Product

Perbandingan iPad 9 dan iPad 8 yang Wajib Kamu Pahami

Terkesan tidak banyak berubah, nyatanya iPad 9 yang dirilis tahun 2021 ini punya kamera dan performa yang menarik dibanding iPad 8. Simak hal lainnya untuk perbandingan kedua produk Apple ini!

Harga

Source: Tech Gear Talk

iPad 9 maupun iPad 8 harganya masih terjangkau mengingat produk satu ini cukup fungsional untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Di pasaran Indonesia sendiri selisih kedua iPad ini hanya Rp1.000.000.

iPad 8 dibanderol di angka Rp5.000.000 sampai yang paling tinggi sekitar Rp9.000.000 sedangkan iPad 9 dimulai dari kisaran Rp6.000.000 ke atas. Jika ingin try out dengan versi second, iPad berkualitas dengan harga lebih terjangkau kamu bisa cek disini.

Desain & Display

Desain kedua iPad ini tidaklah berubah sejak rilis iPad 7. Masih dengan ukuran 10.2 inch, letak Touch ID, tombol dan port kabel yang sama. Namun, iPad 9 hanya hadir dengan warna Space Grey dan Silver, tidak seperti iPad 8 yang juga punya warna Gold.

Di sisi display, iPad 9 mengalami kemajuan dengan hadirnya True Tone yang dapat otomatis mengatur white balance seuai kondisi cahaya. Sisanya, kedua iPad ini masih sama dengan layar 2160x1620 pixel serta 264ppi density pixel.


Baca juga: Cara Memilih Macbook yang Tepat untuk Kebutuhan Anda


Kamera

Source: GSM Arena

Apple memberi kemudahan bagi kamu yang suka video call. iPad 9 dilengkapi dengan kamera depan 12 MP dan kualitas rekam video 1080p 240fps. Tak lupa juga dengan fitur zoom 2x dan sensor ultra-wide didalamnya.

Selain itu, kamera depan iPad 9 memiliki fitur Center Stage dimana sensornya akan otomatis zoom in dan mengikuti arah wajah kita saat bergerak.

Source: Zoom

Bisa dibilang iPad 9 mengalami kemajuan signifikan di sisi kamera depan, karena iPad 8 sendiri masih memiliki resolusi 1.8 MP dengan kualitas rekam sampai 720p. Untuk kamera belakang sendiri, kedua produk ini sama-sama punya resolusi 8 MP.

Kinerja & Baterai

iPad 9 memiliki chipset A13 Bionic, dimana kinerjanya diklaim 20% lebih cepat daripada iPad 8 yang memakai A12 Bionic. Untuk dapur pacu sendiri kedua produk sama-sama memiliki GPU 4-core.

Bisa diyakini kalau iPad 9 akan bekerja lebih mulus dan cepat, karena ia juga dilengkapi dengan RAM 9 GB dengan storage 64 GB dan 128 GB. iPad 8 sendiri masih memiliki RAM 3 GB dengan pilihan storage di 32 GB dan 128 GB.

Dari sisi baterai, keduanya diklaim bertahan selama 10 jam untuk pemakaian surfing internet dan streaming video di local files. Keduanya juga 20W fast-charging dimana membutuhkan waktu 2 jam 45 menit untuk mengisi daya dari 0 hingga 100%.


Baca juga: 5 Fitur iPhone ini Dapat Membantu Produktivitas


Kesimpulan

Source: mynexttablet.com

Berikut Jagofon memberikan alasan kenapa kamu harus memilih iPad 9 ketimbang iPad 8:

  • Perbandingan harga yang tidak terlalu jauh
  • Kinerja kamera depan yang jauh lebih baik
  • Chipset A13 Bionic di iPad 9 lebih up to date dan bekerja cepat ketimbang A12 Bionic pada iPad 8
  • Pilihan storage yang lebih besar dibanding iPad 8

Walaupun sudah cukup lama dirilis, namun kedua iPad ini masih jadi produk most wanted di pasaran. Jika kamu ingin memilikinya, silahkan cek alternatif iPad 8 atau iPad 9 yang terjangkau di Jagofon!

Jagofon menyediakan iPad dan produk Apple lainnya dari kondisi second yang sudah diuji kualitasnya, sampai ke produk yang baru. Kamu bisa mencari gadget impianmu tanpa ragu dan khawatir disini!