Lifestyle

Keuntungan Beralih Ke HP Bekas Dari Segi Finansial, Sosial, Hingga Lingkungan

Tahukah kamu bahwa ada miliaran HP dijual setiap tahunnya? Setidaknya ada 1 miliar HP Android dan ratusan juta iPhone per tahun dikirim ke seluruh penjuru dunia. Sayangnya, hal ini hanya menambah sampah karena HP lama akan dibuang untuk HP yang lebih baru.

Jika kamu sudah tahu bahayanya pencemaran limbah elektornik ini, kamu sepertinya harus beralih untuk memakai HP bekas. Tentu saja, ada keuntungan lainnya jika kamu membeli HP bekas. Kalau kamu mau tau apa saja keuntungannya, yuk simak artikel di bawah ini!

Membeli HP Bekas Akan Menguntungkan Secara Finansial

Course: Zzap

Kamu mungkin akan kaget dengan harganya ketika kamu beli HP bekas. HP bekas cenderung lebih murah dibandingkan dengan HP baru, dan jarak harga HP baru dan bekas  juga cukup besar.

Kita bisa melihat contohnya dari iPhone 14. Di iBox, iPhone 14 256 GB dijual dengan harga Rp. 17,999,999. Sementara itu, kamu bisa membelinya di Jagofon dengan harga Rp. 15,580,000. Perbedaan harganya cukup besar, bukan?

Selain menghemat uang, HP kamu juga akan bertahan lebih lama. HP bekas dengan kualitas baik bisa bertahan dalam waktu yang lama. Tentu saja, ini hanya bisa terjadi kalau kamu mendapatkan HP bekas yang berkualitas.

Kalau kamu khawatir mengenai kualitasnya, kamu bisa melakukan riset soal toko dimana kamu akan beli HP bekasmu. Kamu bisa melihatnya dari testimoni pelanggan lain, Google Reviews, dan lain-lain. Tapi kalau tidak mau repot, kamu bisa membelinya di Jagofon.

Membeli HP Bekas Memberi Banyak Keuntungan Untuk Lingkungan

Source: waste4change

Tahukah kamu bahwa ada miliaran sampah elektronik yang dibuang setiap tahunnya? Menurut BBC, ada 5.3 miliar sampah elektronik yang dibuang pada tahun 2022. Dan sampah ini akan bertambah terus tiap tahunnya.

Kamu bisa mengurangi limbah elektronik dengan membeli HP bekas. Dengan membeli HP bekas, kamu mencegah HP tersebut untuk menjadi sampah. Mungkin jumlah HP yang berkurang tidaklah banyak, tapi jika semua orang membeli HP bekas, tentu jumlah limbah elektronik akan berkurang drastis.

Kalau kamu beli HP bekas, kamu tidak hanya mengurangi limbah elektronik tetapi juga menghemat sumber alam.

Untuk membuat HP, brand-brand seperti Apple harus membeli material yang terbuat dari mineral seperti metal, chromium (untuk stainless steel), dan lain-lain. Dengan menggunakan HP bekas, kamu membantu mengurangi penggunaan sumber alam yang telah disebutkan.

Karena hal ini mempengaruhi lingkungan, kamu tidak akan merasakan dampaknya secara instan. Kamu akan melihat perubahannya setelah beberapa puluh tahun, setelah orang-orang membeli HP bekas dan bukan HP baru. Tapi dengan membeli HP bekas sekarang, kamu sudah membuka jalan untuk orang-orang agar mereka mulai membeli HP bekas.


Baca juga: Masa Depan AirPods: Fitur yang Harus Kita Antisipasi


Membeli HP Bekas Memberikan Keuntungan Sosial

Source: Adobe Stock

Dengan membeli HP bekas, kamu menambah lapangan kerja bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan. Bahkan, kamu membuka banyak peluang bagi mereka yang butuh income lebih. Kalau kamu nggak percaya, kamu akan list lapangan pekerjaan yang bisa berkembang jika kamu beli HP bekas.

