Tes Kelayakan iPhone 8 Plus di Mei 2024

iPhone 8 Plus, ponsel generasi terakhir yang memiliki Touch ID ini apakah masih layak untuk kamu gunakan di tahun 2024?

Ponsel besutan Apple yang dirilis pada tahun 2017 ini tentu memiliki beberapa keunggulan pada masanya. Terutama pada sektor dual cameranya yang menjadi trend setter bagi ponsel pintar lain.

Jika kamu sedang menimbang untuk membeli iPhone 8 Plus di Jagofon, apakah ponsel ini masih layak untuk kamu jadikan daily driver? atau cukup mumpuni untuk kamu jadikan HP kedua kamu?

Oleh karena itu, yuk kita tes kelayakan iPhone 8 Plus di Mei 2024 ini untuk memantapkan keputusan kamu sebelum membelinya.

Baca juga: 10 HP Murah iPhone dan Harganya di Mei 2024: Ada iPhone XR hingga iPhone 11

Performa

Tes Kelayakan iPhone 8 Plus di Mei 2024 - Jagofon
Image Source: Apple

Secara teknis, spesifikasi iPhone 8 Plus masih relevan untuk digunakan di 2024 untuk menunjang beberapa kebutuhan digital kamu.

Chipsetnya dibekali Apple A11 Bionic (10nm) dengan bantuan prosesor hexa-core yang terbagi menjadi 2 core Monsoon 2,1 GHz dan 4 core Mistral, serta Apple GPU 3 core ditugaskan untuk melancarkan proses grafisnya. RAM nya memiliki kapasitas 3 GB dengan pilihan storage 64 GB, 128 GB, 256 GB, atau 512 GB.

Untuk pengetesan benchmark sintetisnya, ponsel ini meraih skor 597.749 pada aplikasi AnTuTu v10 dan untuk prosesornya meraih skor 4.232 untuk single-corenya dan 10.037 untuk multi-corenya saat dites menggunakan GeekBench 4.1.

Nah, untuk penggunaan sehari-hari di tahun 2024 ini, kanal YouTube Dzara Good membeli iPhone 8 Plus bekas dan mencoba mengetes kinerjanya. Hasilnya saat digunakan untuk bermain game Mobile Legend (MLBB), kinerjanya sangat bagus, tanpa lag, dan masih mulus dengan settingan grafis ultra dengan frame rate super alias rata kanan.

Sementara itu, saat menjalankan game PUBG: Mobile, saat masuk ke dalam aplikasi memang sedikit lama, namun saat menjalankan gamenya, tidak ditemukan kendala apapun pada settingan HDR.

Sementara itu untuk kebutuhan ringan sehari-hari, tentu ponsel ini masih menyuguhkan kinerja multitasking yang mulus dan cepat di kelasnya.

Nah, buat kamu yang berencana untuk menggunakan iPhone 8 Plus untuk aktif bermain game, dirasa ponsel ini masih layak untuk kamu beli di tahun 2024.

Kamera

Tes Kelayakan iPhone 8 Plus di Mei 2024 - Jagofon
Image Source: Popular Science

Kamera iPhone 8 Plus dibubuhi konfigurasi dual camera dengan komposisi kamera utama 12 MP (f/1.8), PDAF + OIS dan kamera telefoto 12 MP (f/2.8) PDAF + 2x optical zoom. Untuk perekaman videonya mampu menghasilkan kualitas 4K@60fps.

Sementara itu untuk kamera depannya, ponsel ini dibekali dengan lensa beresolusi 7 MP (f/2.2), serta perekaman video dengan kualitas 1080p@30fps.

Kamera dengan resolusi 12 MP memang sempat dipertahankan Apple di beberapa series. Biasanya Apple hanya memutakhirkan sensornya dengan menggunakan sensor yang lebih besar sehingga bisa diandalkan pada kondisi apapun, termasuk saat minim cahaya.

Nah, untuk pengetesan kamera iPhone 8 Plus di tahun 2024, berikut beberapa contoh hasil gambarnya.

Tes Kelayakan iPhone 8 Plus di Mei 2024 - Jagofon
Image Source: YouTube/Dzara Good
Tes Kelayakan iPhone 8 Plus di Mei 2024 - Jagofon
Image Source: YouTube/Dzara Good

Untuk ukuran harga iPhone 8 Plus bekas yang sekarang hanya Rp. 3 jutaan, masih bisa mempresentasikan gambar yang apik di kelasnya. Warna yang keluar sangat jernih dan menyuguhkan detail yang cukup tinggi.

Selain itu, untuk kamu yang sering ngonten, ponsel ini juga sudah didukung merekam video sampai dengan 4K di 60fps yang pasti kualitasnya ga main-main.

