Product

Tes Kelayakan Samsung Galaxy S20 Ultra di Maret 2024

Samsung Galaxy S20 Ultra dikenalkan pada Februari 2020 oleh Samsung dengan menambah jajaran HP flagshipnya ke pasar smartphone Indonesia. Ponsel yang hadir bersamaan dengan Samsung S20 dan Samsung S20+ ini hadir dengan harga yang fantastis.

Namun dengan harga Samsung Galaxy S20 Ultra yang bisa menyentuh 18,5 jutaan saat rilis ini diseimbangkan dengan kemampuan dan performanya yang mumpuni. Tak ayal masih banyak pengguna smartphone yang mengincar HP ini karena memang selain memiliki performa yang apik, namun memiliki suatu hal yang bisa menaikkan derajat sosial kamu.

Nah, setelah beberapa tahun semenjak kemunculannya, apakah Samsung S20 Ultra masih layak untuk kamu gunakan di tahun 2024? Untuk tahu jawabannya, yuk kita simak tes kelayakan Samsung Galaxy S20 Ultra di Maret 2024 ini.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 Ultra 5G: Spesifikasi Paling Lengkap

Performa

Samsung Galaxy S20 Ultra Review - IGN
Image Source: IGN

Di Indonesia, Samsung Galaxy S20 Ultra kebagian chipset Exynos 990. Chipset bawaan Samsung sendiri ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari 2 core Mongoose M5 2.73 GHz, 2 core Cortex-A76 2.50 GHz, dan 4 core Cortex-A55 2.0 GHz dengan tambahan GPU Mali-G77 MP11 untuk membantu dalam pengolahan grafisnya.

Kemudian chipset ini juga mendukung teknologi LPDDR5 dan UFS 3.0 untuk memori nya. Ponsel ini juga dibekali RAM 12 GB dan 16 GB, sementara itu penyimpanannya memiliki pilihan di 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Untuk memberikan gambaran seberapa bagus performa ponsel ini, GSMArena melakukan beberapa tes. Hasilnya saat melakukan tes performa prosesornya melalui aplikasi GeekBench 5.1, ponsel ini meraih skor 2697 pada sektor multi-core dan 904 pada sektor single-core nya. Sementara itu ponsel ini mampu meraih skor 514.485 di aplikasi AnTuTu 8.

Menurut kanal Youtube Simple Alpaca, ponsel ini masih mampu mengangkat game kekinian dengan lancar. Performa chipset yang dipadukan dengan GPU dan memori yang besar menyuguhkan pengalaman bermain game yang mulus dan lancar. Kemudian untuk penggunaan sehari-hari, ponsel ini mampu meng-handle beberapa aplikasi dalam satu waktu dan memiliki transisi yang lembut.

Kamera

Galaxy S20 Ultra camera: See Samsung's 108-megapixel and 100x zoom photos  for yourself - CNET
Image Source: CNET

Tak seperti S20 dan S20+ yang memiliki 3 kamera, Samsung S20 Ultra dibekali kamera dengan 4 lensa yang mumpuni. Kamera utamanya memiliki konfigurasi 108 MP (f/1.8) dengan jarak fokus 26mm serta mengandalkan sensor Isocell Bright HM1 seukuran 1/1.33 inchi dan mampu menghasilkan pixel sebesar 0.8µm, dan memiliki fitur PDAF serta OIS.

Kemudian, ada kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) dengan memiliki sudut pandang sampai dengan 120˚. Lalu ada kamera dengan lensa periscope telephoto 48 MP (f/3.5) dan memiliki fitur PDAF, OIS, dan memiliki kemampuan 4x optical zoom dan 10x hybrid zoom. Terakhir ada kamera 0.3 MP TOF 3D (f/1.0) yang memiliki fungsi seperti sensor depth. Di sisi depan, ada kamera selfie 40 MP (f/2.2), PDAF.

Lalu untuk merekam video, ponsel ini mampu merekam video sampai dengan kualitas 8K di 24fps, 4K di 30/60fps, 1080p di 30/60/240fps, atau 720p di 960fps, lalu memiliki fitur HDR10+, perekaman dengan suara stereo, gyro-EIS & sudah OIS. Untuk kamera depannya, ponsel ini mampu menyuguhkan video dengan kualitas 4K di 30/60fps atau 1080p di 30fps.

Berikut contoh kualitas foto yang dihasilkan kamera Samsung Galaxy S20 Ultra.

