WAJIB Simak Tips Ini Agar Android Tidak Lemot

Dunia akan baik-baik saja jika Android kamu tidak lemot. Pasalnya HP Android sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Sejak bangun pagi sampai menjelang tidur, pasti kamu akan berkutat dengan HP Android untuk memenuhi kebutuhan digital kamu.

Namun seiring berjalannya waktu, HP Android dipastikan akan mengalami penurunan kinerja. Pada saat HP kamu tidak responsif alias lemot pasti akan menghambat produktivitas dan membuat kualitas hidup menurun.

Hal yang menyebabkan HP Android lemot sebenarnya banyak faktornya, mulai dari memori yang penuh, versi OS yang jadul, baterai yang cepat panas, dan masih banyak yang lainnya.

Oleh karena itu, buat kamu yang merasa HP Androidnya sudah tidak responsif, kamu wajib simak beberapa tips ini agar Android tidak lemot.

Baca juga: Daftar HP Android yang Mirip iPhone, Siapa Tau Cocok!

Bersihkan Cache Secara Rutin

WAJIB Simak Tips Ini Agar Android Tidak Lemot - Jagofon
Image Source: Blackview

Salah satu faktor penyumbang HP Android lemot adalah file cache yang sudah menumpuk. Tanpa kamu sadari, seiring berjalannya waktu dan semakin banyak aktivitas yang kamu lakukan di berbagai Aplikasi yang ter-install, maka semakin bayak pula file cache yang ada dalam penyimpanan HP kamu.

File yang menumpuk ini yang menyebabkan penyimpanan penuh kemudian mengakibatkan tersendatnya kinerja saat menjalankan sebuah aplikasi.

Untuk menanggulanginya, kamu harus hapus cache yang ada di HP menggunakan aplikasi pembersih bawaan. Jika kamu pengguna Samsung A52, kamu bisa menggunakan widget aplikasi Device Care dan membersihkan cache semua aplikasi dengan otomatis.

Jika kamu ingin membersihkannya secara manual, kamu bisa menggunakan cara: Settings > Apps kemudian urutkan aplikasi dari yang paling besar menuju kecil dengan mengetuk logo tanda panah ke bawah yang terletak di sebelah kanan atas kemudian pilih Size.

Kemudian kamu tinggal pilih aplikasi dari yang terbesar, ketuk Storage dan di sebelah kanan bawah ada pilihan Clear cache. Ketuk Clear cache dan proses selesai. Kemudian lanjutkan ke aplikasi berikutnya dengan menggunakan cara yang sama.

Sifat file cache akan terbentuk kembali sesaat kamu melakukan aktivitas pada aplikasi yang kamu gunakan. Jadi kamu meman harus sering-sering membersihkan cache untuk mencegah HP Android kamu lemot.

Update Software

WAJIB Simak Tips Ini Agar Android Tidak Lemot - Jagofon
Image Source: Tech Advisor

Hal lain yang mengakibatkan Android lemot adalah sistem operasi yang tidak diupdate alias jadul. Untuk menjalankan beberapa aplikasi pada HP Android dibutuhkan Software atau OS yang tergolong baru.

Jika kamu menggunakan OS jadul, barang tentu akan menghambat kinerja HP Android kamu untuk menjalankan sebuah aplikasi. Oleh karena itu, disaran kan untuk mengatur pembaruan piranti lunak atau software update secara otomatis.

Namun jika kamu ingin mendownload update software secara manual kamu bisa menggunakan cara seperti yang dilakukan ke Samsung A54 berikut. Pergi ke Settings > Software update > Download and install. Jika ada pembaruan, file nya akan didownload dan akan terinstall setelah proses download selesai.

Kemudian pada seksi yang sama, kamu juga bisa mengatur pembaruan secara otomatis degan menghidupkan toggle "Auto download over Wi-Fi". Fitur ini akan aktif secara otomatis mendownload software update jika ada ketika tersambung ke dalam jaringan Wi-Fi.

Hapus Aplikasi Tak Terpakai atau Gunakan Versi Lite

WAJIB Simak Tips Ini Agar Android Tidak Lemot - Jagofon
Image Source: TriState Technology

Tips ampuh agar Android tidak lemot selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi yang jarang atau tak terpakai lagi. Terkadang Jagoans meng-install aplikasi sekali pakai dan tidak menghapusnya dengan benar. Data yang menumpuk ditambah file cache akan mempersempit ruang penyimpanan HP Android kamu.

Hal ini menjadi penyebab HP Android lemot dan jika dilakukan dalam jangka waktu lama akan merusak HP itu sendiri. Alangkah baiknya kamu sortir kembali aplikasi apa saja yang penting dan aplikasi apa saja yang sudah tidak dipakai.

Selain itu, jika kamu memiliki HP bekas yang jadul dan ingin menjalankan aplikasi dengan lancar, kamu bisa meng-install aplikasi versi lite. Aplikasi versi lite memungkinkan kamu menjalankan aplikasi relatif jauh lebih ringan namun memiliki fungsi utama yang sama dengan aplikasi standarnya.

Kekurangan aplikasi versi lite terletak pada tampilan yang ala kadarnya, mengingat untuk menambahkan kinerja dan respon aplikasi lebih baik, pasti developernya akan menghilangkan elemen tak penting yang berpotensi membuat Android lemot.

