Product

Masa Depan AirPods: Fitur yang Harus Kita Antisipasi

AirPods adalah pelopor dari headset. Desainnya yang elegan dengan fitur yang memaksimalkan pengalaman audio membuat banyak orang menyukainya. Tentu saja produk Apple satu ini akan terus berkembang dari masa ke masa.

Kira-kira apa fitur yang akan ditambahkan di AirPods? Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Peningkatan Battery Life

Source: Business Insider

Banyak orang menyayangkan battery life AirPods yang pendek yaitu 5 jam. Padahal, banyak aktivitas yang dilakukan lebih dari 5 jam (seperti bekerja dan menaiki kereta/transportasi umum).

Kekurangan ini membuat banyak orang ragu untuk memiliki AirPods disamping banyak juga merk headset yang bisa bertahan lebih dari 5 jam. Tentu saja, Apple menyadari hal ini dan sudah seharusnya berusaha untuk membuat AirPods bisa bertahan lebih lama lagi.

Noise Cancellation Lebih Baik

Source: MacRumors

Noise cancellation milik AirPods adalah salah satu noise cancellation terbaik yang pernah ada dan memiliki dua mode yang mengagumnkan.

Active Noise Cancellation, membantu kamu untuk fokus ke musikmu saja. Fitur ini dilengkapi dua mic dimana mic luar akan mendeteksi suara di sekelilingmu dan memblokirnya. Jadi, kamu tidak akan mendengarkan apa-apa kecuali musikmu.

Transparency, mode ini yang bertugas membuka “penutup” dari Active Noise Cancellation sehingga kamu dapat mendengar suara dari sekitarmu yang mau kamu dengar.

Dua fitur ini sangat disenangi banyak orang, apalagi ketika pengguna AirPods bisa mengganti modenya hanya dengan satu ketukan saja. Fitur dan pergantiannya yang sangat efisien membuat dua fitur ini menjadi fitur favorit banyak orang.

Dan tentu saja, Apple berencana untuk membuat fitur ini lebih canggih dan modern. Mungkin saja nanti di masa depan, kamu bisa menggunakan AirPods untuk mengatur suara khusus di earbud kiri dan kanan juga.


Baca juga: Bocoran iPhone 15: Ada Ultra dan Pro!


Memiliki Fitness dan Health Tracker

Source: 9to5Mac

Menurut pemerhati Apple seperti Ming-Chi Kuo dan Mark Gurman, Apple sedang mencari cara untuk menambah fitur olah raga seperti sensor untuk langkah kaki, heart rate, dan fitur olahraga lainnya pada AirPods.

Pengguna Apple Watch yang sudah tebiasa menggunakan fitur-fitur tersebut mungkin harus membeli AirPods nanti karena ada rumor bahwa AirPods akan mempunyai fitur yang sama juga.

Meskipun tidak ada update mengenai fitur ini, ada “tanda-tanda” bahwa Apple sedang mengembangkannya. Hal ini bisa dilihat dari fitur terbaru iPhone di iOS 16 yaitu fitur Move yang bisa digunakan untuk melacak langkah yang telah diambil dan update goal steps per detiknya.

Selain itu, ada rumor bahwa AirPods akan punya sensor yang bisa mendeteksi hanya dari sentuhan kulit saja. AirPods juga akan mendapatkan wireless chip terbaru, support dengan format Apple Lossless Audio Codec (ALAC), dan casing yang memberikan notifikasi suara ketika kamu mencarinya dengan tracker.

Meskipun semua ini hanyalah rumor, ada kemungkinan besar bahwa beberapa dari fitur ini akan dirilis dengan AirPods generasi berikutnya. Jadi pastikan kamu mengikuti update terbaru khusus untuk AirPods!

Terintegrasi Augmented Reality

Source: iJunkie

Berita baik bagi kamu yang senang menggunakan Augmented Reality. Ada kemungkinan bahwa AirPods akan terintegrasi dengan Augmented Reality. Mark Gurman mengatakan bahwa sistem terbaru Apple yaitu sistem xrOS akan memberikan pengalaman Augmented Reality dan Virtual Reality.

Mark Gurman bilang bahwa Apple sudah memberikan presentasi mengenai perangkat terbaru mereka yaitu Reality Pro kepada investor dan developer. Apple berharap bahwa akan ada aplikasi atau third-party yang siap dengan AR/VR ketika Reality Pro dirilis.

Selain Reality Pro, ada juga beberapa laporan mengenai potensi AirPods yang bisa dikembangkan seperti scan iris agar bisa melakukan pembayaran dan login. AirPods mempunyai banyak potensi yang bisa dikembangkan, dan Apple sedang melakukan berbagai cara untuk membuka potensi tersebut.

Dengan mode latensi yang rendah, VR dan AR bisa mendapatkan suara dengan baik. Dengan latensi yang rendah ini, suara AR dan VR-nya tidak akan mengalami delay dalam pengiriman suara dari handphone ke VR/AR. Meskipun terdengar simpel, hal ini sangatlah penting untuk mendapatkan pengalaman AR/VR yang lebih berkualitas.

Dengan AR dan VR ini, akan semakin besar kemungkinan bahwa  iPhone akan digunakan lebih dari sekedar handphone. Biasanya, iPhone digunakan untuk video editing, ambil foto, dan media lainnya. Tapi, dengan AR/VR dan enhanced Airpods, iPhone akan lebih sering dipakai untuk hal lain seperti gaming.


Baca juga:  Inilah Bocoran Fitur iOS 17, Beda Jauh Dengan iOS 16?


Perkembangan Airpods baru saja dimulai

Source: 9to5Mac

Dengan berbagai rumor mengenai perkembangan AirPods, AirPods menjadi perangkat yang semakin terbuka untuk umum. Tidak hanya untuk mendengarkan musik, Airpods akan bisa digunakan untuk berbagai kegiatan.

Olahraga, gaming – semuanya bisa dilakukan menggunakan Airpods. Dengan hal ini, AirPods akan lebih terbuka untuk umum, dan banyak orang akan semakin berminat untuk menggunakan AirPods. Jadi, semakin banyak orang yang menunggu AirPods terbaru untuk dirilis.

Kalau kamu mau uji coba AirPods, kamu bisa mencoba untuk membeli AirPods generasi sebelumnya. Bagi kamu yang mau membeli AirPods dengan harga miring, kamu bisa membelinya di Jagofon.

Meskipun AirPods di Jagofon adalah AirPods second dan baru, semua AirPods di Jagofon selalu lewat tes teknik untuk memastikan bahwa semuanya berkerja dengan baik. Ayo tunggu apa lagi, beli Airpods second di Jagofon sekarang juga!