JagofonSpesialis HP Second Indonesia

Tips dan Trik Memaksimalkan iPhone 15 untuk Manfaat Hidupmu!

iPhone 15 hadir sebagai HP flagship teranyar besutan Apple yang rilis pada Oktober 2023 lalu. Ponsel paling mutakhir ini menyediakan teknologi dan inovasi paling canggih sampai saat ini.

iPhone 15 menawarkan beberapa fitur baru yang memiliki segudang kegunaan. Namun, pasti diantra Jagoans pengguna iPhone 15 belum tahu beberapa trik untuk memaksimalkan HP ini untuk memberikan manfaat hidup yang lebih baik.

Oleh karena itu, yuk simak tips dan trik memaksimalkan iPhone 15 untuk manfaat hidupmu di bawah ini.

Baca juga: Keunggulan WiFi 6E Dari Apple iPhone 15. Kenceng Banget!

Tombol Aksi Baru

Tips dan Trik Memaksimalkan iPhone 15 untuk Manfaat Hidupmu! - Jagofon
Image Souce: Bisnis Tekno

Action button alias tombol aksi pada iPhone 15 adalah salah satu fitur eksklusif yang hanya ada pada perangkat iPhone. Tombol yang sebelumnya selalu ada pada seri-seri terdahulu sebagai toggle atau saklar untuk mengganti iPhone ke mode senyap dan ke mode dering berevolusi menjadi sebuah tombol multifungsi yang bisa kamu atur penggunaannya.

Adapun beberapa perintah yang bisa kamu atur pada tombol aksi iPhone 15 selain sebagai mode senyap adalah sebagai mode disturb, mengaktifkan kamera, membuka voice memos, mengaktifkan senter, membuka aplikasi translate, membuka magnifier, membuat aplikasi shortcut, dan memberikan menu accessbility untuk mengakses aplikasi zoom, voice over, assistive touch, live speech, dan yang lainnya.

Sayangnya, kamu tidak bisa mendaftarkan tombol aksi tidak lebih dari satu perintah. Jadi kamu hanya bisa memilih perintah apa yang paling pas untuk meningkatkan manfaat hidupmu.

Adapun cara menambahkan fungsi pada tombol aksi adalah dengan cara pergi ke Settings > Action Button, lalu kamu tinggal pilih perintah apa yang paling sering kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas hidup kamu.

Share Kontak dengan Name Drop

Tips dan Trik Memaksimalkan iPhone 15 untuk Manfaat Hidupmu! - Jagofon
Imagse Source: Apple Support

Fitur iPhone 15 baru yang berguna untuk manfaat hidup kamu selanjutnya adalah NameDrop. Jika AirDrop bisa mentransfer file foto, dokumen, dan lainnya ke sesama pengguna iPhone di sekitar, fitur NameDrop pada seri iOS 17.1 ke atas bisa membagikan info kontak kepada pengguna iPhone sekitar.

Fitur ini sangat berguna ketika kamu ingin memberikan informasi kontak kepada teman kamu tanpa harus ribet membuka aplikasi chat dan mencari ke dalam aplikasi kontak untuk membagikannya.

Adapun cara membagikan kontak via NameDrop sama dengan membagikan file via AirDrop. Caraya adalah sebagai berikut.

  1. Dekatkan kepala 2 device iPhone 15.
  2. Tunggu beberapa saat sampai NameDrop muncul di kedua layar iPhone.
  3. Kemudian kamu tinggal pilih kontak yang ingin kamu kirim, atau pilih jika kamu hanya ingin menerima kontak yang akan dikirim.

Sedikit catatan, NameDrop hanya bisa mengirim informasi baru mengenai kontak kontak yang dikirim dan tidak bisa memperbarui kontak yang sudah ada sebelumnya.

Gunakan Dynamic Island

Tips dan Trik Memaksimalkan iPhone 15 untuk Manfaat Hidupmu! - Jagofon
Image Source: Apple

Seperti yang diketahui sebelumnya, dynamic island memiliki fungsi yang bisa memberikan berbagai informasi terkait aktivitas iPhone kamu. Namun lebih dari itu banyak kegunaan dynamic island yang bisa kamu eksplor agar memberikan manfaat yang lebih banyak untuk hidupmu.

Adapun beberapa tips dan trik memanfaatkan dynamic island pada iPhone 15 adalah sebagai berikut.

Gunakan Gestur

Kamu bisa menggunakan gestur seperti Swipe-in dan Swipe-out pada dynamic island iPhone 15. Gestur swipe-in berfungsi untuk menghentikan aktivitas pada dynamic island, sedangkan swipe-out untuk melihat dan memilih aktivitas mana yang sedang berjalan pada dynamic island.

Cek Baterai AirPods

Pada saat kamu menghubungkan AipPods kamu dengan iPhone 15, pada saat yang bersamaan informasi mengenai AirPods akan muncul pada dynamic island. Hal ini juga akan memberi tahu mengenai model AirPod kamu sekaligus kapasitas baterai yang tersisa pada AirPods kamu dengan tanda lingkaran dengan persentase kapasitas baterai di dalamnya.

