Tes Kelayakan Vivo Y12 di Mei 2024

Ukuran Layar dan Baterai Jumbo, 5 Kelebihan Vivo Y12 yang Bisa Jadi  Pertimbangan
Source : Eraspace

Maraknya persaingan smartphone android membuat para produsen smartphone berlomba-lomba untuk menghadirkan beragam fitur menarik dengan harga yang terjangkau, termasuk Vivo. Brand asal Tiongkok ini sukses membuat smartphone-nya menjadi salah satu Top 5 dari kategori brand smartphone yang paling banyak penggunanya di Indonesia.

Dilansir dari data yang disajikan goodstat.id, pengguna smartphone Vivo mencapai persentase 14,29% dari seluruh pengguna smartphone di Indonesia, berada di urutan keempat setelah Xiaomi. Hal ini tentunya tidak lepas dari harganya yang sangat terjangkau, mulai dari smartphone entry level, mid-range, hingga flagshipnya.

Baca juga : Kenali Sejarah dan Jajaran HP Vivo Disini!

Kali ini, Jagofon akan membahas salah satu ponsel entry level besutan Vivo, yaitu Vivo Y12 yang diluncurkan pada Juni 2019 lalu. Dibandrol dengan harga 1,2 jutaan aja di Jagofon, apakah ponsel ini masih worth buying di tahun 2024? Yuk temukan jawabannya di artikel berikut!

Performa

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y12, Catat Ya! - Blibli Friends
Source : Blibli.com

Vivo Y12 memiliki dimensi 159.4 x 76.8 x 8.9 mm dengan bobot 190 gram yang membuatnya cukup nyaman untuk digenggam. Warna yang tersedia dari Vivo Y12 ini juga tergolong cerah, yaitu tersedia dari dua warna, Aqua Blue dan Burgundy Red yang menampilkan kesan klasik yang glossy.

Dari segi performa, Vivo Y12 ini dibekali dengan chipset Mediatek MT6762 Helio P22 dan sistem operasi Android 9.0. Dilansir dari Nano-review, prosesor ini memiliki rating yang tidak jauh berbeda dari chipset Snapdragon 450 yang dirilis pada 2017 lalu, dengan nilai AnTuTu 75.450. Layar dari Vivo Y12 ini menggunakan teknologi IPS LCD dan sudah mendukung dual SIM.

Chipset ini cocok untuk mengoperasikan beragam aktivitas ponsel yang ringan, seperti chatting, scrolling sosial media, membuka dokumen, dan juga berselancar di internet atau browsing. Untuk gaming dan aktivitas berat lainnya, Vivo Y12 ini sepertinya bukan pilihan yang tepat, mengingat chipsetnya yang sudah agak ketinggalan jika dibandingkan dengan chipset yang dirilis di tahun 2024 ini.

Untuk RAM-nya sendiri terdiri dari dua pilihan, yaitu RAM 3 GB dan 4 GB. Di samping itu, penyimpanan internalnya hanya terdiri dari 32 GB dan 64 GB. Untuk kamu yang membutuhkan memori lebih, kamu juga dapat menggunakan micro SD. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan, karena Vivo Y12 sendiri lebih mengedepankan harganya yang terjangkau sebagai ponsel entry level.

Kamera

Intip Harga Terbaru di Agustus 2023 dan Spesifikasi Canggih HP Vivo Y12  yang Dibekali Kamera Triple - Strategi
Source : strategi.id

Saat memilih smartphone, fitur kamera menjadi salah satu faktor yang biasanya di pertimbangkan oleh pengguna. Untuk kameranya, Vivo Y12 ini memiliki triple camera dengan resolusi 13 MP untuk kamera utama, 8 MP kamera ultrawide, dan 2 MP untuk kamera depth. Sedangkan kamera depannya telah beresolusi 8 MP dan dapat mengambil perekaman video hingga 1080p di kecepatan 30fps.

Mengingat ponsel Vivo Y12 ini adalah ponsel entry level, resolusi kamera 13 MP juga sudah cukup baik untuk mengambil dan mendokumentasikan foto-foto sederhana. Selain itu, walaupun resolusi kameranya tidak terlalu tinggi, Vivo Y12 ini dilengkapi dengan fitur AI pada kameranya.

