Tes Kelayakan iPhone XS Max di Mei 2024

Apple selalu mengeluarkan produk iPhone dengan siklus masa pakai yang lumayan panjang. Tak ayal iPhone keluaran tahun 2018 pun seperti iPhone XS Max masih layak pakai dan masih banyak dicari oleh penggemarnya di tahun 2024.

Namun apakah benar Hp yang umurnya sudah terpaut sekitar 6 tahun ini masih layak pakai di tahun 2024? Apakah kinerjanya masih bisa kamu andalkan untuk kebutuhan produktivitas pun entertainment?

Oleh karena itu, yuk kita simak tes kelayakan iPhone XS Max di Mei 2024 berikut sebagai bahan pertimbangan sebelum fix beli produknya.

Baca juga: Tes Kelayakan iPhone XR di April 2024

Performa

Tes Kelayakan iPhone XS Max di Mei 2024 - Jagofon
Image Source: CNET

Apple yang terkenal dengan mengeluarkan chipset yang powerful sekaligus mampu mengatur daya dengan efisien menyematkan chipset A12 Bionic pada iPhone XS Max.

Chipset seukuran 7nm ini dibekali prosesor hexa-core dengan komposisi 2 core Vortex 2,5 GHz dan 4 core Tempest 1,6 GHz. GPU nya mengandalkan Apple GPU (4-core graphics) dan memiliki RAM 4 GB dengan pilihan memori internal 64 GB, 256 GB, atau 512 GB.

Dalam pengetesan performa sintetis, ponsel ini meraih skor 683.746 pada aplikasi AnTuTu v10. Sementara itu untuk kemampuan prosesornya, ponsel ini meraih skor 4777 pada single-core dan 11432 pada multiple-corenya.

Jika dilihat dari skor di atas, dapat disimpulkan bahwa ponsel ini masih bisa menjalankan aplikasi atau game yang tidak terlalu berat di tahun 2024 ya Jagoans.

Untuk membuktikannya, di tahun 2024 ini seorang content creator YouTube Pergadgetan mencoba memainkan game Mobile Legend dengan settingan grafis ultra dengan frame rate super. Untuk performanya sendiri terdapat frame drop di beberapa waktu.

Hal ini terjadi adanya kemungkinan kenaikan suhu dikarenakan menggunakan setting grafis tinggi ya Jagoans. Jika kamu ingin mendapatkan performa yang lebih mulus, kamu harus menurunkan settingan grafisnya.

Sementara itu jika kamu memakai ponsel ini hanya untuk menonton YouTube atau bermain sosial media, ponsel ini masih bisa kamu andalkan dan performa multitaskingnya masih mulus dan bisa menawarkan visual yang sangat imersif.

Kamera

Tes Kelayakan iPhone XS Max di Mei 2024 - Jagofon
Image Source: Mashable

Seperti yang diketahui, salah satu tujuan para Apple fanboy membeli iPhone adalah demi mendapatkan foto dengan kualitas yang super. Namun untuk ponsel yang sudah berumur 6 tahun ini apakah masih bisa memenuhi harapan Jagoans?

iPhone XS Max sendiri dibekali dual camera di bagian belakang dengan konfigurasi kamera utama 12 MP (f/1.8) wide OIS + kamera telefoto 12 MP (f/2.4), OIS, 2x optical zoom. Sementara itu di bagian depannya terdapat kamera selfie 7 MP (f/2.2).

Untuk perekaman videonya, ponsel ini mampu merekam objek dengan menghasilkan kualitas video sampai dengan 4K@60fps dan kamera depannya sampai 1080p@60fps dengan fitur tambahan gyro-EIS.

Sekilas jika dilihat dari konfigurasinya, tidak terlalu mewah jika dibandingkan dengan kamera HP jaman sekarang ya Jagoans. Untuk itu, mari kita lihat hasil jepretan kamera iPhone XS Max di tahun 2024 berikut ini.