Lacak Proses Transfer AirDrop

Ketika kamu sedang mengirim atau menerima file dari iPhone sekitar, kamu bisa melihat proses transfernya pada dynamic island. Ketika kamu mengetuk dynamic island, kamu akan mendapatkan informasi mengenai proses transfer tersebut di sebelah kanan dan memiliki pilihan jika kamu ingin menghentikan prosesnya.

Selain itu, penggunaan dynamic island beragam fungsinya, salah satunya untuk menghentikan panggilan telefon, menghentikan proses perekaman dengan mudah, menghentikan perekaman voice memo, bahkan bisa menambahkan pintasan beberapa aplikasi.

Intinya kamu bisa bereksplorasi menggunakan dynamic island dengan hanya mengetuk, mengusap, atau menahannya sedikit lama untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci.

Maksimalkan Hasil Foto

Tips dan Trik Memaksimalkan iPhone 15 untuk Manfaat Hidupmu! - Jagofon
Image Source: Digital Photography Review

Pada dasarnya, hasil foto dari kamera iPhone 15 menampakkan kualitas yang dijamin bagus. Namun untuk memaksimalkan hasil jepretannya ke tingkat lanjutan, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut.

Ganti resolusi kamera

Dalam mode default, kamera iPhone 15 menggunakan resolusi 24 MP. Namun kamu bisa mengatur berapa besaran resolusi yang ingin kamu gunakan antara 12 MP, 24 MP, atau 48 MP.

Cara mengaturnya adalah dengan mengunjungi Settings > Camera > Formats > Photo Mode, kemudian pilih 12 MP atau 24 MP.

Sementara itu untuk menjepret dengan resolusi 48 MP, pergi ke Settings > Camera > Formats, kemudian aktifkan Resolution Control atau ProRAW & Resolution Control (tergantung model iPhone kamu).

Matikan dan Nyalakan View Outside the Frame

Secara default, kamera iPhone 15 selalu menyuguhkan tampilan luar frame dengan menyuguhkan field of view yang luas. Untuk mematikan mode yang mirip dengan kamera ultrawide ini, kamu bisa pergi ke Settings > Camera, kemudian matikan View Outside the Frame.

Matikan dan Nyalakan Prioritize Faster Shooting

Secara otomatis, Prioritize Faster Shooting memungkinkan kamu untuk mengambil gambar dengan cepat ketika menekan shutter button beberapa kali. Alahasil pasti ada beberapa jepretan kamera yang tidak maksimal karena pemrosesan gambarnya terjadi begitu cepat.

Untuk mematikan fitur ini, kamu bisa pergi ke Settings > Camera, kemudian matikan Prioritize Faster Shooting.

Matikan dan Hidupkan Lens Correction

Untuk menyuguhkan tampilan lebih natural pada kamera depan dan ultrawide, secara default fitur Lens Correction akan aktif. Untuk mengatur fitur ini kamu bisa kunjungi Settings > Camera, kemudian matikan Lens Correction.

Nah, itulah beberapa tingkat lanjutan dari beberapa fitur kamera yang bisa kamu coba untuk memaksimalkan kualitas foto iPhone 15. Dengan dukungan hardware kamera iPhone 15 yang mumpuni dan sentuhan tangan Jagoans, dijamin hasil jepretannya ga akan mengecewakan.

Proximity Sharing dengan AirDrop

Tips dan Trik Memaksimalkan iPhone 15 untuk Manfaat Hidupmu! - Jagofon
Image Source: MacRumors

Seperti NameDrop, Proximity Sharing dengan AirDrop memungkinkan kamu berbagi file seperti foto dan lainnya hanya dengan mendekatkan iPhone kamu dengan yang lainnya tanpa harus menggunakan data internet.

Adapun cara membagikan file menggunakan proximity sharing dengan AirDrop adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke dalam aplikasi Foto atau Files.
  2. Pilih file apa saja yang ingin kamu bagi.
  3. Dekatkan kepala iPhone kemu dengan kepala iPhone yang ingin kamu bagikan.
  4. Ketika ada pemberitahuan di bagian atas iPhone, kamu tinggal ketuk "Share" untuk membagikan file tersebut.
  5. Selesai.

Fitur eksklusif iPhone yang berguna dan cepat ini memang sering digunakan untuk berbagi file. Terutama ketika bepergian dan mengambil foto antara teman sejawat. Tentu hal ini sangat praktis dan mudah digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup kamu.

Baca juga: Inilah Perbandingan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Plus

iPhone 15 Berkualitas? Jagofon Tempatnya!

Memiliki HP dengan segudang fitur dan inovasi memang bisa memudahkan dan memberi manfaat lebih untuk hidupmu. Oleh karena itu iPhone 15 hadir untuk menunjang kebutuhan kamu.

Selain memiliki berbagai macam fitur yang bermanfaat, iPhone 15 juga memiliki tingkat kemanan kuat yang terus ditingkatkan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika Jagoans mencari iPhone 15 berkualitas, Jagofon tempatnya! Gak harus melulu baru, beli iPhone bekas di Jagofon pasti memiliki kualitas rasa baru, karena setiap produk sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 Bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Hati-hati jika diluar sana ada HP yang lebih murah, bisa jadi refurbished loh! Kalau di Jagofon semua part-nya belum pernah diganti dan 100% original.