Tes Kelayakan Samsung Galaxy A52 di Juni 2024

Samsung Galaxy A52 sukses diperkenalkan di Indonesia pada Maret 2021. Setelah lama beredar lebih dari 3 tahun lamanya, apakah Samsung A52 masih layak kamu pakai di tahun 2024?

Ponsel yang hadir meneruskan model Samsung A51 ini memiliki beberapa keunggulan dibanding seri pendahulunya. Salah satunya adalah sudah dilindungi dari debu dan air dengan sertifikat IP67.

Tak hanya itu, secara umum kinerja dan kemampuan fotografinya juga mengalami peningkatan. Nah, apakah peningkatan tersebut masih bisa menunjang kelayakan Samsung Galaxy A52 di tahun 2024?

Oleh karena itu mari simak tes kelayakan Samsung Galaxy A52 di Juni 2024 sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya di tahun ini.

Baca juga: Kenapa Samsung Galaxy S22 Masih Layak Di Gunakan? HP Flagship Harga Irit

Performa

Tes Kelayakan Samsung Galaxy A52 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: Samsung

Spesifikasi HP di tahun 2024 memang membutuhkan komponen yang semakin canggih untuk menunjang kinerja sehingga masih relevan untuk membuka aplikasi terbaru.

Untungnya Samsung Galaxy A52 dibekali SoC Snapdragon 720G yang terkenal andal baik dalam bidang performa maupun manajemen daya di kelasnya. SoC-nya memiliki prosesor octa-core dengan komposisi 2 core performa Kryo 465 Gold 2,3 GHz dan 6 core hemat daya Kryo 465 Silver 1,8 GHz.

RAM nya memiliki 2 varian antara 6GB atau 8GB serta penyimpanan 128GB atau 256GB. Kamu juga bisa menambah penyimpanannya melalui microSD menggunakan slot SIM ke-2 (hybrid).

Untuk ponsel yang bermur 3 tahun Samsung Galaxy A52 mampu meraih skor AnTuTu v9 di 341.212. Sementara itu prosesornya meraih skor 1577 (multi-core) dan 525 (single-core) pada aplikasi GeekBench 5.1.

Nah, di tahun 2024 ini kanal YouTube Tricfan Review mencoba menggunakan kembali Samsung A52 dengan bermain game untuk melihat apakah ponsel ini masih relevan untuk kamu gunakan di tahun 2024.

Hasilnya saat dicoba memainkan game MLBB dengan settingan grafis ultra dengan refresh rate tinggi, jalannya permainan sangat mulus dan tidak ditemukan frame drop atau lag. Hal yang perlu diapresiasi juga adalah suhunya yang tergolong adem sehingga bisa mempertahankan kinerja HP dengan baik.

Sementara itu untuk memainkan game Free Fire dan PUBG Mobile, tidak ditemukan kendala yang menghambat jalannya permainan. Settingan grafis tinggi masih bisa menyuguhkan performa yang bagus dan tidak ditemukan kendala seperti frame drop apalagi overheating.

Nah, buat Jagoans yang aktif memakai HP untuk bermain game, kinerja Samsung A52 masih sangat layak untuk kamu andalkan di tahun 2024. Untuk urusan push rank, kamu ga akan khawatir akan terhambat di tengah-tengah war karena kinerjanya memang semulus itu, Jagoans!

Kamera

Tes Kelayakan Samsung Galaxy A52 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: Samsung

OIS alias Optical Image Stabilization adalah salah satu fitur kamera yang berguna untuk mengurangi efek blur saat menjepret sebuah momen. Untungnya untuk ponsel kelas menengah, Samsung Galaxy A52 dibekali oleh fitur ini sehingga masih bisa diadu dengan kamera keluaran terbaru.

Nah, untuk konfigurasi kamera belakangnya sendiri, Samsung A52 memiliki 4 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.8) 26mm PDAF, OIS + kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) fov 123˚ + kamera macro 5 MP (f/2.4) + sensor depth 5 MP (f/2.4). Kamera depannya sendiri dibekali lensa beresolusi 32 MP (f/2.2).

Bagaimana dengan perekaman videonya? Tenang Jagoans, buat kamu yang hobi ngonten, kedua sisi kamera Samsung A52 sudah mampu merekam video dengan kualitas maksimal 4K@30fps. Kualitas mumpuni ini jelas bisa kamu andalkan untuk urusan per-konten-an.