Kamera Utama | Source: Youtube/Techno Arena
Kamera Ultrawide | Source: Youtube/Techno Arena
Kamera Selfie | Source: Youtube/Techno Arena

Sudah jelas bahwa hasil kamera Samsung S20 Ultra masih layak kamu banggakan di tahun 2024. Kualitasnya masih terjaga dengan menghadirkan gambar dengan detail yang bagus, dynamic range yang tinggi dan memiliki warna vibrant khas Samsung. Kamera selfie nya juga menyuguhkan gambar yang smooth dan memiliki detail yang cukup baik.

Baterai

Duh Netizen Keluhkan Galaxy S20 Ultra Boros Baterai dan Cepat Panas
Image Source: Grid.id

Ponsel yang memiliki ukuran jumbo ini dibekali dengan baterai yang jumbo juga, yakni 5000 mAh. Dengan layar seluas 6,9 inchi serta dukungan panel Dynamic AMOLED 2X yang memiliki refresh rate 120 Hz, apakah dengan kapasitas baterai 5000 mAh mampu mendukung ponsel ini untuk menyala seharian?

Untuk itu, GSMArena melakukan pengetesan daya tahan baterainya. Hasilnya ponsel ini mencetak skor endurance rating 87 jam pada mode 120Hz, 1080p. Jika dijabarkan, ponsel ini mampu melakukan panggilan telepon selama 24 jam 20 menit, 10 jam 32 menit menggunakan internet, dan 12 jam 53 menit saat digunakan untuk menonton video offline.

Sementara itu jika kamu mengubah pengaturan menjadi refresh rate 60Hz dengan resolusi layar 1440p, kamu akan mendapatkan endurance rating di 97 jam. Hasilnya lebih baik namun mengorbankan refresh rate nya.

Untuk pengisian dayanya, Samsung S20 Ultra sudah didukung pengisian daya cepat 45W menggunakan kabel dan 15W untuk pengisian daya nirkabel. Kemudian ponsel ini juga didukung 4,5W reverse wireless yang berguna untuk mengisi daya aksesoris seperti jam tangan atau earbuds kamu.

Mungkin sektor baterai adalah salah satu kekurangan dari Samsung Galaxy S20 Ultra. Namun jika kamu menggunakannya secara wajar, kamu akan mendapatkan performa baterai yang lebih baik.

Konektivitas

Samsung Galaxy S20, S20+ & S20 Ultra | Samsung Business Indonesia
Image Source: Samsung

Samsung Galaxy S20 Ultra hadir dengan konektivitas yang lengkap. Selain memiliki sertifikat Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, dan Wi-Fi Direct yang terbukti menyuguhkan dukungan kecepatan koneksi internet yang cepat, ponsel ini juga sudah menyediakan fitur NFC.

Selain itu, Bluetooth nya masih menggunakan versi 5.0, A2DP, LE. Untuk pemindaian lokasi dan positioning, ponsel ini dilengkapi GPS, GLONASS, BDS, dan GALILEO untuk mencitrakan lokasi yang akurat.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi sensor sidik jari yang tertanam di bawah layar dan memiliki fitur produktivitas andal berupa Samsung DeX dan Samsung Wireless DeX untuk mengubah HP kamu menjadi seolah-olah PC.

Konektivitas yang masih andal digunakan di tahun 2024 ini memang sangat membantu kamu yang memiliki produktivitas yang tinggi. Jika kamu mengidam-idamkan ponsel dengan kelengkapan fitur, Samsung Galaxy S20 Ultra bisa menjadi solusi atas pencarian kamu, Jagoans.

Baca juga: Inilah Kelebihan Samsung Galaxy S20 FE: Nomor 3 Harus Kamu Pahami!

Cek Samsung Galaxy S20 Ultra di Jagofon!

Mantan HP flagship keluaran Samsung ini memang memiliki segudang fitur dan spesifikasi kualitas tinggi. Bahkan di tahun 2024 ini, Galaxy S20 Ultra masih sangat layak untuk kamu gunakan sebagai HP utama kamu.

Jangan ragu jika kamu sudah menabung untuk beli Samsung Galaxy S20 Ultra di Jagofon. Karena semua HP bekas di Jagofon memiliki harga yang murah namun kualitas kelas jempolan!

Jagofon adalah marketplace pertama Indonesia yang menyediakan HP bekas. Jagofon melaksanakan quality control terhadap semua produknya sehingga 100% berfungsi sebelum sampai ke tanganmu.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 bulan loh! Beli HP bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan self-pickup ke kantor Jagofon!