JagofonSpesialis HP Second Indonesia

Tips Mudah Cara Mengatasi HP Kemasukan Air!

Sedang asik-asiknya menikmati hidup, eh HP malah kemasukan air. Ini adalah pengalaman yang menyayat hati setiap pengguna ponsel pintar yang belum tersertifikasi tahan air. Pasalnya jika komponen dalam ponsel terkontaminasi air, mesin yang ada di dalam akan mengalami gangguan, lebih parahnya lagi akan terjadi korsleting dan berujung mati total.

Jika kejadian yang tidak mengenakkan ini menimpa kamu, sebisa mungkin jangan panik duluan ya Jagoans. Ada beberapa cara pertolongan pertama untuk meminimalisir kerusakan atau bahkan membuat HP kamu masih bisa diselamatkan ketika kemasukan air.

Adapun beberapa caranya, yuk kita simak tips mudah cara mengatasi HP kemasukan air berikut.

Keringkan dengan Penyedot Debu

Image Source: Eraspace

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika HP kamu kemasukan air adalah dengan mematikan HP kamu. Hal ini untuk mencegah terjadinya arus pendek ketika ponsel kamu menjalankan suatu aplikasi. Jadi agar tidak ada proses yang berjalan, kamu harus langsung matikan ponselnya.

Kemudian, untuk mengeringkan ponselnya kamu bisa menggunakan penyedot debu ya Jagoans. Caranya setting penyedot debu ke level tertinggi, kemudian kamu bisa menyambungkan ke selang yang lebih kecil jika ada. Lalu mulai proses penyedotan pada port-port terbuka seperti port USB, lubang speaker, atau jack audio jika ponsel kamu masih memilikinya.

Hal ini diharapkan meminimalisir masuknya air lebih banyak ke dalam komponen HP kamu. Dengan harapan lebih tinggi lagi semua cairan yang masuk terambil oleh penyedot debu tersebut.

Perlu diperhatikan, jika kamu sudah merasa HP kamu cukup kering, jangan dulu dihidupkan ya Jagoans, walaupun kelihatannya kering, ada kemungkinan komponen di dalamnya masih lembab.

Jika HP kamu sudah terlanjur mati total, kamu bisa menggantinya dengan HP bekas berkualitas ala Jagofon loh! Semua produk di Jagofon 100% berfungsi, kamu juga akan mendapat laporan tesnya juga.

Baca juga: 5 Tips Memilih Anti Gores yang Benar dan Tahan Lama, Gak Gampang Rusak!

Rendam di dalam Beras

Image Source: BIMC Media

Beras memiliki sifat hygroscopic yang mudah menyerap kelembaban. Karena sifatnya itu, beras menjadi salah satu pilihan untuk menyerap partikel air yang ada di dalam komponen HP.

Namun beras bukan satu-satunya bahan yang bisa membantu kamu untuk menyerap kandungan air dalam HP, ada juga bahan lain yang bisa melakukannya seperti silica gel, oatmeal instan, biji chia, sampai pasir kucing pun sifatnya bisa menyerap air.

Nah, setelah kamu menyedot HP kamu menggunakan penyedot debu, untuk memastikan komponen dalamnya kering, kamu bisa merendam HP kamu di dalam beras selama kurang lebih 2 hari alias 48 jam.

Hal ini diharapkan bisa menormalisasi kelembaban yang ada di dalam komponen HP kamu. Sehingga diharapkan setelah kamu menyalakan HP kamu kembali, HP kamu akan hidup dengan normal atau minimal bisa booting.

Jangan Dijemur

Image Source: Hipwee

Terkadang kita salah kaprah bagaimana cara mengeringkan HP saat kemasukan air. Alih-alih memakai vaccum cleaner atau merendam di dalam beras, kita malah menjemur HP di bawah terik sinar matahari.

Hal ini berbahaya ya jagoans. Jika kamu menjemur HP kamu, ini akan membahayakan komponen yang ada di dalam ponsel. Mulai dari baterai HP yang akan menggembung, lem yang membalut cover akan terangkat, serta komponen yang akan overheat karena terpapar sinar mata hari dalam waktu yang lama.

