JagofonSpesialis HP Second Indonesia

Tes Kelayakan Redmi 8 di Juli 2024

Seperti yang sudah-sudah, Xiaomi selalu menghadirkan seri Redmi untuk kalangan low-end. Pada tahun 2019 Redmi 8 muncul dengan memperkenalkan HP murah tapi bisa diandalkan kemampuannya untuk menunjang produktivitas dan kegiatan multimedia kamu.

HP murah yang memiliki material bagus di kelasnya ini dibekali baterai yang mumpuni. Sektor baterai cukup krusial untuk membuat HP kamu menyala seharian dan bisa kamu gunakan kapan saja tanpa harus repot mengisi ulang daya baterainya.

Apakah Redmi 8 masih layak kamu beli di tahun ini? Oleh karena itu mari simak tes kelayakan Redmi 8 di Juli 2024 yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Baca juga: Tes Kelayakan Xiaomi Redmi Note 5 di Juni 2024

Performa

Tes Kelayakan Redmi 8 di Juli 2024 | Jagofon
Image Source: Gadgetren

Terkait performa, pada zamannya ponsel kelas entry ini mampu menyuguhkan kinerja yang mumpuni di kelasnya. SoC Snapdragon 439 dengan fabrikasi 12nm bisa kamu gunakan untuk handle aplikasi sehari-hari dan game ringan.

Memorinya tersedia 2 varian antara RAM 3GB atau 4GB dengan dukungan kapasitas penyimpanan 32GB atau 64 GB. Prosesornya terdapat 8 inti dengan kecepatan tertinggi sampai 1,95 GHz. Sementara itu GPU nya mengandalkan Adreno 505 sebagai tulang punggung urusan grafis.

Layarnya juga cukup lebar dengan mengandalkan panel IPS LCD 6,22 inchi dengan resolusi 720 x 1520 piksel dan kepadatan 270 ppi. Layarnya juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5sehingga bisa tahan benturan dan goresan.

Nah, sekarang bagaimana performa Redmi 8 di tahun ini? apakah masih bisa kamu gunakan untuk memainkan game?

MasGan, sebuah kanal YouTube mengulas performa Redmi 8 di tahun ini dengan memainkan game MLBB. Hasilnya saat memulai game, ponsel ini memakan waktu cukup lama saat berada di loading screen sehingga progres kamu akan sedikit tertinggal dibanding lawan.

Kemudian saat memainkan game dengan settingan grafis ultra dengan refresh rate tinggi, performanya sedikit tersendat di beberapa momen. Lalu saat menurunkan kualitas grafisnya ke tingkat "tinggi" jalannya permainan terasa lebih lancar.

Panas yang dihasilkan tidak mengganggu kinerjanya dan daya baterai yang dihabiskan hanya sebesar 9% dalam waktu permainan 20 menitan.

Jadi secara performa Redmi 8 masih layak untuk bermain game sekelas Mobile Legends di tahun 2024. Hal yang menonjol selain kinerja chipsetnya adalah daya tahan baterainya yang mumpuni.

Kamera

Tes Kelayakan Redmi 8 di Juli 2024 | Jagofon
Image Source: Firstpost

Kamera yang bernaung pada Redmi 8 ada 2 di bagian belakang dan 1 di bagian depan. Kamera belakangnya menganut sistem kamera ganda dengan pengaturan kamera utama 12MP dengan aperture f/1.8 dan sensor SONY IMX 363 selebar 1/2.55". Sensornya menghasilkan piksel sebesar 1.4µm dan sudah dibekali fitur dual pixel PDAF untuk memotret gambar lebih cepat fokus.

Kemudian di bagian bawah kamera utamanya terdapat sensor depth 2MP untuk memberikan efek bokeh pada mode portrait sehingga terkesan seperti kamera profesional.

Di bagian depannya terdapat kamera selfie 8 MP dengan aperture f/2.0 dan sudah dibekali HDR. Untuk perekaman videonya, kamera Redmi 8 sudah mampu menghasilkan video dengan kualitas maksimal 1080p@30fps.

Nah, dengan konfigurasi kamera yang tergolong pas pada masanya ini apakah masih relevan kamu gunakan di tahun 2024? Langsung saja lihat contoh hasilnya di bawah ya Jagoans!

