Lifestyle

3 YouTuber Gadget Terbaik di Indonesia Versi Jagofon

Youtube Gadget adalah salah satu genre streamer yang banyak ditonton di Indonesia. Karena Youtuber gadget selalu berusaha untuk memberi review soal gadget terbaru, mereka membantu kita untuk “membongkar” HP yang kita mau tanpa membelinya. Jadi nggak kaget kalau banyak orang nonton di Indonesia nonton gadget YouTuber.

Kalau kamu juga mau nonton YouTuber gadget, Jagofon punya 3 YouTuber gadget terbaik di Indonesia yang Jagofon suka. Yuk, simak cerita mereka dan perjalanan mereka menjadi YouTuber gadget!

GadgetIn

GadgetIn adalah salah satu YouTuber Gadget Indonesia yang paling sukses. Dalam waktu 8 tahun, GadgetIn berhasil mendapat 8-digit subscribers dan bisa bekerja sama dengan berbagai brand gadget terkenal.

Source: Gadgetin

Tentu saja, perjuangan GadgetIn bukanlah proses yang gampang. Ketika David, pemilik GadgetIn, mulai channel YouTube-nya, ia memulai dengan memberikan review Xiaomi MI 3 yang waktu itu cukup booming. Hanya dengan modal kamera video dan kamar seadanya, David berhasil membuat review Xiaomi Mi 3 yang sangat detail sehingga menghasilkan 1 juta views. Dari sini lah perjalanan David dimulai.

Berkat kerja keras David, GadgetIn sekarang memiliki lebih dari 11 juta subscribers. Banyak brand yang minta David untuk review produk mereka karena jumlah subscribernya. Dan tentu saja, David juga sudah upgrade alat shooting-nya. Sekarang, David menggunakan kamera yang tajam, lighting profesional, dan ruangan yang aesthetic.

Sesuai dengan namanya, David membuat video review soal gadget. Mulai dari handphone sampai TV, semuanya direview olehnya. Selain gadget, David juga review hal-hal unik seperti mystery box dan konten menarik lainnya. Tentu saja, konten tersebut pasti berhubungan dengan gadget.

Apa sih yang buat GadgetIn punya banyak subscribernya? Selain kontennya yang detail, David selalu membungkus video mereka dengan hal-hal kecil yang menarik perhatian. Judul videonya selalu menarik perhatian, thumbnail-nya selalu bikin penasaran, dan dia tidak memandang brand. Ya, David selalu review gadget yang menarik perhatiannya, berapapun harganya. Jadi tidak aneh dia punya banyak subscriber – kamu pasti bisa mencari gadget yang kamu cari di YouTube dia.

Baca juga: 5 Fitur iPhone ini Dapat Membantu Produktivitas

Dhiarcom

Youtuber Gadger kedua yang cukup dikenal adalah Dhiarcom. Awalnya, Dhiarcom adalah food blogger yang sering review makanan khas Asia. Tidak hanya Indonesia, ia juga review makanan dari Thailand juga. Namun, ia berubah haluan ketika video review BlackBerry Priv mereka mendapatkan views dua kali lipat dibandingkan video makanan mereka. Sejak saat itu, Dhiarcom lebih fokus ke gadget dengan beberapa video makanan di antara video gadget-nya.

Source: Dhiarcom

Konsistensi Dhiarcom dalam membuat konten memberikan hasil yang cukup memuaskan. Sekarang, Dhiarcom punya lebih dari 2 juta subscriber. Selain YouTube, Dhiarcom juga mengembangkan sayapnya di TikTok dimana ia memiliki 1.8 juta followers dan 25 juta likes. Videonya di YouTube punya views yang cukup bervariasi, mulai dari 10,000 lebih sampai 150,000+. Tentu saja, jumlah subscribers dan video views-nya membuat banyak brand mengirim produk mereka ke Dhiarcom.

Meskipun Dhiarcom dikenal dengan konten review gadget-nya, ia juga sering melakukan konten unik lain yang berhubungan dengan teknologi. Contohnya, ia membuat video dimana ia mendatangi pabrik TV terbesar di Indonesia, bongkar layar HP, giveaway, dan lain-lain. Jadi, selain review produk, ia juga membuat video dan konten unik yang tetap berhubungan dengan teknologi. Hal ini bukanlah hal yang buruk, karena kamu bisa mendapatkan konten penuh variasi di channelnya Dhiarcom. Jadi, kamu nggak akan bosan melihat review gadget terus menerus.