Untuk menunjukkan kualitas jepretan kamera Samsung A52 di tahun 2024, berikut contoh gambar yang dihasilkan oleh kanal YouTube Tricfan Review dari berbagai lensanya.

Tes Kelayakan Samsung Galaxy A52 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: YouTube/Tricfan Review
Tes Kelayakan Samsung Galaxy A52 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: YouTube/Tricfan Review
Tes Kelayakan Samsung Galaxy A52 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: YouTube/Tricfan Review
Tes Kelayakan Samsung Galaxy A52 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: YouTube/Tricfan Review

Nah, bisa dilihat dari hasilnya bahwa jepretan kamera Samsung A52 masih layak kamu andalkan di tahun 2024. Hasil yang disuguhkan kamera utama masih tergolong bagus dengan detail yang baik dan memiliki dynamic range yang memuaskan. Kamera ultrawide-nya sendiri memiliki hasil yang tergolong baik dengan menawarkan detail yang tak kalah baiknya.

Baterai

Tes Kelayakan Samsung Galaxy A52 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: Samsung

Kendati hanya dibekali baterai dengan kapasitas 4500 mAh, Samsung A52 masih bisa bertahan seharian berkat kemampuan chipsetnya dalam mengelola daya dengan baik.

Baterainya terbukti unggul dari hasil pengujian GSMArena dengan raihan skor endurance rating 105 jam. Skor ini didapat setelah selama 36 jam 40 menit ponsel ini bertahan ketika dipakai untuk melakukan panggilan telepon, 14 jam 37 menit untuk berinternet, serta 14 jam untuk memutar video offline.

Untuk ukuran ponsel dengan layar panel Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz, daya tahan baterai Samsung A52 cukup mengesankan.

Sementara itu, untuk pengisian ulang dayanya, ponsel ini sudah didukung teknologi super fast charging 25W yang diklaim mampu mengisi ulang daya baterai sebanyak 50% di 30 menit pertama. Sementara itu untuk mengisinya secara penuh, dibutuhkan waktu selama 1 jam 30 menit.

Rasanya jika kamu beli HP Samsung A52 second dengan tingkat kesehatan baterai masih bagus, penggunaan di tahun 2024 masih sangat layak ya Jagoans. Beda lagi jika battery health nya sudah tidak bagus, mungkin kamu harus mengiapkan uang lebih untuk mengganti baterainya.

Konektivitas

Tes Kelayakan Samsung Galaxy A52 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: Samsung

Kendati hanya mendukung jaringan sinyal sampai 4G saja, Samsung A52 masih bisa menyuguhkan kecepatan berinternet dengan cepat. Secara jangkauan jaringan 5G masih sangat terbatas, penggunaan jaringan 4G masih menjadi andalan apalagi kamu yang tinggal di daerah.

Selain itu ponsel ini dilengkapi jaringan WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0, FM Radio, NFC, dan sudah dibekali port USB Type-C. Kemudian untuk kelengkapan sensornya ponsel ini sudah dilengkapi fingerprint (optical, di bawah display), accelerometer, gyro, compass, dan virtual proximity sensing.

Kemudian, ponsel ini juga dilengkapi fitur Dolby Atmos yang bisa kamu nikmati ketika menonton film atau bermain game untuk menambah pengalaman mendengarkan gerak lebih jelas ketika bermain game kompetitif.

Baca juga: Samsung Perpanjang "Usia" Galaxy S20 Series dan Galaxy S20 FE, Worth untuk tahun 2025 kedepan?

Cek Samsung Galaxy A52 di Jagofon!

Sudah yakin beli Samsung A52? Kapan lagi punya HP dengan spek mumpuni di harga Rp. 2,8 jutaan? Kinerja yang apik yang ditunggangi kemampuan chipset Snapdragon 720G sudah cukup untuk menunjang kebutuhan produktivitas dan hiburan kamu.

Walau ponsel ini sudah dirilis cukup lama, Samsung A52 masih layak kamu gunakan sebagai HP utama di tahun 2024! Jangan kelamaan yuk langsung cek website Jagofon sebelum unitnya kehabisan!

Jagofon merupakan marketplace spesialis HP bekas Indonesia yang memberimu kenyamanan dalam berbelanja HP bekas. Setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Beli HP bekas di Jagofon seperti beli HP baru, karena punya jaminan garansi mesin 1-6 Bulan. Cukup checkout HP impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!