Tes Kelayakan Redmi 8 di Juli 2024 | Jagofon
Image Source: YouTube/Q Channel
Tes Kelayakan Redmi 8 di Juli 2024 | Jagofon
Image Source: YouTube/Q Channel
Tes Kelayakan Redmi 8 di Juli 2024 | Jagofon
Image Source: YouTube/Q Channel

Untuk kelas entry, kamera utama Redmi 8 masih bisa menghasilkan gambar yang cukup bagus jika mendapatkan cahaya yang cukup. Sebaliknya, jika cahayanya minim, ponsel ini akan sedikit kesulitan menyuguhkan gambar yang sesuai dengan harapan kamu, Jagoans!

Baterai

Tes Kelayakan Redmi 8 di Juli 2024 | Jagofon
Image Source: mi.co.id

Salah satu daya tarik yang meningkatkan daya jual Redmi 8 adalah kapasitas baterainya yang menyentuh angka 5000 mAh. Tentu tak banyak di tahun 2019 menyuguhkan kapasitas baterai sebesar ini sehingga ponsel ini menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk dimiliki.

Hasilnya, ponsel ini bisa menyuguhkan performa andal yang bisa kamu gunakan selama seharian. Kinerjanya juga bagus saat dipakai untuk bermain game seperti yang sudah disebutkan di atas.

Tak hanya dibekali kapasitas baterai besar, Redmi 8 juga memiliki teknologi pengisian daya cepat 18W yang diklaim bisa mengisi daya dari habis sampai full charged selama 2,2 jam.

Sebenarnya dalam paket pembelian, sudah disediakan adaptor charger 10W, namun untuk memaksimalkan daya yang masuk, kamu bisa membeli adaptor maksimal sampai 18W di vendor resmi.

Untuk pemakaian di tahun 2024, rasanya baterai Redmi 8 masih bisa diandalkan karena masih bisa diadu dengan HP keluaran terbaru. Masalahnya hanya terletak pada pengisian daya ulangnya yang masih tergolong lambat jika dibandingkan dengan keluaran HP baru.

Konektivitas

Tes Kelayakan Redmi 8 di Juli 2024 | Jagofon
Image Source: mi.co.id

Redmi 8 mendukung jaringan 4G dengan kecepatan LTE. Cepatnya sinyal yang disuguhkan tidak akan menjadi alasan kamu balas chat atau lag saat bermain game.

Ponsel ini juga sudah dibekali protokol WiFi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Bluetooth versi 4.2, sistem navigasi GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, port Infra Red, FM Radio yang bisa menyala tanpa harus menyambungkan earphone ke jack audio, dan sudah didukung port USB Type-C. Sayangnya, Redmi 8 tidak dibekali dengan koneksi NFC yang sangat berguna saat ini.

Kemudian untuk kelengkapan sensornya, ponsel ini dilengkapi sensor fingerprint yang terletak di bagian belakang, accelerometer, proximity, dan compass. Absennya sensor gyro sedikit disayangkan karena akan mengurangi sensasi bermain game dengan fitur mengikuti arah gerakan HP saat bermain PUBG atau game lain yang memanfaatkan fitur ini.

Baca juga: Mitos dan Fakta Redmi 9A, Biar Nggak Ketipu!

Cek Redmi 8 di Jagofon!

Mengingat Redmi 8 rilis sekitar 5 tahun silam, apa yang bisa diharapkan performanya di tahun 2024? Nyatanya ponsel ini masih layak kamu beli di tahun ini.

Ponsel ini masih bisa menjalankan game MLBB dengan lancar dan baterainya masih sangat bisa kamu manfaatkan untuk pemakaian sehari-hari tanpa harus khawatir habis pada siang hari.

Memang kapasitas memori internalnya dan RAM nya tergolong kecil, namun jika kamu tidak menjalankan terlalu banyak aplikasi, ponsel ini masih ngebut saat berpindah aplikasi dan masih mulus diajak scrolling media sosial.

Jangan salah pilih, buruan kunjungi website Jagofon sekarang kemudian checkout Redmi 8! Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Jangan khawatir, semua produk Jagofon sudah lolos tes 90+ titik fungsi dan terjamin berkualitas.

Beli HP bekas di Jagofon seperti beli HP baru, karena dijamin punya jaminan garansi mesin 1-6 bulan. Jika kamu berada di wilayah Jakarta, kamu dapat checkout HP impianmu dengan metode COD atau Self-pickup ke kantor Jagofon dan konsultasi langsung dengan tim kami!