Tapi karena fokus utama Dhiarcom adalah review produk, ia selalu memberikan perhatian ekstra di konten reviewnya. Dhiarcom selalu mengupas semua aspek dari produknya. Ia akan review aplikasi yang digunakan dan juga bagaimana ia menggunakan produknya. Tentu saja, kalau yang direview adalah HP, ia pasti memperlihatkan performa HP-nya ketika ia sedang gaming. Dan kalau Dhiarcom review kameranya, tim Dhiarcom akan perlu keluar rumah untuk tes kejernihan kameranya bahkan ketika di malam hari. Penuh dedikasi, bukan? Pantas saja ia punya banyak subscriber!

Baca juga: 3 Penyebab Utama HP Sering Panas dan Cara Mengatasinya

Sobat Hape

Youtuber Gadget ketiga favorit Jagofon adalah Sobat Hape. sama seperti GadgetIn David, Sobat Hape memulai channelnya dengan review apa adanya. Dengan kamera amatir menghadap produk yang direview yaitu Smartfren Andro Max Review, Sobat Hape memulai perjalanannya di dunia review produk pada tahun 2013.

Source: Sobat Hape

Meskipun video perdana mereka tidak memberi view yang cukup banyak. Sobat Hape tetap konsisten dalam mengeluarkan kontennya. Sekarang, ia menjadi YouTuber Gadget dengan 7-digit subscriber. Konsistensi Sobat Hape dalam review produk membuat mereka dilirik banyak orang sehingga mereka bisa mendapatkan jumlah subscriber yang dimiliki sekarang. Tentu saja, Sobat Hape juga mendapat tawaran menarik dan brand-bran berkat ketenaran mereka sekarang.

Kalau kamu melihat channel Sobat Hape di awal-awal,  kamu akan melihat style video yang khas – kamera menghadap produk yang diletakan di meja. Namun, seiring waktu berjalan, kamu akan melihat style thumbnail berubah menjadi style standar yang digunakan di YouTube jaman sekarang. Cara review produknya juga berubah dari menunjukan tangan saja sampai menunjukan seluruh badan mereka ala-ala vlogger.

Perubahan style tersebut bukanlah hal yang jelek. Hal ini menunjukan bahwa Sobat Hape adalah YouTuber Gadget yang mau berinteraksi dengan subscriber mereka dan mau berubah dengan penonton. Kedekatan mereka dengan subscriber juga bisa dilihat dari vlog mereka ketika mereka baru mulai. Sobat Hape sering membuat konten ketika ia bepergian ke acara gadget, dan ia selalu update ke penonton lewat vlognya.

Karena Sobat Hape review gadget, mereka juga review produk lain selain HP. mereka sering review aksesoris seperti smartwatch atau perangkat gaming seperti Xbox. ada juga beberapa topik yang terlihat “jauh” dengan gadget seperti video soal diet tapi rupanya mereka review produk semi-teknologi yaitu sepeda indoor pintar. Karena podcast adalah trend terbaru, Sobat Hape juga mulai rilis podcast dalam bentuk video dimana mereka berbincang ala-ala seperti di stasiun radio. Sobat Hape selalu memberikan variasi dan berevolusi, membuat mereka menjadi salah satu YouTuber Gadget yang paling up-to-date dengan tren.

Penutup

Meskipun tiga Youtuber di atas adalah Youtuber Gadget, mereka punya ciri khas tersendiri dan punya daya tarik yang berbeda. GadgetIn memberikan konten review gadget tradisional, Dhiarcom selalu membuat topik yang unik, dan Sobat Hape punya konten yang selalu bisa mengikuti zaman. Dari tiga YouTuber ini, yang mana favoritmu?

Kalau kamu sudah cek HP yang mau kamu beli di YouTuber Gadget favorit kamu, kamu bisa buka website Jagofon dan cari HP impianmu di sana. Semua produk Jagofon punya kualitas, dan CS mereka pun juga gercep. Pokoknya, kamu nggak akan nyesel deh beli HP impianmu dengan harga terjangkau di Jagofon!