JagofonSpesialis HP Second Indonesia

Tes Kelayakan Xiaomi Redmi Note 5 di Juni 2024

Xiaomi Redmi Note 5, ponsel murah yang laris di pasaran saat dirilis tahun 2018 ini apakah masih layak kamu pakai di tahun 2024? Tak bisa dipungkiri, larisnya ponsel ini dikarenakan memiliki chipset andal besutan Qualcomm.

Selain itu, pada masanya kamera Redmi Note 5 mumpuni di kelasnya. Oleh karena itu banyak Mi Fans yang cocok dengan ponsel ini.

Nah, setelah kurun waktu yang begitu lama, apakah Xiaomi Redmi Note 5 masih layak untuk kamu beli di tahun 2024? Oleh karena itu yuk kita simak tes kelayakan Xiaomi Redmi Note 5 di Juni 2024 berikut ini.

Baca juga: Tes Kelayakan Redmi Note 11 Pro di Juni 2024

Performa

Tes Kelayakan Xiaomi Redmi Note 5 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: mi.co.id

Untuk ukuran HP murah, Redmi Note 5 dibekali SoC yang mumpuni di kelasnya. Tak diragukan lagi di tahun 2018 Qualcomm Snapdragon 636 menjadi rajanya kinerja di kelas HP low-end.

Tak hanya itu, dengan paduan GPU Adreno 509 dan pilihan RAM 3GB atau 4GB bisa mendongkrak game mainstream pada masanya. Storage nya sendiri dibagi menjadi 2 pilihan, yakni 32GB atau 64GB.

Tentu untuk ukuran HP keluaran 2018, penyimpanan tersebut terbilang standar apalagi disematkan pada HP kelas menengah ke bawah.

Berbicara tentang chipsetnya, Snapdragon 636 sudah dibekali prosesor octa-core dengan konfigurasi 4 core Kryo 260 Gold 1,8 GHz dan 4 core Kryo 260 Silver 1,6 GHz. Di dalamnya juga sudah tertanam modem 4G, RAM berbasis LPDDR4X, dukungan teknologi eMMC 5.1, dan masih banyak lagi.

Untuk masalah performa, ponsel ini meraih skor 116.663 pada AnTuTu v7. Nah, apakah di tahun 2024 ini kinerja Redmi Note 5 masih bisa diandalkan? Apakah Redmi Note 5 bisa menjalankan game seperti MLBB?

Nah, ditahun 2024 kanal YouTube Wakamole Review mencoba menggunakan Xiaomi Redmi Note 5 untuk bermain MLBB dengan settingan grafis sedang dan refresh rate tinggi. Hasilnya jalannya permainan tidak ada kendala dan berjalan dengan lancar. Tidak ada frame drop atau overheating.

Terjaganya performa Redmi Note 5 dan tetap adem berkat dukungan dari fitur dual graphene sheet yang mampu menurunkan suhu saat ponsel ini digunakan untuk pekerjaan berat.

Sementara itu untuk menjalankan game berat, Wakamole Review mencoba memainkan game One Punch Man di settingan rendah alias rata kiri. Hasilnya kurang memuaskan ya Jagoans. Terdapat beberapa frame drop dan stuttering kemudian akhirnya game berhenti ketika di tengah-tengah war.

Buat Jagoans yang berharap menggunakan ponsel ini untuk pemakaian game berat seperti One Punch Man atau Genshin Impact, jangan terlalu berharap banyak ya, karena sudah dipastikan tidak bisa menjalankan game tersebut.

Namun untuk memainkan game yang tergolong ringan seperti MLBB, kamu masih bisa menjalankannya dengan lancar tanpa ada kendala.

Kamera

Tes Kelayakan Xiaomi Redmi Note 5 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: mi.co.id

Kamera Redmi Note 5 pamer fitur yang menggunakan AI untuk membantu kameranya menghasilkan gambar yang baik. Hasilnya disinyalir memiliki kualitas yang bagus bahkan bisa mengalahkan HP dengan harga yang cukup jauh di atasnya.

Kameranya sendiri memiliki komposisi dua kamera belakang + 1 kamera selfie. Kamera utamanya memiliki lensa dengan resolusi 12 MP (f/1.9) yang memiliki sensor berukuran 1/2,55" serta mampu menghasilkan piksel sebesar 1,4µm. Kamera utamanya juga dilengkapi fitur dual pixel PDAF yang bisa mempertajam hasil jepretannya.

