JagoHacks

Tips Jual Beli HP Bekas yang Aman dan Cepat Laku!

Waspada Menjual dan Membeli HP Bekas, Ini Bahayanya
Source : Telset.id

Bagi sebagaian orang, membeli HP bekas memang lebih menguntungkan karena tetap bisa menikmati beragam fitur canggih dari smartphone dengan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan HP baru. Apalagi jika kamu beli HP bekas di Jagofon.

Dengan berbelanja HP bekas di Jagofon, kamu juga tidak perlu khawatir. Selain mendapatkan harga yang lebih murah dari pada di toko, kamu juga akan mendapat garansi dan produknya pun 100% original, tidak ada part yang diganti atau refurbished.

Di sisi lain, dengan hadirnya marketplace online jual beli HP bekas menjadi suatu hal yang lumrah. Pengguna tinggal membuat akun, meng-upload foto pendukung dan memberikan deskripsi detail tentang HP bekas yang ingin dijual. Penjual dan pembeli pun juga dapat berinteraksi melalui kolom chat yang disediakan oleh marketplace.

Jika kamu ingin menjual HP bekas milikmu namun masih mengalami kesulitan, Jagofon akan memberikan tips untuk menjual HP bekas milikmu. Penasaran? simak artikel berikut sampai habis!

Cari Pembeli yang Terpercaya

Source : Freepik

Tips yang pertama untuk jual beli HP bekas adalah dengan menemukan calon pembeli yang dapat dipercaya. Dengan maraknya modus penipuan di zaman sekarang, Jagoans hendaknya juga harus sangat berhati-hati terhadap calon pembeli, karena banyak penjual atau pun pembeli yang tertipu.

Mulau dari kondisi HP-nya yang sudah tidak layak atau pun pembeli yang tidak jujur sehingga penjual kerap kali tidak mendapatkan bayarannya.Untuk itu, Jagoans juga harus menjualnya di marketplace terpercaya, yang menyediakan klaim garansi atau pun marketplace yang menawarkan fitur keamanan.

Sebelum menjualnya secara online, Jagoans dapat menawarkan HP bekas Jagoans kepada saudara, teman atau pun ke kerabat dekat yang dapat dipercaya. Selain itu, Jagoans juga dapat menjualnya ke counter HP yang terpercaya.

Untuk memastikan counter tersebut terpercaya, Jagoans dapat memeriksa sosial medianya seperti instagram dan facebook atau pun memeriksanya di marketplace tempat counter HP tersebut berjualan. Pastikan Counter tersebut memiliki rating dan review yang bagus dari pembeli.

Cek Harga Pasaran

Menjajal HP Lipat Vivo X Fold 2 dan X Flip Langsung di Toko Resmi Vivo China
Source : Tekno Kompas

Tips yang kedua, sebelum melakukan jual beli HP bekas milikmu, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan harganya. Kamu dapat menentukan harga HP bekas yang ingin kamu jual dengan menanyakannya ke counter, membandingkan harga di marketplace, dan berdiskusi di forum online. Kamu juga dapat memeriksa dan membadingkan harganya di website Jagofon.

Kamu juga harus senantiasa waspada terhadap calon pembeli. Jangan sampai kamu bertemu dengan pembeli atau counter yang menjatuhkan harga HP kamu, padahal kondisinya masih dalam keadaan yang mulus dan masih layak terjual dengan harga yang cukup tinggi.

Sebelum menjual HP bekas, pastikan kamu masih menyimpan kotak, aksesoris, dan kartu garansi, untuk menambah harga jual HP milikmu. Pastikan juga HP bekas milikmu telah terdaftar IMEI-nya. IMEI merupakan nomor identifikasi atau nomor seri unik yang dimiliki semua ponsel dan smartphone.

Jika IMEI-nya belum terdaftar, calon pembeli atau pun pengguna HP bekas tersebut akan mengalami kesulitan karena IMEI yang tidak terdaftar berpotensi membatasi fungsi perangkat hingga pemblokiran akses ke jariangan, termasuk penggunaan kartu SIM.