Buat kamu yang menggunakan ponsel untuk foto-foto dan merekam video di tahun 2024 ini, iPhone 8 Plus masih relevan untuk kamu jadikan alat ngonten.

Baterai

Tes Kelayakan iPhone 8 Plus di Mei 2024 - Jagofon
Image Source: Mint

Untuk menunjang masa pakainya seharian, iPhone 8 Plus dibekali baterai Li-Ion 2.691 mAh. Ukuran baterai yang mungil ini mungkin hanya setengah dari kapasitas beberapa HP Android keluaran baru. Namun apakah dengan kapasitas baterai sekecil itu bisa berkelahi dengan waktu?

Pada dasarnya HP iPhone dibekali dengan chipset yang mampu mengelola daya dengan baik sehingga performa dan efisiensi dayanya akan terjaga dengan baik.

Tapi setelah beberapa tahun berselang apakah kemampuan baterainya mampu mempertahankan iPhone 8 Plus seharian? Ditambah lagi dengan fitur layar cukup lebar 5,5 inchi IPS LCD yang tak seirit layar OLED.

Menurut GSMArena, ponsel ini meraih skor endurance rating 81 jam. Hal ini membuktikan bahwa ponsel ini mampu hidup selama 17 jam 10 menit untuk panggilan telepon, 12 jam 32 menit untuk berinternet dengan jaringan seluler, dan 14 jam 55 menit ketika dipakai untuk menonton video.

Secara angka sih ponsel ini masih relevan ya Jagoans untuk dipakai seharian, apalagi battery healthnya masih 100%.

Namun ketika dites oleh kanal YouTube Dzara Good, content creator ini mendapati bahwa ponsel ini butuh dicharge selama 5 kali dalam sehari Jagoans! Padahal battery heathnya masih 100% dan hanya dipakai untuk pemakaian wajar seperti cek medsos, berfoto, dan sesekali memainkan game.

Untuk pengisian daya ulangnya, ponsel ini dibekali dengan arus daya 15W yang mampu mengisi kapasitas baterai sampai penuh dalam kurun waktu 1 jam 40 menitan. Kemudian ponsel ini juga sudah didukung Wireless Charging dengan standar Qi.

Sebenarnya untuk performa dan hasil kamera yang disuguhkan sangat baik, namun kurangnya kinerja baterai menjadi nilai minus sendiri untuk iPhone 8 Plus.

Konektivitas

Tes Kelayakan iPhone 8 Plus di Mei 2024 - Jagofon
Image Source: Quora

iPhone 8 Plus sudah dilengkapi berbagai macam konektivitas yang esensial untuk mendapatkan kekuatan jaringan yang cepat. Ponsel ini datang dengan dukungan jaringan 4G LTE dan protokol Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot.

Ponsel ini juga memiliki koneksi Bluetooth versi 5.0, NFC, dan dibekali port Lightning USB 2.0 untuk koneksi data dan daya.

Sensornya juga lengkap dengan dibekali sensor fingerprint (TouchID), accelerometer, barometer, proximity, compass, dan gyro yang berguna untuk bermain PUBG tanpa harus slide jari kamu untuk merubah arah lari atau melihat musuh di sisi kiri dan kanan.

Untuk ukuran HP jadul, fitur konektivitasnya tergolong lengkap dan bisa diandalkan di tahun 2024. Namun sayang untuk jangka panjang mungkin sinyal LTE akan tertinggal saat sinyal 5G sudah merata di Indonesia.

Baca juga: Cara Mengatasi iPhone yang Tidak Bisa Terhubung dengan WiFi, Mudah

Cek iPhone 8 Plus di Jagofon!

Buat Jagoans yang selama ini menggunakan HP Android sebagai daily driver nya dan ingin coba-coba menggunakan HP iPhone, iPhone 8 Plus mungkin bisa memuaskan rasa penasaran kamu.

Performa chipset A11 Bionic yang disuguhkan masih bisa diandalkan, terutama untuk main game dan mengasah skill fotografi kamu. Salah satu hal yang disayangkan adalah hanya daya baterainya saja yang kurang bisa diajak main seharian tanpa harus dicas berkali-kali.

Nah, jika sudah memantapkan pilihan dan budget, saatnya checkout iPhone 8 Plus second di Jagofon! Jagofon sebagai spesialis HP bekas menyediakan berbagai jenis HP impianmu. Jangan khawatir, semua produk Jagofon sudah lolos tes 90+ titik fungsi dan terjamin berkualitas.

Beli HP bekas di Jagofon seperti beli HP baru, karena punya jaminan garansi mesin 1-6 Bulan. Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original.