Alih-alih air yang ada di dalam komponen HP hilang, kamu malah harus beli HP baru di Jagofon. Namun ga ada ruginya juga jika kamu harus beli HP bekas di Jagofon. Selain memiliki harga yang kompetitif, HP nya juga mempunyai kualitas yang immersif. Karena walaupun bekas, semua produk di Jagofon masih 100% berfungsi normal dan yang pasti original.

Jangan Gunakan Hairdryer

Image Source: WowKeren

Selain menjemur HP di bawah sinar matahari, kamu juga harus menghindari penggunaan hairdryer untuk menghilangkan air dalam HP kamu. Panas yang dihasilkan hairdryer bisa merusak komponen kelistrikan yang ada di dalam HP kamu.

Hairdryer juga memungkinkan mendorong cairan yang ada dalam port USB masuk ke dalam HP dan malah menambah parah dampak yang ditimbulkan. Selain itu, lem yang menutup HP kamu dengan rapat akan memuai dan terlepas jika terlalu lama terpapar panas dari hairdryer.

Baca juga: Simak Tips-tips Ini Agar HP Kamu Kelihatan Seperti Baru Lagi

Gunakan Silica Gel

Imange Source: CNN Indonesia

Silica gel memiliki sifat yang sama dengan beras, yaitu mampu menyerap kelembaban di sekitar ruangan. Daya serap silica gel sendiri lebih baik daripada beras. Jika kamu memiliki banyak stok silica gel, kamu bisa menggunakannya untuk menyerap kelembaban yang ada di dalam komponen HP.

Silica gel sendiri kerap digunakan untuk mengawetkan produk berbahan kulit seperti sepatu, makanan, obat-obatan, hingga bahan elektronik. Karena sifatnya yang mampu menyerap kelembaban, silica gel mampu mencegah karat, hubungan arus pendek, dekomposisi produk dan reaksi oksidasi. Hal ini sangat baik untuk menyerap cairan yang ada dalam HP Android kamu.

Adapun cara mengatasi HP yang kemasukan air, kamu bisa merendam HP kamu kedalam silica gel kurang lebih selama 2 hari dalam wadah kedap udara. Kemudian setelah dirasa cukup, kamu bisa mencoba untuk menghidupkan kembali ponsel kamu.

Jangan Sambungkan ke Listrik

Image Source: CNN Indonesia

Hal yang sangat tidak dianjurkan adalah menyambungkan aliran listrik ke HP Android yang kemasukan air. Jika kamu memaksa untuk mengisi daya HP kamu disaat keadaan basah, hal ni akan mengakibatkan rusaknya komponen lain.

Hal ini juga dapat mengakibatkan rusaknya jaringan kelistrikan yang ada dalam HP kamu sehingga mengakibatkan HP kamu mati total. Alangkah baiknya jika kamu menemukan HP kamu tidak hidup setelah dibersihkan, kamu harus membuka HP kamu.

Jika kamu tidak bisa melakukannya, langsung pergi ke service center untuk dilakukan tindakan lanjutan.

Jika kamu kehabisan cara dan ingin mengganti HP kamu, kamu bisa cek katalog Jagofon loh, Jagoans! Semua produk di Jagofon dijamin original dan terjaga semua komponen dan sinyalnya. Semua HP bekas di Jagofon terdapat berbagai macam jenis sinyal, mulai dari Sinyal On sampai IMEI verified.

Selain itu, kamu juga bisa bantu lingkungan dengan mengurangi limbah elektronik dengan memakai HP bekas.

Buat kamu yang belum tahu, Jagofon bukan toko, melainkan marketplace HP bekas Indonesia yang memberikan pengalaman baru bagimu dalam membeli HP impian yang berkualitas. Jagofon melaksanakan quality control terhadap semua produknya sehingga 100% berfungsi sebelum sampai ke tanganmu.

Kapan lagi kamu beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Cukup checkout HP impianmu di website Jagofon, tunggu produknya sampai depan rumahmu deh. Psst, gratis ongkir loh untuk Pulau Jawa!