Pertama, akan ada toko handphone baru yang fokus ke HP bekas. Jika jual beli HP bekas banyak peminatnya, maka akan banyak toko HP bekas yang akan muncul. Dan tentu saja, karena toko-toko ini butuh pekerja, maka akan banyak orang yang di-hire untuk toko-toko tersebut.

Kedua, akan ada banyak teknisi HP yang mendapat kesempatan untuk berkembang. Meskipun HP second kamu datang dalam keadaan baik, bukan berarti HP kamu tidak akan pernah error. Ketika HP bekas kamu butuh reparasi, kamu bisa mengunjungi para teknisi yang butuh pelanggan tersebut.

Selain pekerjaan, HP bekas membantu mereka yang butuh akses ke internet dan juga mengurangi kesenjangan sosial digital di masyarakat.

Dulu, HP dianggap sebagai barang mewah dan dijual dengan harga yang cukup mahal. Hanya orang-orang tertentu yang bisa membelinya, dan kadang HP yang “tidak mahal” juga mendapatkan fitur yang terbatas. Padahal, HP adalah barang yang basic sekarang karena semuanya dilakukan secara digital dan online.

Sekarang, banyak HP yang dirilis dengan harga yang murah. Sayangnya, kualitasnya tetap tidak sebanding dengan HP mahal. Bahkan, beberapa HP hanya tahan selama beberapa waktu, sehingga sang pengguna harus membeli HP baru.

Dengan adanya HP bekas, orang-orang yang membuat budget terbatas bisa membeli handphone “mahal” dengan harga yang miring. Dengan HP bekas, semua orang bisa membeli HP berkualitas tanpa harus memikirkan budget. Siapa pun bisa membeli handphone dan mendapat akses ke internet di mana saja, kapan saja.


Baca juga: Perbandingan iPad 9 dan iPad 8 yang Wajib Kamu Pahami


Membeli HP Bekas Itu Keputusan Pintar

Source: freepik.com

Seperti yang ditulis di atas, kamu mendapat banyak keuntungan ketika kamu beli HP bekas. Kamu bisa menghemat uang karena HP bekas bisa dibeli dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan HP baru. Dan uang yang kamu hemat pun tidak sedikit, karena kamu bisa hemat jutaan hanya dengan membeli HP bekas.

Selain menghemat uang, kamu juga memberikan kontribusi ke alam dan juga masyarakat. Dengan membeli HP bekas, kamu mengurangi limbah elektronik dan juga menghemat sumber alam yang digunakan untuk membuat HP. Apabila semua orang melakukan hal yang sama, bayangkan dampak positif yang akan diberikan ke lingkungan berkat HP bekas.

Tapi dampak positif dari HP bekas tidak berhenti di situ. Jika banyak orang membeli HP bekas, maka akan banyak toko khusus untuk HP bekas. Dan tentu saja, dengan banyaknya, toko, banyak juga orang yang mendapatkan pekerjaan di toko-toko tersebut. Tentu saja, jangan lupa dengan para teknisi yang akan kebanjiran dengan pelanggan baru jika banyak orang beli HP bekas.

Dengan banyaknya keuntungan dari HP bekas, tidak salahnya kalau kamu beli HP bekas untuk HP barumu. Tentu saja, kamu harus memastikan bahwa toko HP bekas yang kamu beli bisa dipercaya dan kamu akan mendapatkan HP berkualitas di sana.

Kalau kamu mau HP bekas dengan kualitas yang terjamin, kamu bisa membelinya di Jagofon. Jagofon selalu melakukan tes teknik untuk semua barang mereka untuk memastikan bahwa HP mereka bisa berfungsi dengan baik. Mereka juga transparan dengan kondisi HP mereka, karena mereka selalu memberikan deskripsi dan tag untuk kondisi HP mereka (Fair, Good, New, Mint, dll).

Jadi, kalau kamu mau HP bekas yang pasti berkualitas, beli saja di Jagofon. Ayo, dapatkan HP bekas berkualitas impianmu di Jagofon sekarang juga!