Di samping itu, IMEI ponsel yang tak terdaftar berisiko menimbulkan kebocoran data dan peluang kejahatan siber lainnya.

Usahakan COD

Cash on Delivery
Source : Pasar iod

Tips terakhir untuk jual beli HP bekas adalah dengan melakukan metode pembayaran COD atau yang dikenal dengan Cash On Delivery. Metode ini selain aman untuk pembeli, juga dapat memungkinkan pembeli untuk membayar barang yang dipesan setelah menerimanya. Metode COD juga membuat penjual menerima pembayaran setelah barang diantar dan diterima oleh pembeli.

Di era sekarang, banyak marketplace yang sudah menyediakan fitur pengiriman barang secara COD. Selain jual beli HP bekas melalui marketplace, saat melakukan transaksi, kamu hendaknya bisa memberanikan diri untuk bertemu langsung dengan calon pembeli. Hal ini dilakukan agar untuk meminimalisir risiko yang tidak diinginkan seperti penipuan.

Walaupun tergolong aman, terdapat kekurangan melalui fitur COD di marketplace ini. Salah satu kekurangan utama dari metode COD adalah pembeli dapat menolak membayar produk yang telah dipesan dengan berbagai alasan. Seperti pembeli yang merasa barang yang dipesan tidak sesuai, ingin mengubah pilihan, atau pun mengklaim bahwa barang atau produk tersebut cacat.

Ribet? Jual HP Bekasmu ke Jagofon Aja!

Itu dia beberapa tips yang dapat kamu lakukan sebelum jual beli HP bekas. Untuk Jagoans yang nggak ingin ambil pusing soal jual beli HP bekas, mending langsung jual HP bekas milikmu ke Jagofon aja! Selain caranya yang gampang, dijamin juga anti ribet! Berikut langkah-langkahnya yang bisa kamu lakukan :

  • Pergi ke website https://jagofon.com/
  • Kemudian pilih tab Jual HP yang berada di bawah kolom pencarian.
  • Isi data-data pribadi kamu, seperti nama, nomor telepon dan alamat email.
  • Selanjutnya isi data-data terkait ponsel bekas yang kamu ingin jual, seperti model dan tipe ponsel, garansi, masalah pada HP, dan data lainnya.
  • Kemudian klik Lihat Penawaran.
  • Tunggu beberapa saat dan ikuti instruksi selanjutnya.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa langsung menukar HP bekas milikmu dengan HP impian kamu melalui fitur tukar tambah di Jagofon. Berikut langkah-langkahnya :

  • Di website Jagofon, pilih tab tukar tambah.
  • Isi data pribadi dan data ponsel.
  • Kemudian isikan data dari HP yang ingin kamu beli di Jagofon.
  • Tunggu beberapa saat dan ikuti instruksinya hingga selesai.

Kenapa sih harus jual ponsel bekasmu di Jagofon? karena jual HP bekas di Jagofon dijamin terpercaya. Selain itu, kamu juga dapat dengan langsung mengetahui harga HP bekasmu tanpa harus menunggu lama. Pokoknya jual HP bekas di Jagofon praktis dan juga cepat!

Selain jual HP bekas, kamu juga bisa beli HP bekas di Jagofon lho! Kamu tinggal mengunjungi website Jagofon, dan ketikkan tipe ataupun model HP yang kamu inginkan, mulai dari android atau pun iPhone. Di samping harganya yang terjangkau, kamu juga akan mendapat full aksesoris sesuai box baru.

Jangan khawatir, setiap produk yang ditawarkan Jagofon juga sudah melalui serangkaian tes di 90+ titik fungsi HP yang membuat HP-nya 100% berfungsi seperti HP baru. Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya.

Beli HP bekas di Jagofon juga nggak bikin repot, kita siap antar HP impianmu sampai depan rumah. Eits, tapi kalau mau ketemu kita juga bisa kok, ada metode COD khusus wilayah Jakarta dan Self-Pickup ke kantor Jagofon! Tunggu apalagi? yuk segera kunjungi website Jagofon untuk jual beli HP bekas milikmu!