Tes Kelayakan iPhone XS Max di Mei 2024 - Jagofon
Image Source: YouTube/Pergadgetan
Tes Kelayakan iPhone XS Max di Mei 2024 - Jagofon
Image Source: YouTube/Pergadgetan
Tes Kelayakan iPhone XS Max di Mei 2024 - Jagofon
Image Source: YouTube/Pergadgetan

Untuk ukuran ponsel jaman baheula, gambar yang dihasilkan cukup bagus, walau jika kamu bandingkan kualitasnya dengan ponsel Android dengan harga yang tidak jauh, mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Harga iPhone XS Max belas sendiri di pasaran sekarang hanya Rp. 4 jutaan. Buat kamu yang memiliki budget 4 jutaan dan berharap mengantongi HP iPhone, langsung saja kunjungi website Jagofon ya.

Baterai

Tes Kelayakan iPhone XS Max di Mei 2024 - Jagofon
Image Source: AppleInsider

Merambah ke sektor baterai, iPhone XS Max dibekali baterai Li-Ion dengan kapasitas 3.174 mAh. Apakah kapasitas minim ini bisa menunjang daya tahan iPhone XS Max yang memiliki layar OLED seluas 6,5 inchi ini?

Secara teknis, ponsel ini meraih skor endurance rating sebesar 79 jam dari GSMArena. Dalam proses pengetesannya, ponsel ini mampu bertahan selama 16 jam saat melakukan panggilan telepon, kemudian mampu bertahan selama 13 jam 43 menit saat dipakai untuk menonton video, dan mampu bertahan selama 11 jam untuk bermain internet.

Sementara itu, channel YouTube Pergadgetan menemukan bahwa di tahun 2024 ini performa baterai iPhone XS Max tergolong boros. Ponsel ini membutuhkan beberapa pengisian daya ulang dalam sehari jika kamu intens menggunakannya, seperti menonton streaming atau aktif bermain game.

Namun, jika kamu menggunakannya dalam batas wajar seperti bermain internet dan bermain sosial media, atau bermain game ringan sesekali, kamu bisa menggunakan ponsel ini seharian tanpa harus mengisi ulang dayanya lebih dari 1 kali.

Nah, untuk pengisian ulang dayanya, ponsel ini sudah didukung pengisian daya ulang cepat 15W yang diklaim mampu mengisi ulang dayanya sebanyak 50% dalam 30 menit. Kemudian ponsel ini juga sudah didukung pengisian daya nirkabel alias wireless charging dengan standar Qi.

Konektivitas

Tes Kelayakan iPhone XS Max di Mei 2024 - Jagofon
Image Source: Forbes

iPhone XS Max mendukung jaringan 4G LTE untuk data selulernya, kemudian untuk jaringan WiFi nya mendukung protokol Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot. Koneksi Bluetoothnya versi 5.0, dan sudah memiliki koneksi NFC.

Sementara itu, kelengkapan sensornya juga cukup lengkap dengan adanya sensor Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, dan barometer. Sayangnya sejak seri iPhone X tidak ada sensor sidik jari yang disematkan pada produk iPhone.

Tiadanya jaringan 5G di iPhone XS Max memang sangat disayangkan. Mengingat HP keluaran terbaru sudah menerapkan modem 5G pada chipsetnya, sehingga bisa lebih diandalkan dalam urusan kecepatan sinyal internet.

Namun, karena penyebaran sinyal 5G masih belum merata, dirasa ponsel ini masih bisa bertahan sampai 2 tahun kedepan ya Jagoans. Untuk urusan sinyal, dengan mengandalkan LTE masih relevan untuk kamu gunakan di tahun 2024.

Baca juga: Cara Membedakan iPhone Asli dan HDC: Jangan Sampai Tertipu!

Cek iPhone XS Max di Jagofon!

Sebuah keunggulan iPhone terletak pada kamera dan kemampuan chipsetnya dalam mengelola tugas dan daya secara efektif. iPhone XS Max memang pernah menjadi primadona pada masanya dengan menghadirkan teknologi dan inovasi yang canggih. Namun di tahun 2024 ini rasanya ponsel ini sudah mulai jauh tertinggal dengan keluaran ponsel terbaru.

Tapi untuk penggunaan sehari-hari dan bermain game dengan settingan grafis nanggung, iPhone XS Max masih sangat bisa diandalkan loh Jagoans.

Buat kamu yang penasaran dan memutuskan untuk beli iPhone XS Max di tahun 2024, yuk jangan ragu untuk mengunjungi website Jagofon! Karena Jagofon merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Cukup checkout HP impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!