Fitur AI tersebut tentunya akan sangat memudahkan pengguna untuk menghasilkan foto yang lebih tajam dan jernih. Selain itu, fitur AI Super Wide-Angle Camera pada Vivo Y12 juga dapat memperluas pandangan pengguna hingga 120 derajat. Buat Jagoans yang penasaran, berikut beberapa gambar hasil jepretan kamera Vivo Y12 :

Source : Youtube Riswan Zone
Source : Youtube Riswan Zone
Source : Youtube TeknoLoGue

Baterai

√ Review Spesifikasi Vivo Y12s Kelebihan dan Kekurangan
Source : Bhinneka

Jika membahas soal smartphone, kurang rasanya jika kita tidak membahas soal baterai. Sebagai ponsel entry level, Vivo Y12 ini juga memiliki kapasitas baterai yang besar dengan 5000 mAh, dijamin memiliki baterai yang awet. Cocok untuk Jagoans yang memiliki mobilitas tinggi dengan beragam aktivitas ponsel yang ringan.

Untuk kamu pecinta game, Vivo Y12 ini masih dapat digunakan untuk bermain game yang ringan. Namun sayangnya, ponsel ini belum dilengkapi dengan fitur pengisan daya cepat atau fast charging. Hal tersebut tidak akan terlalu menjadi masalah karena kapasitas baterainya yang besar sehingga akan tahan seharian.

Dilansir dari bhinneka.com, Vivo Y12 ini dapat digunakan untuk bermain game selama 8 sampai 9 jam. Sedangkan untuk digunakan streaming dan menonton film, ponsel ini dapat bertahan hingga 16,3 jam. Fitur menarik lainnya dari Vivo Y12 ini adalah fitur reverse charging-nya.

Fitur reverse charging tersebut memungkinkan pengguna untuk menggunakan pengisian daya terbalik. Misalnya, jika kamu memiliki dua smartphone dan HP satunya mengalami low battery, maka kamu bisa melakukan pengecasan dengan menggunakan kabel OTG sehingga Vivo Y12s milikmu dapat dijadikan sebagai power bank.

Cek Vivo Y12 di Jagofon!

Gimana Jagoans? apakah kamu tertarik untuk membeli Vivo Y12 ini? Jika menilai dari beragam fitur dan spesifikasinya, Vivo Y12 ini worth it untuk dibeli jika :

  • Membutuhkan smartphone untuk melakukan berbagai aktivitas ringan, seperti membuka dokumen, menonton video, menggunakan aplikasi chatting atau pun browsing internet.
  • Membutuhkan kamera dengan fitur AI Triple Camera yang dapat meningkatkan kecerahan dan ketajaman hasil foto.
  • Membutuhkan ponsel dengan daya baterai yang maksimal dan tahan seharian.
  • Menginginkan ponsel entry level dengan fitur menarik dan harga yang sangat terjangkau.

Namun, jika kamu membutuhkan ponsel dengan kamera berkualitas tinggi dan performa yang mulus dengan harga yang terjangkau, Vivo V20 dengan harga 2,7 jutaan di Jagofon mungkin bisa menjadi alternatif pilihan smartphone kamu. Sebelum membeli smartphone, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu ya Jagoans!

Nah, dari pada bingung mau beli smartphone dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau dimana, mending kamu langsung cek website Jagofon aja! Dijamin kamu akan mendapat produk yang 100% original, tidak ada part yang diganti atau refurbished.

Jagofon sendiri bukan toko, melainkan marketplace HP dan gadget bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Kamu juga nggak perlu khawatir Jagoans, semua gadget dan HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dan gadget dengan kualitas terbaik.

Kapan lagi kan kamu beli HP dan gadget bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Jadi pembeli yang pintar! Kamu bisa dapatkan HP bekas yang kualitasnya setara dengan HP baru, namun harganya lebih terjangkau!

Beli HP atau pun gadget bekas Jagofon nggak bikin repot, kita siap antar HP atau pun gadget impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon! Jadi, tunggu apalagi Jagoans? yuk segera dapatkan beragam HP dan gadget impian kamu hanya di Jagofon!