JagoHacks

3 Penyebab Utama HP Sering Panas Dan Cara Mengatasinya

Pernah nggak sih HP kamu mendadak panas? Kalau ini sering terjadi ke kamu, kamu tidak usah khawatir karena artikel ini akan diskusi semuanya tentang HP panas dan tips untuk mengatasinya.

1. Aplikasi Butuh Pembaruan

Source: VOI

Kalau HP kamu sering panas, hal yang wajib kamu lihat adalah versi dari aplikasi kamu. Kalau aplikasi kamu belum di update, ada kemungkinan bahwa mereka adalah penyebab utama HP kamu gampang panas.

Ya, versi aplikasi yang digunakan bisa membuat HP kamu panas. Semakin lama versi yang digunakan, semakin banyak tenaga yang digunakan oleh processor HP untuk membuat aplikasi tersebut aktif.

Nah, sekarang bayangkan jika ada banyak aplikasi yang belum di-update “ditumpuk” secara bersamaan. Hal ini akan membuat HP bekerja tambah keras karena banyak aplikasi lama yang harus dinyalakan pada saat yang bersamaan.

Apabila hal ini sering terjadi ke kamu, pastikan kamu punya solusi untuk aplikasi kamu seperti menutup semua aplikasinya dan hanya buka yang akan kamu gunakan.


Baca juga: Inilah 5 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10 2022


2. Bermain Game atau Streaming Terlalu Lama

Source: Kaskus

Apakah kamu gamer? Kalau iya, ada kemungkinan kalau game yang kamu mainkan membuat HP-mu panas. Suhu HP cenderung naik apabila kamu memainkannya dalam waktu yang lama.

Sayangnya, semua HP akan mengalami isu ini apabila dimainkan selama berjam-jam. Hanya saja, HP yang mempunyai spek lebih lemah cenderung akan lebih cepat panas atau lebih panas dibandingkan dengan HP yang lebih besar RAM/memorinya.

Streaming adalah faktor lain yang bisa membuat HP kamu sepanas oven. Streaming dan video tidak hanya memakan waktu tetapi juga memori karena HP harus menyimpan data video agar videonya bisa berjalan lancar. Perlu diingat juga bahwa display layar HP akan nyala sampai videonya selesai, jadi HP kamu harus “bangun” terus menerus untuk menunjukan videonya.

Kalau HP kamu masuk kategori potato, kamu bisa mengurangi temperatur dengan trik seperti mengurangi kualitas video dan juga game kamu. Atau, kamu bisa menutup semua aplikasi yang berjalan sebelum memulai game/streaming.

3. Adanya Malware di Smartphone-mu

Source: PCMag

Kalau HP kamu masih panas meskipun kamu jarang streaming, gaming, dan menggunakan aplikasi, saatnya kamu instal antivirus dan scan HP kamu. Karena, ada kemungkinan bahwa ada malware yang mempengaruhi performa HP.

Meskipun aplikasi yang terkena malware tidak digunakan, malware-nya tetap berjalan. Hal ini membuat HP tidak istirahat karena mereka harus tetap bekerja untuk melawan malware tersebut. Jadi, jangan kaget apabila HP kamu mendadak panas meskipun kamu tidak streaming, gaming, atau buka aplikasi.

Biasanya developer aplikasi yang terkena malware selalu memberikan bug fix di update selanjutnya. Kalau kamu tidak update aplikasi kamu, maka kamu tidak dapat perbaikan tersebut.


Baca juga: Keuntungan Beralih Ke HP Bekas Dari Segi Finansial, Sosial, Hingga Lingkungan


Cara Mengatasi HP Yang Panas

Bagi kamu yang mau mengatasi HP yang panas, tenang saja karena kami ada tips and trick untuk meredakan handphone kamu.

Selalu Perbarui Software

Source: TechAdvisor

Dari isu di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa software wajib diperbarui. Update terbaru dari software membantu untuk membasmi malware yang membuat HP capek. Selain itu, kita juga akan mendapatkan optimalisasi yang diberikan oleh developer.

Kalau kamu tidak mau menghabiskan paket data untuk perbarui software, kamu bisa perbarui software aplikasi yang paling sering kamu pakai. Ketika kamu ada sisa paket data, kamu bisa perbarui software yang jarang dipakai.

Lepas Casing HP

Source: Shopify

Percaya atau tidak, kamu bisa mengurangi suhu HP dengan melepas casing HP. Meskipun casing HP bisa melindungi, mereka juga “mengekang” performa HP karena menangkap suhu panas yang keluar dari HP.

Karena suhunya tertangkap oleh casing HP, pergerakan suhu panas keluar juga akan agak tersendat. Jadi jangan kaget ketika HP kamu lebih panas saat menggunakan casing HP.

Kalau kamu tidak mau melepaskan casing HP-nya, kamu bisa melakukannya saat kamu charging HP. Ketika kamu charging HP, kamu tidak akan membawa HP kamu kemana-mana. Jadi, HP kamu tidak akan tergores.

Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Source: iDownloadBlog

Seperti yang dikatakan sebelumnya, penggunaan aplikasi sangatlah berpengaruh pada performa handphone. Semakin banyak aplikasi yang digunakan, semakin keras pula HP kamu bekerja.

Kita perlu mengingat juga bahwa versi aplikasi yang digunakan juga mempengaruhi HP kita. Bayangkan apabila aplikasi versi lama dinyalakan dengan aplikasi baru yang lainnya. Handphone kita akan bekerja sangat berat, bukan

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan (seperti forced shutdown atau baterai cepat habis), sebaiknya kamu matikan aplikasi yang tidak digunakan. Jika kamu harus menggunakan lebih dari satu aplikasi, batasi aplikasi yang digunakan (dua atau tiga aplikasi sudah cukup).

Turunkan Display Brightness Ketika Tidak Diperlukan

Source: Hearstapps

Ketika kamu menaikan display brightness, HP akan bekerja lebih keras untuk menyesuaikan diri dengan brightness yang diinginkan. Semakin tinggi display brightness-nya, semakin panas HP kita karena mereka harus “menguras tenaga.”

Apabila kamu harus menaikan display brightness, kamu harus melakukannya dengan strategi. Naikan di level yang spesifik saja dan tidak terlalu tinggi. Jika kamu harus menggunakan level tertinggi, segera turunkan display brightness setelah kamu selesai menggunakan cahayanya.


Baca juga: Review Samsung Galaxy A30: HP Segala Kalangan


Rawat Smartphone-mu Dengan Baik

Source: Freepik

Kalau HP kamu mendadak panas, jangan panik! Kamu bisa mencari tahu penyebab kenaikan suhunya pelan-pelan sambil mengingat apa yang sudah kamu lakukan sebelumnya. Apakah kamu sedang menonton video? Atau, kamu belum update aplikasi kamu? Cari sumber masalahnya agar kamu bisa mengatasinya.

Kalau HP kamu benar-benar tidak bisa ditolong, kamu bisa membeli upgrade HP kamu. Kamu tidak perlu membeli HP baru, karena kamu bisa membeli HP second yang berkualitas dengan harga yang affordable. Jika kamu mau membeli HP second, pastikan sellernya adalah seller terpercaya.

Kalau kamu tidak mau ribet mencari seller yang terpercaya, kamu bisa membeli HP secondnya di Jagofon. Semua HP Jagofon selalu melalui quality check, jadi kamu tidak usah khawatir karena kamu pasti dapat HP berkualitas dari Jagofon!