Kemudian ada sensor depth 5 MP (f/2.0) untuk membuat efek bokeh. Lalu di bagian depannya terdapat kamera selfie 13 MP (f/2.0). Kamera selfie nya memiliki fitur dengan bantuan AI Beauty 4.0 yang bisa kamu andalkan untuk meningkatkan warna alami sehingga bisa menyuguhkan hasil yang menawan.

Untuk perekaman videonya, ponsel ini bisa menghasilkan video dengan kualitas maksimal 1080p@30fps di kedua kameranya.

Nah, bagaimana hasil jepretan kamera Redmi Note 5 di tahun 2024? berikut contohnya.

Tes Kelayakan Xiaomi Redmi Note 5 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: YouTube/Wakamole Review
Tes Kelayakan Xiaomi Redmi Note 5 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: YouTube/Wakamole Review

Salah satu daya jual Redmi Note 5 adalah kemampuan kameranya yang diatas rata-rata. Pada masanya ponsel ini mampu mengungguli kemampuan kamera sekelas lainnya. Namun bila dibandingkan dengan HP keluaran baru di tahun 2024, jelas kualitas kameranya akan sangat jomplang, apalagi kemampuan fotografi malamnya.

Oleh karena itu masih sah-sah saja jika kamu ingin memotret pada siang hari dengan cahaya yang cukup, namun untuk menangkap momen dengan cahaya yang minim jangan berharap banyak ya Jagoans.

Baterai

Tes Kelayakan Xiaomi Redmi Note 5 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: mi.co.id

Baterai Redmi Note 5 bisa kamu andalkan seharian dengan kapasitas daya 4000 mAh nya. Pada masanya, ponsel ini bisa bertahan seharian dengan menyuguhkan waktu standby selama 22 jam dan mampu bertahan selama 7 jam ketika dipakai untuk bermain game.

Pengisian ulang daya baterainya cukup mengesankan, karena sudah dibekali fitur Qualcomm Quick Charge dengan daya 18W. Namun untuk mengisi ulang secara penuh, dibutuhkan waktu selama 2 jam.

Untuk pemakaian di tahun 2024, tentu jika kamu beli Redmi Note 5 bekas, pasti kualitas baterainya akan menurun sehingga akan terasa boros. Apalagi jika kamu aktif bermain game, maka daya yang dibutuhkan akan semakin besar.

Jadi hal yang harus kamu perhatikan ketika membeli Redmi Note 5 di tahun 2024 adalah kualitas baterainya. Bisa jadi kamu harus menggantinya dengan yang baru ya Jagoans!

Konektivitas

Tes Kelayakan Xiaomi Redmi Note 5 di Juni 2024 | Jagofon
Image Source: mi.co.id

Xiaomi Redmi Note 5 hanya bisa menjangkau sinyal pada jaringan 4G. Selain itu ponsel ini juga dilengkapi konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0, Infrared, FM radio, dan masih menggunakan port microUSB 2.0.

Untuk kelengkapan sensornya, ponsel ini memiliki sensor fingerprint (di belakang), accelerometer, gyro, proximity, dan compass.

Kelengkapan konektivitas Redmi Note 5 masih sangat relevan untuk digunakan di tahun 2024. Disayangkan memang sinyalnya hanya mentok di jaringan 4G. Tapi karena jaringan 5G masih belum merata, rasanya kamu masih bisa menggunakan jaringan 4G dengan cepat.

Baca juga: Mitos dan Fakta Redmi 9A, Biar Nggak Ketipu!

Cek Xiaomi Redmi Note 5 di Jagofon!

Buat kamu yang ingin bernostalgia atau membutuhkan HP ke-2 untuk menunjang mobilitas kamu, Redmi Note 5 adalah salah satu pilihan yang tepat untuk kamu beli di tahun 2024.

Memiliki performa unggul di kelasnya, ponsel ini masih relevan kamu gunakan di tahun ini sampai beberapa tahun kedepan. Hanya saja perlu diperhatikan kesehatan baterainya mungkin akan bermasalah karena memang umur HP ini sudah tak muda lagi.

Jangan tunggu lama lagi cek Xiaomi Redmi Note 5 dan HP preloved lainnya di Jagofon! Harga dan kualitas dijamin sangat menarik untuk kamu pertimbangkan.

Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Semua HP bekas di Jagofon lolos uji kelayakan sehingga yang sampai di tanganmu adalah HP dengan kualitas terbaik.

Jangan khawatir, semua produk Jagofon bergaransi mesin 1-6 Bulan loh! Jadi pembeli yang pintar! Kamu bisa dapatkan HP bekas yang kualitasnya setara dengan HP baru, namun harganya lebih terjangkau!