Jadi jika kamu menemukan bahwa HP Android bekas kamu sudah lemot membuka Whatsapp, Facebook, Instagram, atau aplikasi lainnya, kamu bisa mencoba versi lite nya untuk menambah kinerja HP Android kamu agar tidak lemot.

Hapus Cache Google Chrome

WAJIB Simak Tips Ini Agar Android Tidak Lemot - Jagofon
Image Source: DetikInet

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Google Chrome adalah aplikasi pelahap memori dan penyumbang cache yang lumayan besar. Tak ayal jika kamu memiliki HP bekas dengan spek pas-pasan, pasti akan sedikit berat menjalankan aplikasi ini apalagi sambil membuka banyak tab.

Salah satu cara untuk menjaga kinerja Android tidak lemot adalah dengan menghapus cache Google Chrome. Jika kamu pengguna Samsung A54, caranya sama dengan HP Samsung lainnya yaitu dengan mengunjungi Settings > Apps > Chrome.

Pilih Storage, kemudian ketuk clear cache yang terletak di kanan bawah. Namun jika kamu ingin menghapus file lain yang ada pada chrome, kamu bisa menggunakan cara buka aplikasi Chrome, kemudian pilih titik tiga di kanan atas, pilih Settings > Privasi > Hapus data penjelajahan > Ketuk tab Lanjutan.

Kemudian kamu bisa pilih rentang waktunya mulai dari 1 jam terakhir sampai dengan 4 minggu terakhir. Pilih beberapa file yang ingin kamu hapus mulai dari cache gambar, cookies, data password, dan lainnya. Jika kamu sudah memilih data apa yang ingin dihapus, ketuk Hapus data.

Perlu diperhatikan bahwa jika kamu menggunakan cara ini, kamu harus teliti dan jangan sampai data penting yang ada dalam chrome sampai terhapus juga ya Jagoans.

Lakukan Factory Reset

WAJIB Simak Tips Ini Agar Android Tidak Lemot - Jagofon
Image Source: Berita 99.co

Cara ampuh lainnya agar HP Android tidak lemot adalah dengan melakukan factory reset. Dengan cara ini, kinerja HP Android kamu dijamin akan seperti baru.

Namun perlu disadari semua aplikasi dan data pribadi yang tersimpan dalam penyimpanan lokal akan terhapus juga. Oleh karena itu, kamu wajib mencadangkan data kamu sebelum melakukan factory reset.

Nonaktifkan Animasi

Mematikan Animasi di Android Agar Performa Cepat dan Baterai Lebih Awet
Image Source: CRONOSAL

Mematikan aplikasi terbukti meningkatkan kinerja HP Android sehingga mampu memaksimalkan kinerjanya. Adapun cara untuk mematikan animasi HP Android, kamau harus memasuki menu Developer Options yang tersembunyi pada Settings.

Bagi para pengguna HP Samsung, untuk mengaktifkan menu Developer options adalah dengan cara pergi ke Settings > About phone > Software information > Ketuk 7 kali atau lebih Build number, kemudian kamu akan diminta memasukkan PIN dan menu Developer options akan muncul pada salah satu menu di dalam Settings.

Setelah masuk ke dalam Developer options, gulir ke bagian bawah lalu temukan pilihan Window animation scale dan Transision animation scale, kemudian pilih Animation off.

Dengan cara ini, transisi antarmuka HP Android kamu tidak akan semulus sebelumnya, namun ampuh untuk mengatasi HP bekas Android yang sudah lemot,

Bersihkan Background App

WAJIB Simak Tips Ini Agar Android Tidak Lemot - Jagofon
Image Source: nextpit

Penyebab lemotnya HP Android adalah adanya aplikasi yang masih berjalan di background. Kamu mungkin sudah tidak menggunakan salah satu aplikasi, namun secara tidak sadar aplikasi tersebut masih berjalan dan mengumpulkan data selama HP Android kamu dalam posisi idle atau tidak dipakai.

Hal ini tentu menambah beban kerja chipsetnya dan mengakibatkan Android kamu lemot.

Untuk menanggulanginya kamu bisa menginstall aplikasi killer apps yang banyak tersedia di Google Play Store. Namun kamu harus memilah dan memilih aplikasi pihak ke-3 dengan bijak ya Jagoans agar terhindar dari pencurian data.

Baca juga: Kupas Tuntas HP Android Kamera Terbaik April 2024

HP Android Berkualitas? Jagofon Tempatnya!

Permasalahan kinerja lemot pada HP Android memang tak bisa dihindari. Namun hal ini bisa ditanggulangi dengan merawat HP kamu dengan baik. Kamu juga harus memerhatikan parameter lain yang membuat HP Android cepat lemot seperti pola pemakaian dan pengaturan HP Android yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika HP kamu sudah tak tertolong lagi lemotnya, kamu bisa intip beberapa HP Android bekas di Jagofon. Walaupun statusnya bekas, kualitasnya seperti baru karena semua HP di Jagofon sudah melalui tahap pengetesan di 90+ titik fungsi sehingga 100% masih sangat layak pakai bahkan seperti baru.

Kapan lagi beli HP bekas bergaransi? Cuma Jagofon lah! Ada garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 Bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Ini cara baru beli HP bekas! Kamu nggak perlu repot kunjungi toko, kunjungi website Jagofon saja. Semua produk Jagofon terpercaya karena sudah diuji dan bergaransi!