JagoHacks

3 Cara Membuat iPhone Lambat Menjadi Gesit Lagi

Seri pertama iPhone, yang diperkenalkan pada tahun 2007, membawa inovasi besar dalam dunia ponsel dengan antarmuka layar sentuh dan desain yang minimalis. Meskipun memiliki perangkat keras yang relatif terbatas, iPhone 2G menetapkan standar baru untuk pengalaman pengguna yang membuka era baru dalam teknologi ponsel. Seiring berjalannya waktu, setiap seri iPhone berikutnya menghadirkan peningkatan yang signifikan dalam hal perangkat keras, fitur, maupun kinerja.

Source: Huffington Post UK

Peningkatan Apa Saja yang Dilakukan Terhadap iPhone?

Setiap generasi iPhone menghadirkan peningkatan dalam kecepatan pemrosesan, kapasitas penyimpanan, dan kualitas kamera. Peningkatan ini membuat kamu dapat menjalankan aplikasi yang lebih kompleks, mengambil foto dan video berkualitas tinggi, serta mengakses berbagai layanan digital dengan lebih cepat dan efisien. Inovasi seperti Face ID, pengisian daya nirkabel, dan layar ProMotion pada seri-seri terbaru juga memperkaya pengalaman Jagoans. Hal ini menjadikan iPhone sebagai salah satu incaran utama di pasar ponsel pintar

Apakah iPhone Bisa Menjadi Lemot?

Penggunaan iPhone yang berlebihan dapat menyebabkan kinerja perangkat menjadi lebih lambat seiring berjalannya waktu. Beban kerja yang tinggi, seperti menjalankan berbagai aplikasi berat secara bersamaan atau memainkan game grafis tinggi, dapat menyebabkan penggunaan CPU dan RAM yang cukup berat. Jika iPhone tidak memiliki daya pemrosesan yang cukup atau jumlah RAM yang memadai, dapat mengakibatkan penurunan kinerja dan respons, terutama pada model iPhone yang lebih lama. Hal ini membuat iPhone lelet dan tidak bekerja dengan semestinya.

Source: Geek Dashboard

Jika aplikasi sering mengalami crash atau keluar sendiri, ini juga bisa menunjukkan adanya masalah kinerja. Perlu diingat bahwa beberapa masalah ini bisa diselesaikan dengan melakukan perawatan seperti membersihkan penyimpanan atau mematikan beberapa fitur yang tidak diperlukan. Tetapi jika perangkat tetap mengalami kinerja yang buruk, mungkin perlu dipertimbangkan untuk memeriksa perangkat keras atau berkonsultasi dengan dukungan teknis.

Apa Saja Tanda iPhone Mengalami Penurunan Kinerja?

Tanda-tanda umum bahwa sebuah iPhone mungkin mengalami kinerja yang lambat, di antaranya seperti lamanya waktu respons saat membuka aplikasi atau beralih antar aplikasi. Atau, ketika perangkat mengalami penundaan dalam menanggapi perintah Jagoans, seperti membuka kamera atau menggeser antar halaman beranda.

Source: Tipard

Selain itu, perangkat yang sering mengalami pemanasan berlebih atau terasa panas saat digunakan bisa menjadi ciri kinerja yang kurang optimal. Bisa juga dengan kondisi baterai yang melemah, dapat menjadi indikator kinerja yang menurun. Daya tahan baterai berkurang dan perangkat bisa mati mendadak meskipun persentase baterai masih terlihat cukup.

Baca juga: Inilah Cara Mengatur Keyboard iPhone Sesuai Selera

Apa Penyebab iPhone Lambat?

Penyebab iPhone lambat itu dapat terjadi karena beberapa faktor. Selain karena versi iPhone yang sudah kelewat zaman, tetapi ada penyebab lain yang bisa Jagoans hindari. Jika iPhone lelet, coba periksa iPhone milikmu memiliki ciri seperti di bawah ini:

1. Usia Perangkat Keras

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan iPhone lambat adalah usia dari perangkat keras. Seiring berjalannya waktu, teknologi dalam perangkat keras iPhone menjadi ketinggalan zaman dibandingkan dengan model terbaru. Aplikasi dan sistem operasi yang dirancang untuk perangkat keras yang lebih baru mungkin memerlukan lebih banyak daya pemrosesan dan sumber daya, sehingga membuat kinerja iPhone yang lama terasa lebih lambat.

2. Memori Penuh

Selanjutnya, karena penyimpanan penuh juga dapat berdampak membuat kinerja iPhone lelet. Jika penyimpanan internal hampir penuh, perangkat tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpan data sementara atau melakukan operasi tertentu. Penting untuk secara teratur menghapus aplikasi yang tidak terpakai, foto, dan file yang tidak dibutuhkan untuk tetap memberikan ruang yang cukup pada perangkatmu.

