbps).

Ponsel ini juga didukung koneksi WiFI Wi-Fi 802.11 dan Bluetooth 5,0. Kemudian hadirnya sensor NFC juga bisa membantu kamu dalam urusan pembayaran nirkabel yang berguna akhir-akhir ini. Ponsel ini juga dilengkapi sensor fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, dan barometer.

Memiliki koneksi jaringan yang cepat dan dilengkapi sensor NFC merupakan sebuah standar sendiri untuk sebuah ponsel pintar. Kedua komponen ini dirasa penting dan iPhone 8 Plus sudah dilengkapi kedua fitur ini.

Baca juga: Spesifikasi Line Up iPhone 8: Apakah Perbedaanya Signifikan?

Cek iPhone 8 Plus di Jagofon!

Kesimpulannya adalah buat kamu yang merasa rindu dengan home button iPhone, kamu bisa checkout iPhone 8 Plus di Jagofon. Namun sebenarnya dari segi performa, ponsel ini masih bisa kamu gunakan untuk bermain game ringan, seperti MLBB dan PUBG Mobile.

Untuk masalah frame rate yang drop saat bermain game, biasanya memang dikarenakan meningkatnya suhu pada HP. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan cooler alias pendingin external yang sudah banyak dijual sekarang ini. Hal ini terbukti efektif untuk mengatasi frame drop yang dialami dan bisa mencegah overheat.

Jika kamu merasa nanggung beli iPhone 8 Plus, kamu bisa cek iPhone XR atau iPhone 11 di Jagofon yang secara umur lebih muda dan memiliki harga yang lumayan mirip.

Buat kamu yang penasaran, Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh! Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original.