Source: Pinterest

3. Tidak Memperbarui iOS

Terakhir, masalah perangkat lunak juga dapat menjadi penyebab kinerja iPhone lambat. Meskipun iPhone umumnya dikenal karena optimalisasi perangkat lunaknya, terkadang pembaruan sistem operasi atau aplikasi dapat menyebabkan konflik atau memerlukan sumber daya yang lebih besar. Jagoans bisa meminimalisir masalah kinerja dengan memastikan perangkat selalu menjalankan versi perangkat lunak terbaru dan mengelola aplikasi dengan bijak.

Baca juga: https://blog.jagofon.com/post/inilah-lineup-iphone-x-dengan-harga-bekas-tahun-2023/

Tips Membuat iPhone Tidak Lemot

Kalau sudah digunakan dalam jangka waktu lama sehingga iPhone lelet, mungkin kamu bisa mencoba otak atik iPhone-mu terlebih dahulu. Berikut beberapa cara untuk membuat iPhone tidak lambat lagi yang bisa Jagoan coba:

1. Matikan Siri

Siri adalah asisten suara virtual yang dikembangkan oleh Apple untuk perangkat iOS, iPadOS, watchOS, macOS, dan HomePod. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2011, Siri memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan perangkat Apple milikmu dengan menggunakan suara. Jagoans bisa memberkan perintah untuk melakukan tugas seperti menjawab pertanyaan, mengirim pesan, membuat panggilan, dan menjalankan aplikasi.

Siri menggunakan pemahaman bahasa alami dan teknologi kecerdasan buatan untuk merespons perintah pengguna dan memberikan informasi atau melakukan aksi yang diminta. Penggunaan Siri juga dapat berdampak pada baterai dan software karena Siri dapat diperintah untuk membuka seluruh akses pada iPhone. Mematikan Siri pada iPhone mungkin memberikan sedikit peningkatan kinerja karena Siri menggunakan pemrosesan suara dan koneksi internet untuk merespons perintah.

Source: Apple Insider

2. Mematikan Pengunduhan Otomatis

Mematikan pengunduhan otomatis pada iPhone dapat membantu mencegah kinerja yang lambat dengan mengurangi beban data yang harus diunduh secara otomatis. Dengan menonaktifkan pengunduhan otomatis untuk aplikasi, pembaruan sistem, atau sinkronisasi data, kamu dapat memiliki lebih banyak kendali terhadap penggunaan bandwidth dan penyimpanan perangkat. Hal ini dapat mengurangi beban pada koneksi internet dan ruang penyimpanan internal, yang mungkin dapat menyebabkan perangkat berjalan lebih responsif dan efisien.

3. Mematikan Background App Refresh

Mematikan Background App Refresh pada iPhone dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat dengan mengurangi penggunaan sumber daya yang tidak perlu. Fitur ini memungkinkan aplikasi untuk memperbarui konten di latar belakang secara otomatis, yang dapat memakan daya baterai dan mengakibatkan kinerja iPhone lambat.

Dengan menonaktifkan Background App Refresh, kamu dapat mengendalikan aplikasi mana yang diizinkan untuk mengupdate di latar belakang, menghemat daya baterai, dan memastikan bahwa sumber daya perangkat digunakan secara lebih efisien, sehingga meningkatkan responsivitas keseluruhan iPhone.

Kesimpulan

Meskipun setiap seri iPhone terbaru menawarkan peningkatan signifikan dalam kinerja dan fitur, tetapi kecepatan perkembangan teknologi ini juga berdampak pada siklus hidup perangkat. Seri terbaru mungkin memiliki spesifikasi dan kemampuan yang jauh melampaui seri pertama, tetapi Jagoans mungkin seskali akan merasakan pengalaman iPhone lelet dengan setiap pembaruan generasi baru.

Maka dari itu, semakin berkembangnya teknologi, perangkat yang kamu gunakan juga harus mengalami peningkatan. Apa iPhone yang saat ini sedang Jagoans gunakan sudah mulai lemot? Tidak ada salahnya melakukan upgrade pada perangkat lama milikmu! Kamu bisa membeli iPhone di Jagofon, yang merupakan spesialis gadget dan HP bekas. Semua produk di Jagofon sudah lolos uji kelayakan, jadi sudah pasti Jagoans akan mendapatkan produk dengan kualitas terbaik.

Dengan membeli iPhone yang kamu inginkan di Jagofon, kamu akan mendapatkan layanan garansi 7 hari uang kembali, 30 hari gratis garansi mesin, dan 6 bulan garansi mesin dengan tambahan biaya. Cuma Jagofon yang berani memberikan garansi kayak begini, loh! Ingat Jagoans, jadilah pembeli yang pintar. Kamu bisa dapatkan HP bekas yang kualitasnya setara HP baru, dengan harga yang lebih terjangkau. Jadi gak perlu mikir sampai gak tidur untuk mengganti iPhone lama kamu, Jagoans!